19 Apr 2022

Apa Itu Rasio Solvabilitas? Jenis dan Rumusnya

Artikel,

Artikel - FAS,

Artikel - FET,

Artikel - FOB,

Artikel - FOE,

Edukasi,

Rasio solvabilitas merupakan suatu perbandingan dari beberapa ukuran yang secara umum dinyatakan dengan angka. Satu di antaranya solvabilitas dipakai untuk mengukur keuangan perusahaan asuransi, baik itu dalam keadaan sehat maupun tidak. Rasio yang tidak menguntungkan menunjukkan adanya kemungkinan perusahaan bisa gagal membayar kewajiban hutangnya.

Banyak orang menganggap jika ciri utama dari sebuah perusahaan yang sehat adalah memiliki keuntungan bisnis yang besar. Padahal terdapat satu faktor lain yang tak kalah penting dari keuntungan yang didapat, yakni kemampuan perusahaan dalam mengelola aset sekaligus membayar setiap hutang perusahaan dengan tepat waktu tanpa adanya penundaan bayar.

Pengertian Rasio Solvabilitas

Rasio solvabilitas adalah rasio dengan fungsi menilai kemampuan suatu perusahaan dalam melunasi semua kewajiban. Termasuk dalam jangka pendek atau jangka panjang dengan jaminan aktiva atau kekayaan yang dimiliki perusahaan, hingga akhirnya likuidasi atau ditutup. Nasabah produk asuransi jangka panjang bisa menilai perusahaan sebelum memilihnya.

Dengan menggunakan rasio ini nantinya juga akan dibandingkan beban hutang perusahaan secara keseluruhan terhadap ekuitas dan aset. Selain itu rasio ini juga akan memaparkan jumlah aset perusahaan yang dimiliki oleh suatu pemegang saham ketimbang aset yang dipunyai pemberi hutang atau disebut juga kreditor.

Apabila aset perusahaan jumlahnya lebih banyak dipunyai pemegang saham, maka perusahaan bisa dikatakan kurang mengalami leverage. Namun, jika pemberi hutang memiliki aset dominan maka perusahaan terbilang akan memiliki tingkat leverage yang lebih tinggi. Apa itu rasio solvabilitas, kemampuan suatu perusahaan dalam melunasi seluruh hutang dengan aset sebagai penjamin.

Ini merupakan konsep dasar akuntansi, solvabilitas juga akan merefleksikan kemampuan perusahaan dalam melunasi atau membayar semua pinjaman melalui jumlah aktiva yang dipunyai. Kemampuan ini nantinya akan berpengaruh pada laporan keuangan di suatu perusahaan. Tak heran mengapa rasio solvabilitas menjadi salah satu faktor  untung dan bangkrutnya suatu perusahaan.

Jenis Rasio Solvabilitas dan Rumus Hitungnya

  • Rasio Hutang Terhadap Ekuitas (Debt to Equity Ratio)

Rumusnya: Debt to Equity Ratio (DER) = Total Hutang / Ekuitas (Modal) X 100%

Rasio ini memamerkan porsi relatif antara hutang dan ekuitas, kemudian dipakai membiayai aset perusahaan. Lalu membandingkan total ekuitas dan liabilitas, jumlah hutang tidak boleh lebih besar dibanding modal. Tujuannya agar beban tidak bertambah, rasio ini juga memperlihatkan dana pinjaman segera jatuh tempo dan akan ditagih.

Perhitungan rasio ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar modal yang dibutuhkan, termasuk jenis-jenis modal dan pengertian modal yang menjadi jaminan. Semakin kecil rasio semakin kondisi perusahaan membaik karena modal akan menjamin hutang masih dalam poris yang cukup besar, batas rendah rasio adalah 100% atau 1:1.

  • Rasio Hutang (Debt Ratio)

Rumus: Rasio Hutang = Total Hutang / Total Aset x 100%

Rasio hutang akan menilai seberapa besar perusahaan berpatokan pada hutang dalam melakukan pembiayaan terhadap aset. Dengan rasio ini juga akan membandingkan total hutang dengan total aset yang dipunyai, rasio ini juga memperlihatkan kemampuan perusahaan yang akan mendapatkan pinjaman baru sebagai aktiva yang tetap agar dimiliki suatu perusahaan sebagai tambahan modal.

Jika rasio semakin tinggi maka jaminan aset yang yang ada dan uang yang diberikan kreditur dalam jangka panjang juga semakin terjamin. Besaran persentase rasio ini biasanya di angka minimum 100% atau 1:1, artinya hutang jangka panjang bisa dijamin dengan aktiva yang tetap dimiliki oleh perusahaan, hutang yang dihitung merupakan semua hutang perusahaan.

  • Times Interest Earned Ratio

Rasio ini disebut juga dengan interest coverage ratio, digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam melunasi berbagai beban bunga yang waktu masa depan. Rasio ini juga akan membandingkan antara bunga terhadap biaya bunga sesuai dengan prinsip akuntansi dan laba yang sebelum pajak.

Manfaat Rasio Solvabilitas

Perusahaan yang menggunakan rasio solvabilitas mendapatkan beberapa manfaat, seperti mempermudah para investor dan manajemen dalam memahami tingkat risiko struktur modal pada perusahaan. Melalui catatan atau suatu laporan keuangan, selain itu berikut ini beberapa manfaat dari rasio solvabilitas.

  • Rasio solvabilitas digunakan untuk analisa posisi perusahaan dilihat dari kewajiban hutang-piutang, mengetahui perusahaan mampu memenuhi hutang beserta bunga.
  • Berguna dalam hal peninjauan keseimbangan nilai aktiva atau aset terhadap modal perusahaan, mengetahui berapa banyak aset yang dibantu hutang.
  • Menganalisis pengaruh hutang terhadap pengelolaan aset, memudahkan dalam mengetahui berapa porsi modal perusahaan yang dijadikan jaminan hutang jangka panjang.
  • Mengetahui jumlah dana pinjaman yang ditagih karena sudah jatuh tempo terhadap suatu model perusahaan, meringkas kondisi finansial, perusahaan pada kreditur.
  • Perhitungan rasio solvabilitas seperti aktivitas yang krusial bagi reputasi perusahaan di mata kreditur, tidak terbatas pada pemberi hutang saja.
  • Bagi kreditur, sebagai lembaga peminjam uang perusahaan anjak hingga piutang, investor dan asuransi, jika tingkat solvabilitas rendah kemungkinan ragu memberi hutang.
  • Menilai kemampuan bisnis dalam membayar bunga, konsekuensi transaksi secara kredit adalah adanya bunga. Selain itu menilai kapasitas perusahaan membayar rasio solvabilitas.
  • Sebagai informasi mengenai kesehatan neraca keuangan yang sehat dengan aktiva seimbang dan modal yang merupakan angin segar bagi para kreditur perusahaan.
  • Rasio solvabilitas sebagai perhitungan terakhir estimasi total pinjaman saat jatuh tempo pembayaran, agar kreditur mengetahui total uang yang didapat dari pembayaran kredit perusahaan.

Rumus Rasio Solvabilitas

  • Debt to Asset Ratio

Rumus untuk D/E Ratio sangat sederhana, seperti total hutang (debt) dibagi dengan seluruh atau total aset perusahaan (assets). Apabila nilai D/A Ratio lebih dari 10,maka solvabilitas perusahaan sedang dalam masalah dan bisa berdampak buruk.

  • Debt to Equity Ratio

Rumus solvabilitas D/E Ratio hampir mirip dengan D/A Ratio, yang membedakan hanya ekuitas. Nilai optimal D/E Ratio berada di angka 2.0. Jika nilai yang didapat tak melebihi nilai optimal tersebut, maka rasio jumlah ekuitas dan hutang masih berada di bawah ambang batas maksimal.

  • Debt to Capital Ratio

Rumus solvabilitas Debt to Capital Ratio adalah D/C atau leverage ratio dan sedikit berbeda dengan dua jenis rumus lainnya. Untuk mengetahui D/C Ratio perlu membagi total hutan dengan total kekayaan, baik dari utang maupun ekuitas. Dalam jenis rasio solvabilitas ini tidak ada batasan maksimum, namun semakin rendah nominal akan semakin lebih baik juga.

Perbedaan Solvabilitas, Likuiditas dan Viabilitas

Solvabilitas pada dasarnya adalah perbandingan jumlah hutang perusahaan dengan aktiva-aktiva yang dipunyai. Sementara itu likuiditas merupakan perbandingan berapa banyak aset lancar atau kas yang dipunyai perusahaan ketimbang aset tak lancarnya. Yang terakhir viabilitas adalah rasio antara solvabilitas dan likuiditas.

Dalam perusahaan sehat dapat dilihat dari tingkat likuiditasnya minimal setara dengan tingkat solvabilitas. Apabila solvabilitas lebih tinggi dari likuiditas, maka perusahaan dapat dikatakan kondisinya sedang tidak sehat. Sehingga membutuhkan pembentukan struktur ulang neraca atau strategi keuangan lain.

Demikian penjelasan mengenai rasio solvabilitas, mulai dari pengertian, manfaat dan rumus hingga perbedaan dengan likuiditas dan viabilitas. Sampoerna University membangun program akademik dalam Fakultas Bisnis yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang cakap dan terlatih dalam mengisi lapangan pekerjaan.

Mahasiswa Sampoerna University Fakultas Bisnis memiliki kesempatan merasakan dan mengalami cara belajar yang unik di luar negeri lewat kerja sama dengan beberapa universitas di Amerika Serikat. Termasuk dari penerapan kurikulum internasional Sampoerna University, mahasiswa diberi pilihan untuk belajar di luar negeri dan mendapatkan nilai yang langsung masuk ke SKS.

Referensi
Jurnal.id -Rasio Solvabilitas

https://www.youtube.com/watch?v=JxI0U_erBvk&t=4s

Recent More

Mengenal sosok animator lokal dan karyanya yang mendunia

Mei, 29 2024

Dunia animasi Indonesia tak lepas dari dedikasi dan talenta para animatornya. Di balik gemerlapnya...

Minat Pekerjaan Di Bidang Fotografer & Gajinya

Mei, 28 2024

Fotografi semakin menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan.  Momen-momen istimewa, keindahan alam, dan kisah-kisah...

4 Alasan Memilih Karir Di Bidang Videografi

Mei, 28 2024

Di era digital yang kian berkembang pesat, kebutuhan akan konten visual yang menarik dan...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp