Program Pertukaran Pelajar (Student Exchange Program) untuk Pelajar Indonesia

Ada berbagai jenis program pertukaran pelajar yang dapat diikuti, dari jenjang sekolah menengah sampai ke jenjang perguruan tinggi. Di jenjang perguruan tinggi sendiri, program pertukaran pelajar atau student exchange program adalah program yang dapat diikuti oleh mahasiswa aktif untuk mengikuti perkuliahan di kampus yang ada di luar negeri. Program ini cukup bervariasi dari sisi durasi maupun bidang studi, bisa saja ditempuh untuk bidang studi yang sama maupun berbeda, dan berkisar dari 3 bulan sampai dengan 24 bulan. Masa studi selama pertukaran pelajar tergantung dari jenis program yang diambil ataupun kebijakan yang berlaku.

Pada umumnya program pertukaran pelajar dapat terlaksana antara dua institusi pendidikan dari dua negara berbeda, dengan misi untuk saling memperkenalkan budaya dari masing-masing negara. Hal ini bisa terjadi apabila ada kerja sama langsung antara kedua sekolah atau universitas yang menyelenggarakan program tersebut, ataupun yang diselenggarakan oleh pihak ketiga yang menyediakan beasiswa atau fasilitas.

Program pertukaran pelajar, atau student exchange program sendiri memberikan banyak keuntungan bagi mahasiwa dan mahasiswi untuk diikuti, baik itu secara personal maupun sebagai ‘modal’ berkarir nantinya. Mereka akan memperoleh bukan hanya pengalaman dan tapi juga pembelajaran yang hanya bisa diperoleh dengan mengikuti program ini.

Untuk mempermudah pemilihan program student exchange mana yang ingin diikuti, yuk kenali lebih lanjut beberapa jenis program pertukaran pelajar yang ada saat ini:

  1. Program pertukaran pelajar (student exchange program) untuk perkuliahan selama 1-2 semester yang kreditnya dapat dimasukkan ke dalam SKS perkuliahan
  2. Program credit course di kampus tujuan namun tidak dimasukkan ke dalam SKS perkuliahan
  3. Pertukaran pelajar (student exchange program) untuk seminar tertentu, atau selama periode tertentu misalnya summer class yang biasanya rentang waktunya cukup pendek, maksimal 3 bulan.

Dengan mengikuti program pertukaran pelajar, selain dapat menambah wawasan tentang budaya serta pengetahuan dunia luar dan juga meningkatkan kemampuan untuk berbahasa asing. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan kesempatan selama pertukaran pelajar untuk berkenalan dan bekerja sama dengan lebih banyak orang dari berbagai belahan negara atau budaya, sehingga menambah wawasan dan juga jejaring yang lebih luas.

Syarat Untuk Mengikuti Program Pertukaran Pelajar (Exchange Student)

Nah, apabila kamu tertarik untuk mengikuti program pertukaran pelajar, simak dulu beberapa tipsnya ya. Pertama-tama pastikan kamu mengetahui dan mempersiapkan dengan jelas segala persyaratan yang dibutuhkan minimal 1 tahun sebelum jadwal keberangkatan kamu. Ada kalanya program pertukaran pelajar memiliki seleksi yang cukup ketat sehingga kamu akan meningkatkan peluang kamu untuk dapat dipilih ikut serta apabila kamu memiliki persiapan yang cukup dan baik.

Beberapa contoh persyaratan yang pada umumnya diberlakukan untuk seleksi program pertukaran pelajar adalah:

  1. Nilai akademik atau prestasi di bidang tertentu

Salah satu persyaratan utama untuk program pertukaran pelajar ke luar negeri adalah prestasi akademik dari mahasiswa atau mahasiswi. Hal ini cukup penting mengingat pelajar yang berangkat nantinya akan menjadi representasi dari kampus dan juga negara, yang diharapkan mampu untuk mengikuti semua kegiatan yang diadakan dengan baik. Pada umumnya pelajar dengan prestasi akademik yang baik cenderung memiliki karakter pekerja keras dan juga cukup kompetitif dalam berbagai hal, sehingga memiliki kemampuan apabila harus mengejar ketertinggalan program misalnya karena adaptasi terhadap sistem pembelajaran yang baru.

