Skip to main content

Pengertian Paylater, Cara Daftar dan Keuntungan

By Juli 13, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Edukasi
paylater adalah

Paylater saat ini menjadi salah satu fitur yang digemari banyak orang, khususnya pengguna aplikasi berbayar di berbagai platform marketplace. Kehadiran paylater adalah sebagai metode pembayaran di era modernisasi teknologi yang berdampak kepada banyak hal salah satunya adalah transaksi jual-beli lewat platform tertentu.

Transaksi yang masih terjadi di berbagai marketplace membuat istilah paylater sudah tak asing lagi bagi para pengguna. Paylater secara harfiah bisa diartikan sebagai pembayaran nanti, hal ini memungkinkan pembeli mendapatkan barang yang diinginkan lebih dulu. Namun kemudian harus membayar dengan metode cicilan, prosesnya tak jauh berbeda dari transaksi kartu kredit.

Apa Itu Paylater?

Paylater terdiri dari dua kata, pay dan later yang artinya merupakan metode pembayaran dengan tawaran angsuran tanpa adanya penggunaan kartu kredit. Dalam dunia bisnis, perusahaan digital yang bergerak dan bersangkutan dalam hal ini akan menalangi terlebih dahulu bayaran yang dilakukan penggunaan ketika membeli produk yang mereka tawarkan.

Setelah itu dilakukan giliran pengguna yang harus membayar tagihan sesuai dengan tanggal jatuh tempo, biasanya hal ini terjadi di bulan selanjutnya. Dan adanya jangka waktu pembayaran bisa disesuaikan dengan tenor yang dipilih. Mudahnya paylater yang disediakan di berbagai platform mulai dari e-commerce, marketplace dan sampai transportasi online.

Fenomena yang akhirnya mendapat sorotan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bahkan turut menjelaskan lewat berbagai cara. Termasuk salah satunya menggunakan media sosial, menurut juru bicara OJK Sekar Putih menjelaskan bahwa paylater merupakan istilah yang digunakan merujuk pada transaksi pembayaran barang dan jasa.

Secara garis besarnya, paylater tidak berbeda jauh dengan kartu kredit yang memiliki fasilitas untuk bisa dipakai tanpa memerlukan penggunaan kartu kredit. Para pengguna dengan paylater bisa membeli barang dan bisa dibayar nantinya, untuk kemudian hari dalam jangka waktu tertentu terhadap pembayarannya.

Baca juga: Pengertian Marketplace, Jenis, Contoh dan Kelebihan

Aplikasi Paylater

Easy and wireless yechnology payment

Gambar hanya ilustrasi

  • Spaylater (Shopee Paylater)

Merupakan layanan kredit cicilan yang membuat pengguna bisa berbelanja di aplikasi Shopee, pemilihan pembayaran dengan metode ini. Pengguna bisa membeli barang tanpa adanya minimal membeli dan cicilan pembayaran, hal itu disesuaikan dengan jangka waktu yang dipilih. Shopee menawarkan pinjaman hingga Rp15 juta dan bertambah sesuai jumlah konsumsi.

  • GoPay Paylater

Metode pembayaran dengan postpaid yang bisa digunakan oleh pelanggan terpilih, dalam hal ini Gojek. Meski begitu tidak semua pengguna bisa memakai layanan ini, pengguna harus mendaftar sebagai bagian dari GoPay Plus. Caranya mengunggah KTP beserta foto diri dengan memegang KTP, dan layanan ini tersedia untuk fasilitas yang ada.

  • Kredivo

Dengan pemakaian aplikasi ini, pengguna dimungkinkan mendapat pinjaman sebanyak Rp3 juta tanpa adanya bunga, meski jangka waktu pembayaran selama satu bulan. Kredivo menjadi aplikasi paylater yang bisa digunakan di beberapa e-commerce, tentunya yang sudah bekerja sama dengan mereka seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia dan lainnya.

  • Akulaku

Akulaku termasuk salah satu platform yang menyediakan metode pembayaran menggunakan paylater, dan bahkan pengguna dimungkinkan mengajukan pinjaman uang tunai sebanyak Rp15 juta. Menariknya, tenor yang ditawarkan Akulaku sangat beragam karena menyediakan dua jenis produk paylater yakni Akulaku Khusus Pengguna dan Akulaku Khusus Merchant.

  • Ovo Paylater

Ovo Paylater merupakan salah satu aplikasi yang juga menawarkan kredit untuk digunakan berbelanja di Tokopedia. Sama seperti GoPay later, penggunaan aplikasi kredit ini juga tidak sembarangan. Karena hanya bisa dinikmati oleh pengguna Ovo Premier, caranya mendaftar lebih dulu dengan mengunggah KTP dan foto memegang KTP.

Daftar Paylater

Penggunaan layanan paylater tidak bisa sembaranan dipakai, hal ini berlaku pada banyak aplikasi penyedia jasa ini. Terdapat beberapa langkah yang harus dipenuhi lebih dulu oleh para pengguna, jika langkah-langkah sudah dijalankan dengan benar, maka pengguna aplikasi baru bisa memakai layanan ini, berikut beberapa langkah mendaftar paylater.

  • Membuka aplikasi paylater yang dipilih dan akan digunakan untuk layanan ini.
  • Masuk ke fitur aktifkan, atau bisa juga masuk ke fitur daftar paylater.
  • Mengisi informasi dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan dalam layanan ini.
  • Setelah itu menunggu adanya konfirmasi terkait pernyataan jika pengguna sudah terdaftar dalam layanan paylater.

Cara Membayar Paylater

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, proses pembayaran dalam transaksi ini membuat pengguna bisa ditalangi terlebih dulu oleh penyedia layanan paylater ini. Setelah itu pengguna memiliki batas waktu pembayaran yang bervariasi, bisa satu bulan, dua bulan hingga tiga bulan dan bahkan satu tahun atau lebih.

Terkait rentang waktu, pengguna juga diberikan kesempatan memakai produk yang sudah dibeli dan metodenya seperti kredit seperti umumnya. Meskipun metode paylater, yang menjadi penyedia layanan bersangkutan akan menetapkan batasan terhadap kredit yang biasa dinamakan dengan limit dari paylater.

Jumlah limit yang tersedia bermacam-macam, hal ini tergantung pada aturan yang dimiliki oleh penyedia layanan. Pengguna yang semakin sering menggunakan paylater tanpa adanya kendala terhadap proses pembayarannya, maka jumlah limit yang diberikan atau ditawarkan penyedia layanan bisa menjadi semakin meningkat.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Paylater

Easy and wireless yechnology payment

Keuntungan Menggunakan Paylater

  • Proses Pengajuan Mudah

Dari proses pendaftaran, proses pengajuan aplikasi paylater adalah sangat mudah untuk dilakukan dan hanya tinggal mengikuti petunjuk yang sudah disediakan oleh penyedia layanan ini, untuk kemudian aplikasi paylater digunakan.

  • Digunakan Kapan Saja

Keunggulan paylater dalam sebuah aplikasi bisa dipakai kapan saja karena penggunaannya secara online. Hal ini memudahkan bagi pengguna yang membutuhkan dana, di mana dan kapan saja ketika pengguna membutuhkan khususnya dalam keadaan yang mendesak.

  • Waktu Fleksibel Tanpa Bunga

Keuntungan paling menarik dari penggunaan aplikasi paylater adalah adanya tenggat waktu atau tenor yang fleksibel. Penyedia layanan paylater dalam berbagai tenor berbeda, bisa mencapai tiga bulan hingga satu tahun dan pinjaman ini diberikan tanpa adanya bunga.

Kerugian Menggunakan Paylater

  • Perilaku Konsumtif

Kemudahan yang diberikan kepada pengguna terhadap pinjaman dana untuk membeli barang membuat banyak orang memanfaatkannya. Pengguna harus berhati-hati dengan pola pikir konsumtif, yang membuat mereka tergantung pada paylater untuk bisa mendapatkan barang yang diinginkan secara mudah.

  • Tagihan Membengkak

Selain perilaku konsumtif, pengguna dapat merugi karena paylater bisa membuat tagihan setiap bulannya menjadi membengkak. Karena itu sebelum menggunakan paylater, sebaiknya lebih dulu berpikir pijak terkait penggunaan penyedia jasa ini akan dipakai untuk mendapatkan atau membeli produk apa.

  • Tidak Aman

Hal ini menjadi kerugian paling besar yang dialami pengguna paylater, jika dibandingkan dengan penggunaan kartu kredit bank. Karena dari segi keamanan, paylater masih termasuk ke dalam golongan yang rendah. Bahkan saat ini tak sedikit penyedia jasa layanan paylater yang menawarkan pinjaman menarik tanpa disertai dengan jaminan keamanan.

Demikian penjelasan mengenai paylater, mulai dari pengertian, aplikasi yang menyediakan hingga keuntungan dan kerugian yang dialami para pengguna. Paylater sudah menjadi fasilitas utama yang digunakan dalam dunia bisnis oleh perusahaan, poin penting ini akan dipelajari secara mendalam di Sampoerna University.

Sampoerna University menerapkan kurikulum berstandar internasional, membuat mahasiswa dan mahasiswi tak hanya mempelajari ilmu dalam dunia bisnis secara teori. Tetapi juga praktek langsung, bisa di dalam kelas maupun di lapangan dalam penerapan ilmu pengetahuan ini. Sampoerna University juga memeiliki tenaga pengajar berkualitas dan berstandar internasional.

Referensi
Money.kompas.com – Paylater adalah

X