Skip to main content

Kenal Lebih Dekat dengan Program Internship (Magang) di SU

By Oktober 4, 2022Januari 15th, 2023Artikel
Kenal Lebih Dekat dengan Program Internship (Magang) di Sampoerna University

Program Internship (Magang) di Sampoerna University adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh universitas ini untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan dan keterampilan mereka melalui pengalaman kerja di dunia nyata.

Di Sampoerna University, kami memahami bahwa proses pembelajaran tidak hanya terjadi di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas melalui pengalaman praktikal. Oleh karena itu, kami mewajibkan semua mahasiswa untuk menyelesaikan program magang di bidang yang terkait dengan studi mereka.

Program ini merupakan kesempatan yang baik bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis yang telah mereka peroleh di bangku kuliah ke dalam konteks kerja yang sesungguhnya. Selain itu, program ini juga memberikan mahasiswa kesempatan untuk memperluas jaringan profesional dan membuka peluang kerja di masa depan.

Untuk membantu siswa dalam mencari dan mendapatkan kesempatan magang, Kantor Layanan Karir menyediakan bimbingan dan staff yang akan membantu mahasiswa dalam menjalani program internship.

Mahasiswa dapat mengikuti konsultasi individu atau mengikuti workshop yang difokuskan pada pengembangan keterampilan seperti menulis lamaran pekerjaan, berlatih menghadapi wawancara, dan memperluas jaringan.

Sejalan dengan program diatas, Dekan Fakultas dan para dosen juga siap memberikan dukungan dengan merekomendasikan siswa kepada mitra perusahaan dan masyarakat yang tergabung dalam Dewan Penasihat Industri universitas.

Dengan bantuan tersebut, para mahasiswa diharapkan dapat lebih mudah menemukan kesempatan magang yang sesuai dengan minat dan studi mereka.

Selama masa magang, mahasiswa akan dibimbing oleh mentor di perusahaan yang bertugas untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan dan mengaplikasikan pengetahuan yang telah mereka peroleh di bangku kuliah.

Young students learning, library bookshelves

Manfaat Internship (Magang) Bagi Mahasiswa

Program magang atau internship merupakan salah satu program yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin mengasah kemampuan dan menambah pengalaman kerja serta dapat mengaplikasikan yang telah dipelajari di universitas ke dalam dunia nyata.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh mahasiswa yang mengikuti program magang:

  1. Memperkuat pembelajaran pengalaman siswa.

    Program magang memungkinkan mahasiswa untuk secara langsung menerapkan pengetahuan akademik yang telah diperoleh di kelas ke dalam situasi nyata yaitu dunia kerja. Dengan demikian, mahasiswa dapat memperkuat pembelajaran pengalaman mereka dan meningkatkan kemampuan yang telah dipelajari selama di universitas.

  2. Mempersiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja.

    Program magang juga merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja. Selama program magang, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman langsung di dunia kerja dan mengenal bagaimana cara bekerja di perusahaan atau instansi yang telah bekerja sama dengan universitas. Selain itu, program magang juga memperkenalkan mahasiswa kepada calon pemberi kerja, sehingga mahasiswa memiliki kesempatan untuk memperluas jaringan dan memperoleh koneksi di dunia kerja.

  3. Memberikan kesempatan untuk menggali pengalaman magang sebagai topik tugas akhir.

    Bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan studi, program magang juga bisa dijadikan sebagai topik untuk tugas akhir. Selama program magang, mahasiswa bisa mengumpulkan data dan informasi yang berguna untuk menyusun laporan tugas akhir yang berkaitan dengan pengalaman magang yang telah dijalani. Dengan demikian, program magang merupakan kesempatan yang sangat baik bagi mahasiswa untuk menyelesaikan studi dengan lebih baik dan menambah wawasan tentang dunia kerja.

Dengan demikian, program magang merupakan salah satu program yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin mengasah kemampuan dan menambah pengalaman kerja selama masa studi.

Program ini memungkinkan mahasiswa untuk memperkuat pembelajaran pengalaman mereka, mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja, serta menggali pengalaman magang sebagai topik tugas akhir.

Young students learning, library bookshelves

Persyaratan Internship (Magang)

Untuk mengikuti program Internship di Sampoerna University, mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh universitas. Persyaratan tersebut antara lain:

  • Surat lamaran magang yang ditujukan kepada perusahaan rekanan magang yang diinginkan.
  • Pas foto berwarna ukuran 3 X 4 sebanyak dua buah.
  • Surat pengantar yang menggambarkan kesediaan untuk bekerja penuh waktu dan mengikuti aturan yang berlaku dari pemberi kerja yang dituju.
  • Kehadiran pada acara seminar magang yang memberikan bimbingan, dukungan, dan kesempatan untuk berbagi pengalaman.
  • Laporan ringkasan tertulis pada akhir magang.

Bagi mahasiswa yang berminat untuk mengikuti program Internship di Sampoerna University, dapat mengajukan permohonan melalui website universitas atau melalui bagian Kantor Layanan Karir di fakultas masing-masing. Selain itu, mahasiswa juga dapat menghubungi bagian kerja sama perusahaan di universitas untuk informasi lebih lanjut mengenai program ini.

Program Internship di Sampoerna University merupakan kesempatan yang sangat baik bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis yang telah mereka peroleh di bangku kuliah ke dalam konteks kerja yang sesungguhnya. Selain itu, program ini juga memberikan mahasiswa pengalaman kerja dan mengembangkan kemampuan sesuai dengan bidang yang dipilih.

Program ini juga merupakan peluang bagi mahasiswa untuk memperluas jaringan dan memperoleh koneksi di dunia kerja, yang bisa menjadi modal bagi masa depan setelah lulus dari universitas.

Hubungi kami lebih lanjut melalui email: student.affairs@sampoernauniversity.ac.id  untuk informasi lebih lanjut tentang program internship (magang) atau informasi lainnya di halaman ini atau dapat langsung menghubungi kami di nomor telepon: +62 21 50 2222 34.

X