18 Nov 2022

10+ Jurusan Kuliah IPS dengan Prospek Kerja Menjanjikan!

Artikel,

Jurusan IPS itu seperti istilah di sekolah yang sering kita dengar, ya. IPS itu singkatan dari Ilmu Pengetahuan Sosial. Jadi, kalau kamu memilih jurusan IPS, artinya kamu bakal belajar tentang hal-hal yang terkait dengan masyarakat, sejarah, ekonomi, politik, dan juga geografi.

 

Jadi coba bayangkan, kamu akan mempelajari bagaimana masyarakat berinteraksi, bagaimana negara-negara punya hubungan, dan kenapa ekonomi suatu negara bisa naik turun. Kamu juga akan belajar untuk tau lebih banyak mengenai sejarah penting dan benar-benar mengerti bagaimana dunia ini berjalan dari dulu sampai sekarang.

 

Biasanya, di jurusan IPS juga dipelajari tentang budaya, agama, hak asasi manusia, dan isu-isu sosial yang sedang banyak diperbincangkan di masyarakat. Kalau kamu suka dengan persoalan dunia, manusia, dan permasalahannya, jurusan IPS bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu!

Daftar jurusan kuliah IPS dengan prospek kerja menjanjikan

Daftar jurusan kuliah IPS dengan prospek kerja menjanjikan

1. Administrasi Bisnis

Jurusan administrasi bisnis seringkali disebut dengan Administrasi Niaga. Pada jurusan ini para mahasiswa akan mempelajari administrasi secara umum meliputi manajemen pekerjaan kantor serta sarana prasarana pengelolaannya.

Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja sebagai manajer pembelian, administrasi kantor, sekretaris eksekutif atau manajer produksi industri. Sederet profesi ini banyak dibutuhkan sampai sekarang sehingga memiliki peluang kerja yang masih tinggi. 

 

2. Administrasi Fiskal

Hal-hal terkait pengelolaan keuangan sudah bukan hal yang asing dipelajari di kelas saat berada di jurusan IPS. Pada bangku perkuliahan, jurusan administrasi fiskal akan memperdalamnya menjadi bentuk pengelolaan keuangan negara. Lebih rincinya, kamu akan diajak untuk mempelajari bagaimana pengelolaan sumber kekayaan dan keuangan negara. 

 

Pada materi keuangan negara juga akan dipelajari sektor pajak seperti dasar-dasar perpajakan, pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai serta hal-hal terkait perpajakan lain.

 

3. Perpajakan

Jurusan perpajakan mempelajari mengenai segala hal terkait pajak dari berbagai perspektif, termasuk sisi hukum, ekonomi dan akuntansi. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai profesi penilai pajak dan keuangan, ahli perencanaan pajak atau konsultan bea cukai.

 

4. Akuntansi

Akuntansi dikenal sebagai salah satu ilmu tertua di dunia yang mempelajari terkait pencatatan serta penyusunan laporan keuangan yang banyak digunakan untuk pengambilan keputusan dalam sektor bisnis. 

Peluang kerja akuntansi sangat tinggi dan tidak termakan jaman karena pekerjaan ini selalu dibutuhkan di perusahaan manapun. Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja sebagai akuntan, auditor, pemeriksa keuangan dan manajer keuangan dengan salary yang terbilang lumayan tinggi.

 

5. Manajemen Perbankan

Banyak siswa di jurusan IPS bekerja di sektor perbankan, salah satu jurusan yang paling banyak diminati adalah manajemen perbankan. Sesuai dengan namanya, profesi ini berkaitan dengan perbankan seperti menangani aktivitas operasional terkait dengan teller, customer services, tabungan deposito serta produk perbankan lainnya. 

Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai teller bank, analis kredit, analis keuangan dan lainnya. 

 

6. Manajemen Pariwisata

Jurusan IPS dengan konsentrasi manajemen pariwisata mempelajari konsep penawaran serta permintaan di bidang terkait pariwisata. Selama mendalami jurusan ini, kamu akan mempelajari dan mengetahui bagaimana teknik pembangunan dan pengembangan pariwisata sekaligus cara meningkatkan kualitas pariwisata dalam negeri. 

Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai tour lead, membangun bisnis tour & travel, content creator traveling atau konsultan food and beverage dalam pariwisata. 

 

7. Penyiaran

Jika kamu menyukai hal-hal terkait public speaking dan suka tampil di depan umum, jurusan penyiaran cocok untuk jadi passionmu!. Jurusan ini berkaitan erat dengan broadcasting karena termasuk dalam salah satu cabang ilmu komunikasi yang juga banyak diminati untuk siswa lulusan IPS. 

 

8. Ilmu Hukum

Jika kamu tertarik dengan hukum dan bercita-cita menjadi salah satu penegak hukum, maka jurusan ini cocok untukmu. Jurusan ini banyak mempelajari segala aspek yang berkaitan dengan hukum, baik teori dan praktik. 

 

Lulusan jurusan hukum dapat bekerja sebagai Jaksa, Notaris, Pengacara, Hakim atau bahkan legal officer di berbagai perusahaan.

 

9. Ilmu Politik

Jurusan ini mempelajari gejala maupun fenomena sosial politik sehingga mampu memberikan solusi atas permasalahan terkait politik. Lulusan jurusan ini banyak bekerja di pemerintahan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN)

 

10. Sastra Inggris

Suka sastra dan kajian terkait linguistik? Mungkin jurusan ini akan cocok untukmu. Melalui jurusan ini kamu akan belajar bagaimana mengkaji sebuah karya sastra dalam bahasa inggris. Membedah suatu karya sastra terkait isi, estetika, keaslian dan keindahannya.

Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai penulis konten, wartawan, editor, tour guide hingga penerjemah profesional.

 

11. Ekonomi Pembangunan

Jurusan ini mempelajari persoalan-persoalan pembangunan dari sudut pandang ekonomi. Pembangunan ini mencakup desa, perkotaan hingga level nasional. 

 

Lulusan jurusan ini dapat memilih bekerja di pemerintahan sebagai pembuat kebijakan pemerintah, ekonom, financial planner atau mengajar ekonomi sebagai dosen. 

 

12. Psikologi

Jurusan psikologi menjadi jurusan yang kepopulerannya naik seiring dengan meningkatnya isu kesehatan mental. Jurusan ini banyak mempelajari tentang perilaku manusia.

Melalui jurusan ini, kamu akan diajak mempelajari materi mengenai mental, pikiran serta perilaku dari manusia. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai psikolog organisasi industri, psikolog klinis, psikologi konseling, konsultan pendidikan bahkan konseling untuk karir.  

 

13. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Di era yang serba digital seperti sekarang, kebutuhan akan lulusan desain komunikasi visual makin banyak dicari sehingga peluang kerja di bidang ini masih cukup tinggi. 

Jurusan ini banyak mempelajari bagaimana menyampaikan pesan secara visual. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai desain grafis, editor, animator, web designer atau layouter.

 

Psikologi Sampoerna University

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

 

Di Sampoerna University, program studi psikologi bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang ilmu psikologi dan bagaimana dapat diterapkan dalam berbagai konteks, seperti pendidikan, kesehatan, organisasi, dan masyarakat. 

 

Berbagai topik seperti psikologi perkembangan, psikologi sosial, psikologi klinis, psikologi industri dan organisasi, dan metode penelitian psikologi adalah bagian dari kursus psikologi di Sampoerna University. Untuk menerapkan pengetahuan dalam dunia nyata, mahasiswa juga akan berpartisipasi dalam proyek penelitian, magang, atau pengalaman praktik yang relevan.

 

Selain itu, Sampoerna University memprioritaskan pengembangan keterampilan praktis bagi siswanya. Program ini mendorong siswa untuk belajar analisis data, pemecahan masalah, berkomunikasi, dan memahami interaksi sosial. Mereka juga didorong untuk belajar pemikiran kritis, etika profesional, dan kemampuan adaptasi yang diperlukan untuk menjadi praktisi psikologi yang berkualitas.

 

Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.

 

Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!

Recent More

Mengenal SAP Consultant Dan Cara Menjadi SAP Consultant

Jun, 20 2024

Apa Itu SAP Consultant?  Konsultan SAP adalah seorang profesional yang ahli dalam sistem perangkat...

Apa Itu Game Development? Scope Kerja Dan Jenjang Karirnya

Jun, 20 2024

Dunia game telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern. Bagi banyak orang, game...

Jun, 15 2024

Di era yang penuh dengan persaingan dan dinamika, bisnis model menjadi pedoman penting bagi...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp