Skip to main content

Seberapa Dalam Pemahaman Kamu Mengenai Mesin Risograph?

By Desember 3, 2022Januari 15th, 2023Artikel, Artikel - FET
risograph

Tidak banyak yang tahu apa itu mesin risograph. Namun, bagaimana dengan mesin fotocopy? Istilah risograph memang tidak sering digunakan. Ini sebenarnya mesin yang sama. Hanya saja, masyarakat lebih familiar dengan istilah mesin fotocopy.

Sekarang, kamu sudah tahu kan? Lalu, pertanyaannya lagi adalah mengapa mesin tersebut dinamakan dengan risograph? Ini terkait dengan sejarah mesin risograph?

Nama risograph diambil dari perusahaan yang memproduksi mesin tersebut, yaitu Riso Kagaku Corporation. Karena ini berhubungan dengan gambar, maka Riso dipadukan dengan kata graph. Ini digunakan dengan tujuan agar masyarakat bisa lebih mudah menebak mesin apakah ini.

Perusahaan tersebut berada di Jepang. Mereka pertama kali merilis mesin risograph pada bulan Agustus tahun 1986. Dahulu, orang-orang menyebutnya sebagai mesin duplikator digital atau juga duplikator printer. Itulah sejarah mesin risograph.

Saat ini, mesin duplikat ini biasanya digunakan untuk berbisnis. Ada orang yang membuka bisnis fotocopy. Mereka menerima pesanan duplikat dokumen. Di sisi lain, mesin ini juga dimiliki oleh kantor dan sekolah.

Karena harganya yang sekarang cenderung lebih terjangkau dan keberadaannya sangat dibutuhkan, banyak kantor dan sekolah yang membeli mesin ini sendiri. Mereka tidak lagi harus ke tempat fotocopy karena sudah ada mesin risograph di kantor atau sekolah mereka.

Kelebihan dari Mesin Risograph

risograph

Dulu, hanya beberapa orang saja yang mau membeli mesin riso ini. Alasannya bermacam-macam. Misalnya saja harganya yang masih relatif mahal, kebutuhan yang tidak begitu perlu, dan lain sebagainya.

Hanya saja, sekarang situasi dan kondisi sudah jauh berbeda. Kebutuhan duplikasi dokumen sangat tinggi. Siswa, mahasiswa, karyawan, pegawai pemerintah, bahkan masyarakat umum membutuhkannya. Itulah mengapa produksi mesin ini diperbanyak dengan ukuran serta fitur yang berbeda. Harganya pun mulai relatif turun sehingga banyak orang yang mau membeli.

Setiap orang memiliki alasan berbeda ketika mereka membeli risograph ini. Ada yang ingin membuka jasa fotocopy. Ada juga pemilik perusahaan yang merasa lebih hemat membeli mesin sendiri daripada setiap hari harus fotocopy di luar.

Terlepas dari alasan tersebut, ada juga kelebihan lain dari mesin riso ini. Apa saja itu?

Proses Cetak atau Duplikasi yang Begitu Cepat

Apakah mesin duplikasi selain mesin risograph? Ada. Sekarang ada printer yang juga dilengkapi dengan fitur copy. Hanya saja, kemampuannya tidak sebanding dengan mesin riso.

Mesin riso mampu mencetak dokumen dengan kecepatan hingga 150 lembar per menit. Itulah mengapa penyedia jasa fotocopy harus memilih mesin yang seperti ini, bukan printer biasa.

Kecepatannya relatif sama ketika kamu mencetak full color. Jadi, tidak perlu khawatir jika kamu ingin cetak dokumen berwarna. Mesin ini bisa diandalkan.

Banyak Waktu Luang

Karena mesin risograph ini mampu mencetak dokumen dengan sangat cepat, kamu akan memiliki banyak waktu luang. Tidak seperti ketika kamu mencetak dengan printer. Kamu harus menunggu sangat lama. Apalagi jika dokumen yang kamu ingin copy atau cetak sangat banyak. Jelas kamu harus mengandalkan risograph. 

Apakah mesin ini mampu mencetak dokumen dalam jumlah ratusan seketika? Betul sekali. Kamu tidak perlu takut mesin ini macet. Mesin riso ini memang didesain agar mampu mengcopy dan mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak dalam sekali waktu. Sudah ada bagian mesin risograph yang membuat kinerja mesin lebih baik, optimal, dan tanpa adanya macet.

Adanya Ink Saving

Apa itu ink saving? Singkat cerita, fitur ini memiliki fungsi agar penggunaan ink atau tinta tidak terlalu boros. Jadi, sekalipun kamu ingin mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak, jangan khawatir. Kamu bisa menghemat tinta yang kabarnya hingga mencapai 40%.

Nah, itulah kelebihan dari risograph. Tentu saja kelebihan yang lain akan kamu dapatkan ketika kamu memilih mesin riso dengan fitur terbaru dan termodern. Secara umum, kelebihan tersebut di atas akan kamu dapatkan di semua mesin riso. 

Kekurangan dari Mesin Risograph 

risograph

Kita harus melihat semua hal secara objektif. Tidak ada yang sempurna. Tak terkecuali dengan mesin riso. Fungsi mesin risograph adalah untuk mencetak dokumen dengan sangat cepat. Namun, harus kamu ketahui juga ada lho kekurangan dari mesin ini. Apa saja itu?

Yang pertama, jika dibandingkan dengan mesin printer, harga risograph ini mahal. Harga dari mesin ini semakin hari semakin turun seiring dengan banyaknya merek dan permintaan. Namun, tetap saja harganya mahal jika kamu bandingkan dengan printer.

Belum lagi dengan ukurannya yang sangat besar. Jika kamu hanya memiliki space yang kecil, sebaiknya lupakan untuk membeli mesin riso. Mesin ini membutuhkan space yang cukup luas. Ini menjadi kelemahan atau kekurangan mesin riso yang kedua.

Dan yang terakhir, mesin ini lebih cocok untuk kamu yang memang membutuhkan mesin cetak dokumen dalam jumlah yang banyak. Jika tidak, cukup gunakan printer saja.

Dari kekurangan tersebut, diharapkan kamu bisa lebih bijak sebelum membeli mesin risograph. Yang pasti, ini mesin yang sangat bisa diandalkan, terutama kamu yang merupakan anak DKV. Apalagi kamu tahu bagaimana pentingnya cetak dokumen yang berkualitas.

Jelas kamu tidak akan asal-asalan membeli mesin cetak digital. Kamu akan memilih mesin yang mumpuni, seperti risograph yang sudah dilengkapi dengan teknologi dan fitur terbaru.

Di Program Studi Desain Komunikasi Visual Sampoerna University, penggunaan alat-alat yang mendukung proses belajar sudah tersedia. Ini berkaitan dengan tersedianya fasilitas-fasilitas yang mendukung perkuliahan terutama di jurusan desain komunikasi visual.

Jurusan ini juga memanfaatkan inti pedagogi desain ditambah dengan pengajaran dan pembelajaran yang ditingkatkan teknologi untuk menghasilkan lulusan yang mampu menciptakan visual antarmuka (visual interface) dan digital yang interaktif untuk berbagai aplikasi dan industri.

Tips Sederhana Merawat Risograph

Jika kamu memutuskan untuk membeli mesin riso, ada hal yang perlu kamu ketahui terkait dengan cara merawatnya. Uang yang tidak sedikit sudah kamu keluarkan dari rekening bank ketika kamu membeli mesin ini. Jadi, jangan asal dalam melakukan perawatan. Merawat dengan baik akan menentukan seberapa lama kamu bisa menggunakan mesin ini.

Ada tiga hal utama yang harus kamu lakukan secara rutin yang menjadi bagian penting dari proses perawatan. Yang pertama, cek dan bersihkan bagian TPH. Yang kedua, bersihkan juga bagian press roll drum serta tinta pada screen secara rutin. Dan yang terakhir, bersihkan bagian scanner. Ini bertujuan agar dokumen yang dihasilkan menjadi sangat baik dan jelas.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.

Article Form

Referensi

Nesabamedia

X