Skip to main content

Tips Memilih Jurusan Kuliah dan Program Pengujian di Sampoerna University

By November 11, 2022Januari 15th, 2023Artikel
tips memilih jurusan kuliah

Memilih jurusan kuliah merupakan salah satu keputusan penting yang perlu dipikirkan dengan matang. Hal ini merupakan pilihan yang akan mempengaruhi masa depan kamu dan menentukan jalur karir yang akan kamu tempuh. Oleh karena itu, perlu tips memilih jurusan kuliah yang perlu dipertimbangkan.

Banyak orang yang merasa bingung dan tidak tahu bagaimana cara memilih jurusan yang tepat sesuai dengan minat dan bakatnya. Jika kamu termasuk seseorang yang susah dalam menentukan jurusan kuliah, jangan khawatir. Di dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa tips yang bisa membantumu memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai dengan minat dan bakatmu.

Di Sampoerna University sendiri, terdapat berbagai program atau jurusan kuliah yang bisa kamu ambil. Kamu dapat menentukan minat dan bakat kamu bersama Sampoerna University. Kamu bisa mengikuti program ujian penempatan bagi mahasiswa baru dan lanjutan di Pusat Pengujian (testing center) yang terletak di Kampus L’Avenue di Pancoran, Jakarta.

Jika kamu berada di luar jabodetabek, jangan khawatir. Kamu dapat mengikuti test yang sama di lokasi yang bekerjasama dengan Pusat Pengujian Sampoerna University di kotamu. Sehingga kamu dapat melakukan tes secara online atau daring.

Tujuan dari program ini adalah untuk memastikan penempatan yang tepat dalam mata kuliah pengantar yang dipilih serta membantu mahasiswa menilai kesiapan mereka untuk belajar di perguruan tinggi.

Selain itu, Pusat Pengujian Sampoerna University juga telah disahkan oleh Pearson VUE sebagai Pusat Pengujian bersertifikat GED (General Educational Diploma). Untuk informasi lebih lanjut tentang Pusat Pengujian Resmi Pearson VUE – Sampoerna University, klik di sini.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang program ujian dan penempatan, yuk ketahui dulu apa saja sih tips yang bisa kamu pertimbangkan dalam memilih jurusan yang kamu minati.

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan dalam memilih jurusan kuliah di Sampoerna University:

  • Tentukan visi dan misi kamu

Pertama, tentukan apa yang menjadi visi dan misi kamu dalam hidup. Apa yang ingin kamu capai di masa depan? Apa yang ingin kamu lakukan setelah lulus dari universitas? Jawaban ini bisa membantumu menemukan jurusan yang tepat sesuai dengan keinginan dan tujuanmu.

  • Identifikasi bakatmu

Setelah mengetahui apa yang kamu sukai, selanjutnya identifikasi bakatmu. Apa yang mudah kamu lakukan dan sering membuatmu merasa nyaman? Apakah kamu memiliki kemampuan di bidang matematika, menulis, atau mungkin menyanyi? Ini bisa membantumu menemukan jurusan yang tepat sesuai dengan kemampuanmu.

  • Cari tahu tentang jurusan yang tersedia

Setelah mengetahui apa yang ingin kamu capai, selanjutnya carilah informasi tentang jurusan yang tersedia di Universitas Sampoerna. Baca deskripsi jurusan tersebut, lihat persyaratannya, dan cari tahu apa yang akan kamu pelajari di jurusan tersebut. Jika memungkinkan, kamu juga bisa bertemu dengan alumni atau dosen dari jurusan tersebut untuk mengetahui lebih lanjut tentang jurusan tersebut.

  • Pertimbangkan prospek karir

Jangan lupa untuk mempertimbangkan prospek karir yang ditawarkan oleh jurusan yang kamu pilih. Apakah jurusan tersebut memiliki peluang kerja yang baik setelah lulus? Apakah gaji yang ditawarkan setelah lulus cukup memadai? Ini bisa membantumu memutuskan apakah jurusan tersebut merupakan pilihan yang tepat untukmu.

  • Berpikir jangka panjang

Pilihlah jurusan yang tidak hanya memiliki prospek karir yang baik saat ini, tetapi juga di masa yang akan datang. Pastikan bahwa jurusan yang kamu pilih merupakan pilihan yang akan membantumu mencapai tujuanmu di masa depan.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan dalam menentukan jurusan kuliah. Seperti yang sudah dibahas di atas, Sampoerna University memiliki program ujian penempatan bagi mahasiswa baru dan lanjutan di Pusat Pengujian (testing center) yang bertujuan untuk memastikan penempatan yang tepat dalam mata kuliah pengantar yang dipilih serta membantu mahasiswa menilai kesiapan mereka untuk belajar di perguruan tinggi.

Jenis ujian apa saja sih yang dilakukan oleh Sampoerna University? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Jenis dan Proses Ujian Penempatan di Sampoerna University

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Di Sampoerna University, ada beberapa ujian yang dapat diambil melalui program Pengujian Jarak Jauh (remote testing program) yang diselenggarakan oleh Pusat Pengujian. Program ini memungkinkan calon mahasiswa untuk mengikuti ujian dari jarak jauh, sehingga tidak perlu datang ke kampus untuk mengikuti ujian.

Beberapa ujian yang memenuhi syarat untuk diambil melalui program Pengujian Jarak Jauh Universitas Sampoerna adalah sebagai berikut:

  • ACCUPLACER ESL atau dikenal sebagai LOEP (Level of English Proficiency)

merupakan ujian yang diadakan oleh College Board untuk mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris mahasiswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi contohnya di Amerika Serikat. Ujian ini terdiri dari tiga bagian, yaitu membaca, menulis, dan matematika.

Skor tes ACCUPLACER ESL digunakan untuk menempatkan mahasiswa dalam mata kuliah tingkat perguruan tinggi yang sesuai dengan tingkat kemampuan bahasa Inggris mereka, agar tidak merasa terlalu terbebani atau terlalu mudah. Mahasiswa dapat mendaftar untuk mengikuti ujian ACCUPLACER ESL melalui situs resmi College Board dan ujian ini dapat diikuti di pusat ujian yang telah ditunjuk oleh College Board contohnya Sampoerna University, atau secara daring melalui sistem ujian jarak jauh.

  • ACCUPLACER NG (Next-Generation ACCUPLACER Test)

merupakan ujian yang diwajibkan bagi mahasiswa sebagai bagian dari proses pendaftaran masuk Universitas Sampoerna. Tujuan dari ACCUPLACER NG adalah untuk menentukan tingkat kemampuan, keterampilan dan juga kesiapan individu dalam membaca, menulis (English) dan matematika.

ACCUPLACER NG merupakan ujian adaptif komputer yang ditawarkan setiap semester. Ujian membaca, menulis, dan Quantitative Reasoning, Algebra, dan Statistics (QAS) tidak memiliki batas waktu dan merupakan pilihan ganda.

Hasil skor hanya merupakan salah satu faktor dari beberapa metode pengukuran yang digunakan dalam proses penerimaan dan penempatan kuliah. Mahasiswa yang memperoleh skor di bawah ambang batas minimal disarankan untuk mendaftar ke dalam mata kuliah pengembangan pendidikan dalam bidang bahasa Inggris, matematika, atau kedua mata pelajaran tersebut.

  • GED (General Educational Diploma)

adalah cara untuk memperoleh ijazah sekolah menengah atas tanpa harus mengikuti seluruh program sekolah menengah atas. GED terdiri dari empat tes yang mengukur keterampilan akademik yang sama dengan tes yang diberikan kepada siswa sekolah menengah atas. Tes tersebut meliputi tes membaca, menulis, matematika, dan pengetahuan umum.

GED disediakan untuk  calon mahasiswa yang tidak memiliki ijazah sekolah menengah atas, termasuk siswa sekolah menengah pertama yang ingin mendaftar di perguruan tinggi lebih awal, atau mereka yang tidak pernah menyelesaikan sekolah menengah atas. GED juga dapat diikuti oleh orang yang ingin memperoleh ijazah sekolah menengah atas untuk meningkatkan karir mereka atau memenuhi persyaratan pekerjaan tertentu.

Untuk mengikuti tes GED, calon mahasiswa harus terlebih dahulu mendaftar melalui situs resmi GED dan mengikuti proses pendaftaran yang diwajibkan. Tes GED biasanya diadakan di pusat ujian yang telah ditunjuk oleh GED di seluruh negara, atau dapat juga diikuti secara daring melalui sistem ujian jarak jauh yang disediakan oleh GED. Setelah lulus tes GED, calon mahasiswa akan menerima ijazah sekolah menengah atas yang sah yang dapat digunakan untuk mendaftar di perguruan tinggi atau mencari pekerjaan.

  • Remote Test Program (Ujian Jarak Jauh)

Proses Pengujian Jarak Jauh adalah salah satu opsi yang ditawarkan oleh Universitas Sampoerna bagi calon mahasiswa yang ingin mengikuti tes penempatan. Melalui proses ini, calon mahasiswa dapat mengikuti ujian penempatan secara daring atau di lokasi yang telah ditunjuk oleh universitas, selama tidak berada di Jabodetabek.

Untuk dapat mengikuti ujian penempatan melalui proses pengujian jarak jauh, calon mahasiswa harus terlebih dahulu mendaftar melalui situs resmi universitas dan mengikuti proses pendaftaran yang diwajibkan. Selanjutnya, calon mahasiswa harus menentukan lokasi yang diinginkan untuk mengikuti ujian, yang harus disetujui oleh universitas.

Pengujian Jarak Jauh merupakan solusi yang tepat bagi calon mahasiswa yang tinggal di luar Jabodetabek, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk bepergian ke Jabodetabek hanya untuk mengikuti ujian penempatan. Namun, calon mahasiswa yang tinggal di Jabodetabek harus menyelesaikan ujian penempatan di Pusat Pengujian Sampoerna University.

Berikut adalah kebijakan yang diterapkan dalam Remote Test Program atau pengujian di Sampoerna University:

  1. Calon mahasiswa harus memiliki nomor ID yang valid sebelum bisa pengajuan Remote Test Program.
  2. Semua pengajuan Pengujian Jarak Jauh harus disetujui oleh Pusat Pengujian Universitas Sampoerna sebelum dapat penjadwalan.
  3. Pengajuan ujian harus diterima oleh universitas setidaknya 10 hari kerja sebelum tanggal pengujian yang diminta.
  4. Pengujian Jarak Jauh harus dilakukan di pusat pengujian yang disetujui oleh universitas dan memenuhi standar untuk prosedur pengujian jarak jauh. Pusat pengujian jarak jauh harus memiliki konektivitas dan bandwidth internet yang memadai untuk dapat berfungsi sebagai lokasi pengujian jarak jauh.
  5. Calon mahasiswa bertanggung jawab atas biaya pengawasan terkait ujian ini.
  6. Semua calon mahasiswa diminta untuk menunjukkan nomor ID dan kartu identitas yang dikeluarkan oleh pemerintah sebelum sesi ujian.

Demikian beberapa program Pengujian Jarak Jauh (remote testing program) yang diselenggarakan oleh Sampoerna University. Dengan diadakannya program ini diharapkan calon mahasiswa dapat lebih mudah dalam menentukan minat dan bakat pada suatu bidang dan menentukan jurusan apa yang akan diambil.

Program yang dibuat Sampoerna University dapat dilakukan di luar jabodetabek sehingga memungkinkan calon mahasiswa diluar daerah dapat mengikuti program pengujian daring tersebut dengan mudah. Sampoerna University yakin, dengan mendukung program yang dibutuhkan akan menghasilkan kesiapan untuk masuk ke perguruan tinggi untuk calon mahasiswa.

Informasi seputar pusat pengujian dapat klik link berikut ini. Bersama Sampoerna University, wujudkan mimpi dan menjadi generasi masa depan yang handal dan berkualitas.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.

Article Form

Referensi

Ekrut

X