28 Sep 2022

Networking adalah Hal Penting di Dunia Kerja, Mari Mengenalnya!

Artikel,

Artikel - FOB,

Networking adalah salah satu hal penting dalam bisnis dan juga dalam perkembangan karier di dunia kerja. Banyak manfaat networking yang bisa didapatkan. Sebenarnya, apa pengertian social networking dan apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya dalam penjelasan networking berikut ini!

Pengertian Networking

Jika ditranslasi ke dalam Bahasa Indonesia, arti networking adalah jaringan atau relasi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), relasi artinya hubungan; perhubungan; pertalian atau kenalan. Artinya, social networking adalah hubungan atau jaringan relasi sosial dalam dunia bisnis maupun di dunia kerja.

Networking adalah jalinan relasi dalam suatu lingkungan sosial yang berawal dari kesamaan pada hal-hal tertentu, seperti profesi atau hobi. Relasi yang terjalin tersebut kemudian berpotensi besar menunjang bisnis yang dilakukan atau memuluskan perjalanan karier seseorang pada masa mendatang.

Suatu hubungan networking kemudian bisa saling membantu satu sama lain, sekaligus saling menguntungkan antara satu orang dengan orang lainnya, hal yang bisa memberikan banyak manfaat. Networking saat ini dipakai kalangan profesional untuk memperluas relasi. Bisa untuk mencari peluang kerja, atau berbagi informasi dan tren di suatu bidang tertentu.

Bagi pebisnis, membangun relasi bertujuan untuk mengembangkan bisnisnya, relasi bisa membantu pebisnis membangun hubungan dan kepercayaan di suatu komunitas yang menjadi pasarnya. Tanda networking bisnis sukses adalah eratnya komunikasi antara pebisnis yang selalu bertukar informasi penting, informasi yang mungkin tidak didapat di luar jaringan bisnis tersebut. 

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengembangkan networking secara profesional, seperti bergabung dengan grup daring atau bisa datang langsung ke acara-acara luring tentang suatu bidang tertentu.

Manfaat Networking

networking adalah

Ada banyak manfaat networking bagi seseorang, entah dalam bidang bisnis dan bagi karier profesional ke depannya.

Manfaat di Bidang Bisnis

Networking adalah salah satu poin terpenting dalam membangun bisnis, bahkan dikatakan pakar bahwa 60 persen perkembangan bisnis terjadi karena networking.

Berikut ini beberapa manfaat networking di bidang bisnis:

  1. Membuka Peluang Bisnis

Peluang bisnis yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya, bisa terbuka saat punya relasi yang luas, selain itu juga bisa kolaborasi dengan pelaku bisnis yang lain. Terobosan bisnis baru juga bisa dilakukan dengan pihak lain yang didapatkan dari relasi yang luas.

  1. Memudahkan Mendapat Informasi soal Bisnis

Tren pasar dan informasi industri akan lebih mudah sampai saat punya relasi yang luas, selain itu juga bisa belajar hal-hal dan ilmu baru saat punya relasi yang banyak.

  1. Memperbesar Potensi Bertemu Profesional

Para profesional bisa membuat bisnis semakin maju dengan keahlian yang ia miliki, dan relasi membuat pebisnis punya peluang lebih besar untuk bertemu profesional.

Baca juga: Pengertian Interpersonal Skill, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya

Manfaat bagi Karier Profesional

Bagi karier profesional, berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

  1. Dapat Dukungan Referral

Referral atau rujukan bisa terjadi dari rekomendasi relasi kita, yang sudah mengetahui kinerja kita sebelumnya dan dikenal melalui networking. Biasanya, orang yang mendapat referral akan menjadi prioritas lebih rekan bisnis saat bekerja sama atau melamar pekerjaan.

  1. Kolaborasi dengan Perusahaan Lain

Relasi yang luas juga bisa membuat pekerja membangun kolaborasi dengan perusahaan lain, yang membuat kedua perusahaan bisa lebih berkembang, yang artinya membuat karier seseorang bisa lebih naik lagi.

  1. Dapat Pekerjaan Baru

Jika punya relasi kuat, akan mendapat banyak tawaran pekerjaan atau info tentang pekerjaan yang lowong, selain itu juga bisa mendapat rekomendasi saat melamar suatu pekerjaan hingga kemungkinan diterima kerja lebih besar.

  1. Promosi Jabatan

Networking adalah salah satu alat paling cepat untuk bisa promosi, dengan networking yang baik akan membuat kita lebih dikenal dan jadi pusat perhatian, membuat pekerjaan jadi lebih bisa terlihat orang lain.

  1. Bertukar Ide

Networking yang baik juga bisa membuat seseorang bertukar ide dengan orang lain, yang mungkin bisa menunjang karier seseorang.

  1. Membantu Orang Lain

Selain itu, relasi yang luas juga bisa menambah kemungkinan untuk bisa membantu orang lain, seperti memberikan info soal sesuatu kepada relasi atau membantu menyelesaikan masalah relasi.

  1. Peran Lebih Terlihat

Dengan relasi yang baik, peran seseorang akan jadi lebih terlihat dan lebih menonjol dari orang lain. Selain itu, relasi yang kuat juga bisa membantu menyelesaikan masalah jika diperlukan.

  1. Pengaruhi Karier secara Positif

Relasi yang baik juga membuat seseorang jadi lebih baik dan mempengaruhi karier secara positif, membuat seseorang juga akan lebih semangat akan hal-hal positif dalam bekerja.

  1. Tingkatkan Kepercayaan Diri

Salah satu manfaat utama networking adalah meningkatkan kepercayaan diri karena adanya pengakuan dari pihak lain, artinya bisa mendukung psikologis seseorang.

  1. Mengasah Kemampuan Komunikasi

Interaksi sosial juga bisa mengasah kemampuan komunikasi yang juga akan menjadi penunjang karier untuk bisa terus gemilang.

Cara Membangun Networking

networking adalah

Berikut ini adalah cara-cara membangun networking yang efektif:

  1. Hadiri berbagai Pertemuan

Seminar atau pertemuan bisnis adalah tempat yang tepat untuk bisa menambah relasi, karena juga yang hadir biasanya berkecimpung di dunia yang sama.

  1. Selalu Siapkan Kartu Nama

Kartu nama jadi hal penting dalam dunia bisnis yang bisa membawa dampak signifikan dalam perkenalan diri. Kartu nama memudahkan relasi untuk menghubungi kembali jika dibutuhkan. Kartu nama harus berisi informasi pribadi secara lengkap seperti nama, nomor atau alamat email, dan akun media sosial.

  1. Maksimalkan Media Sosial

Saat ini, media sosial jadi hal penting yang bisa dimanfaatkan dalam networking, seperti jejaring sosial LinkedIn untuk para profesional.

Tips Memulai Networking

Untuk memulai networking dengan baik, perlu dilakukan tips-tips berikut ini:

  1. Beri kesan awal yang baik bagi rekan baru
  2. Jadi pribadi yang sopan tetapi supel
  3. Beri perhatian secara profesional namun efisien kepada rekan kerja
  4. Bantu kesulitan yang dialami kolega baru, khususnya dalam hal psikologis
  5. Terima kritik dan saran, juga mau berbagi saran yang membangun
  6. Bicarakan hal-hal ringan guna mengetahui gaya bahasa dan topik kegemaran rekan kerja

Secara umum, jadi teman yang baik untuk berbincang adalah cara paling mudah dan paling awal untuk memulai networking. Setelah enak diajak berbicara, baru kemudian obrolan bisa menjadi lebih serius membahas soal bisnis ataupun pekerjaan.

Demikian penjelasan lengkap tentang arti, manfaat, cara membangun, dan tips networking yang bisa membantu berbagai hal salah satunya meningkatkan bisnis. Selain itu, dengan belajar di program studi Kewirausahaan yang diadakan oleh Sampoerna University, mahasiswa belajar tidak hanya bagaimana cara memulai, tetapi bagaimana menyelesaikannya dengan sempurna. 

Adapun salah satu program yang sudah rutin diadakan yaitu program CEO Talks dan Founders in Action akan menjadi tempat berbagi tantangan dan kesuksesan dengan para pengusaha-pengusaha paling sukses di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.

[formidable id=8]

Referensi

Akseleran

Recent More

Feb, 21 2024

Sampoerna University dengan bangga merayakan pencapaian luar biasa mahasiswa kami pada bulan Januari 2024,...

Feb, 05 2024

Sampoerna University, sebagai institusi pendidikan tinggi berstandar dunia, meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat...

Perbedaan dan Keunggulan Tokopedia Vs Shopee

Jan, 30 2024

Di Indonesia, ada dua marketplace terbesar, yaitu Tokopedia dan Shopee. Kedua marketplace ini memiliki...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp