Skip to main content

25 Jurusan Kuliah buat Siswa IPS, Prospek Kerja Menjanjikan

By November 18, 2022Januari 15th, 2023Artikel
jurusan ips

Prospek dalam memilih jurusan kuliah untuk siswa Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bukanlah perkara yang mudah dilakukan. Terlebih ketika sudah memasuki masa pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN, fokus memilih setelah melakukan analisis mengenai jurusan IPS mana yang cocok saat memasuki jenjang perkuliahan.

Bagi siswa kelas 12 dengan spesialisasi IPS bisa jadi masih ada rasa bingung atau bimbang saat memutuskan jurusan kuliah mana yang akan dipilih nantinya. Jurusan kuliah mana saja bisa dipilih, namun tentunya bagi sebagian besar pelajar sudah memikirkan bagaimana jenjang karir yang memudahkan dalam mencari pekerjaan.

Sampoerna University menyediakan sederet jurusan kuliah yang bisa dijadikan alternatif bagi para pelajar dengan background pendidikan IPS. Sampoerna University menawarkan program akademik dengan konteks Indonesia, memiliki latar belakang sebagai lembaga pendidikan bagian dari Sampoerna Schools Systems Indonesia.

Daftar Jurusan Kuliah IPS Prospek Kerja Terbaik

jurusan ips

Hubungan Internasional

Jurusan kuliah hubungan internasional dianggap sebagai salah satu jurusan bergengsi, para mahasiswa akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas dan interaksi lintas batas antarnegara. Dan dinilai sangat cocok dengan karakter pelajar IPS, di mana saat di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) tapi jurusan IPS SMA bisa jadi apa saja.

Hubungan lintas batas antarnegara termasuk seni diplomasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional dan globalisasi. Prospek kerja jurusan hubungan internasional memiliki banyak bidang yang bisa dijelajahi lebih dalam. Misalnya seperti diplomat, konsultan politik, wartawan internasional dan konsultan imigrasi.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan IPS bisa masuk fakultas apa saja? Salah satunya adalah ilmu komunikasi, nantinya para mahasiswa tidak hanya mempelajari mengenai tata cara berkomunikasi. Melainkan mempelajari public speaking, teknik dan keterampilan menulis, fotografi, desain hingga animasi. Selain itu proses pembuatan iklan dan lain sebagainya juga menggunakan jasa dari lulusan jurusan kuliah ini.

Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan yang cukup populer dan banyak diminati, karena menawarkan masa perkuliahan yang menyenangkan dengan banyak mata kuliah yang dinilai seru untuk dijalani. Prospek kerja dari jurusan kuliah ini yang bisa ditekuni adalah profesi publik relation, hubungan masyarakat, manajer layanan sosial hingga reporter.

Administrasi Bisnis

Nama populer dari jurusan administrasi bisnis adalah Administrasi Niaga, di jurusan ini para mahasiswa akan mempelajari mengenai administrasi secara umum. Termasuk mengenai manajemen pekerjaan klerikal kantor, pengelolaan sarana dan prasarana kantor. Selain itu proses data secara akurat demi mendukung sebuah usaha bisnis agar efektif dan efisien.

Bagi pelajar yang mengambil jurusan kuliah administrasi bisnis diantaranya seperti agen pembelian, administrasi, sekretaris eksekutif dan manajer produksi industri. Bagi para pelajar IPS yang menyukai kegiatan administrasi tentu akan mengambil kuliah jurusan ini. Selain itu dampak yang diberikan juga lebih memudahkan mereka dalam belajar di perguruan tinggi.

Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi menjadi jurusan yang sangat populer di kalangan anak IPS, bahkan menjadi favorit yang direkomendasikan dipilih. Karena itu banyak pelajar yang bekerja keras demi bisa masuk fakultas psikologi di universitas impian. Butuh tenaga ekstra untuk bisa masuk fakultas ini, karena tes seleksi masuk bukan perkara yang mudah.

Lewat jurusan psikologi, mahasiswa akan mempelajari materi mengenai mental, pikiran dan perilaku dari manusia. Proses pekerjaan dari jurusan ini adalah menekuni bidang psikologi klinis, psikolog konseling, psikolog organisasi industri dan lain sebagainya. Bayaran untuk profesi dari jurusan psikologi juga termasuk besar.

Ekonomi Pembangunan

Jurusan kuliah yang rekomendasikan selanjutnya untuk para pelajar IPS yakni Ekonomi Pembangunan. Lewat jurusan ekonomi pembangunan, para mahasiswa akan belajar mengenai masalah dan persoalan pembangunan. Tak hanya di level desa dan perkotaan, tetapi juga sampai ke level nasional.

Prospek kerja dari jurusan Ekonomi Pembangunan cukup banyak dan menjadi incaran banyak para lulusan. Mulai dari pembuat kebjakan pemerintah, ekonom, perencana keuangan dan karier sebagai pengajar atau dosen ekonomi. Sederet jenis pekerjaan dari jurusan ekonomi pembangunan memiliki gaji yang cukup menarik.

Administrasi Fiskal

Pelajar IPS tentu gemar mempelajari hal yang berkaitan dengan keuangan negara beserta tata kelolanya. Saat duduk di bangku perkuliahan, jurusan administrasi fiskal akan mengajak para mahasiswa mempelajari berbagai macam bentuk pengelolaan keuangan negara. Mahasiswa jurusan administrasi fiskal mempelajari seluk beluk pengelolaan sumber kekayaan dan keuangan negara.

Keuangan negara khususnya sektor pajak, jurusan ini memiliki beberapa spesialisasi berupa studi dasar-dasar perpajakan. Beberapa spesialisasi yang terdapat di dalam jurusan ini seperti dasar-dasar perpajakan, kebijakan fiskal, pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai dan keuangan negara termasuk di dalamnya.

Akuntansi

Salah satu jurusan kuliah IPS yang paling sering diambil oleh mahasiswa adalah akuntansi, bukan tanpa alasan mengingat jurusan kuliah ini memiliki prospek yang menjanjikan. Akuntansi dikenal sebagai salah satu ilmu tertua di dunia, mempelajari terkait berbagai hal yang berhubungan dengan keuangan.

Lewat jurusan ini, mahasiswa akan paham mengenai bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan benar sekaligus menyusun berbagai laporan keuangan. Prospek kerja setelah lulus dari jurusan akuntansi diantaranya seperti akuntan, pemeriksa keuangan dan manajer keuangan dengan nominal gaji yang terbilang lumayan tinggi.

Manajemen Perhotelan

Manajemen perhotelan termasuk salah satu dari jurusan yang banyak digemari para pelajar IPS, khususnya bagi mereka yang penasaran dengan cara kerja dalam menyediakan layanan terbaik kepada para tamunya. Lewat jurusan ini mahasiswa bisa belajar mengenai perencanaan, produksi dan mengawasi bisnis perhotelan.

Usai lulus dari jurusan kuliah manajemen perhotelan di antaranya seperti menekuni berbagai profesi menarik. Termasuk manajer penginapan, chef dan kepala koki, perencanaan meeting dan profesi lainnya yang berhubungan dengan dunia perhotelan. 

Perpajakan

Jurusan IPS dikenal sebagai jurusan yang akrab dengan hafalan sangat tinggi, namun banyak pelajaran yang masih membutuhkan ketelitian dalam berhitung. Jika pelajar memiliki ketertarikan dalam urusan hitung menghitung ini, maka salah satu jurusan kuliah yang ideal diambil adalah jurusan kuliah perpajakan.

Jurusan kuliah perpajakan mempelajari mengenai segala hal terkait pajak dari berbagai perspektif, termasuk sisi hukum, ekonomi dan akuntansi. Prospek jurusan kuliah ini yang bisa diambil oleh para lulusan antara lain adalah profesi penilai pajak dan keuangan, ahli perencanaan pajak dan konsultan bea cukai dan menjadi jurusan IPS yang gajinya besar.

Manajemen Perbankan

Dunia perbankan merupakan dunianya para lulusan pelajar IPS, salah satu jurusan yang paling berkaitan dengan hal ini adalah manajemen perbankan. Sesuai dengan namanya, jurusan ini membuat mahasiswa bisa memperdalam ilmu mengenai dunia perbankan. Sementara prospek kerja yang diberikan termasuk profesi teller bank, analisis kredit, analisis keuangan dan lainnya.

Manajemen Pariwisata

Manajemen pariwisata menjadi salah satu jurusan kuliah IPS, di mana para mahasiswa akan mempelajari konsep penawaran dan permintaan di bidang pariwisata. Selama perkuliahan, mahasiswa akan mempelajari dan mengetahui bagaimana teknik pembangunan serta pengembangan pariwisata sekaligus cara meningkatkan kualitas pariwisata.

Prospek kerja dari jurusan kuliah IPS ini tentunya bagi mereka yang tinggal di wilayah pariwisata, di antaranya seperti pemandu wisata, pemandu tur, agen perjalanan dan pemilik tempat wisata. Berbagai macam hal yang berhubungan dengan pariwisata dapat menjadi prospek pilihan kerja bagi alumni lulusan ini.

Fashion Bisnis

Jurusan IPS SMA bisa jadi apa saja, termasuk fashion bisnis, berbeda dengan jurusan tata busana, jurusan fashion bisnis membuat mahasiswa mempelajari dunia fashion. Tentunya ini berkaitan dengan fashion dunia, namun dilihat dari kacamata pebisnis, sehingga dapat belajar dari berbagai teknik seorang pebisnis. 

Kemudian mempelajari berbagai teknik dalam menjalankan bisnis fashion, sementara itu prospek kerja dari jurusan kuliah fashion bisnis sangat beragam, mulai dari wirausaha, fashion stylish hingga visual merchandiser. 

Sastra Inggris

Sastra Inggris menjadi salah satu jurusan favorit IPS jika memiliki ketertarikan terhadap dunia sastra, lewat jurusan ini mahasiswa bisa memilih jurusan sastra Inggris. Lewat jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai hal terkait dengan kesusastraan dari Bahasa Inggris. Mempelajari isi, ciri, estetika, keaslian dan keindahan dari karya sastra Inggris.

Prospek kerja dari jurusan kuliah IPS ini beragam dan menarik banyak minat para lulusan, termasuk menjadi penulis, penulis konten, wartawan hingga profesi sebagai editor dalam sebuah penerbitan. Kemampuan berbahasa Inggris di atas rata-rata juga membuka kesempatan bagi mereka menjadi penerjemah profesional.

Kesejahteraan Sosial

Rekomendasi jurusan kuliah IPS selanjutnya adalah kesejahteraan sosial, para mahasiswa akan diajak mempelajari segala hal yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui jurusan ini, akan sangat cocok tentunya bagi para lulusan yang memiliki jiwa sosial yang cukup tinggi serta ingin membantu masyarakat sukses serta sejahtera.

Prospek jurusan kuliah kesejahteraan sosial ini antara lain seperti CSR, ahli kesehatan hingga manajer layanan sosial. Namun lebih dulu mahasiswa akan dibekali dengan pemahaman teknik dan metode apa saja yang dapat diterapkan agar kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

Tata Rias dan Kecantikan

Jurusan kuliah ini sudah menjadi favorit saat siswa masih berada di bangku SMA atau SMK, setelahnya bisa melanjutkan di perguruan tinggi lewat jurusan tata rias dan kecantikan. Lewat jurusan ini dapat memperdalam ilmu dan keterampilan dalam hal merias wajah dan menata rambut, selain itu juga mempelajari teknik dalam merias, wajah baik tradisional maupun internasional.

Desain Komunikasi Visual

Di era perkembangan zaman saat ini, jurusan Desain Komunikasi Visual menjadi salah satu yang banyak menarik minat calon mahasiswa. Jurusan ini tergolong masih baru, selain itu menawarkan suatu materi yang menarik. Mempelajari proses berkomunikasi lewat karya seni atau desain yang dibuat.

Penyiaran

Guna mengasah kemampuan public speaking oleh para lulusan jurusan IPS, maka jurusan kuliah penyiaran menjadi yang paling direkomendasikan. Jurusan penyiaran ini sangat berkaitan dengan jurusan broadcasting, karena termasuk dalam salah satu cabang ilmu komunikasi yang juga jurusan ideal bagi lulusan IPS.

Tata Busana

Lulusan IPS biasanya sangat tertarik dengan mata kuliah yang langsung disertai dengan praktek, hal ini bisa ditemukan di jurusan tata busana atau disebut juga fashion design. Selama perkuliahan mahasiswa akan akrab dengan kegiatan membuat desain busana, mahasiswa jurusan ini akan mempelajari proses produksi, desain hingga membuat pola pakaian.

Jurusan Ilmu Hukum

Bagi para pemimpi yang sebagai penegak hukum, jurusan kuliah IPS di perguruan tinggi yang cocok diambil adalah jurusan ilmu hukum. Lewat jurusan ini para mahasiswa akan mempelajari segala aspek hukum, baik teori hingga praktik. Selain itu jurusan ilmu hukum merupakan jurusan favorit bagi mereka lulusan IPS.

Kriminologi

Jurusan kriminologi termasuk salah satu jurusan yang direkomendasikan, khususnya bagi mereka yang sangat tertarik dengan dunia kriminal. Jurusan kriminologi di perguruan tinggi sangat potensial diambil bagi mereka yang memiliki rasa keprihatinan dalam dunia penegak hukum. Lewat jurusan ini, mahasiswa akan diajak mempelajari segala seluk beluk tindakan kriminal.

Sosiologi

Jika memiliki ketertarikan terhadap hubungan sosial antar manusia, maka jurusan kuliah yang direkomendasikan adalah sosiologi. Sosiologi menjadi favorit jurusan kuliah IPS, nantinya akan dipelajari banyak hal terkait hubungan sosial masyarakat. Mulai bentuk interaksi sosial yang ada dna bagaimana pengaruhnya kepada masyarakat.

Manajemen Pemasaran

Pilihan jurusan kuliah IPS selanjutnya yang menarik adalah jurusan manajemen pemasaran, nantinya mahasiswa akan mempelajari bagaimana cara mengelola segala kegiatan pemasaran suatu perusahaan. Baik memasarkan produk berupa barang maupun jasa, secara efektif dan efisien selain itu juga mempelajari berbagai teknik memasarkan produk perusahaan.

Jurusan Ilmu Politik

Politik menjadi bidang yang menggiurkan untuk digeluti karena prospek kerja yang sangat menjanjikan dalam mengumpulkan pundi-pundi uang. Jurusan ilmu politik termasuk jurusan kuliah IPS yang banyak diminati orang. Lewat jurusan ini, mahasiswa nantinya akan belajar ilmu politik baik secara teori maupun praktek.

Manajemen Pendidikan

Gerah dengan sistem pendidikan yang ada, jurusan kuliah IPS khususnya pada manajemen pendidikan bisa dipilih. Mahasiswa IPS yang mengambil jurusan kuliah ini akan diajarkan proses manajemen pendidikan. Lulusan dari jurusan manajemen pendidikan memiliki kualitas mumpuni dalam proses perencanaan, pengelolaan, pengawasan dan sistem pendidikan.

Jurusan Filsafat

Jurusan filsafat menjadi rekomendasi selanjutnya jurusan kuliah IPS, jurusan kuliah yang banyak memanen decak kagum banyak orang terhadap para lulusannya. Jurusan ini dikenal sebagai jurusan kuliah yang rumit dan sangat sulit karena mempelajari sifat dasar manusia.Lewat jurusan ini mahasiswa akan mempelajari secara mendalam mengenai HAM, teologis dan sebagainya.

jurusan ips

Sampoerna University menyedikan berbagai jurusan favorit bagi lulusan IPS mulai dari Fakultas Bisnis, Fakultas Teknik dan Teknologi serta Fakultas Pendidikan. Sampoerna University menyelenggarakan program-program pendidikan dibawah lisensi dan otoritas ber kredensial dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Tujuan Sampoerna University didirikan untuk memenuhi standar nasional dan internasional, tertarik bergabung dengan Sampoerna University. Informasi lebih lanjut mengenai Sampoerna University bisa diakses lewat tautan yang tersedia di akhir artikel berikut ini. Termasuk form pendaftaran bagi calon mahasiswa baru.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.

Article Form

Referensi

Ruangguru

 

X