06 Jul 2022

Pengertian Revenue Stream, Jenis dan Fungsi

Artikel,

Artikel - FOB,

Edukasi,

Revenue stream adalah suatu istilah yang dipakai untuk menjelaskan mengenai aliran pendapatan, memiliki arti yang sangat luas. Terutama terhadap dana yang dipakai berkaitan dengan bisnis oleh suatu perusahaan, dana tersebut dipakai untuk mengembangkan bisnis perusahaan tersebut. Aliran pendapatan berasal dari berbagai sumber yang kemudian disalurkan untuk bisnis.

Hal itu secara garis besarnya, karena mencakup semua komponen penyusun dari operasional bisnis dan sumber yang mampu menghasilkan uang kas perusahaan. Sesuai prinsip yang dianut, bahwa aliran perusahaan dapat disesuaikan dengan skala bisnis. Karena mencakup komponen dari semua penyusun operasional bisnis dan sumber yang memberi penghasilan uang kas perusahaan.

Pengertian Revenue Stream

Apa itu revenue stream? sebenarnya merupakan istilah yang disadur ke bahasa Indonesia dari bahasa Inggris dengan arti aliran pendapatan. Sehingga dapat disebutkan bahwa penggunaan istilah ini secara luas berkaitan dengan dana dan perusahaan, yang akhirnya dipakai dalam pengembangan perusahaan tersebut atau bisnis yang sedang dikelola.

Aliran dana dari perusahaan yang diketahui asalnya dari mana, bisa berasal dari produksi, investasi hingga penjualan aset dan yang lainnya. Istilah ini bisa dikatakan sebagai kegiatan dari rangkaian transaksi, berulang guna mendapatkan dana berkelanjutan. Seluruh kegiatan seperti penjualan, produksi dan investasi berjalan secara bertahap.

Karena bisnis yang berjalan secara terus-menerus, sehingga istilah ini merujuk pada kegiatan transaksi yang muncul tidak hanya sekali. Karena pada dasarnya transaksi bisnis dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi pelaku bisnis atau perusahaan. Aliran dana masuk ke perusahaan, atau usaha pelaku bisnis itu sendiri dikenal dengan revenue itu sendiri.

Jenis dari Revenue Stream

Closeup of accountant hands counting on calculator

  • Transaction Revenues

Jenis ini dilihat dari model bisnisnya, transaction revenues merupakan kegiatan yang dilakukan dalam mendapatkan aliran dana dengan memakai sistem transaksi pada sekali pembayaran oleh pelanggan. Jenis transaksi ini membuat perusahaan dan pelaku bisnis mendapat dana langsung dari konsumen, jika sudah menjual jasa atau aset dan layanan.

  • Recurring Revenues

Merupakan kebalikan dari transaction revenues, disebutkan bahwa transaksi ini melibatkan transaksi yang berkelanjutan. Selain itu tidak berjalan sekali pembayaran dari pelanggan, contohnya seperti perusahaan memberi layanan kredit terhadap barang tertentu dan pelanggan akan menyewakan layanan serta aset yang ada.

Baca juga: Pengertian Struktur Modal, Tujuan, Teori dan Perbedaan

Contoh Penerapan Revenue Stream dalam Dunia Bisnis

Hand holding growth arrow with coins

  • Investasi Modal pada Aset Lain

Merupakan contoh revenue stream yang pertama adalah dari proses melakukan investasi dalam aset lain. Sebagai pemilik modal, perusahaan mampu melakukan investasi di berbagai lini aset sesuai dengan yang diinginkan. Investasi ke sektor lain dilakukan, tentunya dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

  • Melakukan Penyewaan Aset

Contoh penerapan selain investasi modal pada aset lain adalah melakukan sewa terhadap aset yang dimiliki suatu perusahaan. Seperti penyewaan gedung, ketika perusahaan memiliki beberapa gedung dan beberapa lainnya seperti operasional berlebih. Sehingga barang disewakan memberi dampak pada bertambahnya dana tambahan.

  • Menjual Barang atau Aset yang Dimiliki

Ketika banyak barang dan tidak digunakan kembali, aset dari perusahaan selain bisa disewakan juga bisa dijual. Namun penjualan dilakukan karena berbagai alasan dan hanya karena kondisi tertentu, seperti perusahaan akan bangkrut. Sehingga pebisnis atau perusahaan menjual aset pribadi, guna mendapat dana tambahan.

  • Menjual Penggunaan Layanan Pada Konsumen

Selain barang, produk dari perusahaan yang bisa dijual adalah layanan atau jasa yang ditawarkan perusahaan tersebut. Beberapa di antaranya sudah menjamur di Indonesia, seperti penyedia layanan ojek online dan makanan. Ini menjadi contoh dari bentuk revenues stream yang membentuk modal pelayanan konsumen.

  • Membuka Cabang atau Mitra

Membuka cabang atau mencari mitra merupakan contoh dari penerapan pendapatan aliran dana, seperti yang sudah dimiliki perusahaan di suatu negara. Sehingga bisa saja suatu perusahaan mendirikan bisnis yang dipunyai di suatu negara berbeda, tujuannya tentu menambah aliran dana yang ada dan mengembangkan bisnis.

Baca juga: Apa Itu Direct Selling, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

Fungsi-fungsi dari Revenue

Front view arrangement of economy elements

  • Menunjukkan Cara Bisnis Mendapat Uang

Fungsi pertama dari revenue stream yakni menunjukkan cara berbisnis, mendapat uang dan meraih keuntungan. Revenue stream bmc adalah kata lain dari fungsi pertama ini, revenue stream business model canvas. Para pemimpin perusahaan dalam hal ini bisa membaca daftar revenue dengan nominal yang dihasilkan.

  • Mendapatkan Investor

Pentingnya memahami konsep dalam mendapatkan aliran dana, hal ini tentu menjadi tujuan utama perusahaan dalam menjalankan bisnis yakni mendapat investor. Pengelolaan yang dilakukan baik pada bisnis tentu, sehingga bisnis atau perusahaan akan dikelola akan maju bukan. Adanya kemajuan membuat rangsangan sehingga investor menanamkan modal tambahan.

  • Menjalankan Bisnis dengan Aman

Aliran dana yang dipahami dengan benar dan baik bisa membuka jalan bisnis dengan aman, bahkan sampai berkelanjutan. Hal ini dikarenakan para pelaku bisnis, atau pengelola perusahaan tidak asal dalam memutuskan kebijakan atau penentuan sikap. Selain itu, beberapa contoh di atas dilakukan juga untuk menarik dana.

  • Bisa Menjadi Strategi Bisnis

Konsep aliran dana ini bisa dipahami secara sederhana, namun berdasar pada fungsinya yang sangat strategis bisnis yang baik. Kondisi ini dibuktikan dengan tujuan dasar, aliran dana adalah mendapatkan sumber dana agar bisnis bisa berkelanjutan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya gejolak atau masalah dalam bisnis.

  • Menjadikan Pelaku Bisnis Fokus pada Apa yang Dilakoninya

Aliran dana yang berkelanjutan sehingga dapat dipastikan perusahaan atau bisnis bisa lebih fokus untuk dilakukan. Tujuan serta arah strategi untuk ditujukan agar mendapat keuntungan bisnis hingga perusahaan bersama. Fungsi dari aliran dana ini sangat bermanfaat, selain itu sangat membantu jalannya perusahaan.

  • Mendapatkan Omset dan Profit yang Jelas

Dilakukan dalam menentukan langkah serta sikap yang akan dituju, tentunya mendapatkan aliran dana yang berkelanjutan. Sehingga dalam membuat bisnis mendapatkan dana yang jelas, seperti memiliki investasi dalam berbagai gedung sehingga gedung-gedung ini dapat disewakan yang tujuannya mendapatkan investor yang jelas.

Apabila memiliki kemampuan pelayanan ekstra sehingga memberi bisnis berbasis layanan yang membantu konsumen. Karena itu semakin memahami dengan benar istilah revenue stream, karena istilah ini akan semakin dikenal dalam dunia bisnis. Revenue stream tak mengarah pada satu poin, tetapi berbagai bidang dalam suatu bisnis.

Kesimpulan

Revenue stream mengarah kepada berbagai banyak ruang lingkup, hal ini dibuktikan dari banyaknya contoh penerapan. Kondisi yang harus diperhatikan bagi para pelaku bisnis, karena harus mampu memperhatikan aliran dana dari perusahaan sehingga jelas proses jalannya bisnis tersebut, operasional perusahaan juga tidak terganggu.

Dana yang masuk dan keluar pada bisnis membuat sistem yang baik, sehingga proses penulisan secara manual digunakan untuk memudahkan dalam mendapatkan laporan keuangan. Hal ini juga mengecilkan munculnya kesalahan dalam pencatatan. Revenue stream memberi jalan, jika pelaku bisnis memahami dengan benar.

Demikian penjelasan mengenai revenue stream, mulai dari pengertian, kelebihan dan contoh yang ada pada salah satu hal yang penting dalam berjalannya perusahaan dan bisnis. Penjelasan lebih mendetail yang bisa didapatkan di Fakultas Bisnis, salah satu fakultas yang menjadi andalan Sampoerna University. 

Sampoerna University menerapkan kurikulum berstandar internasional, dalam penerapannya membawa mahasiswa dan mahasiswi tak hanya mendapat ilmu pengetahuan secara teori. Tetapi juga praktek secara langsung di dalam kelas, Sampoerna University memiliki tenaga pengajar berkualitas internasional.

Referensi
Glints- Revenue Stream adalah

Recent More

Mengenal Metode Waterfall, Pengertian dan Tahapan

Apr, 05 2024

Mengenal Jurusan Teknik Industri & Prospek Kerjanya - Teknik Industri merupakan jurusan multidisiplin yang...

Mengenal Jurusan Teknik Sistem Informasi & Prospek Kerjanya di Era Digital - Sampoerna University

Apr, 05 2024

Jurusan Teknik Sistem Informasi - Salah satu jurusan yang memiliki peran yang makin penting...

Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) & Prospek Kerjanya - Sampoerna University

Apr, 05 2024

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) - Bagi kamu yang memiliki jiwa seni dan senang...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp