05 Feb 2024

Sampoerna University Meraih Peringkat 7 Institusi Unggulan di Indonesia Versi Nature Index 2023: Memperkuat Kontribusi Riset di Indonesia

Berita & Kegiatan,

Berita & Kegiatan,

Berita & Kegiatan,

Sampoerna University, sebagai institusi pendidikan tinggi berstandar dunia, meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat ke-7 dalam Nature Index 2023 yang baru saja dirilis. Keberhasilan ini juga menmpatkan Sampoerna University di posisi kedua universitas swasta terbaik di Indonesia menurut indeks tersebut. Dalam periode penelitian 1 September 2022 hingga 31 Agustus 2023, universitas ini mencatat nilai share sebesar 0,40 dalam jurnal internasional terkemuka, memberikan gambaran mengenai riset institusi berdasarkan bidang keilmuan seperti biologi, kimia, kebumian dan lingkungan, kesehatan, dan fisika.

 

Nature Index adalah sebuah indeks yang disusun oleh Nature Research, divisi penerbitan ilmiah dari Nature Publishing Group yang bertugas untuk mengevaluasi institusi ilmiah berdasarkan keluaran penelitian mereka. Evaluasi ini mempertimbangkan baik jumlah maupun kualitas artikel yang diterbitkan dalam jurnal internasional selama periode penelitian tertentu. Nature Index tidak hanya memperhitungkan jumlah penelitian, tetapi juga menilai kontribusi individual setiap peneliti terhadap penelitian mereka. Nature Index mengevaluasi output publikasi ilmiah suatu institusi dengan mempertimbangkan jumlah artikel penelitian yang diterbitkan dan seberapa besar kontribusi penulis dari institusi tersebut terhadap publikasi-publikasi tersebut. Melalui metrik uniknya, yaitu nilai share, Nature Index memberikan wawasan tentang pengaruh suatu institusi dalam artikel-artikel yang diterbitkan.

 

Peringkat perguruan tinggi di Indonesia menurut Nature Index 2023 adalah sebagai berikut:

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Katolik Parahyangan
  3. Institut Teknologi Bandung
  4. IPB University
  5. Universitas Padjadjaran
  6. Universitas Gadjah Mada
  7. Sampoerna University
  8. Universitas Airlangga
  9. Institut Teknologi Sumatera
  10. Universitas Islam Indonesia

 

Selain itu, pencapaian luar biasa lainnya dalam Indeks Nature Index 2023, Sampoerna University juga menduduki peringkat penting dalam indeks prestisius lainnya. Sampoerna University menempati peringkat ke-4 dalam subjek riset Ilmu Fisika dan ke-5 dalam kategori jurnal bidang Ilmu Sains. Peringkat ini menegaskan keunggulan multidisiplin ilmu dari Sampoerna University dalam kontribusi signifikan mereka pada berbagai bidang ilmiah.

Artikel yang menempatkan Sampoerna University pada peringkat  yang tinggi dalam Nature Index 2023 berjudul “Minimal Length, Nuclear Matter, and Neutron Stars” yang diterbitkan pada The European Physical Journal C Vol. 82:884. Riset ini dilakukan oleh Dr. Ilham Prasetyo dan  Idrus Belfaqih, M.S., Dosen Fisika Sampoerna University, yang keahlian dan dedikasinya mencerminkan kualitas riset yang dilakukan di Sampoerna University.

 

Presiden Sampoerna University, Dr. Marshall Schott menyatakan, “Kami bangga melihat Sampoerna University terus muncul sebagai kekuatan utama dalam penelitian ilmiah di Indonesia. Keberadaan kami di peringkat ke-7 dalam Nature Index 2023 adalah bukti nyata komitmen kami terhadap pendidikan berstandar dunia dan fokus yang tak tergoyahkan pada penelitian dan riset. Pencapaian ini mencerminkan kualitas riset yang dilakukan oleh fakultas dan peneliti di Sampoerna University, sekaligus menegaskan posisi universitas sebagai salah satu pusat pengetahuan dan inovasi terkemuka di Indonesia.”

 

Sampoerna University mengutamakan keunggulan dalam berbagai aspek, mulai dari standar kurikulum, fakultas, fasilitas, hingga operasional, yang setara dengan institusi di Amerika Serikat yang beroperasi di Indonesia. Pendekatan holistik terhadap pendidikan tinggi, penekanan pada riset dan pengembangan ilmiah, serta investasi dalam infrastruktur riset menempatkan Sampoerna University di garis depan dalam menyediakan lingkungan akademis yang merangsang dan mendukung.

 

Komitmen Sampoerna University terhadap keunggulan akademik dan riset yang berkelanjutan diharapkan akan menginspirasi institusi pendidikan lainnya untuk meningkatkan standar riset dan pengembangan ilmiah mereka. Melalui kolaborasi dengan lembaga riset dan industri, Sampoerna University juga membuka peluang untuk proyek riset bersama yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan sektor industri.

 

“Sampoerna University terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas riset dan kontribusinya dalam menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan dunia akademis. Dengan semangat keunggulan akademik, Sampoerna University siap melangkah maju sebagai pusat riset yang berdaya saing tinggi dan berdampak positif pada perkembangan ilmiah di Indonesia,” tutup Dr. Schott.

Recent More

Mengenal Metode Waterfall, Pengertian dan Tahapan

Apr, 05 2024

Mengenal Jurusan Teknik Industri & Prospek Kerjanya - Teknik Industri merupakan jurusan multidisiplin yang...

Mengenal Jurusan Teknik Sistem Informasi & Prospek Kerjanya di Era Digital - Sampoerna University

Apr, 05 2024

Jurusan Teknik Sistem Informasi - Salah satu jurusan yang memiliki peran yang makin penting...

Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) & Prospek Kerjanya - Sampoerna University

Apr, 05 2024

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) - Bagi kamu yang memiliki jiwa seni dan senang...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp