03 Jun 2023

Tips Mengatasi Stres Akademik di Masa Perkuliahan

Artikel,

Stres akademik merujuk pada tekanan dan ketegangan yang dialami oleh mahasiswa selama masa perkuliahan. Mahasiswa dihadapkan dengan jadwal yang padat, tugas-tugas kuliah, ujian, presentasi, dan proyek-proyek. Beban tugas yang tinggi ini seringkali menjadi penyebab utama stres akademik. Mahasiswa mungkin merasa kewalahan dengan jumlah pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu yang terbatas, dan merasa sulit untuk mengatur waktu dengan efektif.

Ekspektasi yang tinggi dari dosen dan orang tua juga dapat menambah tingkat stres akademik. Dosen seringkali memiliki harapan yang tinggi terhadap mahasiswa mereka dan mengharapkan mereka untuk mencapai hasil yang baik. Demikian pula, orang tua seringkali memiliki harapan yang tinggi terhadap prestasi akademik anak mereka. Ketika mahasiswa merasa tidak dapat memenuhi ekspektasi ini, mereka mungkin merasa stres dan khawatir.

Selain itu, stres akademik juga dapat disebabkan oleh kekhawatiran terkait dengan performa akademik dan masa depan. Mahasiswa seringkali merasa tekanan untuk mendapatkan nilai tinggi, agar dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya atau mendapatkan pekerjaan yang baik setelah lulus. Ketakutan akan gagal atau tidak mencapai tujuan ini dapat menyebabkan tingkat stres yang tinggi.

Stres akademik dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental mahasiswa. Mahasiswa yang mengalami stres akademik cenderung mengalami gangguan tidur, penurunan nafsu makan, kelelahan, kecemasan, dan depresi. Stres yang berkepanjangan juga dapat mengganggu kemampuan belajar dan konsentrasi, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi hasil akademik secara keseluruhan.

Berikut adalah delapan tips yang dapat membantu kamu mengatasi stres akademik selama masa perkuliahan:

Atur waktu dengan baik 

Buat jadwal rutin yang memadai untuk belajar, tugas, dan waktu istirahat. Prioritaskan tugas-tugas penting dan alokasikan waktu yang cukup untuk setiap tugas. Hindari penundaan dan belajarlah untuk mengelola waktu dengan efektif.

Bagi tugas menjadi bagian yang lebih kecil

Jika tugas besar terasa menakutkan, pecahlah menjadi bagian yang lebih kecil dan kelola satu per satu. Fokus pada satu bagian pada satu waktu dapat membantu mengurangi rasa kewalahan dan membuat tugas terasa lebih terjangkau.

Gunakan teknik manajemen stres

Ada banyak teknik manajemen stres yang dapat membantu mengurangi tekanan, seperti teknik pernapasan dalam, meditasi, relaksasi otot progresif, atau yoga. Cari teknik yang paling sesuai dengan kamu dan terapkan secara teratur.

Jaga keseimbangan antara kuliah dan kehidupan pribadi

Penting untuk menjaga keseimbangan antara studi dan kegiatan non-akademik yang menyenangkan. Sisihkan waktu untuk bersosialisasi dengan teman-teman, berolahraga, mengejar hobi, atau melakukan aktivitas yang kamu nikmati. Ini membantu mengurangi stres dan menjaga kesehatan mental kamu.

Mintalah bantuan dan dukungan 

Jangan takut untuk meminta bantuan jika kamu merasa kewalahan atau mengalami kesulitan. Bicaralah dengan dosen, teman sekelas, atau konselor akademik untuk mendapatkan nasihat, dukungan, atau saran yang diperlukan. Mengobrol dengan orang-orang yang memahami situasi kamu dapat membantu meredakan stres.

Jaga kesehatan fisik

Pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup, tidur yang baik, dan makan makanan yang sehat. Aktivitas fisik juga penting untuk membantu mengurangi stres. Jaga pola tidur yang teratur dan hindari kebiasaan yang merugikan, seperti begadang atau mengonsumsi minuman berkafein berlebihan.

Tetap realistis dan jaga perspektif 

Ingatlah bahwa kamu manusia dan tidak harus sempurna. Tetap realistis dalam harapan kamu dan jangan terlalu keras pada diri sendiri. Ingatlah bahwa kesuksesan akademik tidak menentukan nilai pribadi kamu. Fokus pada usaha maksimal dan peningkatan diri, bukan hanya pada hasil akhir.

Jaga komunikasi dengan dosen 

Jika kamu mengalami kesulitan dalam pemahaman materi atau merasa tertekan dengan tugas-tugas kuliah, jangan ragu untuk berbicara dengan dosen. Mereka adalah sumber pengetahuan dan dapat memberikan bimbingan serta saran yang berguna.

Ingatlah bahwa stres akademik adalah hal yang umum dan dapat diatasi. Dengan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengelola stres, kamu dapat mencapai keseimbangan yang sehat antara akademik dan kehidupan pribadi kamu.

Sampoerna University

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Dibentuk dengan stkamur nasional dan internasional, Sampoerna University memenuhi syarat untuk memberikan kontribusi substantif kepada masyarakat melalui pendidikan. 

Pusat Konseling Sampoerna University menyediakan layanan konseling bagi mahasiswa untuk membantu mengatasi berbagai masalah yang dihadapi, seperti stres, kecemasan, masalah kesehatan mental, masalah hubungan, dan masalah pribadi lainnya. 

Layanan konseling ini disediakan oleh konselor profesional dan berpengalaman yang siap membantu mahasiswa mengeksplorasi masalah yang dihadapi dan menemukan solusi yang tepat. Pusat Konseling juga menyediakan lokakarya dan seminar untuk membantu mahasiswa meningkatkan keterampilan pribadi dan sosial mereka.

Jadilah bagian dari komunitas Sampoerna University yang sangat peduli dengan kondisi kesehatan mental tiap mahasiswa dan menyediakan berbagai layanan dan fasilitas untuk mendukung kebutuhan akademik dan non-akademik mahasiswa. 

Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.

Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!

Recent More

Mengenal sosok animator lokal dan karyanya yang mendunia

Mei, 29 2024

Dunia animasi Indonesia tak lepas dari dedikasi dan talenta para animatornya. Di balik gemerlapnya...

Minat Pekerjaan Di Bidang Fotografer & Gajinya

Mei, 28 2024

Fotografi semakin menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan.  Momen-momen istimewa, keindahan alam, dan kisah-kisah...

4 Alasan Memilih Karir Di Bidang Videografi

Mei, 28 2024

Di era digital yang kian berkembang pesat, kebutuhan akan konten visual yang menarik dan...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp