Skip to main content

Ingin Bekerja Bidang Sistem Informasi? Lulusan 7 Jurusan Ini Banyak Dicari

By November 20, 2022Januari 15th, 2023Artikel, Artikel - FET
sistem informasi

Jurusan sistem informasi merupakan gabungan dari beberapa fokus ilmu pengetahuan, mulai dari ilmu komputer, ekonomi manajemen dan bisnis. Dalam prakteknya fokus pembelajaran jurusan ini adalah software atau programing, tak hanya belajar membangun program tetapi kuliah di jurusan ini juga mempelajari fokus mengenai analisis program tersebut.

Programming menjadi inti dari materi kuliah pada jurusan sistem informasi, meski tidak sebanyak pada jurusan teknik informatika dan jurusan komputer lain seperti ilmu komputer atau teknik informatika. Jurusan S1 tersebut akan lebih fokus pada teknologi dan sistem informasi yang dipakai oleh industri bersamaan dengan strategi bisnis.

Sampoerna University menjadi salah satu universitas internasional di Indonesia yang menyediakan program studi sistem informasi. Sampoerna University mempersiapkan para lulusan untuk bekerja di berbagai sektor yang mengintegrasikan solusi teknologi informasi dan proses bisnis dalam memenuhi tujuan kebutuhan informasi bisnis dan organisasi.

Deskripsi Jurusan

Jurusan sistem informasi adalah bidang keilmuan yang menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Para mahasiswa nantinya akan belajar bagaimana melakukan identifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki perusahaan. Setelah itu dilakukan perancangan sistem informasi manajemen yang sesuai dengan kebutuhan.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Mampu melakukan rekayasa memakai komputer.
  • Memiliki keahlian mengatasi masalah.
  • Memiliki kemampuan berpikir yang sistematis.
  • Memiliki kemampuan analisis.
  • Mampu melakukan penelitian.
  • Memiliki kemampuan manajerial data.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Sistem Informasisistem informasi

  • Prospek karier lulusan tersebut sangat menjanjikan khususnya di era perkembangan teknologi zaman ini.
  • Ahli dalam tersebut sangat dibutuhkan banyak perusahaan, sebagai jembatan antara programmer dan user dalam membangun sistem.
  • Ilmu yang dipelajari saat perkuliahan sangat aplikatif, sehingga memudahkan dalam beradaptasi di lingkungan kerja.
  • Memiliki keterampilan dalam melakukan desain web, hal ini membuat banyak instansi melirik lulusan tersebut.
  • Peluang melanjutkan studi pascasarjana dengan menggunakan beasiswa sangat terbuka lebar untuk dicapai.

Prospek Kerja

Pengembang Sistem E-Commerce

Perkembangan pasar online yang dipakai untuk melakukan transaksi jual beli membuat sistem informasi sangat dibutuhkan dalam bisnis komersial. Pasar online atau juga disebut dengan e-commerce menjadi bisnis yang sedang digemari di era perkembangan digital, ini menjadi prospek kerja lulusan tersebut yang paling banyak diminati.

Apa itu sistem informasi biasanya terdapat pada otomatisasi keamanan, transaksi, proses legitimasi produk dan penyimpanan data pelanggan maupun penjual. Tugas seorang e-commerce system developer juga cukup kompleks, meliputi alur sistem, tingkat keamanan hingga IU dan UX sistem e-commerce suatu perusahaan.

Analis Sistem E-Commerce

Meningkatnya aplikasi IT dalam bisnis membuat analisis sistem e-commerce juga semakin banyak dibutuhkan. Tugasnya sangat penting, salah satu yang harus dipastikan dan dikerjakan dengan baik adalah menjadi penghubung antara manajemen dengan pemegang saham serta antara tim IT dengan user.

Analis sistem akan terjun dalam proyek yang mengharuskan memeriksa sistem atau model bisnis yang sudah ada. Untuk kemudian melakukan analisis kebutuhan sistem, selain itu analis sistem juga akan melakukan pengembangan produk dan implementasi, mengantar dan melakukan uji solusi dalam sistem.

Ilmuwan Big Data

Prospek kerja sistem informasi adalah data scientist yang tugasnya bertanggung jawab kepada mengolah data mentah menjadi sebuah informasi yang berguna bagi bisnis. Untuk memahami tugas seorang data scientist perlu dibutuhkannya pengalaman sering berinteraksi menggunakan data semenjak masih duduk di bangku perkuliahan.

Data scientist sangat bertanggung jawab dalam melakukan pengaturan dan mempresentasikan hasil analisis data kepada pemangku kepentingan. Tentunya menggunakan cara yang mudah dipahami, karena tujuan adanya data scientist adalah membuat pemangku kebijakan mengerti kondisi yang terjadi tanpa harus pusing melihat data mentah.

Analis Big Data

Jurusan sistem informasi kerja apa? prospek kerja jurusan tersebut analis big data bertugas untuk melakukan analisis terkait volume data yang besar dan untuk menemukan tren dalam data. Hal ini dilakukan guna mendapatkan wawasan yang lebih dalam mengenai data yang nantinya akan disajikan menjadi informasi berharga untuk perkembangan perusahaan.

Analis Big Data bertanggung jawab memanfaatkan keterampilan database yang kuat dalam melakukan pekerjaannya. Tentu menggunakan kumpulan data besar dan kompleks, selain itu pekerjaan ini akan membutuhkan kolaborasi lebih dengan tim manajer dan tim business analyst guna menghasilkan wawasan yang bisa ditindaklanjuti.

Auditor Sistem Informasi

Pekerjaan sebagai auditor tersebut sangat cocok bagi lulusan yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hal ini tak lepas dari profesi ini menuntut agar seseorang memahami beragam proses bisnis dari berbagai jenis industri. Pekerjaan ini juga menuntut agar auditor wajib menguasai penerapan sistem informasi di setiap proses bisnis.

Selain itu tugas auditor ini adalah untuk mengasah skill banking operation dan human relation. Tujuannya agar pekerjaan yang berkaitan dengan hal ini lancar, termasuk sebagai penunjang dan sebaiknya auditor memiliki konsep sistem informasi yang dipadukan dengan programming serta analisis perancangan sistem.

Konsultan Sistem Informasi

Prospek kerja lulusan jurusan tersebut juga mengarah pada bidang pelayanan, yakni sebagai konsultan sistem informasi. Tugas dari seorang konsultan ini adalah membantu klien yang ingin menggunakan sistem ini. Selain itu tugas yang lebih kompleks dari seorang konsultan ini adalah membantu perusahaan dalam meningkatkan struktur serta efisiensi IT.

Kemampuan dalam melayani klien juga akan diberikan saat mahasiswa masih mengenyam pendidikan di perguruan tinggi dengan memilih jurusan tersebut. Kemampuan yang sangat berharga dan mampu dimanfaatkan saat sudah berkecimpung dalam dunia profesional yang mengandalkan teknologi.

Teknopreneur Sistem Informasi

sistem informasi

Seorang system engineer merupakan salah satu jenis pekerjaan yang sangat menarik untuk para lulusan kuliah jurusan tersebut. Tugas seorang teknopreneur sistem informasi adalah membuat desain dan rancangan sistem yang kompleks, karena termasuk dalam bidang interdisipliner yang menggabungkan rekayasa serta manajemen rekayasa.

Profesi ini dianggap penting dengan dibuktikan adanya proyeksi tingkat pertumbuhan sebesar 22 persen yang terjadi di tahun 2024 mendatang. Hal itu menunjukkan adanya rata-rata di atas profesi lain di bidang IT. Pemasukan seorang teknopreneur sistem informasi bahkan sangat menggiurkan jika ditekuni dengan baik.

Sampoerna University menyediakan program studi Sistem Informasi dengan tujuan mempersiapkan lulusan yang siap bekerja di berbagai sektor yang mengintegrasikan solusi teknologi informasi dan proses bisnis dan organisasi. Integrasi sistem yang efektif dan memberdayakan organisasi dalam mencapai tujuan.

Lulusan Sampoerna University program studi sistem informasi dapat diandalkan berkontribusi pada pembangunan bangsa di sektor tersebut. Khususnya di sektor e-commerce, big data, ilmu data dan keamanan informasi. Tertarik bergabung Sampoerna University? Informasi lebih lengkap bisa diakses lewat tautan di akhir artikel ini termasuk form pendaftaran.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.

Article Form

Referensi

Quipper

X