Skip to main content

Passion adalah Rahasia Kembangkan Diri, Simak Cara Mencarinya!

By Oktober 15, 2022Oktober 27th, 2022Artikel
passion adalah

Passion adalah salah satu rahasia untuk bisa mengembangkan diri, meski tak semua orang tahu bagaimana cara menemukannya. Lalu sebenarnya apa itu passion dan bagaimana contoh passion? Simak selengkapnya tentang arti passion berikut ini!

Pengertian Passion

Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, passion artinya adalah gairah, atau bisa juga diartikan sebagai semangat,nafsu, keinginan besar, dan lain sebagainya. Menilik ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gairah artinya adalah keinginan (hasrat, keberanian) yang kuat.

Jadi, secara singkat, passion adalah sebuah keinginan untuk melakukan sesuatu dengan motivasi, keinginan, dan antusiasme tinggi. Bisa dikatakan juga bahwa passion adalah saat motivasi bertemu dengan emosi yang sama-sama kuat, menjadikan seseorang ingin melakukan sesuatu dengan antusias.

Contoh terbesar adalah dalam hal bekerja, apa itu passion kerja? Artinya adalah keinginan yang kuat dalam melakukan pekerjaan. Passion adalah sebuah pekerjaan atau perbuatan yang dilakukan secara ikhlas dan tanpa paksaan sebagai bentuk panggilan alam bawah sadar.

Passion dikerjakan terus menerus, dengan tak pernah merasa bosan, tak memikirkan untung rugi, dan jika tidak dilakukan akan merasa ada sesuatu yang kurang. Passion juga memiliki banyak jenis, di antaranya seperti passion karena uang, passion karena mencari solusi, passion untuk membantu orang lain, hingga passion bersama karena bertemu orang yang punya hobi serupa.

Passion dibagi menjadi dua jenis menurut Professor J Vallerand, yaitu passion harmoni dan passion obsesi.

Passion Harmoni

Passion harmoni adalah passion yang positif dan dilakukan karena senang, cinta, dan suka, misal melakukan hobi sebagai pekerjaan dan sumber pendapatan. Passion harmoni membuat seseorang bahagia, dengan langkah yang dilakukan terorganisir dan punya tujuan jelas.

Passion Obsesi

Passion obsesi membutuhkan faktor eksternal yang kemudian jadi dorongan melakukan aktivitas, misalnya mencari penghasilan untuk menafkahi keluarga. Passion jenis ini membuat Anda terpaksa menjalani aktivitas, dan mungkin membuat seseorang tak bahagia.

Baca juga: Self Development adalah Hal Penting untuk Diri, Kenali Cirinya!

Pengertian Passion Menurut Para Ahli

passion adalah

Para ahli memiliki pengertian mereka sendiri tentang apa itu passion. Vallrean dan Houlfard mengatakan passion adalah kecenderungan kuat terhadap aktivitas yang digemari seseorang. Sedangkan Covey mengungkapkan bahwa passion adalah keinginan membara, keyakinan kuat, dan dorongan yang bisa membuat seseorang menjadi lebih disiplin untuk mencapai keinginannya.

Di sisi lain, Pertula beranggapan bahwa passion adalah sebuah kondisi psikologis dengan ciri bisa menghadirkan rasa emosi positif dan kuat, dorongan internal, dan keterlibatan tinggi dalam aktivitas yang dianggap seorang individu bermakna.

Gani dan Priambodo mengatakan bahwa passion adalah hasrat atau gairah yang muncul dengan kuat saat seseorang percaya bahwa akan mendapatkan hasil akhir menyenangkan. Lalu ada Agustinus yang berujar bahwa passion adalah gairah dan semangat yang menggebu guna mencapai sebuah tujuan, serta keinginan besar dan kesiapan untuk menderita demi mencapai tujuan.

Terakhir, ada Riana yang mengatakan passion adalah ketakutan yang bisa membuat seseorang mampu bergerak maju dan tidak peduli dengan rintangannya. Lalu bagaimana saja contoh-contoh passion yang ada?

Contoh Passion

Berikut ini adalah beberapa contoh passion:

  1. Perasaan yang Sangat Kuat

Contohnya adalah saat mengikuti lomba atau kegiatan dengan perasaan semangat, seperti melakukan sebuah hobi.

  1. Emosi Mendalam

Contohnya adalah ketika ada anak kecil yang fokus bermain dan tak memperhatikan sekitarnya, bisa juga saat orang melakukan hobi dan tak ingat dengan hal lain lagi.

  1. Terpicunya Antusiasme dan Hasrat

Contohnya adalah ketika melakukan sesuatu hingga lupa waktu, misal saat berbicara tentang hobi sepak bola atau mobil kepada teman, dan terus menerus membahas sampai lupa waktu.

Berikut ini adalah beberapa passion populer yang ada di dunia saat ini:

  1. Binatang

Kecintaan kepada binatang menjadi hobi dan passion banyak orang. Bahkan ada yang jadi sukarelawan atau peneliti hewan karenanya.

Di rumah misal, bisa memelihara kucing atau melatih hewan-hewan lainnya.

  1. Seni

Menggambar, fotografi, desain, dan lain sebagainya menjadi beberapa hal di bidang seni yang banyak diminati.

Dikatakan bahwa setiap orang punya jiwa seni, hanya memang berbeda-beda dan mungkin sulit ditemukan.

  1. Belajar

Beberapa orang punya passion belajar untuk bisa mempelajari hal baru dan terus memperbaiki diri, misal membaca buku, bepergian, bertemu orang, dan hal lain sebagainya.

Perbedaan Hobi dengan Passion

passion adalah

Ada beberapa hal yang membedakan orang yang memiliki passion dan tidak memiliki passion, beberapa di antaranya:

  1. Punya ambisi menciptakan hal yang penting dan berarti dalam kehidupan.
  2. Punya rasa cinta yang besar kepada hal-hal yang ia jalani.
  3. Punya energi dan daya untuk bisa mewujudkan mimpi dan idenya.

Lalu, apa perbedaan hobi dengan passion?

Passion adalah hal yang disukai, membuat antusias dan memberikan rasa bahagia. Sekaligus juga memberikan dampak untuk orang lain. Sedangkan hobi, adalah hal yang disukai, tetapi tak selalu memberi manfaat bagi orang lain.

Contohnya adalah bernyanyi, bisa jadi sebuah hobi jika dilakukan terus menerus, disebut hobi jika hanya menyanyi tanpa memperhatikan teknik atau belajar lebih dalam. Sedangkan passion, seseorang tersebut akan belajar lebih dalam tentang menyanyi. Lalu, bagaimana cara menemukan passion kita?

Cara Menemukan Passion

Berikut ini adalah tips untuk bisa menemukan passion:

  1. Cari hal atau aktivitas yang membuat bahagia.
  2. Cari aktivitas atau hal yang sering dan senang dibicarakan.
  3. Tuliskan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki diri, untuk mengetahui kelebihan yang dimiliki dan bisa jadi passion.
  4. Tanyakan kepada diri sendiri soal cita-cita atau impian masa kecil.
  5. Pikirkan hal-hal yang bisa berpengaruh kepada keputusan yang diambil.
  6. Cari tahu lebih dalam apakah pekerjaan saat ini membuat bahagia atau tidak.

Manfaat Memiliki Passion dalam Hidup

Berikut ini adalah beberapa manfaat memiliki passion dalam hidup:

  1. Membuat seseorang jadi merasa bersemangat.
  2. Membuat seseorang jadi pantang menyerah.
  3. Cenderung sukses jika bekerja sesuai passion.
  4. Membentuk karakter jadi lebih kuat.
  5. Lebih menikmati hidup dan pekerjaan.
  6. Rasa stress berkurang.
  7. Jadi lebih menghargai waktu.

Demikian penjelasan lengkap tentang arti, contoh, cara menemukan, dan manfaat passion. Sebagai mahasiswa Sampoerna University, mereka didorong dalam pengembangan passion masing-masing. Sampoerna University mendorong mahasiswa – mahasiswi kami untuk bergabung dengan berbagai organisasi dan klub. Organisasi dan klub dapat membantu mahasiswa-i untuk mengembangkan kompetensi non-akademik seperti keterampilan kepemimpinan, keterampilan organisasi, keterampilan komunikasi, keterampilan presentasi, dan kompetensi sosial lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.

Article Form

Referensi

Kata Data

X