Skip to main content

Peluang Karier Jurusan Teknik Industri!

By November 26, 2021Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FET
jurusan teknik industri

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, Sampoerna University berhasil membuktikan bahwa sekitar 94% lulusannya langsung bekerja paling tidak hingga 3 bulan setelah mereka menyandang gelar sarjana. Hal tersebut tidak lepas dari sistem perkuliahan aplikatif dan program double degree yang ditawarkan, dimana mahasiswa dapat lulus kuliah dengan gelar sarjana dari Amerika Serikat tanpa perlu meninggalkan Jakarta. termasuk pada mahasiswa Jurusan Teknik Industri

Hal ini berlaku pula pada mahasiswa Teknik Industri. Selain memiliki background akademik memadai, lulusan salah satu program studi terbaik di Sampoerna University tersebut diketahui memiliki skill memadai. Tidak heran apabila Sarjana Teknik Industri dari Universitas ini memiliki prospek karier menjanjikan.

Baca Juga: Jurusan Teknik Industri Sampoerna University

5 Peluang Karier Jurusan Teknik Industri

Lalu, apa saja peluang karier Jurusan Teknik Industri yang biasanya dipilih lulusan Sampoerna University untuk mengembangkan karier mereka? Berikut ulasannya!

1. Product Analyst

Tugas utama profesi ini adalah menganalisis dan mengendalikan kualitas produksi, mengoptimalkan dan memelihara alat produksi, serta menilai hasil produksi secara menyeluruh untuk menjamin apakah proses yang dilakukan cukup efisien. Profesi Product Analyst sendiri biasanya dibutuhkan di industri manufaktur dan perusahaan retail baik lokal maupun asing.

2. Engineering Manager

Profesi kedua yang kerap menjadi tujuan sarjana Jurusan Teknik Industri adalah Engineering Manager. Dalam praktiknya, tugas utama profesi ini adalah membuat rencana kerja dan mengatur sumber daya yang dibutuhkan dalam suatu proyek. Seperti sebelumnya, profesi ini dibutuhkan di industri manufaktur, perusahaan retail, dan pabrik ekspor-impor.

3. Project Manager

Tugas seorang Project Manager tidak berbeda jauh dengan Engineering Manager. Bedanya, pada profesi ini Anda akan meng-handle tim dan tanggung jawab yang lebih besar. Project Manager termasuk salah satu profesi krusial di sebuah perusahaan, tidak heran apabila gaji per bulannya termasuk tinggi.

Profesi ini dibutuhkan di hampir semua sektor industri, baik yang berada di dalam maupun luar negeri. Mengingat lulusan Jurusan Teknik Industri juga memiliki ijazah asing, rasanya tidak akan sulit untuk menjadi seorang Project Manager di perusahaan luar negeri.

4. Health and Safety Environment Engineer

Peluang karier lulusan Teknik Industri selanjutnya adalah Health and Safety Environment Engineer. Tugas utama profesi ini adalah menganalisis prosedur dan lokasi, serta dampaknya terhadap kesehatan dan keselamatan para pekerja.

Melihat betapa pentingnya tugas seorang Health and Safety Environment Engineer, tidak heran apabila gaji profesi ini termasuk tinggi. Sarjana Teknik Industri bisa menemukan profesi ini di perusahaan berbasis industri baik skala nasional maupun multinasional.

5. Logistic Specialist

Sebagai seorang sarjana lulusan Jurusan Teknik Industri yang bekerja sebagai Logistic Specialist, Anda akan bertugas menganalisis dan mengatur rantai pasokan produksi. Pada proses ini, Logistic Specialist akan dilibatkan mulai dari perencanaan bahan baku, pembelian, pengolahan, packaging, hingga distribusi ke konsumen.

Melihat besarnya tanggung jawab yang diemban tidak heran apabila seorang Logistic Specialist digaji cukup besar. Bagi sarjana Jurusan Teknik Industri yang tertarik menjalani profesi ini, Logistic Specialist bisa ditemukan di berbagai lini industri baik di dalam maupun luar negeri.

Demikian ulasan tentang prospek karier lulusan Teknik Industri. Bagaimana, sudah tahu akan bekerja jadi apa saat menyandang gelar sarjana nanti? Semoga informasi di atas bermanfaat, salam sukses.

X