Mengenal Arti Undergraduate Degree

undergraduate

Dengan pesatnya kemajuan teknologi telekomunikasi dan juga transportasi saat ini, semakin mempermudah dan membuka akses ke banyak hal. Pada sektor pendidikan, para calon mahasiswa dan mahasiswi semakin dipermudah untuk memenuhi impian mereka mengemban ilmu dan melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Indonesia sendiri berada di peringkat ke-22 sebagai negara yang paling banyak mengirimkan mahasiswa dan mahasiswi  ke luar negeri, dengan negara tujuan favorit adalah Amerika Serikat.

Sebagai penyumbang terbanyak perguruan tinggi terbaik di dunia, tidak heran kalau beberapa perguruan tinggi di Amerika Serikat dikenal terdepan dalam hal metode pembelajaran dan juga inovasi.

Kenali gelar lulusan perguruan tinggi internasional

Apakah kamu memiliki rencana untuk melanjutkan studi ke Amerika Serikat?
Yuk kita kenali dulu beberapa jenis program yang ditawarkan, supaya kamu tidak salah pilih.

  1. Undergraduate Degree

Setelah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA atau setaraf), maka salah satu jenjang pendidikan yang dapat ditempuh adalah Undergraduate Degree. Program pendidikan tingkat perguruan tinggi ini setingkat atau dibawah sarjana, biasanya dibedakan dengan bobot mata kuliah dan tingkat perkuliahan yang diperlukan untuk mencapai masing-masing gelar.

Program yang ditawarkan untuk Undergraduate Degree di Amerika biasanya bersifat lebih umum, mencakup berbagai pilihan mata kuliah dengan kelas – kelas yang memiliki jumlah mahasiswa lebih besar.

Ada 2 (dua) jenis gelar yang dapat diraih dari program Undergraduate Degree, yaitu gelar Associate Degree dan Bachelor’s Degree.

Associate Degree adalah gelar yang didapatkan setelah siswa menempuh pendidikan melalui Community College ataupun jenis College lainnya. Pada umumnya program pendidikan di College difokuskan pada pendidikan keterampilan di beberapa jenis Biasanya, gelar Associate Degree ditempuh selama kurun waktu 2 (dua) tahun dengan total 60 SKS. Di Indonesia sendiri, gelar Associate Degree dapat disamakan dengan program pendidikan Diploma III (D3).

Gelar Associate Degree dapat menawarkan peluang kerja lebih luas dan tingkat upah yang lebih tinggi daripada pekerjaan yang tersedia untuk tenaga kerja tanpa gelar, namun membutuhkan waktu yang lebih pendek dari program sarjana.

Kadangkala, sebagian atau seluruh kredit perkuliahan Associate Degree dapat digunakan untuk masuk ke program gelar sarjana (Bachelor’s Degree), yang berarti akan lebih sedikit kewajiban SKS yang harus dipenuhi saat kuliah di program sarjana.

Gelar Bachelor’s Degree sendiri dapat disetarakan dengan gelar Sarjana S1 di Indonesia. Pada umumnya durasi yang dibutuhkan untuk menempuh gelar Bachelor’s Degree di Universitas di Amerika Serikat adalah selama 4 tahun dengan total 120 SKS. Ada beberapa jenis Bachelor’s Degree yang tersedia, seperti misalkan Bachelor of Arts (BA), Bachelor of Science (BS), dan lain sebagainya. Pada umumnya, dengan Bachelor’s Degree memungkinkan untuk dapat peluang kerja dan penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan gelar Associate Degree.

Kedua program ini dikategorikan sebagai program Undergraduate. Sebagai tingkatan pertama yang ditempuh setelah lulus sekolah menengah, level pendidikan ini dirancang untuk memberikan dasar yang kuat dan luas untuk membangun pengetahuan dan pendidikan di masa mendatang, di samping mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengejar karir di bidang yang dipilih.

  1. Graduate and Post Graduate Degree

Program Graduate dan Post Graduate adalah program lanjutan dari program Undergraduate atau yang di Indonesia biasa dikenal sebagai program Pasca Sarjana (S2). Di tingkat ini, program-program studi yang dipelajari lebih spesifik dari tingkat studi sebelumnya (S1).

Graduate Degree adalah program untuk mendapatkan gelar Master’s Degree atau Magister. Sedangkan Post-Graduate Degree adalah program untuk mendapatkan gelar Doctor atau Doktor (Phd).

Gelar Master memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan mahasiswi untuk mengembangkan pengetahuan tambahan dan mengkhususkan diri pada bidang ilmu tertentu. Ada kalanya gelar ini juga diperlukan untuk posisi tingkat menengah ke atas di sejumlah industri atau perusahaan.

Pada umumnya untuk menyelesaikan Graduate program dan mendapatkan gelar Master membutuhkan waktu setidaknya dua tahun, meskipun ada juga program-program professional tertentu yang dapat selesai dalam kurun waktu kurang dari dua (2) tahun.

Gelar Ph.D. atau Doctoral Degree adalah gelar sarjana tertinggi yang dapat diperoleh di bidang studi apa pun. Gelar ini memberikan spesialisasi tingkat lanjut di bidangnya dan dimaksudkan untuk menunjukkan tingkat keahlian yang mendalam dari pemegang gelar. Program ini biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diselesaikan, antara dua (2) sampai dengan lima (5) tahun.

Buat kamu yang berminat untuk meneruskan program Undergraduate Degree, salah satu perguruan tinggi internasional di Indonesia adalah Sampoerna University, yang menawarkan program Undergraduate Degree dengan penerapan kurikulum Amerika Serikat. Yang menarik dari Sampoerna University adalah, kamu dapat meraih gelar Bachelor’s Degree dari universitas ternama di Amerika tanpa harus meninggalkan Indonesia.

Sampoerna University bekerja sama secara langsung dengan Broward College dan juga University of Arizona yang memungkinkan kamu untuk dapat meraih gelar Bachelor’s Degree dari University of Arizona dan juga Strata 1 (S1) dari Sampoerna University tanpa harus meninggalkan Indonesia.

Karena Sampoerna University juga bekerja sama secara langsung dengan Broward College, maka mahasiswa dan mahasiswi tahun pertama dan kedua di Sampoerna University juga dapat dengan mudah mentransfer kredit semester yang diperoleh selama 2 tahun pertama di Sampoerna University ke Universitas mana pun di Amerika Serikat dan Kanada, apabila ternyata ingin meneruskan jenjang Pendidikan mereka langsung di negara – negara tersebut.

Di Sampoerna University, kamu juga akan menemukan beberapa jurusan unggulan seperti Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual, Kewirausahaan, dan lain sebagainya. Tentunya, program pendidikan yang ditawarkan mampu mempersiapkan mahasiswa dan mahasiswinya agar siap di dunia profesional. Terbukti dengan 94% lulusan Sampoerna University memperoleh posisi di tempat kerja tak lebih dari 3 bulan setelah kelulusan.

Jadi, kalau sudah jelas dan memahami ragam program yang ditawarkan perguruan tinggi internasional dan juga berbagai gelar kelulusannya, kamu bisa lebih menyesuaikan kebutuhanmu dan nantinya mampu menjalani masa pendidikan dengan optimal. Semangat!

X