Skip to main content

Tips Mudah untuk Kamu yang Ingin Dapat Beasiswa S1

By November 26, 2021Januari 6th, 2022News
beasiswa s1

Seiring berjalannya waktu, biaya pendidikan semakin tinggi. Tak heran jika banyak calon mahasiswa yang berusaha untuk menyelesaikan pendidikan tingkat sarjana dengan berburu beasiswa. Apakah memperoleh beasiswa S1 di Indonesia itu hal yang sulit?

Pada dasarnya, mencari beasiswa S1 di tanah air itu tidak susah, asal kamu tahu syarat dan langkah-langkahnya. Apalagi sekarang banyak instansi pendidikan yang menawarkan program pendidikan dengan beasiswa untuk para mahasiswanya, salah satunya adalah Sampoerna University.

Mau tahu bagaimana caranya untuk mendapatkan beasiswa S1? Simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga: Beasiswa S1 Sampoerna University

1.    Cari Informasi Beasiswa Sebanyak-banyaknya

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu instansi atau lembaga mana saja yang menawarkan beasiswa. Dari informasi ini, kamu bisa tahu persyaratan apa yang diminta untuk masing-masing program. Informasi beasiswa bisa kamu dapatkan secara online atau dengan meminta informasi dari sekolah.

2.    Ketahui Jenis-jenis Beasiswa yang Ditawarkan

Beasiswa biasanya terdiri dari berbagai jenis. Ada beasiswa untuk mereka yang berprestasi, dan ada juga beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu. Pahami dengan baik kriteria beasiswa yang ingin kamu ikuti agar tidak salah pilih.

3.    Persiapkan Semua Persyaratan yang Diminta

Setelah kamu memilih program dan jenis beasiswa apa yang akan kamu ikuti, saatnya mempersiapkan berkas-berkas persyaratan. Lihat kapan batas akhir pendaftaran agar kamu tidak sampai telat menyerahkan berkas.

4.    Ikuti Kegiatan Positif Selama Masa Pendidikan

Informasi dan nilai yang baik semasa sekolah saja tidak cukup untuk bisa membuat pelamar beasiswa lulus. Ada beasiswa-beasiswa tertentu yang juga mempertimbangkan keaktifan kamu selama masa sekolah. Di samping hal-hal yang berhubungan langsung dengan akademik, kegiatan sosial dan aktivitas di luar sekolah juga turut dinilai.

Bangunlah image yang baik dengan menyeimbangkan kegiatan sekolah dan luar sekolah. Dengan begitu, pihak penyedia beasiswa akan lebih mudah mempertimbangkan untuk menerima pengajuan beasiswamu.

5.    Kuasai Bahasa Inggris

Saat ini bahasa Inggris menjadi persyaratan penting, tidak hanya bagi mereka yang akan melamar pekerjaan tapi juga melamar beasiswa. Meskipun tidak jadi syarat mutlak, mereka yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik jelas punya peluang lebih besar untuk diterima.

Jika kamu ingin mendapatkan beasiswa S1  dari Sampoerna University, pelamar beasiswa disyaratkan memiliki skor TOEFL minimal 500-550.

Sampoerna University sendiri menyediakan 2 program beasiswa S1 untuk para mahasiswa dan calon mahasiswanya. Beasiswa tersebut adalah Merit Award Scholarship dan Spark Presidential Scholarship. Selain meringankan beban biaya kuliah, beasiswa bergengsi dari Sampoerna University ini akan membuka kesempatan yang lebih besar bagi kamu untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri. Yuk, lanjutkan kuliah dengan berburu beasiswa S1!

X