25 Nov 2023

7 Tips Lolos Seleksi Officer Development Program

Artikel,

Artikel - FOB,

Officer Development Program (ODP) adalah inisiatif yang dirancang untuk merekrut, melatih dan mengembangkan karyawan yang berpotensi menjadi pemimpin  masa depan. Program ini biasanya ditujukan bagi lulusan baru atau mereka yang memiliki pengalaman kerja terbatas dan ingin memulai karir  di bidang perbankan.

 

Program ini berfokus pada pengembangan keterampilan, pengetahuan dan pemahaman yang diperlukan untuk menjadi seorang profesional yang sukses di berbagai bidang industri perbankan, seperti manajemen risiko, perbankan investasi, customer service dan manajemen keuangan.

 

Peserta dalam program ini diharuskan menyelesaikan serangkaian pelatihan formal termasuk kursus, seminar dan pelatihan langsung yang dirancang untuk memperluas pemahaman tentang  perbankan, regulasi keuangan, teknologi terkini serta keterampilan kepemimpinan dan manajemen. 

 

ODP di sektor perbankan memiliki manfaat ganda yaitu membangun pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di industri, sekaligus mempersiapkan karyawan untuk mengejar jalur karir yang lebih menantang dan bertanggung jawab di kemudian hari.

 

Peserta yang berhasil menyelesaikan program ini akan memiliki kesempatan untuk membuktikan kemampuan serta komitmen mereka untuk membangun karir di dunia perbankan dengan naik ke posisi manajemen atau kepemimpinan di bank tersebut. 

Jenis-jenis Officer Development Program (ODP)

Dalam industri perbankan, ada berbagai jenis ODP yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan dari tiap lembaga keuangan. 

 

Pertama, ada program rotasi yang membantu peserta memahami secara menyeluruh berbagai fungsi dan departemen bank. Untuk mendapatkan pemahaman yang luas tentang operasi bank, peserta akan ditempatkan secara bergantian di berbagai unit, seperti layanan pelanggan, risiko, keuangan, dan operasi. 

 

Kedua, ada program fungsional khusus yang menekankan pengembangan keterampilan di bidang tertentu, seperti manajemen risiko, keuangan korporat, atau layanan investasi. Peserta diberi kesempatan untuk fokus mendalam pada bidang tertentu yang sesuai dengan minat dan keahlian. 

 

Ketiga, program yang lebih berfokus pada kepemimpinan berkonsentrasi pada pengembangan keterampilan kepemimpinan dan manajerial, serta kemampuan untuk mengelola tim dan proyek strategis. 

 

Jenis program ini memiliki fokus yang berbeda, tetapi pada akhirnya, mereka semua bertujuan untuk menghasilkan karyawan yang profesional dan siap untuk menjadi pemimpin masa depan dalam industri perbankan.

Tips Lolos Seleksi Officer Development Program

Tips Lolos Seleksi Officer Development Program

 

Kamu harus mempersiapkan diri dengan baik untuk lolos dalam seleksi Officer Development Program di industri perbankan. Untuk meningkatkan peluang kelulusan dalam proses seleksi, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Persiapan Rangkaian Wawancara dan Tes

Persiapkan diri secara menyeluruh untuk wawancara dan tes yang mungkin dilakukan selama proses seleksi. Pelajari pertanyaan umum yang diajukan saat wawancara, serta asesmen pengetahuan khususnya dalam ilmu perbankan.

2. Pelajari Persyaratan dan Kualifikasi Program 

Teliti dengan cermat persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk program Officer Development Program. Pastikan kamu paham semua persyaratan tersebut dan berkonsentrasi pada keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan bidang yang akan kamu ambil.

3. Pahami seluk-beluk industri perbankan 

Pelajari seluk beluk industri perbankan. Pelajari sebanyak mungkin tentang produk, struktur, dan fungsi perbankan. Memahami fungsi bank dalam ekonomi dan tren dan inovasi terbaru yang berdampak pada industri ini. Kamu dapat meningkatkan pemahaman dengan membaca studi kasus, berita, dan sumber daya yang dapat diandalkan.

4. Kuasai Ilmu Keuangan dan Ekonomi 

Kuasai pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip dasar keuangan, manajemen risiko, ekonomi, dan produk perbankan akan membantu. Pelajari konsep dasar seperti investasi dan pengelolaan aset, serta praktik keuangan lainnya.

5. Tingkatkan Kemampuan Komunikasi 

Dalam industri perbankan, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dan bekerja sama dengan orang lain akan sangat berharga. Perkuat kemampuan interpersonal kamu dan perbaiki kemampuan komunikasi, baik lisan maupun tulisan. Dua kemampuan ini akan meningkatkan value kamu di tahapan tes nanti.

6. Tunjukkan Keinginan untuk Belajar 

Tunjukkan bahwa kamu ingin terus belajar dan menjadi lebih baik. Ceritakan pengalaman, proyek, atau kegiatan yang menunjukkan keinginan kamu untuk belajar di luar sekolah. Misalnya, magang, volunteer, atau kursus tambahan yang terkait.

7. Manfaatkan Mentoring 

Memanfaatkan koneksi yang kamu miliki di industri perbankan. Kamu harus mampu membangun koneksi dengan orang-orang yang telah mengikuti program serupa atau memiliki pengalaman dalam industri perbankan. Mereka inilah harta yang dapat memberikan wawasan yang berharga dan menjadi mentor bagi kamu untuk memudahkan dalam melalui tes nanti.

 

Kamu dapat meningkatkan peluang untuk lolos dalam seleksi Officer Development Program di industri perbankan kalau kamu memiliki persiapan yang kuat, pengetahuan mendalam tentang industri, dan keterampilan yang relevan. Semoga bermanfaat!

Fakultas Bisnis Sampoerna University

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

 

Fakultas Bisnis menawarkan kurikulum yang dirancang dengan baik yang menggabungkan teori dan praktik bisnis terbaru. Program studi di fakultas ini bertujuan untuk menyiapkan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan dunia bisnis.

 

Sampoerna University memiliki hubungan yang kuat dengan dunia bisnis dan industri. Fakultas Bisnis bekerja sama dengan perusahaan terkemuka untuk memberi mahasiswa kesempatan untuk magang, studi kasus, dan proyek kolaboratif. Selain itu, Fakultas Bisnis juga menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada proyek.

 

Kami menawarkan lingkungan belajar yang beragam dan inklusif. Mahasiswa yang berasal dari berbagai budaya dan latar belakang memiliki kemampuan untuk berkolaborasi, berinteraksi, dan belajar satu sama lain, yang menciptakan suasana yang dinamis dan mempersiapkan mereka untuk bekerja dalam tim yang terdiri dari orang-orang dari berbagai budaya dan latar belakang di masa depan.

 

Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.

Recent More

Feb, 21 2024

Sampoerna University dengan bangga merayakan pencapaian luar biasa mahasiswa kami pada bulan Januari 2024,...

Feb, 05 2024

Sampoerna University, sebagai institusi pendidikan tinggi berstandar dunia, meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat...

Perbedaan dan Keunggulan Tokopedia Vs Shopee

Jan, 30 2024

Di Indonesia, ada dua marketplace terbesar, yaitu Tokopedia dan Shopee. Kedua marketplace ini memiliki...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp