Skip to main content

Pengertian Virtex, Jenis, Cara Menangkal dan Jenisnya

By Agustus 28, 2022September 16th, 2022Artikel, Artikel - FET
virtex adalah

Virtex adalah singkatan dari virus text yang bisa membuat beberapa aplikasi di ponsel pintar atau smartphone mengalami gangguan. Virus text berisi mengenai kumpulan karakter dengan simbol yang unik, dan jumlahnya ada banyak sehingga akan sulit untuk bisa dibaca. Menariknya, penyebaran virtex ini juga melalui sebuah aplikasi dan yang paling sering terkena kasusnya adalah WhatsApp.

Penyerang virtex bisa membuat WhatsApp mengalami lag dalam waktu yang lama, bahkan tak jarang membutuhkan waktu lama untuk kembali pulih diakses kembali. Hal ini tentu merepotkan, mengingat keberadaan aplikasi WhatsApp di era modern ini sangat penting. Satu-satunya cara yang efektif dalam menanggulangi kondisi terkena virtex dengan menginstal ulang aplikasi yang digunakan.

Pengertian Virtex

Virtex merupakan virus yang sangat berbahaya, namun di sisi lain juga bisa menjadi virus yang sama sekali tidak berbahaya. Karena memang tergantung seberapa besar kasus terkait virtex yang menyerang sebuah aplikasi. Virtex dianggap sebagai virus berbahaya jika sudah menyerang aplikasi lain, tak hanya satu saja di dalam sebuah smartphone.

Biasanya virtex akan menyerang jika secara terus-menerus disebabkan banyak orang lewat suatu aplikasi, seperti misalnya dalam WhatsApp jika menerima sebuah pesan singkat yang berisikan macam karakter unik dan cukup panjang. Tak lama setelah itu kemudian aplikasi ini sulit untuk diakses dan mengalami gangguan, inilah kondisi yang menandakan virtex muncul.

Jenis-jenis Virtex

Virus warning alert on computer screen detected modish cyber threat

  • Virtex Easy

Virtex easy merupakan jenis virtex yang mempunyai efek ringan serta tidak menimbulkan risiko besar, biasanya efek yang muncul hanya sekadar lag dan bersifat sementara. Meski begitu, jika kondisi ini menyerang harus tetap diwaspadai dan segera harus diatasi dengan cara-cara yang diketahui.

  • Virtex Sedang

Contoh virtex yang satu ini diklaim mampu memuat kurang lebih sekitar 66 ribu karakter dan menjelma sebagai virus jika sering dikirimkanke beberapa target atau spam virtex. Efek yang dimunculkan virtex easy adalah menyebabkan aplikasi, termasuk whatsapp tidak bisa digunakan kembali dan tidak dapat beroperasi dengan baik seperti biasanya.

  • Virtex Ganas

Yang namanya ganas sudah pasti berbahaya dan sangat harus diantisipasi, karena menjadi tingkatan paling tinggi dengan kemampuan mampu memuat lebih dari 66 ribu karakter. Tentu lebih mengerikan ketimbang virus yang pertama dan efek yang muncul bisa merusak sistem operasi pada ponsel pintar atau smartphone khususnya saat dibuka.

Cara Menghindari Virtex di WhatsApp

  • Jangan Sembarangan Memberikan Nomor WhatsApp

Cara pertama agar terhindar dari virtex adalah dengan tidak memberi nomor whatsapp ke sembarang orang, Hal ini digunakan karena memang tidak ada yang tahu dengan niat orang, bisa jadi tindakan yang menjurus ke perilaku kejahatan salin virtex wa.

  • Segera Hapus Pesan Jika Dikirimkan Oleh Nomor Asing

Copy virtex menyerang whatsapp lewat pesan-pesan yang dikirim nomor asing, hati-hati jika menerima pesan dari nomor mencurigakan dengan isi karakter-karakter unik, sebaiknya tidak untuk dibuka dan langsung dibuka saja. Manfaat sistem widget pada ponsel pintar, dengan begitu isi pesan yang masuk bisa dilihat tanpa harus membukanya.

  • Menggunakan WhatsApp Immune

WhatsApp immune merupakan salah satu aplikasi MOD whatsapp yang bersifat kebal dari serangan virtex atau virus text. Cara ini menjadi hal yang sangat jitu digunakan untuk menangkal smartphone terhindar dari serangan virus text.

Baca juga: Apa Itu Plagiarisme? Ruang Lingkup dan Upaya Menghindarinya

Cara Menangkal WhatsApp yang Telah Terkena Virtex

  • Segera Hapus Pesan yang Memuat Virtex Tersebut

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menangkal virtex adalah dengan segera menghapus pesan yang isinya virtex. Pastikan untuk tidak membuka pesan tersebut dan langsung menghapusnya, jika perlu blokir juga nomor pengirim pesan tersebut.

  • Aplikasi WhatsApp Hentikan Secara Paksa

Jika sudah terlanjur membuka pesan maka langkah yang harus segera dilakukan adalah paksa berhenti aplikasi WhatsApp. Pilihan ini biasanya muncul pada pengaturan aplikasi, setelah menghentikan paksa kemudian dapat kembali masuk ke WhatsApp dan segera hapus pesan virtex yang muncul.

  • Hapus Data dan Instal Ulang WhatsApp

Cara ini dilakukan jika virtex yang muncul adalah dengan sifat yang ganas, membuat aplikasi langsung lag. Sehingga hapus segera aplikasi, kondisi ini dilakukan agar efek yang muncul dari virtex karena bisa semakin berkembang. Jika sudah memiliki opsi hapus data, bisa dilanjutkan dengan mematikan ponsel pintar sementara waktu.

Mengenal Apa Itu Cyber Crime

E-mail popup warning window concept

Pengertian Cyber Crime

Berasal dari dua kata yakni cyber dengan artinya dunia maya dan crime atau kejahatan, secara istilah cyber cimer diartikan sebagai bentuk kejahatan yang dilakukan di dunia maya. Pada dasarnya, cyber crime merupakan istilah yang dipakai untuk mengacu pada aktivitas kejahatan lewat komputer atau jaringan komputer dijadikan sebagai alat, sasaran dan tempat adanya kejahatan.

Meskipun terlihat sepele karena tidak secara langsung menyerang manusia, namun aktivitas kejahatan siber ini termasuk dalam perbuatan melawan hukum. Saat ini sebagian besar perusahaan dan individu memiliki jaringan kompiter, aksi cyber crime dilakukan dengan tingkatan tinggi dapat merugikan pihak lain bahkan memiliki jumlah yang tidak sedikit.

Jenis-jenis Cyber Crime

  • Unauthorized Access to Computer System and Service

Kejahatan yang dilakukan dengan memasuki atau menyusup ke dalam suatu sistem jaringan komputer secara ilegal atau tidak sah. Artinya kegiatan menyusup ini dilakukan tanpa izin atau tanpa sepengetahuan dari pemilik jaringan komputer yang dibobol.

  • Illegal Contents

Kejahatan yang dilakukan dengan memasukkan data atau informasi jaringan internet terkait suatu hal yang tidak benar. Selain itu tidak etis dan bahkan melanggar hukum, aksi kejahatan ini biasanya diunggah ke media sosial dan tujuannya merugikan orang lain sehingga bisa mengganggu ketertiban umum.

  • Data Forgery

Merupakan kejahatan yang dianggap dengan memalsukan data dari dokumen-dokumen penting, dokumen ini sebelumnya sudah tersimpan sebagai scriptless document lewat internet. Sementara memang pemalsuan data biasanya berkaitan dengan data-data yang tidak benar mengenai status validnya.

  • Cyber Espionage (Mata-mata Dunia Maya)

Merupakan kejahatan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet untuk kegiatan mata-mata terhadap pihak lain. Kegiatan mata-mata ini biasanya dilakukan dengan memasuki sistem jaringan yang terdapat di komputer target yang menjadi sasaran.

  • Cyber Sabotage and Extortion

Kejahatan yang dilakukan dengan membuat gangguan yang merusakkan atau penghancuran terhadap suatu data. Data yang ada pada program komputer atau sistem jaringan komputer tentu bisa terhubung dengan internet. Biasanya aksi kejahatan dilakukan dengan memasukkan virus ke suatu program dengan tujuan merusak data yang ada.

  • Offense Against Intellectual Property

Yang dimaksud dengan offense against intellectual property merupakan kejahatan yang dilakukan dengan target hak atas kekayaan intelektual kepunyaan orang lain di jaringan internet dan tentunya sangat merugikan.

  • Infringements of Privacy

Merupakan kejahatan yang ditujukan terhadap adanya data pribadi seseorang yang tersimpan secara rahasia atau computerized, jika data pribadi ini terbesar maka dapat merugikan seseorang yang memiliki data tersebut.

  • Phising

Merupakan kejahatan dengan mengecoh orang lain agar memberi data pribadi ke situs yang sudah dipersiapkan sebelumnya oleh pelaku. Tindak kejahatan ini semakin marak terjadi, dan sasaran dari tindak kejahatan ini kebanyakan adalah para orang tua dengan pemahaman yang kurang dan sembarangan saat mengakses tautan yang dikirim.

  • Carding

Kejahatan penipuan yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, cara yang dilakukan cukup ekstrim yakni dengan mencuri nomor kartu kredit kemudian menggunakan nomor tersebut dipakai sebagai untuk transaksi di internet.

  • Cyber Stalking

Kejahatan yang mengganggu dan melecehkan seseorang dengan memanfaatkan komputer serta jaringan internet. Kemudian biasanya dilakukan dengan mengirim surat elektronik atau e-mail, secara berulang-ulang terhadap sasaran.

Hukum Pidana Aksi Cyber Crime

Kejahatan di dunia maya sudah ada sejak lama, hingga ternyata termasuk dalam tindak pidana, terdapat beberapa hukum yang mengatur pidana kepada pelaku cyber crime. Berikut beberapa pasal yang digunakan untuk menjerat para pelaku tindak kejahatan siber atau cyber crime di Indonesia khususnya.

Pasal 28 Ayat 1,” Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik”. Pasal 45 Ayat 2,”Setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat 1 atau ayat 2 dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan atau denda paling banyak Rp.00 (satu miliar rupiah)”.

Pasal 27

  • Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.
  • Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan perjudian.
  • Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan dan atau perencanaan nama baik.
  • Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan pemerasan dan atau pengancaman.

Mengenal Apa Itu Virus Komputer

Virus komputer adalah program mini yang mampu menggandakan diri sendiri dan bahkan mampu mengganggu hingga merusak sistem komputer. Virus komputer mampu merusak program dan menghapus file-file tertentu yang muncul di komputer. Sehingga kini sudah banyak program-program anti-virus yang mampu menemukan dan menangkap virus komputer.

Semakin penting fungsi komputer maka juga akan semakin bertambah pula kemampuan anti-virus yang dimiliki. Karena virus komputer biasanya dijadikan sebagai alat untuk cyber crime, hingga membutuhkan jaringan internet dan jaringan komputer. Cara penyebaran virus komputer umumnya melalui disket atau flashdisk.

Demikian penjelasan mengenai virtex atau virus text mulai dari pengertian, jenis-jenis hingga cara penanggulangan. Sampoerna University menyelenggarakan program-program pendidikan di bawah lisensi dan otoritas bekredensial dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, termasuk program pendidikan teknik dan teknologi.

Sampoerna University merupakan universitas satu-satunya universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University memiliki standar kurikulum pendidikan, fakultas, fasilitas dan operasional dengan Amerika Serikat di Indonesia. Mari bergabung bersama Sampoerna University dan wujudkan cita-cita menjadi generasi penerus bangsa yang handal dan terlatih.

Informasi lebih lanjut dapat mengisi form dibawah ini, team kami akan segera menghubungi. Terima kasih.

Article Form

Referensi
Kumparan

X