Kadang kala pencapaian prestasi di bidang tertentu, misalkan ajang kompetisi matematika, olah raga, seni, dan lainnya juga terkait dengan program studi yang ingin diambil juga dapat membantu meningkatkan peluang pelajar untuk dipertimbangkan keikutsertaanya di dalam program pertukaran pelajar.

  1. Kemampuan berbahasa asing

Tak ayal lagi kemampuan Bahasa asing, terutama bahasa Inggris, menjadi salah satu syarat yang penting dalam program pertukaran pelajar ke luar negeri. Program pertukaran pelajar ke luar negeri akan membuat kamu bertemu dan bekerja sama dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia. Selain itu, topik seminar atau mata kuliah yang dibawakan pun umumnya akan dibawakan dalam bahasa asing, seperti Bahasa Inggris atau bahasa lainnya sesuai dengan negara yang dituju. Oleh sebab itu, diperlukan kemampuan berbahsa asing atau paling tidak penguasaan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional.

Pada umumnya persyaratan Bahasa Inggris yang diminta biasanya dibuktikan dengan sertifikasi TOEFL atau IELTS. Standarnya pun beragam tergantung negara yang dituju.

  1. Kemampuan finansial

Tidak semua program pertukaran pelajar bersifat gratis, ada pula program yang sifarnya berbayar. Oleh sebab itu kemampuan finansial termasuk ke dalam salah satu syarat pertukaran pelajar ke luar negeri. Biaya yang dibutuhkan pun cukup bervariasi, tergantung dari program yang diadakan serta negara yang dituju. Salah satu perbedaan antara program pertukaran pelajar berbayar dan yang dibiayai adalah syarat pertukaran pelajar yang diterapkan. Program  yang dibiayai pun pada umumnya memiliki persyaratan yang tinggi dan seleksi yang ketat untuk dapat terpilih.

Tentunya selain persyaratan umum di atas, hal yang tidak kalah penting juga adalah kondisi kesehatan calon peserta yang umumnya dibuktikan dengan surat hasil tes kesehatan yang dikeluarkan oleh rumah sakit. Hal ini guna memastikan pelajar berada dalam kondisi prima dan tanpa penyakit bawaan yang menular,  sehingga mampu beradaptasi dengan lugas dan juga ikut serta di semua rangkaian kegiatan yang sudah dipersiapkan selama mengikuti program pertukaran pelajar.

Bergabunglah dalam kegiatan kemahasiswaan yang berafiliasi internasional di kampus-mu agar kamu dapat dengan mudah memperoleh informasi terkait program-program pertukaran pelajar.

Selain itu, kamu juga dapat secara rutin dan berkala mengunjungi bagian akademik kampus untuk mendapatkan informasi seputar pertukaran pelajar dari kampus-kampus internasional yang bekerjasama dengan kampusmu.

Tahukah kamu bahwa salah satu perguruan tinggi internasional yang menyelenggarakan program study abroad untuk mahasiswanya adalah Sampoerna University. Salah satu keunggulan dari Sampoerna University yaitu memiliki kerjasama langsung dengan University of Arizona, yang termasuk dalam peringkat top 50 universitas di dunia, dimana para mahasiswa dan mahasiswinya dapat mengikuti program study abroad di fakultas terpilih selama 1 sampai dengan 2 semester di University of Arizona. Yang menarik lagi dari program ini adalah gratis dengan ketentuan yang berlaku,dan uniknya lagi kredit yang diperoleh selama program study abroad dihitung dan dapat dimasukkan dalam SKS perkuliahan.

Sampoerna University yang menerapkan metode pembelajaran ala Amerika Serikat dengan program belajar mengajar berbasis Bahasa Inggris, sehingga pelajar atau mahasiswa sudah terbiasa dan fasih dalam berbahasa asing. Berkat kerjasamanya dengan University of Arizona, perguruan tinggi internasional ini juga menawarkan kesempatan untuk dapat memperoleh gelar Bachelor’s Degree dari University of Arizona di Amerika Serikat dan juga sekaligus gelar sarjana Strata 1 (S1) dari Sampoerna University tanpa harus meninggalkan Indonesia.

Jadi setelah mengetahui lebih jelas mengenai program pertukaran pelajar, jangan lupa untuk selalu menyimak dengan jelas syarat yang dibutuhkan untuk program yang ingin kamu ikuti, dan jangan takut untuk memulai persiapan sejak dini. Tunggu apa lagi, selamat mencoba!

X