22 Okt 2023

Perbedaan Fungsi Otak Kiri dan Otak Kanan, Apakah Benar?

Berita & Kegiatan,

Otak merupakan salah satu organ paling penting pada tubuh makhluk hidup khususnya manusia karena otak memiliki fungsi sebagai pusat koordinasi. Otak terbagi menjadi dua yaitu otak kiri dan otak kanan.

 

Kedua bagian otak tersebut memiliki struktur yang sangat kompleks dengan fungsi yang berbeda. Terdapat beberapa fakta yang mengungkapkan bahwa manusia dengan otak kiri yang lebih dominan akan pintar dalam matematika, sedangkan mereka yang lebih dominan dengan otak kanan akan lebih unggul dalam kreativitas. 

 

Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

 

Otak kiri bertanggung jawab untuk fungsi-fungsi yang bersifat logis, analitis, dan verbal. Otak kiri juga bertanggung jawab untuk mengendalikan sisi kanan tubuh.

 

Otak kanan bertanggung jawab untuk fungsi-fungsi yang bersifat kreatif, intuitif, dan non-verbal. Otak kanan juga bertanggung jawab untuk mengendalikan sisi kiri tubuh.

 

Fungsi Otak Kiri

 

Berikut adalah beberapa fungsi otak kiri:

 

  1. Kemampuan verbal, seperti berbicara, membaca, dan menulis.
  2. Kemampuan logis, seperti berpikir secara analitis, memecahkan masalah, dan membuat keputusan.
  3. Kemampuan matematika, seperti perhitungan, aritmatika, dan geometri.
  4. Kemampuan spasial, seperti orientasi, navigasi, dan imajinasi.

 

Fungsi Otak Kanan

 

Berikut adalah beberapa fungsi otak kanan:

 

  1. Kemampuan visual, seperti melihat, mengenali wajah, dan memahami warna.
  2. Kemampuan musik, seperti mendengar, memahami melodi, dan menciptakan musik.
  3. Kemampuan kreativitas, seperti seni, tari, dan imajinasi.
  4. Kemampuan intuitif, seperti perasaan, intuisi, dan pemahaman.

 

Benarkah Setiap Manusia Memiliki Sisi Otak yang Lebih Dominan?

 

Setiap manusia memiliki sisi otak yang lebih dominan. Namun, tidak, perbedaan dominansi otak tersebut tidak sebesar yang dibayangkan oleh teori sebelumnya.

 

Terdapat banyak perbedaan pendapat mengenai teori otak kiri dan otak kanan yang dimana pada tahun 2013, terhadap penelitian dengan tes pencitraan dengan MRI kepada 1.000 orang untuk menunjukkan hasil signifikan dari kedua sisi otak tersebut. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kedua otak saling terhubung dan menjalankan fungsi mereka masing-masing. 

 

Jadi, penelitian terbaru menunjukkan bahwa otak kiri dan otak kanan sebenarnya bekerja sama dalam menjalankan fungsinya. Otak kiri dan otak kanan saling terhubung dan berkoordinasi untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

 

Jadi, setiap orang memang memiliki sisi otak yang lebih dominan, tetapi perbedaan dominansi tersebut tidak berarti bahwa seseorang hanya menggunakan satu sisi otak saja. Otak kiri dan otak kanan bekerja sama untuk menjalankan fungsi-fungsi kompleks yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari.

 

Sampoerna University

 

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

 

Sampoerna University menawarkan berbagai program sarjana dan magister di bidang-bidang seperti bisnis, teknologi informasi, kreativitas dan desain, serta studi kelas dunia. Universitas ini menempatkan fokus pada pendekatan pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada industri, dengan tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa berhasil dalam karir mereka.

 

Kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung bagi mahasiswa, dengan dukungan fasilitas modern dan fakultas yang berkualitas. Kami juga memberikan beasiswa dan program bantuan keuangan untuk mendukung aksesibilitas pendidikan bagi mahasiswa berprestasi.

 

Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.

 

Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.

 

Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!

 

 

Recent More

Feb, 21 2024

Sampoerna University dengan bangga merayakan pencapaian luar biasa mahasiswa kami pada bulan Januari 2024,...

Feb, 05 2024

Sampoerna University, sebagai institusi pendidikan tinggi berstandar dunia, meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat...

Perbedaan dan Keunggulan Tokopedia Vs Shopee

Jan, 30 2024

Di Indonesia, ada dua marketplace terbesar, yaitu Tokopedia dan Shopee. Kedua marketplace ini memiliki...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp