Skip to main content

Pengertian Teks Argumentasi, Ciri, Struktur dan Contohnya

By April 15, 2022September 9th, 2022Artikel, Artikel - FOE, Edukasi
teks argumentasi adalah

Teks argumentasi merupakan salah satu bentuk tulisan yang cukup persuasif terhadap pembaca, khususnya untuk pembaca yang menyukai fakta dan data. Teks argumentasi adalah salah satu jenis atau bentuk tulisan yang bisa dikatakan kritis dalam menyikapi isu atau permasalahan yang tengah terjadi dalam masyarakat.

Banyak hal yang wajib diketahui mengenai teks argumentasi, karena teks ini selalu ditulis berdasarkan alasan, bukti dan fakta yang tengah terjadi dalam masyarakat. Tujuan dari ditulisnya teks ini adalah untuk memengaruhi pembaca untuk menerima data serta fakta yang disuguhkan dan dibagikan dalam sebuah tulisan.

Pengertian Teks Argumentasi

Teks argumentasi biasanya menjadi landasan teks untuk sebuah debat, karena tulisan ini dibuat untuk menyajikan suatu bentuk retorika dan berusaha memengaruhi sikap serta pendapat orang lain yang membacanya. Dalam prosesnya, penulisan ini ditulis secara kritis dan logis dengan cara membaca buku, melakukan penelitian, wawancara dan masih banyak lagi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), argumentasi disebut sebagai alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian atau gagasan. Teks argumentasi merupakan sebuah tulisan yang dipakai untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan menggunakan data dan fakta sebagai alasannya sekaligus bukti.

Dalam hal ini penulis teks menyebut opini sebagai klaim dan fakta sebagai bukti, fakta juga bisa disajikan dengan mencakup alasan, statistik, fakta yang sudah dikonfirmasi, penelitian ahli dan dalam beberapa kasus bisa diambil dari pengalaman pribadi seseorang. Selain itu penulis juga harus mencantumkan sumber fakta yang kredibel dan terpercaya.

Secara umum dapat dikatakan bahwa teks argumentasi adalah teks berisi paragraf dan memiliki tujuan untuk meyakinkan atau membujuk para pembaca agar memiliki pemikiran yang sama dengan penulis. Ide pokok dari tulisan ini adalah pendapat, ide hingga gagasan dari penulis lalu diperluas dengan menggunakan pendapat yang dilengkapi fakta aktual.

Pengertian Teks Argumentasi Menurut Para Ahli

  • Dalman

Dalman menyebutkan bahwa teks argumentasi adalah suatu tulisan yang memiliki orientasi untuk meyakinkan para pembaca. Dalam hal ini pembaca tulisan akan terdoktrin secara sikap, tingkah laku serta pemikiran. Teks ini juga bisa diartikan sebagai upaya pembuktian kebenaran yang dianggap salah untuk dipahami.

  • Atar Seni

Teks argumentasi disebut sebagai tulisan yang berupaya meyakinkan dan membujuk para pembaca mengenai kebenaran dari yang diungkapkan penulis. Salah satu cara untuk meyakinkan pembaca adalah menyajikan data relevan, logis dan kredibel. Data-data tersebut bisa dipertanggung jawabkan karena tidak asal dalam mendapatkannya.

  • Nursisto

Dalam pandangan Nursisto, apa itu teks argumentasi merupakan sebuah karangan yang digunakan sebagai upaya untuk memberikan alasan. Selain itu juga digunakan untuk menolak dan memperkuat pendapat, dengan cara memberikan bukti dan alasan yang kuat sehingga pembaca terdoktrin dengan isi tulisan yang dibuat oleh penulis.

  • Keraf

Adalah retorika yang memengaruhi pandangan orang lain, adanya retorika ini ditujukan agar pembaca percaya dengan pendapat penulis. Teks argumentasi juga penting untuk menyampaikan kebenaran yang didukung dengan berbagai fakta serta data, sehingga adanya teks argumentasi suatu kebenaran akan terungkap atau diketahui secara pasti.

Baca juga: Pengertian Teks Editorial, Tujuan, Ciri-ciri dan Tahapan

Tujuan Teks Argumentasi

  • Mengungkap Pandangan

Teks argumentasi ditulis untuk mengungkap pandangan atau pendirian penulis, diketahui bahwa setiap orang memiliki pandangan, pendapat dan memiliki teori tersendiri. Dengan dasar alasan inilah muncul teks argumentasi, keberagaman berpikir dalam memandang suatu permasalahan atau peristiwa diekspresikan dalam bentuk suatu tulisan.

  • Pengaruh Tingkah Laku

Tujuan teks argumentasi adalah memengaruhi tingkah laku, saat pandangan atau pendapat penulis dijelaskan lewat cara yang logis dan berdasar data. Sehingga pembaca akan setuju, dampak yang ditimbulkan adalah memengaruhi tingkah laku para pembaca terhadap isu yang sedang dijelaskan dalam bentuk teks deskripsi.

  • Menarik Perhatian

Menarik perhatian juga disebut dengan menarik simpati, karena hal ini tidak mudah untuk dilakukan. Sehingga membutuhkan upaya yang tinggi, seperti penulis melakukan penelitian atau riset. Selain itu dengan kajian literatur dan bahkan jika diperlukan dilakukan proses wawancara dan terjun langsung ke lapangan.

  • Buktikan Kebenaran

Membuktikan suatu kebenaran secara logis, argumentasi merupakan salah satu upaya dalam membuktikan kebenaran secara logis. Sehingga isu yang dibuat dan tersebar di kalangan masyarakat tidak lagi simpang siur yang kebenarannya masih menjadi pertanyaan dan dipertanyakan oleh masyarakat di lingkungan tersebut.

Ciri-ciri Teks Argumentasi

  • Sifatnya Kebenaran dan Bukti

Teks argumentasi merupakan sebuah tulisan yang bisa dilihat dari cara penyajian tulisannya, khususnya menunjukkan bukti dan kebenaran dari sesuatu. Kedua hal inilah yang dijadikan sebagai kekuatan dasar, dengan harapan para pembaca semakin meyakini kebenaran sesuatu yang dijelaskan lewat tulisan ini.

  • Punya Alasan yang Kuat

Teks argumentasi memiliki alasan yang kuat, di mana para pembaca tidak akan yakin dengan pembahasan yang dijelaskan jika cara penyampaiannya tidak benar. Hal ini berkaitan dengan kecerdasan dan pemahaman masyarakat yang baik, jika pembaca tahu teks ini memiliki sumber yang kredibel maka pembaca secara langsung juga ter yakinkan.

  • Gunakan Bahasa Denotatif

Teks argumentasi ditulis menggunakan bahasa denotatif atau bahasa yang sebenarnya dan tegas serta tidak berbelit-belit. Pemilihan kata yang salah terkesan tidak langsung pada poin yang ingin disampaikan, dalam penulisan teks argumentasi tidak boleh secara fiktif karena yang ditulis berdasarkan data dan fakta.

  • Analisis Rasional

Teks argumentasi ditulis berdasarkan analisis rasional atau berdasar fakta, cara mudah dalam menemukan teks ini adalah dengan melihat suatu berita. Atau juga dapat dilihat melalui penelitian yang sebelumnya pernah dilakukan dan bisa juga menggunakan cara lain.

  • Batasi Subjek dan Emosional

Ditulis secara objektif sehingga dibutuhkan batasan dan menghindari nilai-nilai emosional, sehingga teks argumentasi tidak ditulis dengan membawa perasaan seperti rasa sedih atau perasaan lainnya. Selain itu perlu juga menghindari penulisan hal yang berbau subjektivitas penulis, perlu dihindari bagi para penulis yang terbiasa menulis opini.

Struktur Teks Argumentasi

  • Pendahuluan

Dalam tahap ini dituliskan secara gamblang, singkat dan padat tetapi harus memiliki daya tarik agar pembaca tertarik untuk membaca lebih lanjut ke bagian tubuh argumen.

  • Badan Argumen

Bisa dijelaskan bahwa tujuan penulisan agar lebih tertata, ter struktur dan mudah dipahami oleh para pembaca. Masukkan fakta dan data, seperti memasukkan observasi, eksperimen dari sumber kredibel.

  • Kesimpulan

Kesimpulan bisa ditulis dengan menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas serta tentu saja mengutamakan kelogisan dan penalaran yang masuk akal.

Jenis Teks Argumentasi

  • Sebab Akibat

Merupakan jenis paragraf yang ditulis berdasarkan data-data yang membuat isu yang dibahas muncul atau lahir. Selain itu, teks argumentasi mengarah pada akibat yang sudah disebabkan sebelumnya. Untuk mengetahuinya dengan melihat penggunaan konjungsi atau kata hubung seperti oleh sebab itu, karena itu dan demikian.

  • Akibat Sebab

Paragraf ini ditulis dengan mengungkapkan akibat yang timbul terlebih dulu, setelahnya baru dijelaskan penyebab terjadinya dari apa saja. Dilihat dari segi penulisan tetap sama dan mengutamakan data serta fakta.

  • Argumentatif Persamaan

Merupakan argumen yang dituliskan dengan cara mengemukakan prinsip persamaan sebelum mengambil kesimpulan. Dan tentu saja penarikan dari kesimpulan dilakukan dengan cara logis serta menggunakan data yang kuat agar tujuannya tidak disangkal.

  • Argumentasi Perbandingan

Merupakan teks deskripsi yang menuliskan fakta dan data dengan cara melakukan perbandingan, bisa pula diartikan sebagai usaha dalam membandingkan argumentatif berdasar anggapan yang mencakup pengertian terkait data yang kuat atau tidak.

  • Autoritas

Ditulis berdasarkan pendapat orang terkenal dunia atau tokoh dengan keahlian tertentu, jensi paragraf deskripsi sebagai tulisan yang digunakan untuk pemecahan masalah dalam isu yang diangkat dan yang dianggap sebagai masalah.

  • Kesaksian

Ditulis berdasarkan kesaksian seseorang terkait dengan isu yang diangkat, kesaksian yang masuk termasuk ke dalam teks deskripsi. Karena kesaksian merupakan salah satu bentuk data objektif,  saksi merupakan orang yang merasakan, melihat dan mengalami suatu kejadian dan sifatnya tidak bisa disangkal.

Langkah Menyusun Teks Argumentasi

  • Menentukan topik atau tema yang akan dibahas dalam sebuah teks argumentasi.
  • Menentukan tujuan dari penulisan, untuk meyakinkan atau mencari dukungan.
  • Mengumpulkan berbagai data yang dijadikan sebagai bukti dalam penulisan.
  • Memilih jenis pola pengembangan untuk setiap paragraf dalam tulisan.
  • Membuat kerangka paragraf, isinya dari gagasan utama dan gagasan pendukung.
  • Melengakpi dan mengembangkan paragraf menjadi serangkaian yang utuh.

Pola Pengembangan Teks Argumentasi

Beberapa pola pengembangan teks argumentasi bisa seperti pola analogi dan generalisasi. Dimana kedua pola ini memiliki penjelasan masing-masing dan alasan mengapa dimasukkan ke dalam penulisan teks argumentasi. Pola analogi digunakan sebagai alat untuk memperkuat pendapat yang dimasukkan.

Analogi merupakan perbandingan antara dua objek yang dianggap serupa, dalam mendukung kesimpulan suatu masalah yang mirip. Sementara pola generalisasi atau umum merupakan penulisan yang didasarkan pada kebenaran yang dirasakan banyak orang. Kebenaran yang bisa berupa suatu pendapat mayoritas masyarakat atau data ilmiah.

Contoh Teks Argumentasi

Teks Argumentasi Sebab-Akibat

Meskipun menjadi negara dengan kepulauan terbanyak dan suku bangsa yang ada, masih banyak daerah di Indonesia yang sulit terjamah dengan kehidupan modern dan pendidikan. Seperti di Papua yang menjadi pulau paling timur di negara Indonesia. Pulau dengan fasilitas pendidikan yang belum layak karena susahnya transportasi dan tenaga pengajar.

Hal ini dibuktikan dengan jumlah sekolah dasar negeri di Provinsi Papua yang hanya sekitar 1.627 sekolah. Jumlah ini bahkan tidak sampai setengah dari sekolah dasar yang terdapat di DKI Jakarta yang mencapai 2.951 sekolah. Tidak merata nya pendidikan membuat Provinsi Papua masih tertinggal jauh dari kota-kota besar di Indonesia.

Demikian penjelasan mengenai teks argumentasi mulai dari pengertian, ciri, struktur hingga contoh yang sudah ada. Jurnal Sampoerna University memberi penjelasan secara gamblang terkait salah satu bahan mata perkuliahan, termasuk salah satunya mengenai pengertian teks argumentasi. Hal ini ditujukan agar mahasiswa lebih mudah dalam mengerjakan tugasnya dengan baik.

Sampoerna University memberi fasilitas lengkap bagi para mahasiswa, karena tidak hanya ingin membangun lulusan dengan otak yang cerdas. Tetapi juga membangun diri mahasiswa dengan pribadi yang lebih baik. Melalui program Sampoerna University, mahasiswa akan dibukakan jalan menuju karier di tingkat nasional dan internasional.

Pelajari lebih lanjut terkait program studi, metode pengajaran dan seputar informasi akademik yang ada di Sampoerna University dengan mengisi data dibawah ini dan team kami akan siap melayani.

Article Form

Referensi
Sobat sekolah – contoh teks argumentasi

X