30 Jan 2024

Perbedaan dan Keunggulan Tokopedia Vs Shopee

Uncategorized,

Di Indonesia, ada dua marketplace terbesar, yaitu Tokopedia dan Shopee. Kedua marketplace ini memiliki persaingan yang ketat, dengan masing-masing menawarkan keunggulannya sendiri. Bagi kamu yang ingin memulai bisnis online, penting untuk mengetahui perbedaan dan keunggulan Tokopedia vs Shopee, agar dapat memilih platform yang tepat untuk bisnis kamu.

Latar Belakang Shopee dan Tokopedia

Shopee merupakan aplikasi yang dapat di akses melalui smartphone kita. Shopee dapat menawarkan berbagai jenis barang, mulai dari elektronik, pakaian, perhiasan, dan keperluan sehari-hari. Masyarakat Indonesia telah menggunakan shopee dan menjadi aplikasi favorit mereka untuk belanja online. 

Tokopedia adalah salah satu tempat belanja online yang juga berasal dari Indonesia. Tokopedia menyediakan aplikasi hingga di daerah terpencil dan Tokopedia terkenal banget di Indonesia dan didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison.

Bedanya, di Shopee ada fitur kaya flash sale, Shopee Tanam, dan late night sale. Di Tokopedia, ada lencana ‘power merchant’ yang bikin toko online kamu jadi lebih dipercaya. Di Tokopedia juga gampang banget daftarnya, ga sesulit di Shopee.

Tetapi, Tokopedia punya kelebihan lain, kayak persaingan harga yang fair dan jumlah penggunanya lebih banyak dibanding Shopee.

Keuntungan Menjadi Seller Shopee

Shopee adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Menjadi seller Shopee menawarkan berbagai keuntungan, antara lain:

  1. Menjangkau pasar yang lebih luas

Shopee hadir di 7 negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Taiwan. Dengan menjadi seller Shopee, Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan potensi penjualan Anda.

  1. Dukungan dari customer service Shopee

Shopee memiliki customer service yang siap membantu Anda 24/7. Jika Anda mengalami masalah dalam berjualan di Shopee, Anda dapat menghubungi customer service untuk mendapatkan bantuan.

  1. Fitur promosi gratis

Shopee menawarkan berbagai fitur promosi gratis yang dapat Anda gunakan untuk menarik pembeli dan meningkatkan penjualan produk Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan fitur flash sale, Shopee COD, atau Shopee PayLater.

  1. Pilihan jasa kirim yang beragam

Shopee bekerja sama dengan berbagai jasa kirim untuk memudahkan Anda mengirim barang kepada pembeli. Anda dapat memilih jasa kirim yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

  1. Pelatihan dan panduan berjualan

Shopee menawarkan berbagai pelatihan dan panduan berjualan untuk membantu Anda sukses berjualan di Shopee. Misalnya, Anda dapat mengikuti webinar atau membaca artikel tentang tips berjualan online.

Keuntungan Menjadi Seller Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Menjadi seller Tokopedia menawarkan berbagai keuntungan, antara lain:

  1. Tampilan yang mudah dipahami

Tokopedia memiliki tampilan yang lebih sederhana dan mudah dipahami, terutama bagi seller pemula. Hal ini memudahkan seller untuk mengoperasikan situs atau aplikasi Tokopedia.

  1. Metode pembayaran yang lengkap

Tokopedia menawarkan berbagai metode pembayaran, termasuk dompet digital dan pembayaran melalui GoPay. Kerjasama dengan Gojek juga memudahkan seller untuk menerima pembayaran melalui GoPay.

  1. Jaminan keamanan

Tokopedia menawarkan jaminan keamanan dalam bertransaksi dengan menyediakan asuransi khusus. Asuransi ini memberikan proteksi selama proses pengiriman.

  1. Biaya admin yang rendah

Biaya admin yang ditawarkan oleh Tokopedia lebih rendah dibandingkan dengan marketplace lainnya. Hal ini dapat menghemat biaya operasional bagi seller.

Digital Marketing Sampoerna University

Program Digital Marketing Sampoerna University membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang pemasaran. Program ini mencakup mata kuliah yang mempelajari berbagai aspek pemasaran, seperti strategi pemasaran, pemasaran digital, dan manajemen merek.

Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.

Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!

Recent More

Mengenal Metode Waterfall, Pengertian dan Tahapan

Apr, 05 2024

Mengenal Jurusan Teknik Industri & Prospek Kerjanya - Teknik Industri merupakan jurusan multidisiplin yang...

Mengenal Jurusan Teknik Sistem Informasi & Prospek Kerjanya di Era Digital - Sampoerna University

Apr, 05 2024

Jurusan Teknik Sistem Informasi - Salah satu jurusan yang memiliki peran yang makin penting...

Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) & Prospek Kerjanya - Sampoerna University

Apr, 05 2024

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) - Bagi kamu yang memiliki jiwa seni dan senang...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp