Skip to main content

Prinsip Ekonomi adalah Hal Utama soal Keuangan, Mari Mengenalnya

By Agustus 31, 2022September 9th, 2022Artikel, Artikel - FOB
prinsip ekonomi adalah

Dalam berjalannya sistem ekonomi di suatu negara tertentu, prinsip ekonomi adalah salah satu hal terpenting dan panduan utama untuk jadi rujukan. Dalam kehidupan sehari-hari, prinsip ekonomi juga merupakan asas atau dasar yang diikuti untuk melakukan suatu kegiatan ekonomi agar bisa tercapai suatu tujuan tertentu.

Jadi, apa yang dimaksud dengan prinsip ekonomi dan bagaimana contoh prinsip ekonomi? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Pengertian Prinsip Ekonomi

Dalam KBBI, prinsip artinya adalah asas (kebenaran yang menjadi pokok dasar berpikir, bertindak, dan sebagainya); dasar. Sedangkan ekonomi salah satunya diartikan sebagai pemanfaatan uang, tenaga, waktu, dan sebagainya yang berharga.

Jadi, bisa diartikan bahwa prinsip ekonomi adalah suatu dasar atau alasan dalam pengambilan keputusan ekonomi. Tak hanya dalam bernegara, prinsip ekonomi juga diterapkan dalam kehidupan keuangan bahkan sampai level individu.

Intinya, prinsip ekonomi adalah upaya untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari orang-orang yang terlibat di dalamnya. Contoh paling nyata adalah transaksi jual beli, entah di pasar, warung, supermarket, bahkan jual beli saham.

Semuanya didasarkan pada alasan tertentu, dan prinsip ekonomi merupakan cara untuk orang yang terlibat dalam transaksi tersebut mendapatkan keuntungan terbaik.

Prinsip ekonomi ini juga banyak sekali macamnya, tergantung pelaku di dalamnya, sebut saja misalnya prinsip ekonomi Islam atau prinsip ekonomi syariah untuk orang-orang muslim, prinsip ekonomi negara untuk kehidupan ketatanegaraan, dll.

Dalam prinsip ekonomi Islam misalnya, mungkin ada beberapa aturan dalam agama yang harus dilakukan dan ada larangan-larangan, meski dalam prinsip ekonomi lainnya, hal tersebut tak apa-apa jika dilakukan.

Lewat prinsip ekonomi, juga dipahamkan bahwa tak ada yang benar-benar gratis di dunia ini, ada timbal-balik dalam sebuah proses jual beli misalnya, untuk mendapatkan barang atau jasa kita harus membayar sebagai gantinya.

Ini adalah alasan mengapa dalam melakukan tindakan ekonomi harus berpedoman pada prinsip ekonomi, karena jika tidak, maka bisa-bisa dalam melakukan proses ekonomi tersebut justru mendapatkan kerugian. Lalu, apa tujuan, ciri-ciri, dan manfaat dari prinsip ekonomi?

Tujuan Prinsip Ekonomi

Tujuan prinsip ekonomi sebenarnya sederhana, yaitu mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dari aksi ekonomi yang dilakukan, dengan mengeluarkan biaya sedikit mungkin. Selain itu, dalam skala besar seperti satu negara atau daerah, prinsip ekonomi juga bisa membuat kualitas hidup masyarakat setempat meningkat.

Baca juga: Sistem Ekonomi Campuran: Pengertian, Tujuan, dan Kelebihan

Ciri-Ciri Prinsip Ekonomi

Successful investor

Prinsip ekonomi termasuk di dalamnya adalah kegiatan produksi, distribusi, hingga konsumsi.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari sebuah prinsip ekonomi:

  1. Bersikap rasional dalam menentukan tindakan ekonomi, entah membeli maupun menjual dilakukan dengan akal sehat.
  2. Menerapkan prinsip hemat, membeli barang dan jasa hanya yang dibutuhkan, agar kebutuhan terpenuhi tanpa pengeluaran berlebih.
  3. Berpikir secara ekonomis, perencanaan yang matang, agar menghindari kelebihan pengeluaran.
  4. Menggunakan skala prioritas untuk kebutuhan yang diperlukan, dengan mengutamakan kebutuhan primer sebelum kebutuhan lain.
  5. Menghitung perbandingan antara pengeluaran dan keuntungan yang didapat, agar terjadi keseimbangan atau bahkan sisa/untung dalam proses ekonomi.

Manfaat Prinsip Ekonomi

Dalam transaksi ekonomi, ada setidaknya lima manfaat dari prinsip ekonomi:

  1. Peranan efektif dari sumber daya agar mendapat keuntungan maksimal.
  2. Meminimalisir potensi rugi.
  3. Mencapai target yang diharapkan.
  4. Terciptanya persaingan sehat dengan kompetitor.
  5. Meningkatnya kualitas kehidupan masyarakat.

10 Prinsip Ekonomi

Gregory Mankiw merupakan ahli ekonomi makro asal Amerika Serikat yang kini merupakan seorang Profesor Ekonomi di Universitas Harvard. Mankiw adalah pencetus 10 prinsip ekonomi yang didasarkan dari perilaku masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Berikut ini adalah 10 prinsip ekonomi:

  • Pengorbanan Biaya Dibutuhkan untuk Mendapatkan Sesuatu

Mengeluarkan biaya untuk sekolah atau kuliah agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik, jadi salah satu contoh prinsip ekonomi, atau pun mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu.

  • Berpikir Rasional

Kebutuhan pokok harus didahulukan daripada kebutuhan sekunder maupun tersier, menjadi salah satu prinsip ekonomi juga.

  • Pasar Sebagai Tempat Terjadinya Kegiatan Ekonomi

Pasar perannya sangat penting sebagai tempat berlangsungnya transaksi ekonomi, terutama soal penyediaan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat di pasar.

  • Pemerintah Memiliki Kewenangan untuk Meningkatkan Faktor Produksi

Pemerintah bisa membuat kegiatan ekonomi tetap berjalan dalam keadaan sulit, atau saat ada suatu hambatan, pemerintah bisa memberi jalan keluar.

  • Trade-Off dan Opportunity Cost

Pelaku ekonomi bisa mendapat kebutuhan melalui suatu biaya, dan bisa meningkatkan kualitas kehidupan mereka.

  • Standar Hidup Negara Bergantung pada Kemampuannya dalam Memproduksi Barang dan Jasa

Semakin banyak produksi, tingkat konsumsi akan meninggi juga, ini merupakan indikator standar hidup masyarakat di sana.

  • Perdagangan Menguntungkan Semua Pihak

Misal dalam berjualan makanan, pembeli akan mendapatkan makanan, penjual akan mendapatkan untung, merupakan contoh dari prinsip ekonomi.

  • Harga akan Meningkat Jika Pemerintah Mencetak Uang dalam Jumlah yang Banyak

Pemerintah yang paling berperan penting soal hal ini, agar ekonomi dan harga di pasar tetap stabil dan terkontrol, untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.

  • Masyarakat Menghadapi Trade-off Jangka Pendek antara Inflasi dan Pengangguran

Inflasi dan pengangguran ternyata punya hubungan yang terbalik. Saat inflasi, produksi akan naik, sumber daya dibutuhkan, dan angka pengangguran berkurang, meski hanya dalam jangka pendek.

  • Setiap Orang Lebih Tanggap Kepada Insentif

Bonus akhir tahun bagai karyawan menjadi salah satu contoh dari prinsip ekonomi, dan biasanya disukai semua orang.

Contoh Prinsip Ekonomi

Cryptocurrency transaction and mobile banking infographic. send money. bitcoin digital wallet. e-payment 3d concept. international money transfer isometric vector illustration

Dalam kehidupan berekonomi, ada banyak contoh dari prinsip ekonomi. Berikut ini yang merupakan contoh dari prinsip ekonomi adalah sebagai berikut:

  1. Bidang Produksi

Dalam bidang produksi, bisa dilakukan prinsip ekonomi yaitu berpikir rasional dan hemat. Artinya, produksi dilakukan dengan mengontrol jumlah barang produksi dan sumber daya yang ada. Menekan biaya produksi sekecil mungkin jadi salah satu tujuan prinsip ekonomi dalam bidang produksi.

  1. Bidang Distribusi

Dalam bidang distribusi, prinsip ekonomi dapat diterapkan dalam hal pemilihan penggunaan sumber daya dengan tepat dan baik agar proses distribusi efektif.

  1. Bidang Konsumsi

Membuat daftar kebutuhan per bulan atau daftar kebutuhan pokok hingga yang tersier menjadi salah satu contoh dari prinsip ekonomi.

Demikian penjelasan tentang arti, tujuan, ciri-ciri, manfaat, dan contoh dari prinsip ekonomi. Untuk memperdalam prinsip ekonomi dapat dipelajari di fakultas Bisnis Sampoerna University. Di fakultas ini, mahasiswa akan mempelajari dan terlatih untuk mengisi lapangan pekerjaan di sektor manajemen bisnis, perbankan dan jasa keuangan di Indonesia. 

Program akademik dalam Fakultas Bisnis dirancang untuk memenuhi kurangnya talenta bangsa dalam sektor ini dan memastikan bahwa semua mahasiswa kami sanggup bersaing untuk pekerjaan di dalam maupun luar negeri.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data dibawah ini:

Article Form

Referensi
Gramedia

X