Skip to main content

Pengertian, Tugas dan Tips Sukses Menjadi Content Creator

By Maret 11, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FET, Artikel - FOB, Edukasi
content creator

Masifnya perkembangan teknologi internet di Indonesia yang disertai pembangunan infrastruktur dalam teknologi membuat banyak pelaku bisnis mendapatkan keleluasaan dalam memilih media dalam format yang akan dipakai untuk menyampaikan pesan terbaik kepada konsumen. Salah satu cara menyampaikan pesan dengan baik dan merata adalah dengan content creator.

Proses ini dinilai lebih efektif karena mampu menjangkau lebih banyak orang yang memiliki kesamaan dalam minat. Selain itu juga bisa memilih target atau audiens yang ingin dikehendaki sesuai dengan keinginan mereka. Banyak merek produk yang tertarik menggunakan jasa kreator dalam melakukan promosi, karena peran mereka menciptakan konten menarik soal produk yang akan diiklankan.

Apa Itu Content Creator

A Woman Using Her Phone while Attached on a Ring Light

Content creator adalah sebuah sebutan untuk seseorang yang menciptakan berbagai materi konten iklan, baik berupa tulisan, gambar, video, suara atau gabungan dari dua atau lebih materi. Konten-konten yang dibuat oleh mereka biasanya akan dimuat ke platform digital, seperti media sosial hingga laman web seperti wordpress.

Kini konten tak hanya terbatas pada gambar dan suara, tetapi juga dalam bentuk tutorial, vlogging, podcasting dan lain sebagainya. Tugasnya yakni mengumpulkan ide serta data, lalu melakukan riset untuk kemudian dikembangkan menjadi konsep yang akan dijadikan sebuah konten. Setelah itu konten akan tercipta sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan.

Terdapat beberapa pengetahuan yang harus dikuasai seseorang jika ingin menggeluti profesi ini, di antaranya seperti pengetahuan media produksi, komunikasi hingga teknik dan metode penyebaran. Nantinya beberapa pengetahuan itu akan dijadikan sebagai alternatif untuk memberi informasi dan menghibur target lewat tulisan, lisan maupun visual lainnya.

 

Tugas Content Creator

Positive ethnic female blogger demonstrating jacket on hanger during live stream on mobile phone placed on shining lamp

Memahami tugas dari seorang content creator artinya sudah menjadi keharusan dan wajib diketahui, karena dengan mengetahui hal itu seseorang bisa mengatur alur kerja yang akan dipilih seperti apa. Selain itu, evaluasi atas pekerjaan juga bisa dilihat apakah berkembang atau tidak mengalami perubahan sama sekali, berikut beberapa tugas yang diemban content creator.

  • Tanggung Jawab untuk Konten

Tugas untuk bertanggung jawab terhadap konten yang sudah dibuat, hal ini erat kaitannya dengan plagiarisme atau menduplikat. Jika muncul laporan adanya plagiarisme maka seorang kreator konten wajib mempertanggungjawabkan konten hasil buatan mereka dan memberikan penjelasan terkait hal tersebut.

  • Pahami Kebutuhan Website

Wajib memahami kebutuhan dan keinginan pengunjung laman atau website, hal ini dikarenakan konten yang dibuat akan menjadi konsumsi target atau audiens dari para pengunjung website. Dengan memahami kebutuhan pengunjung laman tertentu, konten yang tersaji akan memuaskan dan membuat banyak orang menikmati isinya.

Demi mendapatkan tujuan tersebut, pembuat konten harus melakukan riset terlebih dahulu atas perilaku dari pengunjung website. Tugas ini sebenarnya tak jauh dari Key Performance Indicator, semakin dalam analisis yang dilakukan maka kebutuhan pengunjung juga bisa dipenuhi dengan benar serta tidak asal.

  • Sesuaikan Konten dengan Media yang Dipakai

Pembuat konten bertugas menyesuaikan konten yang dibuat dengan media yang akan digunakan, inilah pentingnya pengetahuan dalam membedakan bentuk video, teks, gambar dan audio. Tugas ini termasuk ke dalam salah satu yang cukup sulit, karena sangat mempengaruhi kualitas konten yang dihasilkan dan pengalaman serta pengetahuan sangat dibutuhkan dalam hal ini.

  • Hasilkan Konten Sesuai Keinginan Audiens

Menghasilkan konten sudah menjadi tugas utama dari seorang content creator, namun konten yang disajikan harus sesuai dengan keinginan target audiens. Dengan kata lain pembuat konten tidak boleh membuat sembarang konten, sebaliknya harus sangat memperhatikan kualitas, faktual dan aktual.

Pembuat konten yang tidak bisa memahami kebutuhan pengunjung website dengan baik justru akan membuat penurunan secara signifikan. Karena audiens merasa bahwa konten yang tersaji tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Mereka akan kapok setelah mengunjungi website tersebut.

Cara Menjadi Content Creator

A Person Taking Videos of Her Friend Playing Using a Cellphone

Dalam dunia industri dan untuk kepentingan perusahaan, seorang pembuat konten harus memahami topik atau bisnis yang akan dikembangkan. Kemudian mempersiapkan rencana terstruktur dengan baik, kemudian menjalankan distribusi pemasaran terhadap konten yang sudah dibuat. Berikut ini beberapa syarat yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang content creator.

Memilih konten sesuai passion, hal ini sangat penting karena passion seseorang akan memberinya banyak inspirasi yang kemudian dituangkan ke dalam konten yang dibuat. Membuat karya asli atau original, karya asli dan tidak mengandung plagiarisme akan membuat orang tertarik untuk melihatnya.

Selalu mengikuti perkembangan waktu alias update dengan hal-hal yang tengah terjadi saat ini, hal itu membuat konten yang dibuat menjadi relevan dengan hal yang dibutuhkan masyarakat.

Kreator konten harus selalu mengetahui hal-hal yang terjadi di sekitar, hal itu memungkinkan si pembuat konten menemukan inspirasi yang relevan dengan konten.

Contohnya seperti Mlbb Content Creator, wadah bagi komunitas pemain Mobile Legends yang ingin menyalurkan bakatnya.

Tips Sukses Menjadi Content Creator

Blonde influencer recording make up video

Menulis, melakukan tinjauan, melakukan editing dan memperbaharui konten untuk situs web serta materi pemasaran dengan platform yang sudah dibuat menjadi beberapa tugas yang wajib dilakukan seorang content creator. Melakukan promosi di jejaring sosial serta memantau sejauh mana ketertarikan dari pengikut.

Bahkan seorang kreator konten bisa melakukan riset atau wawancara secara langsung apabila diperlukan. Hal itu berguna untuk mempelajari lebih lanjut mengenai tren terkini, perkembangan dan persepsi mengenai materi yang akan diangkat serta melakukan kontekstualisasi temuan. Selain itu membantu tim kreatif dengan desain materi promosi, dan bekerja sama saat ilustrasi artikel.

Memanfaatkan media sosial dalam melibatkan konsumen dan menanggapi pertanyaan, keluhan dan mempromosikan konten. Bagi perusahaan ini penting agar tujuan mereka tercapai, menyelesaikan tugas dan melakukan identifikasi serta memecahkan masalah. Dalam penggunaan media sosial, Search Engine Optimization (SEO) sangat penting untuk dimanfaatkan.

Demikian penjelasan mengenai pengertian content creator, tugas dan tips untuk menjadi seorang kreator konten yang sukses. Dengan mempelajari dasar-dasar lebih lanjut di Fakultas Pemasaran Digital dan Visual Design Communication Sampoerna University dapat membantu mengetahui celah-celah bisnis yang ada dan bisa dimanfaatkan mendatangkan keuntungan.

Pemasaran yang efektif mendorong inovasi dan dampak positif pada strategi yang dijalankan serta mampu mendorong pribadi dan perusahaan dalam bisnis. Dibantu dengan mengelola konten lewat Visual Design Communication semakin menambah keunikan yang ada pada konten yang dibuat untuk kemudian dipasarkan.

Mengingat lanskap pemasaran yang terus menerus mengalami perubahan, lulusan kami mendapatkan keunggulan tersendiri karena mereka juga dapat memperoleh gelar dari University of Arizona—salah satu universitas terkemuka di dunia. Pada tahun 2017, seluruh lulusan Fakultas Bisnis telah mendapatkan pekerjaan dalam waktu 2 bulan setelah kelulusan.

Referensi
Quipper.com – Content creator

X