Fakultas Pendidikan

Program-program yang dirancang untuk menghasilkan pendidik transformatif berkualitas tinggi dengan hasrat

  • Ikhtisar
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Ikhtisar

    Fakultas Pendidikan bertujuan untuk mempercepat transformasi pendidikan di Indonesia dan di luar negeri untuk menghadapi tantangan abad ke-21. Kami menawarkan kurikulum yang menekankan pendekatan multidisipliner, teknologi baru, keterampilan reflektif dan riset, serta integrasi teori-praktik. Program FoE dirancang untuk menghasilkan pendidik transformasional dengan semangat pembelajaran seumur hidup dan komitmen untuk memikirkan kembali pengajaran serta merancang pembelajaran bagi pembelajar masa kini dan mendatang.

    Mengapa Fakultas Pendidikan Universitas Sampoerna?

    Tingkat Pekerjaan Tinggi di Sekolah dan Organisasi Bergengsi

    Karena penekanan FoE pada penerapan teori pendidikan ke dalam praktik dunia nyata, banyak lulusan kami menerima beberapa tawaran pekerjaan sebelum kelulusan. Lulusan kami memiliki reputasi untuk keunggulan dan mengajar di Sekolah Nasional, Nasional Plus, dan Sekolah Internasional di Indonesia. Alumni kami adalah pembelajar seumur hidup yang penuh semangat. Banyak yang melanjutkan studi mereka dan menerima beasiswa internasional bergengsi.

    • Program Akademik yang Relevan

    • Program Pengalaman Sekolah (SEP)

    • Proyek Capstone Terapan

    • Teknologi Pembelajaran Baru

    • Ukuran Kelas Kecil

    • Dosen FoE membawa pengalaman mengajar bertahun-tahun, baik nasional maupun internasional, ke dalam kelas. Selain itu, FoE berpartisipasi dalam Jaringan Berbagi Edukator (ESN), yang merupakan forum bagi para akademisi dan ahli di bidang pendidikan untuk berbagi praktik terbaik, ide, dan inovasi. Forum ini memperkuat tujuan kami untuk memastikan mahasiswa kami siap bekerja dan siap menghadapi dunia.
    • Program Pengalaman Sekolah (SEP) adalah orientasi sistematis bagi mahasiswa Fakultas Pendidikan untuk memahami dan mengimplementasikan pengajaran, mengintegrasikan teori-praktik, dan mengembangkan alat serta disposisi untuk mempelajari pengajaran. Mulai semester pertama, mahasiswa ditugaskan untuk belajar di kelas K-12 yang sesungguhnya. Selama belajar mengajar mata pelajaran mereka dalam konteks yang beragam, mereka juga mengembangkan keterampilan bertanya, pandangan kritis tentang pengajaran yang baik, dan komitmen yang kuat terhadap siswa dan pembelajaran siswa. SEP dilaksanakan setiap semester dan mahasiswa senior akan bekerja sebagai magang di sekolah.
    • Sebagai syarat kelulusan dari Fakultas Pendidikan, mahasiswa senior berpartisipasi dalam proyek Capstone. Proyek ini memberikan mahasiswa berbagai pengalaman pembelajaran yang diperoleh melalui Program Pengalaman Sekolah, Program Pengabdian Masyarakat (CSP – KKN dalam Bahasa Indonesia), dan kesempatan untuk mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh melalui mata kuliah.
    • Kemajuan teknologi baru memungkinkan cara baru dalam pembelajaran. Mahasiswa Fakultas Pendidikan akan dibiasakan dengan teknologi baru sejak awal. Mereka tidak hanya akan terlibat dalam berbagai mode pembelajaran (tatap muka, blended, dan daring), tetapi mereka juga akan mempelajari keterampilan seperti pemrograman dan pengembangan aplikasi. Mereka juga akan mempelajari bagaimana internet of things memengaruhi pendidikan. Keterampilan ini akan memungkinkan lulusan kami untuk membayangkan kembali pengajaran dan pembelajaran untuk pembelajar abad ke-21 dalam berbagai konteks.
    • Setiap kelas dibatasi hingga 30 mahasiswa. Ini memberi setiap mahasiswa kesempatan untuk terlibat dalam cara pembelajaran yang lebih efektif karena mereka dapat memiliki lebih banyak interaksi dengan teman sekelas dan dosen. Ukuran kelas yang kecil juga menyediakan lingkungan yang mendukung untuk merealisasikan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa yang mendorong pemikiran kritis dan kreatif.
    • Pemimpin
    • Dosen
    • Koordinator
    • Staf Akademik di FoE

      Dr. C.I.W. Eka Budiartha, M.A.

      Dekan Fakultas Pendidikan

      Ph.D. dalam Linguistik Terapan, Universitas Katolik Atma Jaya

      Dr. Soepriyatna

      Direktur QAIRP

      Ph.D. dalam Linguistik, Universitas Katolik Atma Jaya

      Susilowaty, M.A.

      Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

      Magister dalam TESOL, Southern Illinois University Carbondale, AS

    • Staf Akademik di FoE

      Dr. Vera Syamsi

      Dosen Pendidikan Bahasa Inggris

      Ph.D. dalam Studi Literasi, Universitas Indonesia

      Maria Niayu Risma Novianti, M.A.

      Dosen Bahasa Inggris

      Magister dalam Studi Amerika, Universitas Gadjah Mada

      Julia Frances Lonan, B.A., M.A.

      Dosen Pendidikan Bahasa Inggris

      Magister, Emerson College Boston, AS

      Faradillah Hariani, M.Si.

      Dosen Pendidikan Bahasa Inggris

      Master of Science dalam Mathematical Modelling, University of Birmingham, UK

    • Staf Akademik di FoE

      Anissa Pane, M.A.

      Koordinator Laboratorium Microteaching

      Magister dalam Pendidikan (Inovasi dalam Pembelajaran dan Pengajaran), University of South Wales

    Alumni FoE
    Kisah Sukses Alumni FoE - Lulusan Kami

    Lulusan FoE dapat diterima di sekolah nasional dan internasional (misalnya SIS Pantai Indah Kapuk, Sekolah Cikal, Green School Bali, HighScope Indonesia) dengan waktu tunggu biasanya kurang dari 6 bulan setelah kelulusan. Selain itu, pekerjaan lulusan sejalan dengan profil lulusan FoE.

    Pendidikan Bahasa Inggris

    informasi lebih lanjut

    Mengubah hidup melalui kemampuan mengajar Bahasa Inggris Anda

    Ikhtisar

    Program Sarjana Pendidikan dalam Pendidikan Bahasa Inggris dirancang untuk memenuhi kebutuhan Indonesia akan guru Bahasa Inggris berkualitas tinggi dengan kompetensi untuk mengajar menggunakan pendekatan Abad ke-21. Program ini memberi mahasiswa kesempatan untuk mengeksplorasi teori-teori dan praktik terkini dalam kurikulum dan pengajaran Bahasa Inggris serta mengembangkan keterampilan dalam mengajar Bahasa Inggris untuk berbagai jenjang pendidikan dasar dan menengah. Calon guru akan memiliki kapasitas untuk memanfaatkan teknologi sebagai platform dalam Pendidikan Bahasa Inggris untuk melibatkan pembelajar dan mengakomodasi kebutuhan yang berbeda.

    Jalur Karir
    Sarjana Pendidikan dalam Pendidikan Bahasa Inggris

    Program Sarjana Pendidikan dalam Pendidikan Bahasa Inggris berkomitmen untuk menciptakan generasi guru baru yang mengejar karir mereka di berbagai peluang di bidang Pendidikan Bahasa Inggris.

    Mereka akan mampu mengajar Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua di berbagai jenjang pendidikan dasar dan menengah serta di berbagai konteks, termasuk dalam pendidikan formal dan non-formal seperti dalam program les dan pusat pemuda. Dengan kemampuan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan perspektif global dalam pembelajaran, mereka memiliki keunggulan signifikan untuk mengajar di sekolah-sekolah berorientasi internasional dengan siswa dari berbagai latar belakang.

    Kemampuan dalam melakukan riset pendidikan dan mengembangkan program pendidikan akan memungkinkan lulusan untuk berpartisipasi dalam proyek pengembangan pendidikan dan mengejar karir mereka di lembaga pengembangan nasional dan internasional atau organisasi non-pemerintah.

    • Visi
    • Misi

      Visi

      Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terkemuka yang mencetak pendidik unggul dalam pedagogi bahasa Inggris melalui pendekatan pembelajaran berbasis pengalaman serta dilengkapi dengan karakter moral yang kuat dan keterampilan kompetitif global.

      Misi

    • Menyediakan sistem pendidikan yang berorientasi pada pembelajaran berbasis pengalaman dan pembelajaran sepanjang hayat.
    • Melakukan penelitian dalam pendidikan bahasa Inggris yang didasarkan pada praktik pembelajaran berbasis pengalaman.
    • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang memberikan kesempatan untuk pembelajaran berbasis pengalaman, menumbuhkan karakter moral yang kuat, dan berkontribusi pada peningkatan pendidikan bahasa Inggris di Indonesia.
    • Memperluas jaringan pendidikan dengan berbagai pemangku kepentingan untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Inggris di Indonesia.
    Siap Membentuk Masa Depan Anda

    Belajar dari fakultas kelas dunia, terhubung dengan jaringan global, dan memperoleh keterampilan praktis yang mempersiapkan Anda untuk karir yang sukses.

    Profil Lulusan

    Lulusan FoE adalah pemimpin masa depan yang bersemangat dalam pembelajaran seumur hidup dan transformasi pendidikan, dengan kemampuan kuat dalam berpikir interdisipliner dan teknologi baru, yang memiliki keterampilan hebat dan antusiasme dalam mengajar, berkarakter baik, serta bersedia berkontribusi pada transformasi masyarakat.

    Lulusan FoE akan memiliki kompetensi sebagai berikut:

    • Berpikir interdisipliner,memfokuskan pada enam kompetensi inti: pemikiran kritis, komunikasi efektif, penalaran etis, pembelajaran global, literasi informasi, dan literasi kuantitatif
    • Terampil dalam teknologi baru dalam TIK
    • Berorientasi pada penyelidikan (keterampilan reflektif dan riset)
    • Profesional
      • Komitmen terhadap siswa dan pembelajaran siswa
      • Menguasai mata pelajaran dan cara mengajarkan mata pelajaran tersebut kepada siswa
      • Mengetahui berbagai cara untuk mengelola dan memonitor pembelajaran siswa
      • Berpikir sistematis tentang praktik pengajaran dan belajar dari pengalaman
      • Terlibat dalam komunitas pembelajaran
    • Transformasional (Kreatif, Inovatif, Efektif, Percaya diri)
    • Bilingual
    • DNA Sampoerna — Kepemimpinan, Kewirausahaan, Tanggung Jawab Sosial
    Rencana Gelar