Skip to main content

Perpustakaan Digital (E-Library) yang Tersedia di Sampoerna University

By November 9, 2022Januari 15th, 2023Artikel
perpustakaan digital

Perpustakaan digital Sampoerna University menawarkan akses ke banyak koleksi sumber daya digital atau e-library yang dapat membantu mahasiswa dan staf dalam belajar, mengerjakan tugas, dan mengembangkan keterampilan. Koleksi e-library ini mencakup jurnal, database, buku elektronik, dan banyak sumber lainnya yang dapat diakses melalui portal web perpustakaan.

E-library atau perpustakaan digital online mencakup berbagai bidang, seperti sains, teknologi, ilmu sosial, dan lainnya. Perpustakaan online dapat membantu mahasiswa dan para staf Sampoerna University menemukan informasi yang relevan dan terpercaya untuk tugas dan penelitian mereka.

Untuk mengakses e-library dari luar kampus, mahasiswa harus masuk ke portal web perpustakaan online. Setelah login, mahasiswa akan memiliki akses ke e-library dan tetap dapat mengakses browser lain sambil membuka e-library.

Perpustakaan digital Sampoerna University juga menyediakan layanan dukungan teknis bagi mahasiswa dan staff yang mengalami masalah saat mengakses e-library. Jika mahasiswa memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk menghubungi perpustakaan untuk mendapatkan bantuan.

Dengan akses ke banyak koleksi sumber daya digital dan layanan dukungan teknis yang tersedia, perpustakaan digital Sampoerna University merupakan sumber daya yang penting bagi komunitas universitas untuk mendukung pembelajaran, penelitian, dan pengajaran di kampus.

Lalu, fasilitas apa saja yang ada di e-library Sampoerna University? Berikut penjelasan lebih lanjut.

Sumber Daya Digital yang Tersedia di Sampoerna University

perpustakaan digital

  • ABI/INFORM Complete (ProQuest)

adalah basis data yang menampilkan ribuan jurnal teks lengkap, disertasi, makalah kerja, dan majalah bisnis dan ekonomi terkemuka seperti Economist. Selain itu, basis data ini juga menyediakan laporan yang berfokus pada negara dan industri, serta data yang dapat diunduh. Cakupannya yang internasional memberikan gambaran lengkap tentang perusahaan dan tren bisnis di seluruh dunia bagi para peneliti.

Data base ini merupakan sumber daya yang berguna bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang perusahaan dan tren bisnis di seluruh dunia. Dengan akses ke jurnal teks lengkap, disertasi, makalah kerja, dan majalah bisnis dan ekonomi terkemuka, ABI/INFORM Complete (ProQuest) merupakan sumber daya yang penting bagi siapa saja yang ingin memperoleh informasi yang terpercaya dan akurat tentang bidang bisnis dan ekonomi.

  •  ProQuest Education Journals

merupakan platform yang menyediakan akses ke lebih dari 900 publikasi pendidikan teratas, termasuk lebih dari 600 judul dalam teks lengkap. Cakupan jurnal ini mencakup literatur tentang pendidikan dasar, menengah, dan tinggi, serta pendidikan khusus, home schooling, dan pendidikan orang dewasa. Banyak judul yang terindeks dalam database ERIC (Educational Resources Information Center).

Jurnal Pendidikan ProQuest merupakan sumber daya yang berguna bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang pendidikan. Dengan akses ke publikasi pendidikan teratas yang tercakup dalam teks lengkap, jurnal ini merupakan sumber daya yang penting bagi siapa saja yang ingin memperoleh informasi yang terpercaya dan akurat tentang bidang pendidikan.

  • JSTOR

adalah arsip digital yang mencakup lebih dari 1.500 jurnal akademik terkemuka di bidang sastra, ilmu sosial, dan sains, serta monografi terpilih dan materi lain yang bermanfaat bagi karya akademis. Seluruh jurnal (dari volume 1, edisi 1) selalu tersedia, dan pada tahun 2010 JSTOR memperluas koleksi konten arsipnya yang luas untuk memasukkan edisi terbaru dari jurnal akademik terpilih melalui Program Beasiswa Saat Ini.

JSTOR merupakan sumber daya yang berguna bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang bidang sastra, ilmu sosial, dan sains. Dengan akses ke jurnal akademik terkemuka dan monografi terpilih, JSTOR merupakan sumber daya yang penting bagi siapa saja yang ingin memperoleh informasi yang terpercaya dan akurat tentang bidang tersebut.

  • The Science Direct College Edition (Ilmu Sosial & Perilaku)

Sciencedirect College Edition merupakan platform yang menyediakan akses online ke lebih dari 1800 teks lengkap, jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat. Sciencedirect College Edition menawarkan literatur online terkemuka di bidang Ilmu Sosial, termasuk Psikologi, Bisnis & Manajemen, Geografi, Pariwisata & Transportasi, Pendidikan, Bahasa & Linguistik, Ekonomi, Sosiologi, Kebijakan Sosial & Ilmu Politik, Ilmu Perpustakaan & Informasi, dan Akuntansi & Keuangan.

Sciencedirect College Edition merupakan sumber daya yang berguna bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Ilmu Sosial dan Perilaku. Dengan akses ke jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat dan teks lengkap, Sciencedirect College Edition merupakan sumber daya yang penting bagi siapa saja yang ingin memperoleh informasi yang terpercaya dan akurat tentang bidang tersebut.

  • The Science Direct College Edition (Ilmu Fisika & Teknik)

Sama halnya dengan Sciencedirect College Edition edisi Ilmu Sosial dan Perilaku, edisi lain dihadirkan di e-library Sampoerna University yaitu bidang Ilmu Fisika dan Teknik. Jurnal ini merupakan platform yang menyediakan akses online ke lebih dari 1200 teks lengkap, jurnal yang ditinjau oleh peer reviewed journals atau ditinjau oleh sesama peneliti di bidang ini.

Sciencedirect College Edition edisi Physical Sciences & Engineering menawarkan literatur online terkemuka di bidang Ilmu & Teknik Fisika, termasuk Chemical Engineering, Kimia, Ilmu Komputer, Ilmu Tata Surya, Energi, Engineering, Ilmu Material, Matematika, Fisika dan Astronomi.

Sciencedirect College Edition (Physical Sciences & Engineering) merupakan sumber daya yang berguna bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Ilmu Fisika & Teknik. Sumber daya ini merupakan hal yang penting bagi siapa saja yang ingin memperoleh informasi yang terpercaya dan akurat tentang bidang disebutkan diatas.

  • Ebrary

Ebrary adalah sebuah data base yang berisi lebih dari 150.000 buku maupun jurnal elektronik yang mencakup berbagai disiplin ilmu. Konten yang tersedia di Ebrary berasal dari lebih dari 200 penerbit akademis, ilmiah, teknis, dan profesional terkemuka di dunia.

Ebrary merupakan sumber daya yang berguna bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang berbagai disiplin ilmu. Dengan akses ke ribuan buku elektronik yang tersedia, Ebrary merupakan sumber daya yang penting bagi siapa saja yang ingin memperoleh informasi yang terpercaya dan akurat.

  • Thomson Reuters Eikon (TSE)

adalah sebuah data base yang menyediakan berita, data, analitik, tafsir, dan wawasan penting yang dibutuhkan dalam satu tempat, sehingga memudahkan untuk bertindak dengan cepat dan percaya diri. Integrated trading dan messaging tools saling terintegrasi memudahkan untuk mengubah insight menjadi tindakan. Dengan kemudahan aksesnya, TSE membuat mahasiswa tetap terhubung dengan trading kapan saja, dan dimana saja.

Data base ini hanya dapat diakses melalui Perpustakaan SU. Apabila mahasiswa memerlukan pelatihan tentang cara menggunakan produk ini, silakan hubungi petugas perpustakaan. TSE merupakan sumber daya yang berguna bagi para profesional dan peneliti yang berminat dalam dunia trading dan memperoleh informasi terbaru tentang berita, data, analitik, komentar, dan insight penting seputar trading.

  • Thomson Reuters Datastream (TRD)

adalah sumber daya yang memberikan akses ke cadangan besar konten keuangan historis yang memungkinkan mahasiswa untuk meneliti korelasi dan hubungan antara indikator ekonomi global dan asset classes. The power of Datastream tersedia melalui beberapa cara yang paling sesuai, seperti aplikasi desktop yang powerful, melalui browser web dan plug-in on-demand yang ringan, atau data feed yang terintegrasi ke dalam sistem.

Data base ini hanya dapat diakses melalui perpustakaan Sampoerna University. Jika mahasiswa membutuhkan pelatihan tentang cara menggunakan produk ini, silakan hubungi staff perpustakaan. Thomson Reuters Datastream merupakan sumber daya yang berguna bagi para profesional dan peneliti dan merupakan sumber daya yang penting bagi siapa saja yang ingin memperoleh informasi yang terpercaya dan akurat di bidang keuangan.

Demikian beberapa sumber daya digital yang tersedia di Sampoerna University telah dibahas. Sumber daya tersebut memberikan akses ke berbagai konten yang berguna untuk mendukung pengajaran, pembelajaran, dan penelitian di berbagai disiplin ilmu.

perpustakaan digital

Tertarik menjadi bagian keluarga Sampoerna University? Dapatkan akses ke sumber daya digital yang modern dan canggih di Sampoerna University dan gapai impianmu bersama Sampoerna University. 

Informasi terkait kemahasiswaan silakan klik link berikut ini. Informasi lain seperti prosedur pendaftaran dan beasiswa yang ada di Sampoerna University dapat mengakses link disini. Semoga sukses dalam studi dan karir!

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.

Article Form

Referensi

Wikipedia

X