Skip to main content

Pengertian Merchandise, Fungsi dan Jenisnya

By Juli 9, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Edukasi
merchandise adalah

Menjadi salah satu barang atau pernak-pernik yang sering kali ditemui, banyak dipakai banyak orang maupun perusahaan ketika menggelar acara tertentu sebagai oleh-oleh atau hadiah, biasanya disebut dengan merchandise. Merchandise adalah salah satu media yang sangat populer dipakai untuk mendukung aktivitas promosi dan bisa dipakai sebagai sumber pendapatan sendiri.

Merchandise menjadi salah satu elemen pemasaran yang menjadi pilihan tepat di era digital marketing seperti sekarang. Contoh dari merchandise bisa ditemukan di banyak tempat, seperti pasar, supermarket, mall dan lain sebagainya. Semua masyarakat sepertinya sudah mengetahui apa itu merchandise, meskipun dengan nama yang berbeda yakni souvenir.

Apa Itu Merchandise?

Disebut merchandise karena termasuk merupakan jenis pernak-pernik yang jarang ditemui masyarakat, bahkan disebut-sebut sebagai salah satu hadiah yang sering kali dipakai sejumlah orang saat menggelar sebuah acara. Selain untuk hadiah, merchandise juga digunakan untuk menarik minat masyarakat membeli sesuatu yang ditawarkan atau dipromosikan.

Bagi suatu perusahaan, merchandise dimanfaatkan sebagai pengingat untuk pelanggan dan konsumen suatu produk tertentu dalam bisnis yang dijalankan. Tak heran mengapa banyak merchandise yang muncul dengan menempatkan logo atau merek dari suatu perusahaan tertentu yang mudah dilihat oleh pelanggan atau konsumen.

Diperlihatkannya logo atau merek suatu perusahaan agar konsumen atau pelanggan bisa melihat dengan mudah, merchandise bisa dimanfaatkan sebagai media atau sarana untuk promosi dan pengiklanan. Pada umumnya, merchandise dibuat berupa barang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh konsumen atau orang yang ingin menggunakannya.

Fungsi Merchandise

Merchandise memiliki peran penting dalam dunia pemasaran, bisnis bisa sangat bergantung terhadap adanya merchandise ini. Hal itu tak lepas dari fungsi yang dimiliki, bagi suatu perusahaaan adanya merchandise merupakan salah satu cara berkomunikasi yang termasuk dalam strategi pemasaran yang diterapkan dalam berbagai media, berikut beberapa fungsinya.

  • Sebagai media memperkenalkan produk ke masyarakat.
  • Salah satu cara branding produk.
  • Untuk memperluas jaringan.
  • Meningkatkan penjualan.
  • Menarik minat pengunjung dalam suatu acara.
  • Sebagai media yang dipakai untuk promosi.
  • Sebagai souvenir atau cinderamata.

Brand mockup icon set

Jenis Merchandise

Kemunculan merchandise sebenarnya disesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan dari orang serta pihak yang membutuhkannya. Hal ini membuat adanya beberapa jenis dari suatu merchandise itu, perusahaan yang menjalankan bisnis tentu dipermudah dengan pilihan merchandise yang ada, berikut ini beberapa jenis dari merchandise yang bisa digunakan.

  • Merchandise Daily Product

Jenis pertama dari merchandise ini menjadi yang paling sering dipilih oleh sebuah brand, daily product sesuai dengan namanya. Merchandise ini dapat digunakan sehari-hari, beberapa contoh yang ada seperti gelas, mug, notebook, totebag dan lain sebagainya. Karena penggunaannya memang pada aktivitas sehari-hari.

  • Merchandise Produk Fashion

Jenis merchandise ini biasanya dipilih para pemilik brand atau merek, produk fashion dengan beberapa contohnya seperti kaos, jaket, masker, celemek dan lain sebagainya. Perusahaan dengan bisnis yang bergerak di bidang fesyen selalu memakai barang-barang atau merchandise dari jenis yang ini.

  • Merchandise Produk Unik

Produk yang berbeda dari yang lain, memiliki keunikan tersendiri membuat banyak perusahaan atau pemilik bisnis tertarik menggunakannya. Beberapa contohnya seperti stiker, lightstick dan lain sebagainya. Salah satu bidang yang kerap menggunakan merchandise unik ini biasanya menyasar para penggemar atau pengidola grup musik.

Baca juga: Pengertian Strategi Pemasaran, Fungsi, Contoh dan Elemen

Pentingnya Merchandise Bagi Pebisnis

Merchandise sebagai salah satu bentuk produk yang menampilkan nama perusahaan seperti brand, logo dan profil lainnya. Tak hanya sebagai perusahaan besar, tetapi merchandise mampu memberi dampak pada konsumen atau pelanggan. Karena itu pentingnya merchandise bagi kedua belah pihak memang sangat perlu diketahui.

  • Daya Tarik Bagi Konsumen

Masyarakat cenderung membeli suatu produk, salah satunya karena mendapat merchandise dan ini bisa jadi kebiasaan yang ditawarkan dari brand tertentu. Tak heran kondisi ini jarang membuat konsumen tertentu untuk bisa mendapatkan merchandise yang diinginkan. Kondisi ini menunjukkan jika merchandise memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen.

  • Mendorong Peningkatan Daya Saing Produk

Adanya persaingan pasar beragam terhadap produk tertentu memang tak memberi kemudahan yang menyenangkan. Pebisnis atau perusahaan harus dapat memberi nilai tambah dan menjadi pembeda antara produk yang satu dengan yang lainnya atau pesaing. Merchandise menjadi salah satu cara, menarik perhatian konsumen dan menjadi pembeda.

  • Wujud Apresiasi Kepada Pelanggan

Perusahaan bisa menyelenggarakan suatu kegiatan, dan memberi apresiasi terhadap pelanggan atau konsumen. Hal ini bisa dengan memberi merchandise, karena memberi produk terhadap konsumen secara tidak langsung memberi apresiasi karena sudah menggunakan produk, sehingga dapat sebagai apresiasi.

  • Sebagai Media Promosi Jangka Panjang

Beragam merchandise yang diberikan brand, perusahaan terhadap pelanggan memiliki sifat jangka panjang, selain itu bisa digunakan dalam waktu lama. Hal ini berarti konsumen akan lebih mudah mengingat brand, yang termuat di dalam merchandise tersebut. Ketika dibandingkan dengan media promosi dalam bentuk brosur dinilai lebih unggul.

Merchandise yang Populer dan Disukai Konsumen

Banyak jenis merchandise yang bisa dipilih, karena promosi dalam bisnis, harga hingga kegunaannya yang sangat bervariasi. Karena biasanya mendapatkan harga yang relatif murah, sehingga pebisnis dan perusahaan harus memesan dalam jumlah yang banyak. Berikut ini terdapat beberapa jenis merchandise yang populer dipakai sebagai bentuk promosi dan disukai konsumen.

  • Kaos

Memilih kaos berkerah atau tidak berkerah, ketika dijadikan sebagai bisnis terhadap kaos bisa ditambahkan logo brand atau tagline yang menggunakan desain pada sablon. Biasanya dipilih yang menarik, pemberian merchandise kaos sangat cocok dipakai dan menjadi paling sering saat adanya promosi suatu perusahaan acara.

  • Topi

Topi dipilih sebagai merchandise yang dipakai untuk promosi, pemilihan topi ini biasanya menyesuaikan tren. Seperti topi baseball, hal ini dikarenakan bentuk yang umum dipakai dalam berbagai kalangan. Diperlukan juga pemilihan dalam meletakkan logo atau brand bisnis dalam topi, sehingga menjadikan topi sebagai merchandise yang bermanfaat.

  • Tote Bag

Disebut juga sebagai tas jinjing, tote bag merupakan paling banyak dicari oleh konsumen apalagi jika tote bag atau tas jinjing ini mempunyai desain menarik. Selain itu juga memberi daya tahan yang kuat, bahan yang dipakai biasanya kain kanvas dan keuntungan yang didapat memilih produk ini sebagai merchandise adalah seri harganya.

  • Mug atau Tumbler

Mug atau tumbler dipilih sebagai souvenir di beragam cara, mug serta tumbler merupakan salah satu merchandise favorit yang sifatnya bertahan lama dan bisa digunakan dalam aktivitas manusia sehari-hari. Mug merupakan salah satu merchandise, peminatnya sangat banyak apalagi jika kualitas serta desainnya menarik.

  • Alat Tulis

Alat tulis yang bisa dipilih bisa seperti notes atau bolpoin, sering dipakai dalam berbagai kalangan dan alat tulis bisa menjadi pilihan yang tepat sehingga anggaran merchandise masih terbatas. Pebisnis atau perusahaan bisa memberi alat tulis sebagai hadiah, ucapan terima kasih kepada konsumen yang terlibat dalam suatu kegiatan seperti seminar atau workshop.

  • Gantungan Kunci

Gantungan kunci menjadi alat tulis yang bisa menghemat anggaran dalam pembuatan merchandise, memilih gantungan kunci banyak memberi keuntungan. Seperti biaya produksi terjangkau, gantungan kunci bernilai tahan lama, tidak mudah rusak serta dapat mengikuti desain yang dapat diinginkan sesuai dengan desain yang diinginkan.

  • Travel Bag atau Koper

Perusahaan biro perjalanan biasanya dapat memilih merchandise sebagai eksekutif, namun membutuhkan anggaran yang tidak sedikit dalam pembelian koper atau travel bag sebagai merchandise. Sesekali dapat memberi kebahagiaan oleh konsumen, sehingga tak ada salahnya memilih dalam jenis merchandise ini.

Tips Memilih Merchandise

Young woman owener of small business packing product in boxes preparing it for delivery women packing package with her products that she selling online

  • Pilih Item Bermanfaat

Tujuan brand atau merek tak hanya agar konsumen tertarik dalam membeli, namun mengingat produk yang ditawarkan termasuk memilih jenis merchandise yang bermanfaat dan dipakai secara terus menerus. Salah satu souvenis dengan nilai yang tinggi, meskipun biaya yang diperlukan cukup tinggi dan banyak.

  • Sesuaikan dengan Target Konsumen

Memilih merchandise diperlukan kecocokan item dengan target konsumen, jika salah dalam menganalisa akibatnya sangat menentukan kesuksesan promosi. Produk dan kebutuhan masyarakat sehari-hari, produk atau brand ini akan sangat dibutuhkan oleh target sehingga produksi yang diharuskan banyak.

  • Produk Berkualitas

Kualitas dalam memilih merchandise berupa brand, meski diberikan secara Cuma-Cuma karena tidak sembarangan dalam memilih jenis barang. Secara tak langsung, merchandise memiliki peran sebagai media promosi terhadap produk atau jasa. Semakin berkualitas, maka kesuksesan promosi juga akan semakin sukses besar.

  • Dipakai Berulang Kali

Menjadi salah satu target, yakni konsumen mengingat suatu produk atau jasa secara terus menerus dengan salah satu trik yang perlu dicoba adalah memberi jenis merchandise yang bisa digunakan secara berulang kali dalam jangka waktu lama. Makin lama suatu merchandise, semakin melekat citra dalam ingatan.

Demikian penjelasan mengenai merchandise adalah, mulai dari pengertian, fungsi hingga cara memilih produk yang akan dijadikan sebagai souvenir. Sampoerna University bersama Fakultas Bisnis memberi pemahaman lebih lanjut mengenai banyak topik dalam dunia bisnis, termasuk salah satunya merchandise yang dipakai untuk memajukan perusahaan.

Sampoerna University menerapkan kurikulum berstandar internasional, mahasiswa dan mahasiswi tak hanya diberikan materi di dalam kelas secara teori tetapi juga praktek. Sampoerna University juga memberi fasilitas lengkap bagi mahasiswa dan mahasiswi, selain itu juga memiliki dosen dengan kualitas internasional.

Referensi
Cermati -Merchandise adalah

X