Pay Per Click: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Cara Mengelola
Metode pay per click kini menjadi salah satu hal yang digunakan dalam pemasaran dan penjualan secara digital saat ini. Untuk mencapai target pasar dan audiens, perlu dilakukan riset dan penggunaan pay per click yang tepat.
Lalu, sebenarnya apa pengertian pay per click dan bagaimana contoh iklan pay per click? Simak selengkapnya tentang pay per click berikut ini!
Pengertian Pay Per Click (PPC)
Pay per click sering disingkat dengan nama PPC. Pay per click adalah strategi pemasaran digital dengan dasar bahwa pengiklan akan membayar setiap kali ada klik dari audiens kepada iklan tersebut. Dalam hal ini, pengiklan akan membayar sejumlah uang kepada penerbit iklan ketika iklan tersebut diklik oleh audiens.
Artinya, iklan pay per click adalah cara untuk bisa menarik traffic ke laman bisnis dari pengiklan, untuk meningkatkan traffic dan meningkatkan kemungkinan penjualan produk. Mesin pencari, pemilik laman, ataupun platform media sosial jadi yang paling banyak menjadi penyedia PPC ini, dengan mereka memang sudah punya audiens untuk menjadi target pasar.
Jenis Pay Per Click
Ada banyak contoh pay per click dan juga PPC bisa diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, berikut ini beberapa di antaranya:
Jenis ini adalah iklan yang akan muncul dalam mesin pencari. Misal di Google, ketika pengguna mencari suatu keyword, maka biasanya akan muncul keyword yang merupakan iklan pada bagian paling atas di Search Engine Result Page (SERP).
Sesuai namanya, PPC jenis ini adalah PPC yang ada di media sosial. Biasanya penyedia jasa juga menawarkan di mana iklan akan ditayangkan. Misalnya di Instagram, bisa ditayangkan di home, stories, maupun reels.
PPC jenis ini juga biasa dikenal dengan nama Google Display Network, dengan iklan ditampilkan dalam bentuk display, yaitu berupa teks, gambar, GIF, video, ataupun visual lainnya.
PPC ini biasanya digunakan oleh e-commerce di laman pencarian seperti Google. PPC ini akan menampilkan gambar produk sekaligus harga di hasil pencarian mesin pencari.
PPC ini berarti pemasaran kembali, yaitu hanya menunjukkan iklan kepada audiens yang pernah mengunjungi laman produk atau yang pernah bertransaksi di sana. PPC ini sangat efektif karena target audience sudah pasti tertarik dengan produk dan punya keterkaitan.
Baca juga: Pengertian Marketplace, Jenis, Contoh dan Kelebihan
Kelebihan PPC
Dalam dunia pemasaran digital, ada beberapa kelebihan pay per click, di antaranya:
-
Mendapatkan Traffic Laman yang Cepat
PPC memungkinkan audiens jadi menemukan laman website lebih sering, dengan website akan berada di hasil pencarian paling atas mesin pencari, yang artinya traffic akan semakin cepat naik.
Artinya, PPC bisa diamati secara real-time atau waktu langsung, yang bisa membuat pengiklan mengerti seberapa efektif pemasaran yang mereka lakukan.
Pemberi layanan iklan biasanya sudah memberikan pilihan soal iklan yang akan dipublikasikan, bisa memilih untuk audiens seperti apa yang akan dituju, jadi pemasaran bisa lebih tepat sasaran.
Pengiklan PPC bisa melakukan pemasaran sesuai keuangan yang mereka miliki, jadi artinya budget lebih terkendali.
-
Return On Investment (ROI) Lebih Besar
Iklan PPC bekerja sesuai kebutuhan dan keinginan, artinya PPC bisa membuat ROI lebih besar dan kemungkinan lebih cepat.
-
Berpengaruh Baik Terhadap SEO
Pada strategi SEO, bisa dilihat dan dicari keyword yang paling sering menghasilkan pengunjung lewat PPC, yang artinya strategi bisnis bisa dilihat dari hal ini.
Kekurangan PPC
Meski memiliki banyak keuntungan, pay per click juga memiliki banyak kekurangan, seperti:
-
Adanya Pemasangan Adblock
Saat ini, sudah banyak perangkat lunak maupun tambahan di laptop, browser, ataupun HP untuk bisa memasang adblock, atau dipaksa untuk tak menampilkan iklan.
Artinya, iklan PPC tak akan terlihat oleh mereka yang sudah menggunakan adblock.
Banyak juga audiens yang menjadi pengunjung pasif, hanya fokus di konten dan tak ingin melakukan hal lain lagi, artinya tak baik untuk PPC.
Kadang, dalam tampilan di smartphone, posisi iklan PPC jadi terkesampingkan bahkan kadang bisa tak terlihat, membuat audiens jadi lebih jarang untuk bisa melakukan klik ke iklan tersebut.
Cara Kerja PPC Agar Sukses
Dalam penggunaannya, ada beberapa cara kerja yang tepat agar bisa membuat pay per click ini jadi pemasaran yang sukses. Berikut ini langkah-langkahnya:
Keyword yang tepat adalah tulang punggung PPC. Harus dilakukan penelitian lebih dulu soal apa keyword yang paling sesuai dan paling banyak dicari, agar PPC lebih maksimal.
Hasil dari PPC tak akan mengkhianati budget pemasaran via PPC yang dikeluarkan. Semakin besar, semakin banyak pula audiens yang terjangkau, semakin banyak pula kemungkinan terjadi klik di iklan tersebut.
-
Buatlah Landing Page Berkualitas
Landing page atau halaman pertama yang dituju audiens setelah melakukan klik iklan menjadi salah satu hal utama yang harus diperhatikan. Jika landing page bagus dan mudah dipahami, ada kemungkinan audiens akan berlama-lama di sana dan meneruskan membeli produk.
Jika jelek atau membingungkan, audiens bisa saja langsung pergi dan tak jadi melakukan pembelian.
Semakin kreatif, maka semakin menarik pula iklan tersebut bagi audiens, yang artinya semakin besar kemungkinan mendapatkan klik.
Seperti pemasaran pada umumnya, iklan yang menarik perhatian adalah iklan yang sesuai dengan audiens yang dituju serta platform yang digunakan.
Jika ada tawaran dari penyedia jasa soal tempat iklan yang strategis, jangan ragu untuk mengambil tawaran tersebut.
Cara Mengelola PPC
Dalam melakukan pemasaran via pay per click, ada pula hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaannya. Berikut ini beberapa di antaranya:
- Harus rutin melakukan pembaruan atau update di landing page, agar terus update.
- Lakukan pelacakan hasil iklan yang sudah dibuat, dan cari mana yang efektif dan mana yang tidak.
- Latihan strategi marketing terus menerus tak ada salahnya.
- Gunakan berbagai campaign dalam satu waktu, agar bisa mencapai semua target pasar yang diinginkan.
Demikian penjelasan lengkap mengenai pay per click. Untuk mengetahui lebih dalam, dapat dipelajari di Program Studi Pemasaran Digital Sampoerna University. Gelar Manajemen Umum dengan Konsentrasi Pemasaran Digital dari Universitas Sampoerna memberi mahasiswa pengetahuan mendasar mengenai ilmu pemasaran dan memberikan anda keterampilan dalam analisis pemasaran, pengambilan keputusan, dan komunikasi yang efektif dengan pihak-pihak lain dalam organisasi.
Mengingat lanskap pemasaran yang terus menerus mengalami perubahan, lulusan Sampoerna University mendapatkan keunggulan tersendiri karena mereka juga dapat memperoleh gelar dari University of Arizona—salah satu universitas terkemuka di dunia. Pada tahun 2017, seluruh lulusan Fakultas Bisnis telah mendapatkan pekerjaan dalam waktu 2 bulan setelah kelulusan.
Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.
Referensi
Wikipedia