Universitas Internasional Pilihan No. 1 di Indonesia

Pemerintah Indonesia memfokuskan pembenahan sektor pendidikan tingginya dalam beberapa tahun terakhir untuk mengimbangi persaingan global dari negara tetangganya seperti Malaysia dan Thailand. Strategi ini memiliki dua tujuan; pertama, untuk menyediakan tingkat pendidikan yang lebih baik bagi populasi kaum mudanya sendiri dan kedua, untuk memikat lebih banyak siswa internasional untuk belajar di Indonesia.

Naiknya angka pertumbuhan universitas internasional dan juga kelas internasional pada universitas-universitas nasional di Indonesia menunjukkan jelasnya usaha institusi-instusi pendidikan Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang dapat diberikan kepada mahasiswa lokal maupun internasional. Program-program berkualitas internasional yang ditawarkan disusun secara komprehensif dan kerja sama dengan universitas-universitas internasional juga dilakukan untuk memberikan suplemen pendidikan terbaik bagi para mahasiswa.

Sampoerna University adalah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang memberikan pilihan tepat bagi calon mahasiswa yang ingin mendapatkan pendidikan internasional terbaik. Program yang dijalankan di Sampoerna University berada dibawah otoritas lisensi dan kredensial dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Didirikan dengan tujuan yang jelas untuk memenuhi standar nasional dan internasional, Sampoerna University memiliki kualifikasi unik untuk memberikan kontribusi substantif kepada masyarakat melalui pendidikan. Sebagai salah satu universitas internasional di Jakarta, Sampoerna University lebih dari sekedar kampus, Sampoerna University adalah komunitas belajar yang mempersiapkan siswa untuk sukses baik secara akademis maupun professional. Siswa tidak hanya akan belajar dan memperoleh ketelitian akademis – mereka juga ditantang untuk berpikir, bekerja dan tumbuh ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan program yang ada di Sampoerna University, siswa dijamin memiliki ketrampilan dan kredensial yang lebih baik yang akan membuka pintu ke karir nasional atau internasional setelah mereka lulus.

Sampoerna University percaya pada pembelajaran berbasis teknologi, kreativitas dan inovasi, sehingga para Mahasiswa dapat melakukan kegiatan belajar dengan lebih cerdas, lebih baik, hingga menantang norma konvensional. Dengan seluruh program yang dimiliki Sampoerna University, diharapkan lulusan Sampoerna University dapat siap bekerja, siap hadapi dunia dan siap menjadi pemimpin.

Sebagai satu-satunya universitas internasional di Indonesia yang menerapkan standar model pendidikan Amerika Serikat dalam kurikulum, fakultas, fasilitas dan operasionalnya, Sampoerna University menawarkan pengalaman belajar yang unik bagi para mahasiswa. Kesempatan untuk mendapatkan kredit dan gelar akademik dari Amerika Serikat juga bisa didapat oleh para mahasiswa sebagai manfaat dari kemitraan Sampoerna University dengan institusi-institusi pendidikan di Amerika Serikat, seperti The University of Arizona dan Broward College.

Kemitraan Sampoerna university dengan universitas di Amerika

Kemitraan Sampoerna University dengan Broward College adalah untuk bersama-sama mengembangkan kurikulum terakreditasi standar Amerika Serikat dan menyediakan sumber daya akademik digital selama dua tahun pertama untuk mahasiswa Sampoerna University.

Program Broward di Indonesia disetujui oleh SACSCOC ditahun 2019. Mahasiswa yang memperoleh gelar Associates of Arts di Sampoerna University dapat melanjutkan ke beberapa perguruan tinggi dan universitas di Florida tanpa kehilangan kredit apapun. Berdasarkan Perjanjian Artikulasi Florida antara community college dan dua belas universitas negeri di Florida, siswa yang memegang Associates of Arts dari Broward College, bahkan jika diperoleh di Indonesia, akan diterima di salah satu dari dua belas universitas di negara bagian Florida.

Dalam beberapa tahun terakhir, Sampoerna University juga bermitra dengan The University of Arizona untuk membawa pendidikan standar Amerika Serikat ke Indonesia. The University of Arizona menempati peringkat #40 dalam Top Public Schools di Amerika Serikat menurut U.S. News and World Report 2021 Best Universities Ranking. Kemitraan ini menghasilkan Two-Degree Program, yang memungkinkan mahasiswa memperoleh dua gelar sarjana – satu dari Sampoerna University dan satu dari University of Arizona – untuk mahasiswa yang mengejar gelar di bidang Teknik dan Manajemen. Mahasiswa yang mendaftar dalam program ini akan memiliki akses ke Sampoerna University dan berbagai sumber pendukung pembelajaran dari University of Arizona. Serta, mereka akan menjadi bagian dari jaringan 295,000 alumni University of Arizona di seluruh dunia.

Sampoerna University menawarkan program undergraduate (S1) dengan pilihan fakultas; Bisnis, Teknik dan Teknologi, dan Pendidikan. Fakultas Bisnis terdiri dari jurusan Entrepreneurship, Banking and Finance, Digital Marketing dan accounting. Fakultas Teknik dan Teknologi terdiri dari jurusan Mechanical Engineering, Industrial Engineering, Visual Communication Design, Computer Science (Electrical and Computer Engineering dari University of Arizona), dan  Information Systems. Fakultas Pendidikan terdiri dari jurusan English Language Education, Mathematics Education.

Sampoerna University menyertakan kurikulum Pendidikan Umum (General Education) di tahun pertama dan kedua masa perkuliahan mahasiswa. Mata kuliah inti Pendidikan Umum memberikan mahasiswa Sampoerna University kerangka pendidikan interdispliner berdasarkan standar kurikulum pendidikan tinggi Amerika Serikat dan berpedoman pada standar pendidikan Indonesia. Bidang mata pelajaran Pendidikan Umum meliputi Komunikasi, Humaniora, Ilmu Sosial dan Perilaku, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Matematika. Sampoerna University menargetkan enam kompetensi jenjang perguruan tinggi, berdasarkan rubrik NILAI yang dikembangkan Association of American Colleges & Universities yang menjadi landasan pendidikan umum dan mata kuliah inti. Dengan adanya Pendidikan Umum yang disertakan di dalam kurikulum, diharapkan mahasiswa Sampoerna University dapat memiliki kompetensi untuk berpikir kritis, berkomunikasi dengan efektif, beralasan etis, pembelajaran dan pemahaman global, literasi informasi dan literasi kuantitatif.

Selain didukung dengan kurikulum pendidikan internasional terbaik, Sampoerna University juga hadir dengan fasilitas pendukung pembelajaran terlengkap berstandar internasional. Perpustakaan Sampoerna University menyediakan lingkungan pendidikan yang responsive, inovatif dan kontemporer. Pengajar, staf dan mahasiswa memiliki akses ke salah satu koleksi sumber perpustakaan terbesar yang tersedia di Indonesia. Untuk mendukung program Teknik di Fakultas Teknik dan Teknologi, Sampoerna University menyediakan Laboratorium Teknik berkelas dunia dengan peralatan paling modern dari Amerika Serikat. Mahasiswa jurusan Computer Science memiliki akses ke perangkat keras dan lunak generasi terbaru di berbagai fasilitas komputasi di kampus. Jurusan Visual Communication Design menawarkan kelas dan proses belajar di Laboratorium Inovasi, Lab Visualisasi 3-D dan Motion Capture Studio yang canggih. Kualitas dan rangkaian fasilitas dan peralatan laboratorium yang tersedia di Sampoerna University memang tidak ada tandingannya di Indonesia.

Sampoerna University menyadari pentingnya pendidikan berkualitas dan berdedikasi untuk membantu mahasiswa menemukan cara mencapai tujuan pendidikan tinggi mereka. Sampoerna University memberikan beasiwa dalam berbagai jenis penghargaan Merit, mulai dari 25% hingga 100%, untuk membantu mahasiswa terpandai dan terbaik di Indonesia setiap tahun. Program ini memberikan dukungan uang sekolah kepada mahasiswa hingga tahun ke-4 studi mereka dan berlaku untuk semua program studi.

X