Skip to main content

Pengertian Page Layout, Fungsi dan Cara Mengaturnya

page layout adalah

Dalam membuat atau mengetik sebuah dokumen menggunakan Microsoft Word, sudah pasti diperlihatkan dengan menu Page Layout yang muncul adalah ketika melakukan proses mengedit dan mengolah dokumen. Seperti yang diketahui bahwa aplikasi pengolah dokumen MS Word memiliki banyak menu yang tersedia dan digunakan membantu pengguna dalam mengolah dokumen.

Page layout termasuk menjadi salah satu fitur yang tersedia pada program MS Word yang digunakan dalam proses mengedit dan mengolah dokumen. Fitur ini sama halnya seperti fitur lainnya, di mana fungsi yang dimiliki adalah untuk membantu pengguna ketika akan mengolah data sebuah dokumen baik saat mengerjakan tugas sekolah maupun pekerjaan kantor.

Pengertian Page Layout

Page layout termasuk salah satu fitur yang terdapat di dalam Microsoft Office, sesuai dengan penjelasan di laman resmi Microsoft Office Word disebutkan bahwa page layout adalah salah satu menu dengan fungsi utama sebagai pengatur atau alat yang digunakan untuk mengatur tampilan pada sebuah dokumen.

Fitur page layout menjadi salah satu hal penting untuk dipahami dan digunakan sebaik mungkin, mengingat hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengetik tulisan atau teks adalah mengatur tampilan layar terlebih dahulu. Hal ini dilakukan seiring page layout merupakan pengaturan untuk mengatur tampilan dokumen MS Word.

Menu ini akan menampilkan berbagai bentuk kertas yang dapat dipilih, sesuai dengan bagaimana keinginan dan kebutuhan penggunanya. Sebelum hasilnya bisa dilihat atau dicetak menggunakan print out, memahami cara mengatur tampilan page layout berfungsi untuk lebih memudahkan dalam hal mengetik tulisan dan mengatur dokumen.

Page layout juga digunakan untuk mengatur bagaimana halaman pada teks untuk nantinya dijadikan sebagai halaman tulisan. Nantinya dengan mengatur halaman ini, tulisan yang diketik bisa secara penuh atau full halaman dan juga tidak terpotong. Ada lima menu kategori dalam page layout. Kelima menu tersebut di antaranya ialah themes, page setup, page background, paragraph dan arrange.

Fungsi Page Layout

Dalam memahami berbagai fungsi dari page layout, perlu diketahui juga bagaimana fungsi lima kategori fitur yang ada pada menu ini. Berikut ini penjelasan mengenai bagian-bagian yang termasuk kategori menu page layout berdasarkan jenisnya masing-masing.

  • Themes

Themes dalam menu page layout merupakan sub menu yang memiliki beberapa fungsi, dengan fungsi utama sebagai menu untuk mengatur atau mengubah tampilan, huruf hingga warna di dalam teks dari dokumen yang dibuat. Diantaranya seperti tema, warna, fonts dan efek dari tampilan halaman tulisan.

  • Page Setup

Page setup berfungsi untuk mengubah ukuran kertas, jarak tulisan, jumlah kolom. Selain itu juga berfungsi untuk menentukan apakah tampilan kertas pada dokumen berada dalam mode horizontal atau vertikal.  Umumnya margins, orientation, size, breaks, colums, line number dan hyphenation diatur sesuai dengan keinginan pengguna

  • Page Background

Fitur page background memiliki fungsi sebagai pengubah tampilan latar belakang pada dokumen, di dalam menu ini ada tiga fitur pendukung. Di antaranya seperti watermark, page color dan page border dengan fungsi masing-masing yang membantu dalam penulisan.

  • Paragraph

Paragraph berfungsi untuk mengatur jarak  tiap kata dalam satu kalimat dengan menggunakan spasi dan tentu paragraf itu sendiri. Di dalam menu ini juga terdapat beberapa fitur pendukung, seperti indent left, indent right, space before dan spacing after.

  • Arrange

Arrange pada page layout memiliki beberapa fungsi dan yang paling utama adalah berkaitan dengan pengaturan posisi objek gambar page layout yang terdapat dalam sebuah dokumen yang akan dikerjakan. Beberapa menu pendukung dalam arrange di antaranya seperti position, bring to front, send to back, text wrapping, group dan rotate.

Baca juga: Apa Itu Plagiarisme? Ruang Lingkup dan Upaya Menghindarinya

Cara Mengatur Page Layout

Tak hanya memahami bagaimana fungsi page layout dan berbagai sub menu serta ikon di dalamnya, hal selanjutnya yang harus diketahui adalah bagaimana cara mengatur page layout yang tepat ketika proses mengetik naskah dilakukan. Selain itu juga agar tidak terjadi kesalahan hingga membuat pengaturan ulang, berikut langkah mudah mengatur page layout pada MS Word.

  • Masuk ke menu bar MS Word, cari ikon Page Layout kemudian klik pada ikon tersebut hingga memperlihatkan beberapa sub menu.
  • Menu yang muncul di antaranya orientation, size, columns dan lain sebagainya, ada pula fitur margin yang bisa dipilih untuk memilih detail dari pengaturan.
  • Saat memilih margin, pengguna bisa melihat pilihan yang terdapat di bawahnya seperti last custom setting, normal, narrow, moderate dan lain-lain.
  • Mengatur ukuran juga bisa dilakukan pada bagian custom setting, bisa disesuaikan dengan ukuran yang diinginkan dengan mengklik bagian custom margins.
  • Ada banyak pengaturan di dalam menu margin, seperti left, right, top dan bottom, di menu orientation terdapat potrait dan landscape.
  • Langkah selanjutnya yang dilakukan pada menu layout adalah mengatur beberapa pengaturan lain seperti section, header dan footer.
  • Jika semua pengaturan sudah diatur, maka langkah yang selanjutnya dilakukan adalah klik OK dan ukuran kertas akan didapatkan sesuai keinginan.

Size Page Layout Naskah

Pengaturan page layout tidak dapat dilakukan sesuai keinginan sendiri, karena beberapa dokumen memiliki ukuran baku atau size page layout yang ada sudah ditentukan berdasarkan beberapa aturan. Terdapat enam jenis aturan ukuran kertas atau size page layout, seperti kertas A5, A4, A6 Folio FA dan ukuran UNESCO.

Untuk ukuran UNESCO biasanya dipakai dalam menulis buku akademisi atau buku ilmiah yang digunakan untuk dunia pendidikan dan bidang akademik. Di sisi lain ukuran A5 digunakan untuk menulis naskah dan dokumen pada novel, bisa dibilang A5 merupakan ukuran standar novel dan bentuk naskah lainnya.

Demikian penjelasan mengenai page layout, mulai dari pengertian, fungsi hingga size page yang digunakan dalam naskah. Jurnal Sampoerna University membagikan informasi penting bagi setiap mahasiswa, sebagai salah satu bentuk referensi dengan manfaat mempermudah para mahasiswa mengerjakan tugas termasuk dalam penggunaan page layout di MS Word.

Sampoerna University menerapkan kurikulum internasional dengan berbagai program yang menjamin memiliki kredensial dan keterampilan lebih baik bagi para mahasiswa. Selain itu juga membukakan pintu bagi karier lulusan Sampoerna University tak hanya di kancah nasional, tetapi juga dunia internasional.

Referensi
Recode – Page layout adalah

X