Skip to main content

Pengertian Linux, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Serta Contohnya

By Agustus 16, 2022September 9th, 2022Edukasi
linux adalah

Linux adalah salah satu sistem operasi atau OS yang dipakai dalam sebuah desktop, namun sistem ini kalah tenar dari Windows meskipun memberi banyak manfaat dengan kelebihan yang dimiliki. Sistem operasi linux dinilai lebih mudah dikembangkan dan menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki dibanding Windows dan patut dipertimbangkan.

Sistem operasi ini dinilai merupakan sistem yang paling aman dan bisa dipercaya, selain itu linux juga sudah berkembang menjadi salah satu ekosistem komputer terbesar di dunia. Selain itu linux juga memiliki banyak versi karena memang dikelola banyak pengembang yang tersebar di seluruh dunia, dan bahkan proses pengembangan sistem ini dilakukan secara bebas.

Apa Itu Linux?

Linux adalah sistem operasi atau operating system (OS) yang sifatnya open source hingga gratis, sistem operasi ini salah satu kelebihannya adalah pengguna bisa memakai dan mengembangkannya dengan bebas. Sistem operasi ini biasanya dalam pengembangan perangkat berbeda dengan Windows, tipe file yang digunakan oleh linux secara umum adalah ext3.

Sistem operasi jenis ini memang sangat jarang dibicarakan, namun banyak digunakan pada perangkat yang digunakan beraktivitas sehari-hari manusia. Termasuk pada mobil, alat elektronik, ponsel berbasis android dan lain sebagainya. Walaupun pengguna banyak yang belum menyadari bahwa mereka sudah menggunakan sistem operasi ini.

Sejarah Linux

Programmer coding software development working project it

Kemunculan linux bukan hal yang secara kebetulan terjadi, artinya ada proses yang sudah dikerjakan sebelumnya. Sistem operasi ini sudah muncul di pasaran dalam bentuk Unix da Dos, jika asing mendengar istilah ini maka kedua istilah tersebut juga dikenal dengan sebutan Windows. Akan tetapi, sistem operasi bersifat tertutup sehingga didapatkan dengan pembeli.

Kondisi yang kemudian diperhatikan oleh komunitas Developer, untuk kemudian dibentuklah suatu grup yang dinamakan GNU. Tujuan dilahirkannya grup ini adalah menciptakan sistem dengan aplikasi yang sifatnya gratis sekaligus open source. Hingga membuat banyak orang kemudian dapat menggunakannya.

Saat semua komponen selesai dibuat, ternyata ada satu komponen penting yang tertinggal dan belum berhasil dibuat. Komponen tersebut adalah kernel, komponen yang menjadi pusat operasional dari berjalannya sistem operasi ini. Barulah pada tahun 1991, seorang mahasiswa jurusan Ilmu Komputer di University of Helsinki mencatatkan sejarah.

Mahasiswa itu bisa membuat Operating System mandiri dan sistem operasi ini bisa berjalan pada device baru memakai processor 80386 sebagai tipe file yang digunakan oleh linux. Tanpa memasukkan kode unik apa pun, hingga kemudian sistem operasi tersebut dikenal dengan nama atau istilah linux yang sangat membantu para developer dalam mengembangka perangkat.

Dalam prosesnya developer bisa terhindar dari terbenturnya dengan lisensi serta regulasi yang rumit, karena itulah perintah dasar linux diciptakan sebagai suatu inovasi yang mendobrak adanya monopoli dari sistem operasi yang ada. Sehingga sangat menguntungkan para developer baik pemula maupun lanjutan ketika mengembangkan perangkat yang dimiliki.

Baca juga: Pengertian CRM, Sistem, Komponen dan Tahapan

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Linux

Linux digunakan bukan tanpa alasan, developer memahami benar dengan potensi yang diberikan sistem operasi ini. Artinya terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki yang kemudian dimanfaatkan oleh mereka ketika proses pengembangan perangkat tengah dilakukan atau sedang berjalan dalam waktu tertentu, berikut beberapa kelebihan linux.

Kelebihan Linux

  • Sistem operasi linux bisa didapatkan dengan gratis dan pengguna bebas dalam mengembangkannya.
  • Sistem operasi linux digunakan dengan mudah, bahkan ketika dipakai oleh pengguna atau programmer pemula.
  • Meski bisa didapatkan secara gratis, sistem operasi ini memiliki jaminan privasi dan keamanan yang terjamin.
  • Linux memiliki performa yang cepat, selain itu sistem operasi ini termasuk salah satu yang rutin melakukan pembaharuan.
  • Linux memiliki banyak jenis, tak hanya terpaku pada satu produk dan sangat cocok digunakan untuk para pengembang.
  • Linux memiliki komunitas yang sangat luas, bahkan saking banyaknya komunitas sistem perangkat ini berada di seluruh penjuru dunia.
  • Perintah dasar linux yang digunakan untuk menghapus direktori adalah rm dengan langkah mudah, alternatif command.

Kekurangan

  • Meski banyak memiliki kelebihan, bukan berarti linux adalah sistem operasi yang sempurna karena memiliki kelemahan yakni dukungan terhadap hardware yang masih sedikit.
  • Kelemahan kedua dari linux adalah sangat tidak cocok jika diterapkan untuk gaming, sehingga diperlukan alternatif lain.
  • Selain itu kelemahan ketiga dari sistem operasi ini adalah masih sedikit aplikasi yang terdapat di dalam sistem ini.

Contoh Macam-macam Linux

Server logs analysis. closeup developing programming and coding technologies. developer working on web sites codes in office.

Seperti yang disebutkan di awal bahwa linux memiliki banyak sekali macamnya, karena memang pada dasarnya pengembang perangkat bebas dalam menggunakannya. Memahami beberapa jenis linux sudah cukup untuk lebih mengerti bagaimana kelebihan dari sistem operasi ini. Lantas apa saja macam-macamnya? berikut ini di antaranya.

  • Mint

Contoh linux yang satu ini dianggap paling cocok digunakan untuk para pemula, karena tak seperti jenis pada umumnya. Mint diketahui memiliki interface yang lebih ramah dan memudahkan pengguna memakainya. Namun mint sudah dilengkapi dengan banyak tools seperti software manager, backup tool, desktop setting dan update manager.

Biasanya para pengguna pemula menggunakan mint ketika mencari sistem operasi linux yang mudah dalam penggunaan dan menyerupai bagaimana windows bekerja. Mint adalah salah satu alternatif yang sangat dianjurkan dipakai bagi para pemula, karena itu jangan ragu untuk mempelajari bagaimana menggunakan sistem ini.

  • Arch Linux

Berbeda dengan mint yang dipakai untuk para pemula, arch linux diperuntukan bagi pengguna yang sudah berpengalaman dalam bidang ini. Arch linux diketahui lebih berfokus pada kostum ketimbang tampilan. Karena itu arch linux dibuat sangat simpel atau sederhana, hal itu dibuat agar pengguna bisa melakukan penyesuaian secara bebas.

  • Gentoo

Sama seperti Arch Linux, Gentoo dibuat dan diperuntukan kepada para pengguna yang sudah berpengalaman di bidang ini. Jenis linux yang satu ini sudah lahir cukup lama, pertama kali kemunculannya di tahun 2000. Gentoo memiliki keunggulan dalam hal optimasi kecepatan dan package yang modular dan portable.

Keunggulan yang dimiliki itu bisa memudahkan para pengguna ketika akan melakukan kustomisasi, banyak fitur yang memudahkan. Karena itu tak heran jika Gentoo memiliki banyak pengguna yang memakainya untuk memprogram dan melakukan konfigurasi unik serta spesifik sesuai dengan keinginan yang ingin dicapai.

  • Debian

Jenis linux yang satu ini cukup menarik, berbeda dengan jenis-jenis sebelumnya karena Debian merupakan jenis yang paling populer. Bahkan saking populernya, jenis yang satu ini banyak menghasilkan jenis turunan. Termasuk salah satunya adalah Mint dan Ubuntu, hal itu tak mengejutkan jika melihat usia sistem operasi ini.

Debian memiliki umur yang sudah sangat tua karena merupakan salah satu yang paling awal kemunculannya. Sistem operasi ini muncul pertama kali di tahun 1993 dan saat itu perangkat yang paling banyak menggunakan sistem operasi ini adalah personal computer (PC) dan server yang ada saat itu.

  • Red Hat

Sistem operasi Red Hat merupakan sistem linux yang paling populer dan terkenal, hal ini dikarenakan sistem ini memiliki keamanan dan kestabilan yang sangat terjaga dengan baik. Sistem operasi ini juga banyak digunakan dalam dunia bisnis dan menjadi paling umum dipakai, salah satu alasan mengapa dipakai adalah red hat memiliki performa yang sangat cepat.

Karena itu Red Hat menjadi salah satu alternatif terbaik bagi orang-orang yang membutuhkan server mumpuni. Karena keunggulan yang dimiliki sistem operasi ini, target mereka pun juga sangat banyak dan menyebar hingga bahkan bisa untuk memonopoli. Di antaranya target dari red hat adalah server, komputer hingga workstation.

Demikian penjelasan mengenai linux, mulai dari pengertian, sejarah, kelebihan dan kekurangan hingga macam-macam linux yang ada. Sampoerna University membentuk mahasiswa dan mahasiswi yang nantinya menjadi lulusan dengan keahlian adaptasi super cepat dengan teknologi baru, melalui berbagai program di Fakultas Teknik dan Teknologi.

Ditunjang dengan laboratorium di Sampoerna University sebagai salah satu fasilitas penunjang yang dipakai untuk beberapa program. Sampoerna University bersiap melahirkan para ilmuwan komputer yang kompeten, berpikir logis dan kritis serta mampu mempelajari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang komputasi dan informatika.

Dapatkan informasi terkait program yang ada di Sampoerna University dengan mengisi data dibawah ini dan team kami akan siap melayani.

Article Form

Referensi
Wikipedia

X