Skip to main content

Persiapan Memulai Karir Jurusan Teknik Mesin Setelah Lulus Kuliah

By Januari 19, 2022Februari 9th, 2022News, News and Events, Tips
persiapan karir jurusan teknik mesin

Teknik mesin adalah bidang dengan pilihan karir yang berkembang dan potensi penghasilan yang luar biasa. Jalan menuju karir di bidang teknik mesin dimulai dengan pendidikan sekolah menengah atas. Program jurusan teknik mesin (mechanical engineering) memperkenalkan siswa pada pengetahuan teoritis dan praktis yang diperlukan untuk berhasil di lapangan.

Selama menempuh pendidikan setara seperti sarjana, magang, dan pendidikan kooperatif, para mahasiswa dapat memperluas keterampilan mereka dan mendapatkan pengalaman terjun langsung ke lapangan. Pengalaman praktis dan laboratorium sangat penting dan menunjang dalam program Teknik mesin.

Meskipun kualifikasi individu dari beberapa prospek kerja teknik mesin mencantumkan pendidikan strata satu (S1), namun tidak dipungkiri banyak profesional sering mencari pendidikan tambahan dan pelatihan khusus diluar dari pendidikan umum yang ditempuh.

Baca juga : Belajar Mechanical Engineering di Sampoerna University

Hal yang pertama dilakukan setelah menjadi Sarjana Teknik Mesin atau Mechanical Engineer

Pembelajaran penuh yang ditempuh dalam rangka program sarjana strata satu (S1) di bidang teknik mesin dapat lulus dalam jangka waktu empat tahun dan menyelesaikan sekitar 120 kredit (SKS).
Selain persyaratan pendidikan umum, course atau kursus keterampilan khusus di bidang teknik mesin mencakup sistem manufaktur, dinamika dan getaran, dan mekanika solid-state menjadi nilai tambah bagi fresh graduate.

Biasanya para mahasiswa yang kuliah teknik mesin sering memilih untuk menangani atau berkonsentrasi di dalam bidang seperti desain dan manufaktur, robotika dan mekatronik, atau energi dan lingkungan. Step diatas menjadikan seorang engineering memiliki skill yang cukup untuk mencapai jenjang karir yang diinginkan.

Berkarir di Bidang Teknik Mesin atau Mechanical Engineering

Berkarir di bidang teknik mesin merupakan masa depan yang diimpikan bagi sebagian orang. Hal tersebut dibuktikan dari ‘strong annual salaries’ yang nilainya cukup tinggi. Kemudian, agar karir seorang engineer ter-upgrade dengan baik sesuai perkembangan jaman, diperlukan pendidikan tambahan yang dapat memberikan jalan langsung menuju resume yang lebih kompetitif.

Di luar menambah ilmu di bidang pendidikan, salah satu cara yaitu dengan memanfaatkan peluang jaringan dan berpartisipasi aktif dalam organisasi profesional sering kali membuka pintu karir yang lebih cemerlang. Dengan mendapatkan lisensi dan sertifikat Mechanical Technician adalah sebuah modal juga dalam meningkatkan jenjang karir di mechanical engineering .

Di Amerika Serikat misalnya, seorang mechanical engineer yang menawarkan layanan langsung ke masyarakat umum mungkin perlu memiliki lisensi negara bagian sesuai dengan daerah tempat mereka bekerja. Sementara mechanical engineer yang bekerja di sektor swasta dan manufaktur tidak diharuskan menjadi sarjana profesional berlisensi atau professional engineers (PE), walaupun lisensi PE dapat meningkatkan kredensial.

Keterampilan Apa yang Diperlukan seorang Mechanical Engineer atau Teknik Mesin?

Berikut 5 Daftar Skill yang penting untuk dikuasai seorang Mechanical Engineer ala Smapoerna University :

1. Mechanical Skills

Keterampilan mekanik mengacu pada kemampuan untuk merancang dan membangun alat fisik, mesin, dan perangkat lainnya. Seorang engineer yang bekerja di industri aeronautika, misalnya, harus bisa membuat dan memperbaiki mesin jet. Seorang engineer nuklir mungkin perlu memelihara dan meningkatkan sistem keselamatan dan tanggap darurat.

2. Computer Skills

Sarjana Teknik Mesin menggunakan komputer dalam banyak aspek pekerjaan mereka. Misalnya, seorang engineer dapat menggunakan perangkat lunak khusus untuk menjalankan simulasi, merancang mesin, dan menghasilkan spesifikasi komponen.

Sementara mahasiswa biasanya mengembangkan kompetensi komputer di seluruh kurikulum mereka, banyak yang memilih untuk mengambil kelas pilihan di berbagai bidang seperti sirkuit elektronik, rekayasa perangkat lunak, dan manajemen basis data.

3. Matematika

Matematika merupakan ‘jantung’ seorang mechanical engineer. Untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam merancang, menganalisis, dan memecahkan masalah sistem mekanik yang kompleks, mahasiswa teknik biasanya harus menyelesaikan kursus substansial dalam kalkulus, trigonometri, fisika, dan statistik. Mereka juga mengasah keterampilan matematika tingkat lanjut melalui pembelajaran berbasis proyek.

4. Komunikasi

Sarjana Teknik Mesin harus tahu bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan orang disekitar yang beragam. Untuk menginformasikan upaya desain, seorang teknik mesin atau mechanical engineer sering kali perlu berbicara langsung dengan klien atau eksternal untuk memahami kebutuhan mereka. Mereka juga dapat berkolaborasi dengan arsitek, computer scientist, dan pakar-pakar lainnya untuk menghadapi tantangan tertentu.

5. Problem-Solving

Dalam persiapan untuk pekerjaan, juga dikembangkan solusi untuk tantangan. Mahasiswa teknik belajar tentang model matematika untuk menganalisis masalah dan kerangka kerja yang digunakan untuk mengevaluasi pilihan desain. Mereka juga mempelajari gambar teknik mesin forensik, yang merupakan proses mengidentifikasi penyebab kegagalan desain dan implementasi.

Sampoerna University adalah universitas Indonesia yang terakreditasi penuh yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional yang unggul. Hal ini dimungkinkan karena Sampoerna University merupakan satu-satunya universitas bergaya Amerika di Indonesia yang sejalan dengan standar Amerika untuk kurikulum, fakultas, fasilitas dan operasional.

Bekerja sama dengan University of Arizona, kami menawarkan Program Gelar Ganda yang memungkinkan Anda untuk belajar selama 4 tahun di Jakarta di bawah kurikulum AS dan lulus dengan 2 gelar: gelar sarjana AS terakreditasi dari University of Arizona dan Sarjana terakreditasi (Strata 1) gelar dari Sampoerna University.

Info lebih lanjut seputar mechanical engineering dan berbagai jurusan lainnya, dapat menghubungi kami atau melakukan kunjungan ke kampus Sampoerna University terdekat di kotamu. Kami dengan senang hati dapat membantu bersama mencapai impian generasi muda Indonesia.

X