15 Apr 2022

Mengenal Ciri Teks Argumentasi Beserta Contohnya

Artikel,

Artikel - FOE,

Edukasi,

Teks argumentasi itu seperti saat kita membicarakan hal-hal penting dengan teman sebaya. Jadi, bayangkan kamu sedang mendebat atau berdiskusi tentang suatu topik yang kontroversial atau penting. Nah, dalam teks argumentasi, kita mencoba meyakinkan orang lain tentang pendapat atau ide yang kita punya. Tidak sembarangan bicara, tapi dengan memberikan alasan yang kuat serta bukti-bukti yang mendukung.

 

Dalam teks argumentasi, kita mencoba meyakinkan orang lain dengan cara yang logis dan rasional. Kita berusaha membawa orang lain ke pihak kita dengan memberikan alasan yang kuat dan bukti yang mendukung pendapat kita. Itu sebabnya teks argumentasi sering digunakan dalam debat, esai, atau tulisan-tulisan yang ingin mempengaruhi pandangan orang lain.

 

Tujuan Teks Argumentasi

Tujuan adanya teks argumentasi sederhana, kita ingin membuat mereka setuju dengan apa yang sedang kita pikirkan. Caranya? Dengan memberikan alasan yang masuk akal dan bukti yang kuat.

 

Misalnya, bayangkan kita sedang mendebat tentang kenapa harus ada pelajaran tentang lingkungan di sekolah. Kita tidak bisa hanya mengatakan, “ya harus ada karena lingkungan itu penting”. Itu terlalu sederhana dan tidak akan membuat orang lain yakin.

 

Di sini, kita akan memberikan alasan-alasan seperti mengajarkan anak-anak cara menjaga alam, mengurangi sampah plastik, dan membawa tumblr sebagai pengganti botol plastik. Lalu, kita bisa tambahkan bukti, seperti data tentang perubahan iklim atau cerita sukses sekolah yang memiliki pelajaran tentang lingkungan.

 

Tujuan akhirnya adalah meyakinkan orang lain, bukan sekedar teori belaka. Kita bisa membuat mereka berpikir, “Ah, iya juga ya, penting juga adanya pelajaran lingkungan.” Atau mungkin kita ingin mereka ikut aksi nyata, seperti memulai daur ulang atau peduli dengan alam.

 

Jadi, teks argumentasi itu punya peran besar dalam mengubah pikiran orang dan mempengaruhi tindakan mereka. Intinya, kita membicarakan hal serius dengan cara yang masuk akal dan persuasif untuk membuat orang lain berpikir atau bertindak sesuai dengan yang kita mau.

 

Ciri-ciri Teks Argumentasi

Ciri-ciri Teks Argumentasi

Teks argumentasi memiliki ciri-ciri yang membedakannya dari jenis teks lainnya. Ciri-ciri tersebut mencerminkan sifatnya yang persuasif dan berusaha meyakinkan pembaca atau pendengar. Sembilan hal ini merupakan ciri-ciri teks argumentasi:

 

1. Pendapat atau Pernyataan Tegas

Teks argumentasi selalu dimulai dengan pernyataan tegas atau pendapat yang ingin disampaikan oleh penulis; ini merupakan dasar dari seluruh teks, dan tujuan penulis adalah untuk membuktikan bahwa pendapat tersebut dapat diterima.

 

2. Alasan dan Bukti 

Teks argumentasi harus mengandung alasan yang mendukung pendapat penulis. Teks argumen harus mengandung alasan yang kuat untuk memperkuat argumen dan harus meyakinkan pembaca. Selain itu, teks harus mengandung bukti konkret, seperti statistik, fakta, atau contoh nyata, untuk memperkuat argumen.

 

3. Kontrapositif atau Lawan Argumen

Bagian penting dari teks argumentasi adalah mengakui argumen yang bertentangan dengan pendapat penulis; ini menunjukkan bahwa penulis telah mempertimbangkan berbagai perspektif dan memahami topik tersebut sehingga pembaca atau pendengar dapat melihat pendapat penulis lebih kuat daripada argumen lawan.

 

4. Logika yang Kuat

Dalam teks argumentasi, argumen harus mengikuti logika yang kuat, yang berarti setiap langkah harus terhubung secara konsisten dan konklusi harus berasal dari alasan yang diberikan. Tidak logis dapat membuat argumen menjadi kurang persuasif.

 

5. Bahasa Persuasif 

Teks argumentasi biasanya persuasif karena penulis menggunakan kata-kata yang kuat dan menjelaskan argumen mereka dengan jelas. Untuk menarik perhatian pembaca atau pendengar, mereka juga dapat menggunakan strategi retorika seperti analogi atau persuasi emosional.

 

6. Struktur yang Jelas 

Teks argumentasi biasanya memiliki struktur yang teratur. Ini termasuk pengenalan yang menampilkan topik dan pernyataan pendapat, badan tulisan yang secara sistematis menyajikan bukti dan alasan, dan kesimpulan yang merangkum argumen dan mendukung pendapat penulis. Struktur yang jelas memudahkan pembaca memahami alur pikiran penulis.

 

7. Penargetan pada Audiens 

Penulis seringkali berusaha memahami audiens mereka dan berbicara dalam bahasa atau konteks yang dapat dipahami oleh mereka. Ini berarti mengakui pendapat atau prinsip-prinsip yang dimiliki oleh audiens mereka untuk membangun hubungan yang lebih baik dan membuat argumen yang mereka bicarakan lebih relevan.

 

8. Gaya Penulisan yang Objektif 

Gaya penulisan yang objektif dan tidak terlalu emosional harus digunakan dalam teks argumentasi meskipun penulis memiliki pendapat. Ini membantu argumen tetap berfokus pada alasan dan bukti, bukan pada perasaan atau sikap penulis.

 

9. Penutup yang Kuat 

Teks argumentasi sering diakhiri dengan kesimpulan yang kuat yang menguatkan pendapat penulis dan merangkum argumen utama. Penutup ini adalah kesempatan terakhir bagi penulis untuk membuat pembaca atau pendengar percaya pada mereka.

 

Teks argumentasi memiliki ciri-ciri yang membantu membedakannya dari jenis teks lainnya dan membuatnya menjadi alat yang efektif untuk meyakinkan orang lain tentang suatu ide atau perspektif. 

 

Contoh Teks Argumentasi

Judul: Merokok Adalah Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari

 

Halo teman-teman,

 

Aku ingin membahas mengenai masalah yang lumayan penting, yaitu merokok. Aku yakin banyak dari kalian yang sudah tau bahwa merokok itu adalah kebiasaan yang buruk. Nah, di sini aku akan memberi beberapa alasan kenapa kita harus menghindari merokok.

 

Pertama, kesehatan kita. Kalian tahu tidak bahwa merokok itu bisa menyebabkan banyak penyakit serius seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, dan masalah pernapasan lainnya? Jelas sekali ya, bahwa merokok itu membuat tubuh kita rusak. Dan jujur aja, siapa yang mau sakit-sakitan hanya karena menghisap rokok?

 

Selain itu, merokok juga membuang-buang uang. Coba kalian hitung, berapa uang yang sudah kalian habiskan untuk membeli rokok selama ini? Tidak ada yang mengelak bahwa rokok itu mahal, dan uangnya bisa dipakai untuk hal-hal yang lebih penting, seperti pendidikan atau liburan.

 

Merokok juga ada efek sosialnya. Kalian pasti tahu kan, bau rokok itu menempel di baju dan rambut. Jadi, kalau kalian merokok, orang lain mungkin bakal menghindari kalian karena tidak suka dengan bau rokok. Plus, merokok bisa bikin kita lebih susah mencari teman atau pasangan, karena banyak orang yang tidak nyaman dengan kebiasaan ini.

 

Intinya, merokok itu tidak ada manfaatnya sama sekali. Lebih baik hindari kebiasaan buruk ini demi kesehatan, uang, dan hubungan sosial kita. Yuk, jangan mau kecanduan rokok, dan mulailah hidup sehat!

 

Sampoerna University

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Kami merupakan universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

 

Kami menawarkan berbagai program sarjana dan magister di bidang-bidang seperti bisnis, teknologi informasi, kreativitas dan desain, serta studi kelas dunia. Universitas ini menempatkan fokus pada pendekatan pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada industri, dengan tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa berhasil dalam karir mereka.

 

Kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung bagi mahasiswa, dengan dukungan fasilitas modern dan fakultas yang berkualitas. Kami juga memberikan beasiswa dan program bantuan keuangan untuk mendukung aksesibilitas pendidikan bagi mahasiswa berprestasi.

 

Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.

 

Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.

 

Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!

Recent More

Mengenal sosok animator lokal dan karyanya yang mendunia

Mei, 29 2024

Dunia animasi Indonesia tak lepas dari dedikasi dan talenta para animatornya. Di balik gemerlapnya...

Minat Pekerjaan Di Bidang Fotografer & Gajinya

Mei, 28 2024

Fotografi semakin menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan.  Momen-momen istimewa, keindahan alam, dan kisah-kisah...

4 Alasan Memilih Karir Di Bidang Videografi

Mei, 28 2024

Di era digital yang kian berkembang pesat, kebutuhan akan konten visual yang menarik dan...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp