Kuliah S1 Mechanical Engineering, Belajar Apa Saja Ya?

kuliah s1 mechanical engineering

Kuliah S1 Mechanical Engineering atau teknik mesin kerap jadi pertimbangan utama para mahasiswa baru. Banyak alasan yang kerap menjadi landasan mereka menjadikannya sebagai jurusan favorit. Banyak di antara mereka mengaku suka dengan dunia mesin. Tak sedikit pula yang berharap untuk meraih pekerjaan bergaji tinggi setelah lulus dari jurusan ini.

Lalu, apa saja sih yang bakal dipelajari ketika berkuliah di jurusan teknik mesin atau mechanical engineering? Apakah para mahasiswa di jurusan ini selalu berkutat dengan mesin dalam berbagai bentuk dan ukuran?Anda tentu penasaran dengan informasi tersebut, kan? Pengetahuan seperti ini sangat berguna sebagai landasan awal dalam menentukan pilihan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan impian masa depan.

Pengertian Jurusan Kuliah S1 Mechanical Engineering

Sesuai dengan namanya, mahasiswa jurusan teknik mesin mempunyai tugas untuk mendalami hal-hal yang berkaitan dengan mesin. Nah, apa itu mesin? Mesin yang dimaksud tidak cuma berkutat pada mesin kendaraan. Namun, mesin tersebut adalah perangkat mekanik atau elektronik yang melakukan transmisi atau mengubah energi dalam rangka memudahkan pekerjaan manusia.

Saat menjadi bagian dari mahasiswa mechanical engineering, Anda tidak cuma mempelajari tentang mesin otomotif atau perbengkelan. Pengertian umum dari teknik mesin adalah keilmuan yang mempelajari tentang prinsip dasar fisika dengan tujuan untuk melakukan analisis, desain, manufaktur, serta pemeliharaan sistem mekanik. Oleh karena itu, Anda akan memperoleh berbagai pengetahuan seperti konversi energi, teknik produksi, konstruksi, ataupun metalurgi.

Apa Saja yang Dipelajari saat Berkuliah di Jurusan Mechanical Engineering?

Sebagai jurusan yang menjadi bagian dari fakultas teknik, setiap mahasiswa teknik mesin perlu membekali diri dengan pengetahuan sains kuat. Oleh karenanya, Anda tidak hanya belajar matematika. Namun, ada pula pembekalan tentang ilmu kimia dan fisika. Dengan begitu, Anda punya kemampuan dalam melakukan analisis dan sekaligus merancang sistem perangkat mekanik secara menyeluruh.

Lebih lanjut, mahasiswa juga akan mendapatkan pembelajaran tentang cara mendesain sistem kontrol serta proses desain sistem mekanik. Ada pula pembekalan tentang pengetahuan terkait rangkaian elektronik serta penggunaan perangkat lunak dalam membantu aktivitas kerja dalam dunia engineering. Alhasil, tidak heran kalau alumni mechanical engineering punya keahlian dalam merancang sistem mekanik yang mampu bekerja secara efektif dan efisien.

Pilihan Tempat Kuliah S1 Mechanical Engineering Berkelas Dunia

Untuk memperoleh manfaat besar dari jurusan mechanical engineering, Anda perlu memilih tempat kuliah berkualitas. Solusinya bisa Anda dapatkan di Sampoerna University. Di sini, Anda akan memperoleh berbagai fasilitas penunjang kenyamanan aktivitas belajar.

Tidak hanya itu, kuliah di Sampoerna University jadi sarana tepat bagi Anda untuk merasakan pendidikan berkelas dunia. Menariknya lagi, Anda berkesempatan memperoleh gelar double degree tidak hanya dari Sampoerna University, tetapi juga dari University of Arizona Amerika Serikat.

Semua itu, bisa Anda peroleh tanpa perlu kuliah ke luar negeri. Menarik, kan?

X