05 Feb 2023

Ketahui Persyaratan & Penerimaan Mahasiswa Baru di Sampoerna

Artikel,

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) merupakan aktivitas yang dilakukan secara rutin oleh perguruan tinggi di setiap pembukaan ajaran baru, termasuk salah satunya Sampoerna University. Dalam proses pelaksanaan PMB, biasanya diisi dengan banyak jalur seleksi saat melakukan pendaftaran dan tergantung dengan kebijakan masing-masing perguruan tinggi.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) biasanya menyelenggarakan tiga jalur dalam seleksi calon mahasiswa, dimulai dari SNMPTN, SBMPTN dan seleksi Mandiri. Sementara untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menyelenggarakan berbagai jalur tes PMB, termasuk jalur prestasi (tanpa tes), jalur tes, jalur undangan dengan sekolah yang memiliki kerja sama dan lainnya.

Sementara Sampoerna University memberi kemudahan dalam melakukan pendaftaran calon mahasiswa baru. Hanya dengan tiga langkah sudah terselesaikan, dimulai dari mengisi formulir pendaftaran, kemudian membayar biaya pendaftaran dan proses tes latihan yang dipakai untuk mempersiapkan ujian penempatan.

 cheerful female student holding notebooks

Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru di Sampoerna University

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai persyaratan menjadi salah satu mahasiswa baru di Sampoerna University. Namun sebelum itu, kamu perlu tahu alasan kenapa harus memilih Sampoerna University daripada kampus-kampus lainnya.

Mengapa Sampoerna University?

Sampoerna University termasuk sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi calon mahasiswa. Khususnya yang mencari pendidikan internasional unggul yang ada di Indonesia, Sampoerna University merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang menerapkan standar penuh kurikulum Amerika Serikat.

Bekerja sama dengan University of Arizona, menawarkan program gelar ganda yang memungkinkan para mahasiswa belajar selama 4 tahun di Jakarta dengan kurikulum Amerika Serikat dan lulus dengan dua gelar. Gelar Sarjana AS yang terakreditasi dari University of Arizona dan gelar sarjana (S1) dari Sampoerna University.

Syarat dan Alur Pendaftaran Sampoerna University

Alur pendaftaran masuk Sampoerna University tentu dimulai dari adanya penerimaan tahun ajaran baru, di mana perguruan tinggi berlomba-lomba mendapatkan mahasiswa. Sampoerna University mengundang mahasiswa berprestasi dan memiliki motivasi tinggi untuk bergabung, hanya memerlukan tiga langkah mendaftar dalam penerimaan mahasiswa baru Universitas Sampoerna.

  • Ijazah SMA
  • Kurikulum Nasional Kelas 12
  • IB Diploma
  • Ijazah Setingkat SMA
  • Ijazah penyelesaian sekolah menengah asing yang diakui lainnya
  • Kemahiran Bahasa Inggris
  • Sampoerna University menyediakan Basic Placement Test dan Advanced Placement Test
  • Dengan TOEFL ibt min 5.5 atau IELTS min 6.5 Anda dapat melewati Basic Test dan langsung diterima.
  • Jika Anda memiliki SAT (Bahasa Inggris dan Matematika) dengan ambang batas tertentu, Anda dapat melewati kedua tes penempatan dan memenuhi syarat untuk Penghargaan Merit kami.

Setelah persyaratan penerimaan mahasiswa untuk mendaftar Sampoerna University telah terpenuhi, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran. Terdapat tiga langkah yang harus dilalui dalam proses ini, dimulai dari mengisi formulir pendaftaran, kemudian membayar biaya pendaftaran dan terakhir mengikuti tes latihan untuk persiapan ujian penempatan.

cheerful group of young students sitting and studying

Cara Mendaftar

Mengisi Formulir Pendaftaran

Langkah pertama mendaftar di Sampoerna University adalah mengisi formulir pendaftaran, semua dokumen yang diperlukan bagi calon mahasiswa. Termasuk Visa Pelajar dan pelamar internasional yang harus diserahkan ke Kantor Penerimaan atau Admissions Office. Untuk lebih lanjut bisa mengunjungi tautan mengisi formulir pendaftaran SU.

Biaya Pendaftaran

Langkah kedua pendaftaran di Sampoerna University adalah membayar biaya pendaftaran, tepat setelah formulir pendaftaran sudah diverifikasi. Kemudian kantor penerimaan akan memberi informasi kepada calon mahasiswa terkait biaya pendaftaran. Biaya yang dipakai termasuk untuk pendaftaran masuk ke Broward College dan untuk tes penempatan.

Latihan Tes

Latihan tes ini pilihan, Sampoerna University mengajukan peninjauan terhadap materi tes penempatan dan calon mahasiswa untuk mengikuti beberapa tes latihan. Tes ini membuat calon mahasiswa terbiasa dengan format pertanyaan dan mampu meningkatkan peluang mereka mencapai nilai yang diperlukan dan memenuhi syarat mengambil jurusan di Sampoerna University.

Tes Penempatan

Setelah mengikuti latihan tes, calon mahasiswa akan dihadapkan dengan tes penempatan, proses ini merupakan lanjutan jika sudah membayar biaya pendaftaran. Nantinya kantor penerimaan mahasiswa Sampoerna University akan mengirim sebuah pesan kepada calon mahasiswa terkait dengan jadwal penerimaan mahasiswa baru lewat ujian penempatan.

Dalam ujian penempatan terdapat dua jenis, ujian pertama berisi mengenai ujian keterampilan dasar seperti membaca, menulis, mendengarkan bahasa Inggris. Kemudian ujuan yang kedua adalah ujian keterampilan tingkat lanjut, termasuk di dalamnya seperti membaca, menulis, matematika dan tentunya bahasa Inggris.

Sampoerna University menawarkan program dengan biaya yang paling terjangkau bagi para calon mahasiswa. Tentunya yang tertarik mendapatkan gelar sarjana dari Amerika Serikat, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai biaya kuliah dan biaya penerimaan tahun akademik bisa diakses melalui tautan yang tersedia berikut ini.

 men and women wear masks and use a laptop to search for books in the library.

Gambaran Pusat Pengujian

Pusat pengujian Sampoerna University menyelenggarakan program ujian penempatan bagi mahasiswa baru dan lanjutan. Tujuannya untuk memastikan penempatan yang tepat dalam mata kuliah pengantar yang dipilih dan membantu mahasiswa menilai kesiapan perguruan tinggi. Pusat pengujian berlokasi di Kampus L’Avenue di Pancoran, Jakarta.

Pusat pengujian Sampoerna University disahkan oleh Pearson VUE sebagai pusat pengujian dengan sertifikat GED (General Education Diploma). Untuk jenis ujian, terdapat beberapa ujian yang dipakai guna memenuhi persyaratan, dilakukan dengan pengujian jarak jauh berikut di antaranya jenis ujian tersebut.

Accuplacer ESL

Dikenal sebagai LEOP (Level of English Proficiency) di mana Accuplacer ESL merupakan sistem penilaian adaptif komputer yang terintegrasi. Dirancang untuk melakukan evaluasi keterampilan mahasiswa dalam membaca menulis dan mempelajari matematika. Skor tes Accuplacer ESL dipakai untuk menempatkan mahasiswa dalam mata kuliah tingkat perguruan tinggi.

Accuplacer NG

Accuplacer NG diperlukan bagi siswa yang termasuk bagian dari aplikasi penerimaan masuk Sampoerna University. Tujuan dari ujian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan dan kesiapan individu dalam membaca, menulis dan matematika. Ujian accuplacer generasi baru ditawarkan sepanjang semester.

Sampoerna University menjadi penyelenggara pendidikan internasional dan universitas pertama yang menawarkan gelar sarjana AS terakreditasi di Indonesia tanpa harus keluar negeri. Sampoerna University lebih dari sekadar kampus internasional, tetapi juga merupakan sebuah komunitas belajar yang mempersiapkan mahasiswa untuk sukses, baik secara akademis maupun profesional.

Mahasiswa Sampoerna University tidak hanya belajar dan mendapatkan ketelitian akademis, mereka juga ditantang untuk berpikir, melaksanakan, dan tumbuh ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan program pendidikan kami, mahasiswa dijamin memiliki keterampilan dan kredensial lebih baik yang akan membukakan mereka pintu untuk karir nasional maupun internasional setelah mereka lulus.

Segera bergabung Sampoerna University lewat pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024. Alur pendaftaran Sampoerna University dimulai dari pengisian formulir berisi semua dokumen yang diperlukan, setelah dokumen yang dipersiapkan lengkap bisa langsung klik di sini untuk mendaftar.

Calon mahasiswa akan menunggu verifikasi pendaftaran sebelum melanjutkan ke proses pembayaran biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran dipakai untuk masuknya mahasiswa ke Broward College untuk kemudian diarahkan tes penempatan sesuai pilihan. Calon mahasiswa juga akan mengikuti tes latihan sebelum tes ujian penempatan.

Informasi dan pertanyaan lebih lanjut seputar pendaftaran mahasiswa baru di Sampoerna University dapat mengisi form dibawah ini.

[formidable id=8]

Recent More

Mengenal Metode Waterfall, Pengertian dan Tahapan

Apr, 05 2024

Mengenal Jurusan Teknik Industri & Prospek Kerjanya - Teknik Industri merupakan jurusan multidisiplin yang...

Mengenal Jurusan Teknik Sistem Informasi & Prospek Kerjanya di Era Digital - Sampoerna University

Apr, 05 2024

Jurusan Teknik Sistem Informasi - Salah satu jurusan yang memiliki peran yang makin penting...

Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) & Prospek Kerjanya - Sampoerna University

Apr, 05 2024

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) - Bagi kamu yang memiliki jiwa seni dan senang...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp