06 Jan 2023

Peran Penting Akademik dan Non Akademik di Sampoerna Univ.

Artikel,

Peran penting keterampilan akademik dan non-akademik dalam mempersiapkan mahasiswa untuk karir yang sukses telah diakui oleh banyak universitas di seluruh dunia. Universitas telah mengembangkan berbagai program akademik dan non-akademik untuk membantu mahasiswa membangun keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses dalam karir mereka.

Keterampilan akademik seperti kemampuan analitis dan pemecahan masalah sangat dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini. Di sisi lain, keterampilan non-akademik seperti kepemimpinan, kreativitas, dan kerja tim adalah keterampilan yang sangat dihargai oleh banyak perusahaan dan dapat membedakan mahasiswa dari yang lain.

Sampoerna University (SU) menawarkan berbagai program akademik dan non-akademik yang dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa untuk sukses dalam karir mereka dan berkontribusi pada masyarakat. Sampoerna University menawarkan berbagai program akademik yang berkualitas tinggi, termasuk program sarjana, magister, dan doktor dalam berbagai bidang seperti bisnis, teknologi, dan seni.

Namun, SU juga menekankan pentingnya pengembangan keterampilan non-akademik untuk membantu mahasiswa menjadi pemimpin yang sukses dan berkontribusi pada masyarakat.

Melalui berbagai program non-akademik yang ditawarkan, SU membantu mahasiswa membangun keterampilan seperti kepemimpinan, kewirausahaan, dan berbicara di depan umum yang sangat dibutuhkan di dunia kerja.

peran akademik mahasiswa sampoerna university

Peran Akademik

Seperti universitas lainnya, peran akademik di SU mencakup pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. SU memiliki fakultas yang terdiri dari dosen-dosen yang berkualitas dan berpengalaman dalam bidangnya masing-masing.

Dosen-dosen di SU memegang gelar sarjana dan pascasarjana dari universitas terkemuka di dalam dan luar negeri. Mereka juga memiliki pengalaman dalam industri, memungkinkan mereka untuk memberikan perspektif praktis dalam pengajaran mereka.

Program sarjana di SU didesain dengan mengikuti standar internasional dan mempertimbangkan kebutuhan pasar kerja yang terus berubah. Kurikulum di setiap program dirancang untuk mengembangkan keterampilan kritis, analitis, dan kreatif mahasiswa.

Dalam kegiatan belajar mengajar, para dosen mendorong diskusi dan partisipasi aktif mahasiswa dalam mengeksplorasi topik-topik yang dipelajari. Selain itu, SU juga menawarkan program magang dan pengalaman belajar di luar negeri yang memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh pengalaman praktis yang berharga.

Selain pengajaran, SU juga menempatkan perhatian pada penelitian. Dosen di universitas untuk aktif terlibat dalam penelitian dalam bidang masing-masing.

Tujuannya adalah untuk memperkaya pengajaran mereka dengan informasi terbaru dari bidang studi mereka dan untuk memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan. SU juga memfasilitasi penelitian mahasiswa melalui program Tugas Akhir dan program penelitian mahasiswa.

group of smart asian architect interior design team consulting with constrction engineer work brainstrom meeting with house project blueprint and home mockup in house renovation structure background

Peran Non-Akademik

Peran non-akademik di SU sangat penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk sukses dalam karir mereka. Universitas ini menawarkan berbagai program dan kegiatan di luar kelas yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan non-akademik seperti kepemimpinan, kewirausahaan, dan kemampuan berbicara di depan umum. Beberapa program non-akademik yang ditawarkan oleh SU adalah:

  • Sampoerna Leadership Institute (SLI)

Sampoerna Leadership Institute (SLI) adalah salah satu program non-akademik yang ditawarkan oleh Sampoerna University. Program ini dirancang untuk membantu mahasiswa membangun keterampilan kepemimpinan yang sangat penting dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari.

SLI memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti pelatihan kepemimpinan, pengembangan tim, dan simulasi situasi bisnis.

Melalui program ini, mahasiswa akan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang konsep kepemimpinan dan membangun keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang efektif di tempat kerja dan di masyarakat.

Dengan demikian, program ini membantu mahasiswa untuk menjadi agen perubahan dan berkontribusi pada pengembangan Indonesia yang lebih baik.

  • Sampoerna Entrepreneurship and Incubation

Sampoerna University menyadari pentingnya keterampilan kewirausahaan dalam dunia kerja saat ini. Oleh karena itu, universitas ini telah menawarkan program Sampoerna Entrepreneurship and Incubation yang dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan kewirausahaan dan mendorong inovasi.

Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan tentang berbagai aspek kewirausahaan dan mempraktikkan keterampilan bisnis dengan cara membangun dan mengembangkan bisnis mereka sendiri.

Melalui program ini, Sampoerna University memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menjadi pengusaha yang sukses dan memainkan peran penting dalam membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

  • Sampoerna Public Speaking Program (SPSP)

Sampoerna Public Speaking Program (SPSP) adalah salah satu program non-akademik yang ditawarkan oleh Sampoerna University. Program ini dirancang untuk membantu mahasiswa membangun keterampilan berbicara di depan umum, yang sangat penting dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari.

Melalui program ini, mahasiswa akan memperoleh pengetahuan tentang dasar-dasar berbicara di depan umum dan teknik-teknik yang diperlukan untuk menjadi pembicara yang efektif. Mereka akan memiliki kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan mereka dengan berbicara di depan kelompok dan mendapatkan umpan balik dari instruktur dan sesama mahasiswa.

SPSP memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk membangun kepercayaan diri dan memperoleh keterampilan yang sangat berharga dalam kehidupan profesional dan pribadi mereka.

Selain itu, SU juga memiliki berbagai klub dan organisasi mahasiswa yang memungkinkan mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan sosial, budaya, dan akademik di luar kelas. Kegiatan di klub dan organisasi ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kreativitas, dan kerja sama tim.

Dalam mempersiapkan mahasiswa untuk karir mereka, SU juga menawarkan program magang dan kesempatan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia dan internasional. Program magang dan kesempatan kerja ini memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh pengalaman praktis yang berharga dan membangun jaringan profesional yang luas.

 happy group of multiethnic students studying

Kesimpulan

Sampoerna University memainkan peran penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk sukses dalam karir mereka. Dalam mencapai tujuannya ini, universitas ini menekankan pada pengembangan keterampilan akademik dan non-akademik mahasiswa.

Dosen-dosen yang berkualitas, program magang dan penelitian, serta kegiatan di luar kelas yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan non-akademik adalah beberapa faktor yang membuat SU menjadi universitas yang unik dan menarik.

Dengan fokus pada pengalaman belajar yang holistik dan berorientasi pada karir, SU telah mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin masa depan yang sukses dan berkontribusi pada masyarakat.

Kalau kamu sedang mencari universitas yang memberikan pengalaman belajar yang holistik dan membantu Anda mempersiapkan karir yang sukses, Sampoerna University adalah pilihan yang tepat. Bergabunglah dengan keluarga Sampoerna University dan raih masa depan yang sukses dan gemilang.

Informasi seputar pendaftaran akademik, program beasiswa dan bantuan konsultasi calon mahasiswa silakan klik pada tautan yang dilampirkan.

Jika kamu punya pertanyaan lebih lanjut, silakan isi form dibawah ini.

[formidable id=8]

Artikel menarik lainnya:

Recent More

Mengenal SAP Consultant Dan Cara Menjadi SAP Consultant

Jun, 20 2024

Apa Itu SAP Consultant?  Konsultan SAP adalah seorang profesional yang ahli dalam sistem perangkat...

Apa Itu Game Development? Scope Kerja Dan Jenjang Karirnya

Jun, 20 2024

Dunia game telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern. Bagi banyak orang, game...

Jun, 15 2024

Di era yang penuh dengan persaingan dan dinamika, bisnis model menjadi pedoman penting bagi...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp