Maba Double Degree? 5 Tips agar Tetap Produktif!

double degree

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, Sampoerna University membuka program double degree. Program ini bekerja sama dengan University of Arizona serta akan ditempuh di dua negara, yaitu Indonesia dan Amerika Serikat. Jurusan yang ditawarkan pun beragam sesuai passion mahasiswa.

Melihat sistem pembelajarannya, tentu dibutuhkan kemampuan manajemen waktu yang baik agar mahasiswa double degree bisa menyelesaikan pendidikan tepat waktu. Manajemen waktu yang baik adalah tentang bagaimana Anda bisa tetap produktif.

Hal ini tidak hanya membantu dalam hal akademik, tetapi juga membentuk karakter menjadi lebih baik lagi. Sebagai mahasiswa baru atau maba, sikap semacam ini tentu harus mulai dipupuk agar ketika lulus nanti double degree yang didapat benar-benar bermanfaat.

 

5 Tips Agar Tetap Produktif Saat Jadi Mahasiswa Double Degree

Lalu, bagaimana caranya agar tetap produktif saat menjadi mahasiswa double degree? Berikut beberapa tipsnya!

Tentukan Prioritas

Gambar notepad dengan prioritas ditulis di bagian atas bersama dengan pena biru, kalkulator dan kacamata – Foto oleh Nick Youngson

 

Agar tetap produktif, kita harus tahu mana prioritas. Sebagai langkah awal, Anda bisa mencatat apa saja yang akan dilakukan dalam jadwal harian. Jadwal tersebut bisa digunakan sebagai panduan setiap melakukan aktivitas. Membuat jadwal harian sangat membantu kita menentukan prioritas. Jadi setiap hari, tidak ada waktu yang terbuang sia-sia dan target hingga lulus dari double degree pun bisa tercapai.

 

Kurangi Aktivitas di Media Sosial

Ponsel dengan gambar ikon sosial media di atas keyboard – Foto oleh Waseem Farooq

 

Mengikuti perkembangan teknologi tidak selamanya positif apalagi terlalu fokus pada media sosial. Mungkin awalnya kita hanya penasaran dan melihat-lihat akun media sosial lain, tapi tanpa terasa Anda akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca kolom komentar atau melihat video.

Hal ini tentu menghambat produktivitas harian sebagai mahasiswa double degree. Agar target untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu tercapai, sebaiknya kurangi aktivitas di media sosial dan lakukan kegiatan produktif lain seperti membaca jurnal online, mengikuti webinar, atau menyelesaikan tugas kuliah.

 

Jaga Kesehatan

Semangkuk salad – Sumber foto: piqsels.com

 

Manajemen waktu yang baik akan sia-sia jika Anda tidak memiliki tubuh sehat untuk bisa produktif. Jadi meskipun kegiatan harian sebagai mahasiswa double degree cukup padat, luangkanlah waktu untuk berolahraga. Pastikan pula untuk makan makanan bergizi dan cukup tidur paling tidak 6 – 8 jam sehari.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, kita tidak hanya produktif tetapi juga menyelesaikan setiap kegiatan dengan baik. Karena di dalam tubuh sehat terdapat jiwa dan akal kuat.

 

Manfaatkan Waktu Luang dengan Baik

Time Management – Sumber gambar: pixabay.com

 

Dalam satu minggu pasti ada satu atau dua hari waktu luang untuk beristirahat. Daripada diam di tempat tidur dan menghabiskan seharian untuk scrolling internet, Anda bisa memanfaatkan waktu luang dengan melakukan berbagai kegiatan bermanfaat. Misalnya, merapikan kamar, mencuci pakaian, berjalan-jalan di taman, atau membaca buku.

 

Aktif di Organisasi

Foto Tim – Foto oleh Huy Design

 

Tip terakhir agar tetap produktif saat jadi maba double degree adalah dengan aktif di organisasi, entah itu kemahasiswaan atau UKM. Tidak hanya meningkatkan kemampuan manajemen waktu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan skill komunikasi dan memupuk jiwa leadership di dalam diri Anda.

Jadi, siapa bilang jadi mahasiswa double degree tidak bisa produktif? Semoga tip di atas bermanfaat, ya!

X