Skip to main content

Sampoerna University Bantu SMAN 6 Cirebon Luncurkan Perpustakaan Digital Berbasis Ramah Lingkungan

By Agustus 8, 2022September 28th, 2022Berita & Kegiatan, Berita & Kegiatan FET

Jakarta, 8 Agustus 2022 – Pengabdian kepada masyarakat merupakan kewajiban setiap komponen perguruan tinggi di Indonesia dalam mewujudkan dan melaksanakan nilai-nilai Tri Dharma. Sampoerna University melalui Fakultas Teknik dan Teknologinya membawa tanggung jawab ini ke tingkat selanjutnya, yaitu dengan meluncurkan perpustakaan digital berbasis ramah lingkungan di SMAN 6 Cirebon. Proyek yang telah berlangsung selama delapan bulan (7 Januari – 8 Agustus 2022) ini bertujuan untuk memajukan operasional perpustakaan sekolah sekaligus mempromosikan penggunaan energi terbarukan.

Sebelum sistem ini diluncurkan, sejumlah guru pun telah mengikuti kegiatan seminar bertajuk “Pendidikan Pengenalan Dunia Insinyur Dan Teknologi Pada Aplikasi Energi Baru dan Terbarukan” dan “Belajar Fisika Dan Matematika Melalui Simulasi Web”.

Wandy, A. Md., M.CompSc., Dosen Ilmu Komputer Sampoerna University, menuturkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini sejalan dengan komitmen Fakultas Teknik dan Teknologi Sampoerna University untuk menyelenggarakan kegiatan inovatif demi kebaikan umat manusia. Di kesempatan kali ini, pihaknya menyediakan sistem manajemen perpustakaan dengan konsep teknologi yang berbeda dari biasanya.

“Sistem manajemen perpustakaan ini menggunakan energi terbarukan dari panel surya, sehingga tidak membebani listrik PLN yang pada umumnya kita pakai. Panel surya ini dipasang di atap gedung sekolah sehingga dapat menghasilkan listrik yang dibutuhkan oleh mesin server. Listrik yang dihasilkan kemudian disimpan dalam baterai Li-ion yang dapat diisi ulang, mendukung teknologi mikrokomputer untuk perpustakaan dapat beroperasi,” paparnya.

Selain pengimplementasiannya yang sesuai dengan kebijakan pengembangan energi bersih (green energy policy), perpustakaan digital ini memiliki fitur yang sangat beragam. Diantaranya adalah sistem database elektronik untuk pengelolaan koleksi perpustakaan, sistem monitor peminjaman dan pengembalian buku, Online Public Access Catalog (OPAC), dan sistem manajemen keanggotaan perpustakaan.

Wakil Kepala SMAN 6 Kota Cirebon Bidang Humas, Endah Tresia Sudarman, S.Pd., menyampaikan bagaimana fitur-fitur tersebut membantu mengotomatiskan semua aktivitas perpustakaan sekolahnya. Sekarang, mereka dapat secara efektif dan efisien mencatat jumlah buku di perpustakaan, berapa banyak buku yang dikembalikan, dan hal-hal lain yang dulu memakan banyak waktu dan tenaga.

“Layanan perpustakaan sekolah kita bisa maju berkat teknologi yang tidak hanya modern, tapi juga ramah lingkungan. Terima kasih kepada Sampoerna University yang telah mempercayakan SMAN 6 Cirebon. Semoga kita bisa terus bersinergi dengan melakukan kolaborasi dalam pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan,” tutupnya.

X