Skip to main content

Apa Itu Segmen Pasar? Jenis dan Manfaatnya

By April 28, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FOB, Edukasi
segmentasi pasar adalah

Segmentasi dalam pemasaran produk merupakan cara pemetaan konsumen dengan karakteristik, daya beli, kebutuhan yang berbeda-beda di dalam situasi market tertentu. Secara otomatis segmen pasar adalah salah satu aspek penting dalam bisnis yang memberi banyak manfaat terhadap perusahaan, konsumen lebih dalam sehingga bisnis bisa dijalankan dengan tepat.

Secara otomatis konsumen akan menargetkan pembelian produk sesuai dengan strategi pemasaran yang diterapkan atau dianut. Biasanya segmentasi pemasaran digunakan sebagai strategi perusahaan untuk mencari target konsumen yang tepat, jika pemetaan sudah dikuasai perusahaan bisa memproduksi barang atau jasa yang memang dibutuhkan.

Pengertian Segmen Pasar

Segmentasi pemasaran merupakan cara mempersatukan seluruh konsumen dengan target secara luas, membuatnya menjadi lebih heterogen. Tujuannya tak lain meningkatkan efektifitas pemasaran sekaligus proses memanfaatkan sumber daya produksi. Segmentasi pasar adalah sebuah strategi yang dilakukan oleh perusahaan dalam membagi kelompokan konsumen ke beberapa kategori.

Seperti kebutuhan, karakteristik maupun perilaku yang berbeda di dalam suatu pasar tertentu, kemudian dalam pelaksanaan segmentasi pasar membutuhkan beberapa proses dan tahapan. Proses dan tahapan ini wajib dilakukan dengan menerapkan aporisma, tujuannya jelas untuk mencapai sasaran yang diinginkan.

Pengertian segmentasi pasar adalah strategi pemetaan target konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan dan perilaku agar perusahaan bisa mengenali kelompok konsumen secara lebih baik. Lewat segmentasi pasar diharapkan perusahaan bisa mengetahui target konsumen yang tepat agar bisnis berjalan dan diharapkan memberi hasil optimal dengan efektivitas pemasaran tinggi.

Jenis Segmen Pasar

Setiap perusahaan kecil maupun besar mempunyai segmen pasar tersendiri dan bahkan sudah ditentukan sebelum perusahaan belum didirikan dan baru akan dibentuk. Namun demikian, segmen pasar yang diterapkan bisa saja berubah sewaktu-waktu. Hal ini disebabkan karena perusahaan perlu beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar serta kebutuhan konsumen.

Sehingga perusahaan tidak bisa memahami perubahan segmen pasar, kemungkinan perusahaan mengalami kehilangan profit hingga memiliki potensi bangkrut. Penting bagi perusahaan untuk mempelajari segmen pasar yang terdapat di masyarakat. Jenis pasar berdasarkan segmen pasar ada 10 segmen yang bisa dipelajari, segmen pasar terdiri dari 4 umum dan 6 tidak umum.

Baca juga: Pengertian Biaya Produksi: Unsur, Jenis, dan Contoh

Jenis Segmen Pasar Paling Umum

  • Segmen Pasar Demografis

Melakukan segmentasi atau pembagian terhadap target pasar dengan menggunakan demografi, di mana mencakup segmen pasar demografis meliputi usia, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan, edukasi, ras hingga agama.

  • Segmen Pasar Psikografis

Merupakan jenis segmentasi pasar yang lebih spesifik dan detail jika dibandingkan dengan segmen demografis. Perusahaan melakukan pembagian berdasarkan psikografi manusia, hal ini meliputi sifat, pendapat, minat dan gaya hidup.

  • Segmen Pasar Perilaku

Seolah serupa dengan segmen psikografis, yang membedakan adalah perusahaan kana melakukan analisis berdasarkan pasar diperlukan guna melihat prospek dari suatu pasar berdasarkan tingkah laku saat melakukan kegiatan di dalam pasar, setelah itu perusahaan mengarahkan konsumen ke segmen pasar tersebut.

  • Segmen Pasar Geografis

Segmentasi pasar geografis bisa diartikan sebagai cara segmentasi berdasarkan variabel-variabel geografis, mencakup ketinggian, suhu, cuaca, iklim, populasi, kultur hingga variabel yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Jenis Segmen Pasar Tidak Umum

  • Segmen Pasar Harga

Segmen pasar yang satu ini menargetkan pada harga yang berbeda untuk setiap kategori konsumen, dimaksudkan kembali berdasarkan segmen pasar yang sebelumnya sudah ditetapkan. Perusahaan berharap mendapat lebih spesifik mengenai siapa saja pembeli dan pengguna produk.

  • Segmen Pasar Firmografis

Segmen pasar untuk firma atau perusahaan lain, jika umumnya perusahaan menargetkan suatu konsumen untuk pasar, dengan ini perusahaan melakukan riset lebih lanjut terhadap suatu perusahaan lain. Mulai dari besaran perusahaan, jumlah karyawan, pengeluaran gaji hingga target.

  • Segmen Pasar Generasional

Segmen pasar ini merupakan pendalaman dari segmen pasar demografi, lebih tepatnya dalam kriteria usia. Perusahaan dalam hal ini melakukan analisis terkait kebiasaan, gaya hidup dan preferensi produk pada suatu generasi kelompok usia untuk kemudian menyesuaikan produknya.

  • Segmen Pasar Fase Kehidupan

Segmen pasar ini mengharuskan untuk mempelajari dan melakukan pengelompokkan terhadap konsumen lewat fase hidup yang sedang dijalani. Termasuk fase bayi dan balita, kemudian beranjak anak dan remaja hingga dewasa serta lanjut usia, tapi disesuaikan oleh perusahaan.

  • Segmen Pasar Musiman

Dalam hal ini perusahaan tak hanya menargetkan pasar sesuai dengan musim-musim secara harfiah, seperti musim panas, gugur, dingin dan salju. Tetapi melakukan pengelompokkan target konsumen terhadap kegiatan lain.

  • Segmen Pasar Teknografis

Segmen pasar ini berkaitan dengan teknologi, di mana pasar teknografis umumnya sudah dipakai oleh suatu perusahaan guna menargetkan pasar yang dianggap akan memberi keuntungan jika menggunakan teknologi yang dibuat oleh perusahaan tersebut.

Manfaat Segmen Pasar

  • Menyebarluaskan Jangkauan Produk

Segmen pasar merupakan salah satu bagian dari marketing yang tujuan dari kegiatan penentuan segmen pasar adalah untuk mempromosikan produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan. Proses segmentasi pasar juga bisa membantu tujuan tersebut, perusahaan bisa menyebarluaskan jangkauan produk ke segmen pasar sesuai target.

  • Pengembangan Produk

Produk yang berkembang kualitasnya memberi dampak penting terhadap kesuksesan perusahaan, formula yang sama tidak bisa digunakan secara terus menerus. Karena nantinya dalam suatu waktu akan ada perubahan dalam pasar, jika perusahaan tidak bisa beradaptasi maka bisa tertinggal.

  • Mencari Segmen Pasar Baru

Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengubah atau menambah segmen pasar yang akan dijajaki, berkaitan dengan perubahan zaman. Jika terus memaksakan produk ke segmen pasar lama, kemungkinan pasar tak membutuhkan produk atau jasa tersebut sangat ada.

  • Tingkatkan Fokus dalam Bisnis

Apabila segmentasi pasar dilakukan dengan tepat, maka hal itu bisa meningkatkan fokus bisnis dari perusahaan yang dijalankan. Segmen pasar bisa membentuk identitas sebuah perusahaan, karena pemahaman mengenai konsumen terkait apa yang harus dijual sudah diketahui.

  • Meningkatkan Kualitas Bisnis

Manfaat mempelajari dan memahami segmen pasar membuat perusahaan memiliki kemampuan dalam meningkatkan aspek lain dalam berbisnis. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mempermudah akses konsumen dalam membeli dan menggunakan produk dan jasa yang sebelumnya ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Perusahaan bisa beradaptasi atau juga mengubah aspek yang sebelumnya telah diterapkan, namun harus sesuai dengan informasi yang didapat dari segmen pasar. Dan jika dimanfaatkan secara optimal, maka kualitas bisnis suatu perusahaan dapat dipastikan akan meningkat dengan perlahan maupun drastis.

Demikian penjelasan mengenai segmentasi pasar, mulai dari pengertian, jenis hingga manfaat yang diberikan dari proses pemetaan pasar ini. Fakultas Bisnis Sampoerna University memberikan mahasiswa peluang untuk melakukan praktik secara langsung saat melakukan segmentasi pasar terhadap bisnis yang akan dijalankan.

Sampoerna University memberi fasilitas lengkap kepada para mahasiswa melalui penerapan kurikulum internasional. Tentunya dengan kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Amerika Serikat, sehingga lulusan Sampoerna University nantinya tak hanya akan bersaing di dalam negeri tetapi juga di luar negeri melalui proses dan langkah yang dibantu Sampoerna University.

Referensi
Pintek.id – Segmentasi Pasar adalah

X