Skip to main content

Pengertian Teks Prosedur, Ciri-ciri dan Struktur Penulisan

By April 14, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FOE, Edukasi
teks prosedural adalah

Masyarakat awam mungkin masih asing mendengar teks jenis ini, namun pada dasarnya orang cenderung membaca teks dengan model prosedur yang kemudian tak menyadari tulisan yang dibaca termasuk teks prosedur. Kondisi yang memang lumrah terjadi, karena seringnya orang membaca maka mereka akan menikmati bacaan yang dibaca tersebut. Teks prosedur adalah langkah dan aktivitas atau kegiatan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. 

Biasanya orang tak perlu memperhatikan struktur kalimat termasuk efektif atau tidak, bahasa yang digunakan baik atau tidak dan termasuk ke dalam teks jenis apa. Meski demikian, dalam proses belajar menulis atau sedang dalam menempuh pendidikan memahami teks jenis apa dan bagaimana adalah wajib hukumnya.

Pengertian Teks Prosedur

Hal pertama yang harus dipahami dalam pengertian teks prosedur adalah termasuk dalam jenis tulisan yang memuat cara dalam melakukan sesuatu secara tepat. Bentuknya runtutan langkah demi langkah, sehingga tujuan yang diinginkan tercapai. Sebuah teks yang berisi langkah atau tahapan dalam menjelaskan suatu hal.

Secara umum, teks prosedur adalah langkah dan aktivitas atau kegiatan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Teks jenis ini dibutuhkan sebagai panduan seseorang dalam membuat atau menyusun sesuatu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) teks prosedur memiliki arti sebagai tahap kegiatan dalam menyelesaikan suatu aktivitas.

Tujuan teks prosedur untuk membantu memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu secara benar atau tepat. Banyak orang mungkin secara tidak sengaja sudah menemukan atau membaca teks jenis ini, namun tidak mengetahui bahwa tulisan yang dibaca termasuk dalam teks jenis prosedur.

Ciri-ciri Teks Prosedur Secara Umum

  • Menggunakan Kalimat Perintah

Penggunaan kalimat perintah bisa diartikan teks ini memakai kalimat larangan dan anjuran, tujuannya para pembaca diimbau atau diperintah untuk mengikuti penjelasan yang diberikan. Seperti saat menjelaskan cara melakukan sesuatu, maka terdapat perintah dari langkah-langkah yang harus diikuti dan lakukan.

  • Berisi Panduan yang Harus Dilakukan

Teks prosedur adalah teks yang berisi mengenai panduan yang harus dilakukan oleh pembacanya, panduan atau langkah-langkah serta tahap dalam melakukan sesuatu atau menggunakan sesuatu. Sehingga pembaca mampu melakukan langkah dari yang paling awal hingga terakhir secara runut, tujuannya agar keinginan saat melakukan prosedur ini tercapai dengan baik.

  • Memakai Kata Kerja Aktif

Menggunakan kata kerja aktif, seolah-olah dilakukan secara langsung oleh pembacanya karena memang jenis teks prosedur termasuk ke dalam teks berisi tahapan yang harus dilakukan langsung oleh para pembaca yang bersangkutan sehingga tak pernah menggunakan kata kerja pasif dan hanya menggunakan kata kerja aktif.

  • Menggunakan Konjungsi

Konjungsi atau kata penghubung digunakan dalam membuat tulisan yang termasuk ke dalam teks prosedur. Karena isi dari teks jens ini merupakan tahapan dalam merangkai sesuatu atau menggunakan sesuatu, sehingga isi dari poin-poin yang menjelaskan setiap tahapan dari yang paling awal hingga akhir.

  • Aturan Bahan atau Kegiatan

Terdapat aturan khusus dan tambahan mengenai bahan ataupun kegiatan yang ingin disampaikan melalui teks jenis ini. Jika dibaca dengan detail maka akan ditemukan beberapa aturan, seperti saat merangkai suatu barang maka harus ada aturan terkait langkah yang digunakan. Aturan yang dimasukkan menjelaskan prosedur detail untuk meminimalisir kegagalan.

  • Adanya Urutan Kejadian

Teks prosedur memiliki urutan kegiatan yang disusun oleh penulisnya secara sistematis, penulisan menggunakan poin-poin atau penomoran sehingga pembaca mengetahui langkah awal bagaimana, seperti apa dan seterusnya. Selain memudahkan pembaca, penulisan sistematis juga membuat pembaca mudah dalam mempraktekkan anjuran yang dicantumkan.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

  • Memakai Kata Kerja Perintah

Menggunakan kata kerja perintah atau disebut dengan istilah kata kerja imperatif, karena berhubungan dengan akhiran yang dipakai di akhir kata kerja yang dicantumkan. Penggunaan kata kerja dalam teks prosedur menegaskan bahwa dalam jenis kalimat ini berisikan larangan maupun perintah yang harus dipatuhi oleh para pembacanya.

  • Menggunakan Kata Teknis

Kata teknis merupakan istilah yang dipakai dalam prosedur dan berkaitan dengan isi tulisan yang dibahas. Terdapat kelompok kata yang dipakai untuk teks jenis prosedur ketika membahas sesuatu, teks ini disusun dalam meresepkan sesuatu. Bisa jadi istilah ini masih asing bagi pembaca yang baru pertama kali membaca jenis teks ini.

  • Memakai Kata Penghubung

Jenis kalimat penghubung yang dipakai adalah konjungsi temporal, merupakan kata penghubung yang menjelaskan terkait keterangan waktu. Fungsi dalam teks prosedur adalah digunakan untuk menjelaskan urutan proses atau kronologi, selain itu juga membuat pembaca mengetahui teks yang dibaca sudah sesuai urutan untuk kemudian mempraktekkannya.

  • Menggunakan Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif merupakan kalimat yang sifatnya membujuk seseorang untuk melakukan suatu tindakan, oleh penulis isi teks prosedur akan selalu menggunakan kalimat ajakan. Biasanya mengajak pembaca melakukan sesuatu yang ingin disampaikan oleh penulis, selain itu menggantikan kalimat perintah dan dipakai bersamaan membangun kalimat efektif.

  • Memakai Gambaran Secara Rinci

Menggunakan kata-kata yang mampu memberi gambaran suatu proses secara terperinci, seperti memasukkan bahan, alat yang dipakai, ukuran dan jumlah serta yang lainnya. Tujuannya agar pembaca bisa langsung menggambarkan bagaimana proses yang akan dilakukan dan dipraktekkan secara langsung sesuai dengan hasil gambaran personal saat membaca teks.

  • Memakai Kata Kerja Material dan Sikap

Kata kerja material atau tingkah laku disebut dengan verba material dan tingkah laku, verba merupakan tindakan fisik yang harus dilakukan oleh pembaca. Nantinya kata-kata khas yang dipakai menuntut pembaca melakukannya secara fisik. Di dalam penulisan teks prosedur meminta pembaca melakukan kegiatan fisik tertentu.

Baca juga: Apa Itu Teks Anekdot? Ciri, Struktur dan Kaidahnya

Jenis-jenis Teks Prosedur

  • Sederhana

Teks prosedur sederhana akan menyajikan tahapan suatu kegiatan yang dibuat sederhana, dengan tahapan yang tidak begitu banyak. Apabila disusun dalam bentuk penomoran atau poin-poin, hanya akan ada sekitar 5 bentuk penjelasan atau bahkan kurang dari itu. Karena tujuan di awal memang teks prosedur jenis ini dibuat sesederhana mungkin.

  • Kompleks

Merupakan teks prosedur yang berbeda sekaligus kebalkan dari jenis sederhana, karena teks ini menjelaskan suatu tahapan yang terdiri dari banyak poin dan bisa melibatkan banyak pihak dalam mencapai suatu tujuan. Karena poin-poin yang dimasukkan banyak, pembaca diharap benar-benar memperhatikan poin-poin yang dimasukkan.

Struktur Penulisan Teks Prosedur

  • Pengantar dan Pembuka

Pengantar merupakan bagian pertama dalam struktur teks prosedur yang mencakup judul dari bahan atau topik yang diangkat dan dibahas dalam teks, kalimat pengantar dalam teks prosedur dibuat ringkas dan mudah dipahami oleh pembaca.

  • Material

Bagian kedua menjelaskan mengenai kebutuhan material, seperti teks prosedur yang menjelaskan langkah-langkah tentang melakukan sesuatu. Setelah judul dan kalimat pembuka kemudian akan dijelaskan mengenai bahan-bahan yang diperlukan.

  • Langkah-langkah

Memaparkan langkah-langkah dari pembuatan topik yang disampaikan pada judul, sehingga susunan sistematis akan didapat dari awal sampai akhir. Tujuannya adalah bahan mentah yang didapat sebelumnya diubah matang dan siap digunakan.

  • Simpulan

Menjelaskan sedikit mengenai prosedur yang dijelaskan sebelumnya, seperti prosedur yang telah disampaikan merupakan langkah paling sederhana sekaligus bisa mencantumkan saran maupun masukan kepada para pembaca yang akan mempraktekkan langkah-langkahnya.

Contoh Teks Prosedur

Teks Prosedur Sederhana

Cara Membuat Mie Instan

  • Bahan:
  • 1 bungkus mie instan
  • 300 ml air
  • 1 butir telur
  • Sawi secukupnya

Cara Membuat

  • Masak air hingga mendidih menggunakan panci sesuai kebutuhan, jika air sudah mendidih masukkan mie instan dan tuangkan bumbu serta minyak dalam kemasan.
  • Aduk-aduk sebentar, setelah mie melunak barulah ditambahkan telur dan aduk lagi tetapi secara perlahan dan sesuaikan kondisi.
  • Setelah itu masukkan irisan atau potongan sawi, aduk lagi hingga sawi terlihat layu dan jika sudah angkat serta sajikan di mangkok.

Teks Prosedur Kompleks

  • Pengurusan Pindah Sekolah

Syarat yang Harus Dipenuhi

  • Surat keterangan pindah sekolah dari sekolah asal.
  • Surat keterangan kelakuan baik dari sekolah asal.
  • Surat keterangan kelas dari sekolah yang akan dituju.
  • Surat rekomendasi dari dinas kabupaten sekolah asal.
  • Fotokopi ijazah pendidikan sebelumnya atau sederajat.
  • Fotokopi data dari nilai rapor terakhir.
  • Surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit atau laboratorium.

Alur Pindah Sekolah

  • Melakukan survei terhadap sekolah yang akan dituju untuk pindah dari sekolah sebelumnya.
  • Mencari sekolah baru dengan kesediaan menerima siswa baru.
  • Mengurus seluruh dokumen persyaratan yang disebutkan sebelumnya.
  • Setelah mendapat surat keterangan dari sekolah dan dinas sekolah asal, barulah mendaftar di sekolah baru.
  • Mengurus seluruh kewajiban di sekolah baru dan siap menjalani pembelajaran di sekolah baru.

Demikian penjelasan mengenai teks prosedur, mulai dari pengertian, ciri-ciri, jenis dan contoh yang ada dan sudah digunakan secara umum. Jurnal Sampoerna University memberi penjelasan secara detail mengenai bahan perkuliahan, tujuannya agar mahasiswa mudah dalam memahami saat akan melakukan praktek di lapangan termasuk ketika akan membuat teks prosedur.

Menggunakan kurikulum internasional dan soft skills yang relevan diajarkan Sampoerna University, lulusan perguruan tinggi yang bekerja sama dengan universitas luar negeri di Amerika Serikat ini diberi kesempatan untuk tak hanya bersaing di dalam negeri tetapi juga tingkat internasional sehingga tantangan yang ada berada di level berbeda.

Referensi
Merdeka.com – Pengertian Teks Prosedur Adalah

X