28 Okt 2022

SU Dukung Semangat & Upaya Pengembangan Talenta Digital

Berita & Kegiatan,

News and Events,

Jakarta, 26 Oktober 2022 – Pandemi COVID-19 yang berlangsung di dunia termasuk Indonesia banyak dikatakan sebagai momentum akselerasi ekonomi digital Indonesia terbesar. Menurut Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, perkembangan ekonomi digital pasca pandemi juga turut menghadirkan peluang baru bagi perekonomian Indonesia guna meningkatkan taraf hidup masyarakat. Pemerintah pun terus berupaya mengakselerasi transformasi salah satunya terkait pengembangan SDM guna memenuhi kebutuhan akan talenta digital. Mengusung semangat kolaborasi dalam mendukung upaya pemerintah terkait peningkatan talenta digital di Indonesia, Sampoerna University pun berkomitmen ikut berkontribusi dalam menghasilkan lulusan berkualitas yang tidak hanya work-ready namun juga world-ready. 

Dr. Wahyoe Soedarmono, Ph.D , Dekan Fakultas Bisnis Sampoerna University menjelaskan, “Akselerasi ekonomi digital di Indonesia yang meningkat pesat selama masa pandemi menghadirkan tantangan dan peluang yang berkaitan dengan bagaimana institusi pendidikan dapat berkontribusi dalam pengembangan SDM berkualitas dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan posisi kepemimpinan saat ini dan di masa depan, juga untuk mengisi kebutuhan pekerja di lanskap ekonomi digital Indonesia.”

Senada dengan yang disampaikan perwakilan Sampoerna University, Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan dan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah, Kemenko Bidang Perekonomian pun menambahkan, “Sampai dengan tahun 2030, Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital, atau sekitar 600 orang per tahun. Ketersediaan internet yang masih belum merata dan literasi digital yang masih dalam kategori sedang juga menjadi tantangan dalam pengembangan ekonomi digital. Maka dari itu, pemerintah berupaya untuk merevitalisasi sistem TVET (Technical and Vocational Education and Training) Indonesia sebagai strategi jangka panjang, dan mengadakan sejumlah program pendidikan dan pelatihan sebagai strategi jangka pendek.”

Rencana pemerintah untuk memenuhi kebutuhan talenta digital perlu diintregasikan dengan strategi universitas dan pelaku industri secara kreatif dan kolaboratif. Kerjasama tersebut meliputi penyesuaian kurikulum pembelajaran, penyusunan standar kompetensi dan sertifikasi, serta pelaksanaan Training of Trainer, Teaching Factory, dan magang.

Pada kesempatan yang sama Ariyo Putro, Chief Human Capital Officer Investree menjelaskan, “SDM Investree didominasi oleh talenta digital sebanyak 80%, dan kebutuhannya setiap tahun cukup agresif dibandingkan dengan fungsi non-digital. Program pengembangan talenta digital yang diadakan perusahaan pun terbatas karena memakan biaya dan sumber daya yang cukup besar. Oleh karena itu, kerjasama dengan perguruan tinggi dan pemerintah dalam menghasilkan talenta siap pakai akan sangat membantu para pelaku industri.”

Menjawab peluang dan tantangan tersebut, Sampoerna University sebagai Institusi pendidikan berstandar Internasional di Indonesia terus berupaya menghasilkan lulusan yang tidak hanya berkompetensi namun juga siap berkompetisi di dalam negeri maupun di ranah global, melalui pengalaman belajar yang ditawarkannya. Melalui kolaborasi dengan University of Arizona, Sampoerna University menghadirkan berbagai program studi di Fakultas Bisnis yang telah dikurasi dengan melihat kebutuhan industri saat ini dan memiliki standar internasional, seperti Entrepreneurship, Banking & Finance, Digital Marketing, juga jurusan lain seperti Accounting.

“Sampoerna University menawarkan kesempatan belajar berdasarkan pengalaman di dunia nyata (real-world experience), dimana hal ini dilakukan dengan harapan lulusan memiliki kesiapan yang lebih matang saat masuk ke dunia kerja. Selain dibekali literasi digital, mahasiswa didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir strategis, kreatif, dan kritis, sehingga dapat menerapkan berbagai pendekatan inovatif di tengah situasi dunia yang dinamis dan beradaptasi dengan tren bisnis masa depan. Mereka diajak untuk menyelesaikan studi kasus nyata menggunakan dukungan berbagai alat atau perangkat lunak digital untuk memfasilitasi bisnis, seperti Power BI, Tableau, dan R Studio. Mahasiswa juga difasilitasi dengan program sertifikasi Microsoft Office Specialist untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menganalisis, memvisualisasikan, dan menginterpretasikan data menggunakan fitur-fitur Microsoft Excel, dimana kompetensi tersebut akan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini,” tutup Wahyoe.

 

            ———————————————–Selesai————————————————-

 

Tentang Sampoerna University

Sampoerna University adalah lembaga pendidikan milik Sampoerna Schools System di Indonesia. Sebagai universitas internasional di Indonesia yang bercita-cita untuk membina pemimpin masa depan dengan karakter moral yang kuat dan beragam jenis keterampilan kompetitif internasional, yang memungkinkan mereka untuk secara aktif berpartisipasi dalam membangun Indonesia yang lebih makmur, adil, bermartabat, dan berdaya saing global. 

Sampoerna University mengelola program-program di bawah lisensi dan perizinan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Didirikan dengan standar nasional dan internasional, Sampoerna University memiliki kualifikasi unik untuk memberikan kontribusi yang substansial kepada masyarakat melalui pendidikan.

Sampoerna University adalah komunitas belajar yang mempersiapkan siswa untuk berhasil baik secara akademis dan profesional. Di sini, siswa tidak hanya akan belajar dan menguasai aspek akademik — mereka akan ditantang untuk berpikir, berprestasi, dan tumbuh ke tingkat yang lebih maju. Dengan program kami, siswa dijamin memiliki keterampilan dan ijazah yang lebih baik yang akan membuka pintu bagi karier di dalam negeri atau  internasional setelah mereka lulus.

Recent More

Mengenal sosok animator lokal dan karyanya yang mendunia

Mei, 29 2024

Dunia animasi Indonesia tak lepas dari dedikasi dan talenta para animatornya. Di balik gemerlapnya...

Minat Pekerjaan Di Bidang Fotografer & Gajinya

Mei, 28 2024

Fotografi semakin menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan.  Momen-momen istimewa, keindahan alam, dan kisah-kisah...

4 Alasan Memilih Karir Di Bidang Videografi

Mei, 28 2024

Di era digital yang kian berkembang pesat, kebutuhan akan konten visual yang menarik dan...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp