GAMBARAN

Sampoerna University adalah universitas internasional dengan standar pendidikan Amerika Serikat yang menawarkan program akademik dengan konteks Indonesia. Sampoerna University merupakan lembaga pendidikan bagian dari Sampoerna Schools Systems Indonesia.

Sampoerna University menyelenggarakan program-program pendidikan dibawah lisensi dan otoritas berkredensial dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Didirikan dengan tujuan yang jelas untuk memenuhi standar nasional dan internasional, Sampoerna University secara unik memenuhi syarat untuk memberikan kontribusi substantif kepada masyarakat melalui pendidikan.

Sampoerna University lebih dari sekadar kampus internasional, kami juga merupakan sebuah komunitas belajar yang mempersiapkan mahasiswanya untuk sukses, baik secara akademis maupun profesional. Di Sampoerna University, mahasiswa tidak hanya belajar dan mendapatkan ketelitian akademis, mereka juga ditantang untuk berpikir, melaksanakan, dan tumbuh ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan program pendidikan kami, mahasiswa dijamin memiliki keterampilan dan kredensial lebih baik yang akan membukakan mereka pintu untuk karir nasional maupun internasional setelah mereka lulus.

Komponen Kurikulum Pendidikan Umum

Kompetensi Kurikulum Pendidikan Umum

Mata kuliah inti Pendidikan Umum membekali mahasiswa Sampoerna University dengan kerangka pendidikan interdisipliner berdasarkan kurikulum pendidikan tinggi standar Amerika Serikat dan dipandu oleh standar pendidikan Indonesia. Bidang studi Pendidikan Umum meliputi Ilmu Komunikasi, Humaniora, Ilmu Sosial dan Perilaku, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Matematika. 

Sampoerna University menargetkan enam kompetensi tingkat perguruan tinggi berdasarkan rubrik NILAI yang dikembangkan oleh Association of American Colleges & Universities yang menjadi landasan pendidikan umum dan mata kuliah inti. Lulusan Sampoerna University akan mencapai kompetensi dalam:

BERPIKIR KRITIS

  • Menjelaskan isu/masalah
  • Memilih dan menggunakan informasi untuk menyelidiki isu/masalah
  • Menganalisis dan menafsirkan informasi yang relevan
  • Mengevaluasi informasi untuk menentukan kesimpulan potensial
  • Menghasilkan kesimpulan yang masuk akal

KOMUNIKASI YANG EFEKTIF

  • Menulis dengan teratur dan jelas
  • Berbicara dan mendengarkan secara interaktif

PEMAHAMAN ETIKA

  • Mengenali masalah etika
  • Memahami berbagai macam perspektif atau konsep etika
  • Menerapkan perspektif atau konsep etika
  • Mengevaluasi berbagai macam perspektif atau konsep etika

PEMBELAJARAN GLOBAL

  • Mengembangkan kesadaran diri secara global
  • Mendemonstrasikan pemahaman tentang pengambilan perspektif
  • Menunjukkan apresiasi terhadap keragaman budaya
  • Mengenali tanggung jawab pribadi dan sosial
  • Memahami sistem global
  • Menerapkan pengetahuan untuk konteks global kontemporer

LITERASI INFORMASI

  • Menentukan sejauh mana informasi yang dibutuhkan
  • Mengakses informasi yang dibutuhkan
  • Mengevaluasi informasi dan sumbernya secara kritis
  • Menggunakan informasi secara efektif untuk mencapai tujuan tertentu
  • Mengakses dan menggunakan informasi secara etis dan legal

LITERASI KUANTITATIF

  • Menjelaskan informasi yang disajikan dalam bentuk matematis (misalnya, persamaan, grafik, diagram, tabel, kata-kata)
  • Mengubah informasi yang relevan ke dalam berbagai bentuk matematis (misalnya, persamaan, grafik, diagram, tabel, kata-kata)
  • Melakukan perhitungan matematis
  • Membuat penilaian dan menarik kesimpulan yang tepat berdasarkan analisis kuantitatif data, sambil mengenali batas-batas analisis tersebut
  • Membuat dan mengevaluasi asumsi penting dalam estimasi, pemodelan, dan analisis data
  • Mengungkapkan bukti kuantitatif untuk mendukung argumen atau tujuan pekerjaan (dalam hal bukti apa yang digunakan dan bagaimana diformat, disajikan, dan dikontekstualisasikan)

Klik di sini untuk melihat deskripsi tentang mata kuliah Pendidikan Umum di Sampoerna University.
Klik di sini untuk mengakses Katalog Sampoerna University dan temukan berbagai informasi tentang perencanaan program kuliah.