24 Sep 2023

Pengertian Scam: Jenis-Jenis, dan Cara Menghindarinya

Artikel,

Edukasi,

Scam adalah sebuah upaya penipuan yang dilakukan untuk mendapatkan uang atau sesuatu yang berharga dari korbannya. Seseorang yang melakukan aksi scam ini biasa disebut dengan scammer. 

 

Scam bisa terjadi dikarenakan era digital yang semakin berkembang, yang dimana segala aktivitas bisa dilakukan secara online, mulai dari bekerja, belajar, bermain, hingga membeli kebutuhan rumah tangga. Maka dari itu, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali kejahatan online yang dapat timbul menimpa kita. 

 

Mari kita pelajari lebih lanjut mengenai pengertian scam, jenis-jenis, dan cara menghindarinya. Yuk, kita simak bersama-sama!

 

Pengertian Scam

 

Scam adalah salah satu bentuk kejahatan di dunia digital atau cyber crime yang dimana pelaku ingin mendapatkan uang atau data pribadi dari korbannya melalui skema penipuan. Seperti yang kita pernah lihat di lingkungan sekitar, scam adalah sebuah upaya dimana pelaku ingin mendapatkan sejumlah dana dan keuntungan besar dari korban dengan melakukan tindakan penipuan yang terorganisir.

 

Scam dapat terjadi di mana saja, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Di dunia nyata, scam biasanya dilakukan dengan cara menipu korban secara langsung, misalnya dengan berpura-pura menjadi orang lain atau menawarkan barang atau jasa yang palsu. 

 

Jenis-Jenis Scam

 

Apabila kamu sudah mengerti tentang pengertian dari scam, kira-kira apa saja jenis-jenis scam yang patut kamu waspadai. Simak berikut ini:

 

1. Kontak Langsung

 

Scam ini adalah salah satu upaya dimana penipuan yang dilakukan dengan cara menipu korban secara langsung, baik secara tatap muka maupun melalui telepon. Pelaku scam kontak langsung biasanya menggunakan berbagai cara untuk membujuk korban. 

 

Beberapa motif yang biasa dilakukan oleh penipu adalah dengan menawarkan barang atau jasa palsu dengan harga yang sangat murah, menjanjikan keuntungan besar dengan cara yang tidak masuk akal, dan masih banyak lainnya. 

 

2. Scam Menggunakan Voucher

 

Jenis scam menggunakan voucher adalah jenis penipuan yang dilakukan dengan cara menawarkan voucher palsu kepada korban. Pelaku biasanya menawarkan voucher dengan harga yang sangat murah, atau dengan menjanjikan keuntungan besar. 

 

Setelah pelaku sudah mendapatkan korban, pelaku akan meminta korban untuk melakukan pembayaran ulang karena transaksi yang dilakukan sebelumnya tidak berjalan dengan lancar, sehingga dana belum diterima oleh si pelaku. Jenis scam ini sudah dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan transfer langsung ke si pelaku

 

3. Scam Situs Marketplace

 

Salah satu tujuan kita membuka perangkat smartphone kita adalah untuk membuka aplikasi. Maka dari itu, salah satu jenis scam yang bisa terjadi adalah melalui aplikasi yang menyerupai situs asli dari layanan, produk, atau brand. 

 

Para pelaku scam biasanya menggunakan berbagai cara untuk menarik perhatian korban, seperti menawarkan promo, hadiah, atau hal-hal menarik lainnya. Setelah korban tertarik, pelaku akan mengarahkan korban untuk mengisi data diri, lalu mengarahkan korban untuk mentransfer uang kepada pelaku.

 

4. Scam Media Sosial

 

Jenis scam ini adalah dimana pelaku memanfaatkan media sosial untuk menipu korban. Salah satu motifnya adalah pelaku membuat akun media sosial palsu dan menyamar sebagai orang lain, seperti teman atau keluarga. Setelah itu, pelaku dapat meminta informasi pribadi, seperti nomor kartu kredit atau kata sandi, atau meminta uang kepada korban.

 

Pengertian Scam: Jenis-Jenis, dan Cara Menghindarinya

 

Tips Menghindari Scamming

 

Scamming adalah sebuah bentuk kejahatan yang sedang ramai di media digital. Maka dari itu, kita perlu waspada agar kita tidak menjadi salah satu korbannya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghindari scamming:

 

  1. Jangan membalas atau abaikan email yang meminta informasi pribadi kamu, seperti nomor kartu kredit, kata sandi, atau informasi identitas.
  2. Periksa kembali halaman yang kamu akses. Pastikan bahwa halaman tersebut resmi dan aman. 
  3. Jangan membagikan kode OTP kepada siapa pun.
  4. Jangan memberikan kata sandi atau nama pengguna akun kamu untuk menghindari scam
  5. Jangan mudah percaya pada orang yang tidak dikenal, terutama jika orang tersebut meminta informasi pribadi.
  6. Jangan memberikan persetujuan akses kepada pihak lain, aplikasi, atau sejenisnya jika kamu tidak merasa membutuhkan hal-hal tersebut.
Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur, Tubuh Jadi Lebih Bugar

 

Sampoerna University

 

Sampoerna University merupakan sekolah internasional yang memiliki program pendidikan untuk dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kamu. Setiap mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang menarik dan siswa dapat mengeksplorasi banyak tentang studi yang dijalankan. 

 

Apakah kamu tahu bahwa Sampoerna University memiliki program pendidikan yang dapat membantu kamu untuk menemukan minat dan bakat kamu untuk dapat berkarir di masa depan nantinya. Sampoerna University menjadi solusi bagi kamu yang ingin teruslah belajar, berlatih, dan mengasah keterampilan Anda. Setiap bidang menawarkan peluang yang luas dalam dunia pemasaran digital yang terus berkembang.

 

Silahkan klik disini untuk mengenal lebih dalam mengenal lebih dalam mengenai studi pemasaran digital di Sampoerna University atau kamu dapat jadwalkan kunjungan bersama Sampoerna University secara online maupun offline. 

 

Download Sampoerna University Academic Calendar 2023 – 2024

 

 

Recent More

film animasi indonesia

Mei, 08 2024

Industri animasi Indonesia telah mencatatkan perkembangan yang signifikan dan mulai mencuri perhatian di panggung...

Apa itu Internet of things?

Mei, 08 2024

Apa Itu IoT (Internet Of Things)? Internet of Things (IoT) adalah konsep yang mengacu...

profesi bergengsi di dunia penerbangan

Mei, 08 2024

Industri penerbangan terus berkembang pesat, membuka berbagai peluang menarik bagi kamu yang ingin berkarier...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp