Keren! Ini 7 Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi

jurusan sistem informasi

Sistem Informasi merupakan ilmu yang menggabungkan Ilmu Komputer dengan Ilmu Bisnis dan Ekonomi Manajemen. Jurusan Sistem Informasi berfokus pada penerapan software untuk mendukung kebutuhan suatu perusahaan. Apabila tertarik memilih jurusan yang ditawarkan Sampoerna University ini, Anda akan mempelajari bagaimana cara merancang dan mengoperasikan sistem yang sesuai untuk perusahaan serta hal yang berkaitan dengan proses pengumpulan, penyaringan, dan distribusi data.

Kuliah Jurusan Sistem Informasi? Ini Prospek Kerja Setelah Lulus!

Sekelompok orang menggunakan laptop – Foto oleh Daria Shevtsova

Pesatnya perkembangan teknologi membuat banyak perusahaan membutuhkan lulusan jurusan Sistem Informasi. Alhasil, prospek karier jurusan ini sangat menjanjikan. Adapun pekerjaan bergengsi yang dapat dijadikan pilihan setelah menyelesaikan pendidikan Sistem Informasi, antara lain sebagai berikut.

Business Analyst

Meningkatnya kebutuhan aplikasi IT membuka peluang bagi lulusan jurusan Sistem Informasi Sampoerna University untuk berkarier sebagai seorang business analyst. Business analyst dibutuhkan untuk menganalisis kegiatan bisnis secara mendalam sehingga perusahaan bisa mencapai target yang ditetapkan. Posisi ini merupakan penghubung antara manajemen perusahaan dengan pemegang saham, termasuk tim IT dengan user.

Web Developer

Seorang web developer dibutuhkan oleh perusahaan untuk merancang, mendesain, dan mengembangkan atau memodifikasi suatu website agar fungsinya optimal. Web Developer juga bertanggung jawab menganalisis kebutuhan pengguna. Mulai dari penerapan konten, fitur kerja, grafis, hingga kapasitas website.

System Analyst

Sesuai namanya, seorang system analyst bertugas menganalisis dan merancang sistem IT untuk diterapkan pada perusahaan. Seorang system analyst harus mampu mengidentifikasi kebutuhan user dan bertanggung jawab terhadap hasil yang ditargetkan perusahaan.

IT Consultant

Profesi untuk lulusan jurusan Sistem Informasi ini menjembatani tim teknis dengan anggota staf. Seorang IT consultant bertugas membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan struktur sistem IT serta memberi masukan kepada klien mengenai cara mengaplikasikan teknologi untuk mencapai tujuan.

System Engineer

Profesi system engineer lulusan jurusan Sistem Informasi bertugas mendesain, mengatur, dan memantau performa sistem agar berjalan lancar tanpa masalah. Seorang system engineer harus memiliki kemampuan mengidentifikasi masalah dan mencari solusi efektif untuk klien. Dalam menjalankan tugasnya, seorang system engineer akan sering bekerja sama dengan tim engineer dan manajer proyek.

Programmer

Secara umum, profesi programmer bertugas merancang dan mengembangkan suatu sistem menggunakan bahasa pemrograman. Namun, sebenarnya profesi lulusan Sistem Informasi ini terdiri dari beberapa jenis dengan tugas lebih spesifik, seperti programmer aplikasi, programmer system, programmer library, dan programmer web.

Network Engineer

Melindungi komputer dan menjaga sistem jaringan merupakan salah satu tugas seorang network security engineer. Profesi ini bertanggung jawab melakukan perencanaan, perancangan, hingga pengelolaan jaringan perusahaan.

Demikianlah informasi mengenai prospek lulusan Sistem Informasi yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan. Bagi Anda yang ingin berkarier di bidang IT, jangan ragu memilih jurusan Sistem Informasi Sampoerna University sebagai jalan menuju kesuksesan. Sampoerna University merupakan perguruan tinggi yang menawarkan kurikulum, fakultas, fasilitas, dan operasional sesuai standar Amerika.

Berkolaborasi dengan University of Arizona, Anda bisa mendapatkan pengalaman belajar dan meraih dua gelar akademik sekaligus. Sampoerna University merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mendapat pekerjaan bergengsi selepas lulus dari jurusan Sistem Informasi. Tunggu apa lagi? Yuk daftar dan jadi bagian dari 94% lulusan Sampoerna University yang sukses bekerja dalam waktu tiga bulan saja!

X