Skip to main content

Pengertian Interpersonal Skill, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya

By September 9, 2022September 16th, 2022Artikel
interpersonal skill

Keterampilan personal adalah salah satu soft skill yang paling dibutuhkan seseorang di dunia kerja saat ini. Namun selebihnya, keterampilan personal atau juga yang disebut dengan interpersonal skill sangat penting dan bermanfaat saat melakukan aktivitas sehari-hari. Terdapat alasan tersendiri mengapa keterampilan ini dibutuhkan dan dampak yang diberikan sangat signifikan.

Selain untuk mengerjakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan, seringkali didapat jika seseorang bersikap dan berperilaku dengan memungkinkan kerja sama bersama orang lain termasuk seperti rekan kerja, atasan dan klien. Segala perilaku merupakan keterampilan yang dimaksud dalam keterampilan interpersonal skill hingga kemampuan berkomunikasi dalam membangun hubungan.

Pengertian Interpersonal Skill

Interpersonal skill dibagi menjadi dua kata yakni interpersonal dan skill, interpersonal berasal dari dua kata juga yakni inter dan personal. Singkatnya keterampilan personal atau interpersonal skill adalah kemampuan seseorang dalam melakukan interaksi dengan orang lain.

Dalam dunia bisnis, interpersonal skill atau keterampilan interpersonal harus dimiliki oleh karyawan dalam melakukan pekerjaan. Bisa dilihat saat melakukan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya, keterampilan ini menyangkut tentang bagaimana cara berkomunikasi yang baik, menjadi pendengar dan sikap yang baik terhadap orang lain.

Pengertian Interpersonal Skill Menurut Para Ahli

Marvin Dunnette menyebut keterampilan sebagai pemikiran dari seseorang dan keahlian yang dimiliki seseorang berbentuk sebagai proses dalam mendapatkan pengetahuan yang diperoleh lewat proses latihan hingga pengalaman yang bervariasi. Dunnette juga menyebut jika keterampilan termasuk ke dalam kapasitas yang diperlukan setiap orang dalam menjalani aktivitas atau tanggung jawab.

CO atau Kemampuan Concern for Order

interpersonal skill

Merupakan kondisi seseorang yang berada dalam motivasi untuk mengurangi ketidakpastian yang sedang dihadapi.  Pada umumnya hal ini berhubungan dengan masalah pekerjaan, selain itu juga menyasar informasi, data dan instruksi. Kemudian orang-orang yang berada dalam golongan ini sangat memperhitungkan segala hal.

INT atau Initiative

Initiative menempatkan seseorang ke dalam bentuk yang memiliki dorongan untuk tampil lebih menonjol. Mulai dari kebutuhan hingga tuntutan pekerjaan yang ada saat itu, untuk selanjutnya lebih cenderung melakukan sesuatu.

IMP atau Impact and Influence

Golongan dengan orang yang lebih menekankan terhadap tindakan yang dilakukan supaya mempersuasi. Kemudian meyakinkan sehingga mempengaruhi orang lain dalam mencapai serta mendukung tujuan yang diinginkan.

Keterampilan Information Seeking

Keterampilan information seeking dimiliki orang dengan kebiasaan melihat besarnya suatu usaha tambahan yang dikeluarkan. Hal ini dilakukan ketika mengumpulkan informasi yang diinginkan dalam jumlah yang banyak.

Basic Literacy Skill

Basic literacy skill adalah suatu kemampuan dalam menekan terhadap hal-hal dasar yang telah dimiliki setiap orang. Beberapa jenis bentuk keterampilan ini dapat berupa kemampuan seseorang dalam mendengarkan, menghitung, membaca hingga menulis.

Technical Skill

Merupakan kemampuan dalam menekankan proses pembelajaran yang sudah dilakukan tetapi secara khusus, tapi menyesuaikan minat dan bidang yang ditekuni. Beberapa contoh bidang seperti keterampilan mengoperasikan komputer, merakit PC dan yang lainnya.

Interpersonal Skill

Keterampilan yang berfokus pada berbagai kemampuan dasar yang dimiliki setiap orang dalam melakukan proses komunikasi. Adanya hubungan yang terjadi bisa dalam bentuk antar individu, individu dengan kelompok dan masih banyak lagi. Banyak keterampilan yang masuk dalam interpersonal skill salah satunya kemampuan mengemukakan pendapat.

Problem Solving

Problem solving termasuk keterampilan yang dimiliki seseorang yang diterapkan dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, seseorang dengan keterampilan problem solving memiliki kemampuan untuk melogika dan kemampuan kognitif yang baik.

Baca juga: Pengertian Creative Thinking, Jenis, dan Cara Melatih

Pengertian Interpersonal Skill Menurut Para Ahli

Bierman dan Suchy

Menyebutkan bahwa keterampilan interpersonal atau disebut juga dengan interpersonal skill sebagai salah satu penyebab dan faktor yang penting untuk bisa menjadi penentu keberhasilan seseorang dalam meneliti kehidupan yang dimiliki.

Handfield

Interpersonal skill adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengelola diri sendiri secara efektif ketika melakukan pekerjaan. Bersama orang lain dalam rangka menyelesaikan tugas maupun tanggung jawab yang diberikan bersama.

Buhrmester

Disebutkan bahwa kemampuan interpersonal adalah kelebihan yang dimiliki seseorang dalam melakukan hubungan interpersonal dengan orang lain. Contohnya seperti hubungan sosial dalam kehidupan sehari-hari.

McGaha dan Fitzpatrick

Keterampilan interpersonal adalah perilaku yang sesuai ketika membangun hubungan seperti kontrak, dukungan emosional, keterbukaan antara satu sama lain dan merupakan salah satu cara untuk mengatasi konflik dengan tepat.

Spitzberg dan Cupach

Interpersonal skill didefinisikan sebagai keterampilan dan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam melakukan pembicaraan atau komunikasi yang efektif. Tak hanya baik, namun tujuan akhir dari komunikasi tersebut tercapai secara efektif.

Manfaat dari Interpersonal Skill

interpersonal skill

Interpersonal skill dalam dunia kerja dapat membangun hubungan kerja sama dengan orang lain, atau dalam hal ini adalah rekan kerja. Termasuk klien hingga atasan di suatu perusahaan tempat di mana seseorang tersebut bekerja. Selain itu keterampilan interpersonal bisa dipakai untuk menjaga hubungan baik dengan orang sekitar bisa itu lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Kemampuan ini membuat seseorang bisa menjaga dengan baik suatu hubungan lewat komunikasi, selain itu juga mampu memahami perasaan dan ide yang disampaikan oleh mereka. Keterampilan interpersonal dapat diterapkan dalam berbagai bentuk, termasuk taktik, tindakan hingga diplomasi untuk interaksi dengan orang lain.

Cara Meningkatkannya

  • Mencari Cara untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Menemukan cara untuk meningkatkan rasa percaya diri, karena percaya diri sangat berguna untuk menyelesaikan suatu masalah bisa itu pekerjaan maupun tanggung jawab yang diberikan. Dengan rasa percaya diri, seseorang akan mudah dalam melakukan negosiasi terhadap diri sendiri dalam menyelesaikan masalah bisa dimulai dari hal kecil seperti memberi senyum ke orang lain.

  • Meminta Saran atau Kritik dari Orang Sekitar

Meminta saran maupun kritik dari orang sekitar, karena keterampilan interpersonal tak hanya menyangkut diri sendiri. Namun bagaimana bisa membangun serta mengembangkan hubungan yang dimiliki dengan orang lain. Meminta saran atau kritik kepada teman terkait hubungan, kemudian dengan hal itu digunakan untuk memperbaiki diri.

  • Bertanya Kepada Orang yang Berpengalaman Serta Menyimak

Tak perlu sungkan untuk bertanya kepada orang lain yang dianggap memiliki lebih banyak pengalaman. Hal ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti ketika berbicara dengan atasan dalam dunia kerja dan memperhatikan bagaimana mereka menjawab pertanyaan termasuk intonasi, kosakata dan yang lainnya.

  • Memposisikan Diri Sebagaimana Perasaan Orang Lain

Memposisikan diri menjadi orang lain dengan perasaan yang mereka rasa, saat melakukan interaksi dengan orang lain usahakan untuk memikirkan reaksi yang lebih dulu dengan cara membayangkan bagaimana perasaan orang yang sedang dalam posisi tersebut. Hal ini diyakini mampu untuk memahami apa yang membuat mereka merasa demikian.

Tips dalam Penerapan Interpersonal Skill

  • Memberi Senyuman Terhadap Orang Lain

Meningkatkan keterampilan interpersonal dengan selalu memberi senyuman kepada orang lain saat melakukan komunikasi. Karena itu senyuman dapat membawa energi yang positif hingga membuat orang lain yang lebih nyaman.

  • Memberikan Apresiasi Terhadap Orang Lain

Memberi apresiasi terhadap orang lain atau lawan bicara dengan berbagai macam cara, proses pemberian apresiasi terhadap seseorang ini bisa dilakukan dengan berbagai bentuk seperti mendengarkan dan menghargai orang lain serta memberi tanggapan yang sesuai.

  • Memberi Perhatian Terhadap Orang Lain

Memberi perhatian dengan cara mengamati dan mencermati orang lain, hal ini bisa dilakukan dengan melihat orang lain yang sedang berada di situasi sulit. Langkah yang harus dilakukan sebagai bentuk perhatian tentu memberinya bantuan, atau saran dan sesuatu yang mereka butuhkan saat itu.

  • Berkomunikasi yang Baik dengan Orang Lain

Mempelajari cara bagaimana menjadi komunikator yang baik terhadap lawan, seseorang dengan kemampuan ini tidak hanya dilihat dari salah satu perspektif saja. Namun menempatkan diri pada kedua perspektif hingga melihat dan menentukan solusi serta alternatif yang tepat dalam penyelesaian masalah yang dihadapi.

  • Mampu Berempati

Meningkatkan keterampilan interpersonal yang baik adalah mampu memberi empati terhadap orang lain, khususnya mereka yang sedang terkendala masalah. Jauhi memberi kritikan atau memberi penilaian yang negatif, sehingga mampu memposisikan dirinya.

  • Mampu Bekerja Sama dengan Baik

Bekerja sama dengan orang lain dalam membangun relasi yang terencana atau konstruktif secara baik. Khusus dalam dunia kerja, kemampuan seperti itu sangat penting ketimbang harus terus menjalani kompetisi dengan rekan kerja. 

  • Jangan Terlalu Banyak Mengeluh Tentang Suatu Hal

Langkah terakhir dalam meningkatkan keterampilan interpersonal adalah tidak perlu terlalu banyak mengeluh terkait segala hal. Karena dengan begitu bisa memberi nilai positif, terhadap orang lain yang melihat itu.

Demikian penjelasan mengenai interpersonal skill, mulai dari pengertian, manfaat, cara meningkatkannya dan tips penerapannya. Sampoerna University merupakan satu-satunya universitas dengan standar kurikulum pendidikan, fakultas dan operasional Amerika Serikat di Indonesia. Menawarkan Program Gelar Ganda yang memungkinkan dipelajari selama empat tahun.

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia dengan menawarkan pilihan terbaik bagi para mahasiswa-mahasiswi yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University menjadi lembaga pendidikan yang merupakan bagian dari Sampoerna Schools Systems Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.

Article Form

Referensi

Glints

X