Quality Assurance and Institutional Research and Planning

Quality Assurance and Institutional Research and Planning (QA-IRP) memantau dan menilai kinerja berdasarkan misi institusi untuk semua program, layanan, dan pemangku kepentingan di Universitas.

  • Gambaran Umum
  • Buku Fakta
  • Penelitian Survei
  • Jaminan Kualitas
  • Regulasi
  • Permintaan Data

Quality Assurance and Institutional Research (QAIR) adalah elemen pengawasan dan evaluasi di dalam Universitas yang berfungsi untuk merencanakan, mengimplementasikan, meningkatkan, dan mengembangkan sistem jaminan kualitas di semua unit di Sampoerna University. QAIR dipimpin oleh seorang Direktur.

QAIR melakukan proses penilaian kinerja terhadap misi institusional untuk semua program, layanan, dan pemangku kepentingan. Ini adalah proses yang responsif yang terhubung dengan proses pengambilan keputusan di semua level. Proses ini memberikan panduan berkelanjutan untuk perencanaan dan anggaran, menyediakan bukti objektif untuk tujuan akreditasi, dan mengumpulkan informasi yang berguna tentang apa dan bagaimana mahasiswa belajar.

Proses QAIR
QAIR memimpin penelitian institusional dengan mewajibkan semua unit akademik dan administratif untuk menyelesaikan prosedur penilaian setiap tahun. Berbagai ukuran digunakan untuk menilai hasil program masing-masing unit.

Peningkatan berkelanjutan adalah tujuan utama dari penilaian. Semua unit diharapkan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan program dan layanan mereka. Peningkatan adalah ukuran sejati dari keberhasilan upaya penilaian. Penggunaan hasil penilaian setelah proses penilaian berakhir adalah komponen yang paling penting dari proses penelitian institusional.

Mahasiswa

Bagian Mahasiswa dalam Buku Fakta berisi data dari empat area termasuk, Penerimaan, Pendaftaran, Tingkat Retensi, dan Tingkat Kelulusan. Setiap bagian menawarkan pandangan data terkini dan historis di seluruh institusi.

QAIR memimpin penelitian institusional dengan mewajibkan semua unit akademik dan administratif untuk menyelesaikan prosedur penilaian setiap tahun. Berbagai ukuran digunakan untuk menilai hasil program masing-masing unit.

Peningkatan berkelanjutan adalah tujuan utama dari penilaian. Semua unit diharapkan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan program dan layanan mereka. Peningkatan adalah ukuran sejati dari keberhasilan upaya penilaian. Penggunaan hasil penilaian setelah proses penilaian berakhir adalah komponen yang paling penting dari proses penelitian institusional.

Penerimaan 

Penerimaan Musim Gugur 2024
Mahasiswa Baru
Mahasiswa Pindahan
Aplikasi yang Diselesaikan
1,382
2
Aplikasi Diterima
751
1
Diterima
54%
Pelamar Terdaftar
156
1
Terdaftar
24%
Penerimaan
Musim Gugur 2022
Musim Gugur 2023
Musim Gugur 2024
Mahasiswa Baru
Aplikasi yang Diselesaikan
1,138
1,198
1,382
Aplikasi Diterima
533
586
751
Pelamar Terdaftar
160
139
156
Pindahan
Aplikasi yang Diselesaikan
5
4
2
Aplikasi Diterima
3
3
1
Pelamar Terdaftar
3
3
1

Tingkat Retensi

Tingkat Retensi Musim Gugur ke Musim Gugur
Musim Gugur 2024
Mahasiswa FTIC
92%
Tingkat Retensi Musim Gugur ke Musim Gugur
Musim Gugur 2022
Musim Gugur 2023
Musim Gugur 2024
Mahasiswa FTIC
90%
86%
92%

Tingkat Kelulusan

Tingkat Kelulusan (150%)
Tahun 2024
Kelompok Mahasiswa Sarjana 2018
69%
Tingkat Kelulusan (150%)
Tahun 2022
Tahun 2023
Tahun 2024
Mahasiswa Sarjana
65%
57%
69%

Pendaftaran

Pendaftaran
Musim Gugur 2024
FTIC
151
Mahasiswa Pindahan
0
Total Mahasiswa Sarjana
151
Pendaftaran
Musim Gugur 2022
Musim Gugur 2023
Musim Gugur 2024
FTIC
610
562
565
Mahasiswa Pindahan
12
12
5
Total Mahasiswa Sarjana
622
574
570

Keberagaman Mahasiswa

Keberagaman Mahasiswa Berdasarkan Jenis Kelamin (Musim Gugur 2024)
Perempuan
52%
Laki-laki
48%
Keberagaman Mahasiswa Berdasarkan Kewarganegaraan (Musim Gugur 2024)
Warga Negara Indonesia
93%
Mahasiswa Internasional
7%
Keberagaman Mahasiswa 
Musim Gugur 2022
Musim Gugur 2023
Musim Gugur 2024
Keberagaman Mahasiswa Berdasarkan Jenis Kelamin
Perempuan
47%
43%
45%
Laki-Laki
53%
57%
55%
Keberagaman Mahasiswa Berdasarkan Kewarganegaraan
Warga Negara Indonesia
98%
98%
97%
Mahasiswa Internasional
2%
2%
3%

Kemampuan Kerja

Kemampuan Kerja
Angkatan 2014
Lulusan yang bekerja dalam waktu 3 bulan
91%

Fakultas

Bagian Fakultas menyediakan data fakultas terkini dan historis dengan pemisahan berdasarkan sekolah, jenis kelamin, dan status (FT/PT).

Keberagaman Fakultas Berdasarkan Jenis Kelamin (Musim Gugur 2024)
Perempuan3141%
Laki-laki4459%
Keberagaman Fakultas Berdasarkan Status (Musim Gugur 2024)
Penuh Waktu3851%
Paruh Waktu3749%
Keberagaman Fakultas 
Musim Gugur 2022
Musim Gugur 2023
Musim Gugur 2024
Angka
Persen
Angka
Persen
Angka
Persen
Berdasarkan Jenis Kelamin
Perempuan
25
36%
31
41%
25
38%
Laki-Laki
45
64%
44
59%
41
62%
Berdasarkan Kewarganegaraan
Warga Negara Indonesia
40
57%
38
51%
40
61%
Mahasiswa Internasional
30
43%
37
49%
26
39%

Staf

Bagian Staf menyajikan Ringkasan Tahunan dengan pemisahan berdasarkan divisi administratif, jenis kelamin, dan status (FT/PT).

Keberagaman Administrasi dan Staf Berdasarkan Jenis Kelamin (Musim Gugur 2024)
Perempuan
65
65%
Laki-laki
35
35%
Keberagaman Administrasi dan Staf Berdasarkan Status (Musim Gugur 2024)
Penuh Waktu
83
83%
Paruh Waktu
17
17%
Keberagaman Administrasi dan Staf 
Musim Gugur 2023
Musim Gugur 2024
Musim Semi 2025
Angka
Persen
Angka
Persen
Angka
Persen
Berdasarkan Jenis Kelamin
Perempuan
60
63%
65
65%
66
65%
Laki-Laki
35
37%
35
35%
36
25%
Berdasarkan Kewarganegaraan
Warga Negara Indonesia
82
86%
83
83%
83
81%
Mahasiswa Internasional
13
14%
17
17%
19
19%

Data Institusional Lainnya
Bagian Data Institusional Lainnya mencakup beberapa area informasi administrasi Sampoerna University seperti layanan perpustakaan dan bimbingan, data alumni, dan pengembangan.

Set Data Umum
Informasi dasar tentang Sampoerna University disediakan dalam Set Data Umum.

Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa

Evaluasi kursus dilakukan setiap semester. Alat evaluasi ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang apa yang disukai dan tidak disukai oleh setiap mahasiswa tentang kelas dengan tujuan untuk meningkatkan praktik pengajaran dan pembelajaran.

Survei Kepuasan Mahasiswa

Musim Gugur 2021 - Musim Semi 2021

Survei Kepuasan Mahasiswa dilakukan setiap semester. Survei ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas dan layanan yang diberikan, serta mencari umpan balik mahasiswa dan saran mereka untuk perbaikan.

Survei Kepuasan Fakultas dan Staf

Musim Gugur 2021 - Musim Semi 2022

Survei Kepuasan Fakultas dan Staf dilakukan setiap tahun. Survei ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang tingkat kepuasan fakultas dan staf terhadap fasilitas dan layanan yang diberikan serta mencari umpan balik dan saran mereka untuk perbaikan.

Dokumen Jaminan Kualitas (SPMI)

  • Kebijakan QA
  • Standar
  • Manual
  • SOP
  • Formulir
  • Laporan

Tampilan Program Akademik

  • Pedoman Audit Internal
  • Auditor Internal
  • Implementasi Audit Internal
  • Rapat Tinjauan Manajemen

Kemendikbud-Ristek

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

BAN-PT

Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi

LAM

Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Indonesia

  • LAM-TEKNIK
  • LAM-INFOKOM
  • LAM-EMBA
  • LAM-PENDIDIKAN

Formulir Permintaan Informasi

Sebelum mengajukan permintaan, harap tinjau data yang sudah tersedia di situs web kami. Informasi yang Anda cari mungkin tersedia melalui Buku Fakta. Jika Anda tidak dapat menemukan data yang Anda butuhkan, harap lengkapi formulir ini dengan detail sebanyak mungkin.

example@example.com

Nama Depan

Nama Belakang

Bidang Studi *

Siap Membentuk Masa Depan Anda

Belajar dari fakultas kelas dunia, terhubung dengan jaringan global,
dan peroleh keterampilan praktis yang mempersiapkan Anda untuk karir yang sukses.