Artikel,
Artikel - FAS,
Artikel - FOB,
Artikel - FOE,
Edukasi,
Di dalam suatu bisnis atau usaha, tentunya memerlukan perencanaan dan strategi demi keberlangsungan perusahaan. Tentunya, ada berbagai cara yang dilakukan untuk melakukan perencanaan bisnis. Analisa SWOT adalah salah satu cara jitu dalam melakukan strategi di suatu bisnis.
Di antara sekian banyak strategi perencanaan, ada satu teknik yang mungkin populer digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Teknik itu adalah Analisis SWOT. Apa itu analisis SWOT? Berikut ini adalah ulasannya.
Analisa SWOT adalah suatu teknik analisis mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberlangsungan yang digunakan untuk membuat suatu perencanaan dalam berbagai bidang. SWOT ini merupakan singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman).
Jadi, analisis SWOT ini ditujukan untuk melihat berbagai kemungkinan yang akan terjadi ketika menjalankan suatu rencana. Artinya, dengan teknik analisis ini kita dapat mengantisipasi segala kemungkinan yang muncul.
Analisa SWOT ini umumnya digunakan oleh wirausaha, perusahaan, organisasi, dan proyek=proyek tertentu.
Strength merupakan sesuatu yang berpotensi menjadi kekuatan dari suatu produk, proyek, dan lain-lain. Jadi analisis ini bertujuan untuk mengetahui apa yang membuat rencana milik kalian lebih unggul dibanding yang lainnya.
Kelebihan ini misalnya adalah produk kalian memiliki keunikan tertentu yang membedakan dengan produk lainnya. Dalam hal produk kelebihan itu bisa dari segi harga, ukuran, kualitas, sampai kegunaan.
Weakness merupakan satu masalah yang berpotensi menjadi kelemahan dari suatu produk, bisnis, atau proyek. Kelemahan ini datang dari faktor internal.
Dengan mengetahui aspek weakness ini, kita dapat mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi nantinya dan juga bisa lebih bijak dalam merencanakan sesuatu.
Di dalam analisis SWOT juga ada Opportunity yang artinya adalah peluang yang dimiliki oleh oleh produk baik yang berasal dari internal maupun eksternal. Peluang ini beda tipis dengan strength, tetapi opportunity lebih ke arah hal-hal yang tidak terlihat. Misalnya produk yang akan dibuat masih belum disasar oleh produk lainnya. Atau misalnya produk atau proyek yang akan dibuat sejalan dengan peraturan yang ada.
Threat merupakan lawan dari opportunity, jadi threat ini adalah ancaman yang menimbulkan risiko bagi suatu produk, bisnis, dll. Contoh dari threat ini seperti cepatnya perkembangan teknologi, perubahan aturan dari pemerintah, dan lain sebagainya.
Dari empat elemen SWOT tadi, terdapat dua faktor yang bisa menjadi bahan analisis, yaitu faktor internal dan eksternal.
Faktor internal ini mencakup kekuatan dan kelemahan.
Oleh sebab itu, untuk menganalisis dua elemen tersebut dapat dilihat dari kondisi perusahaan itu sendiri. Misalnya dengan mengidentifikasi hal-hal seperti:
Yang termasuk dalam faktor eksternal adalah opportunity atau peluang dan threat atau ancaman. Seperti diketahui, faktor eksternal berarti faktor yang berasal dari luar perusahaan. Jadi hal yang perlu diidentifikasi adalah:
Kegunaan dari analisis SWOT antara lain:
Analisis SWOT perlu dilakukan sebelum menjalankan bisnis, pasalnya dengan mengetahui kelemahan, kelebihan, peluang, dan ancaman yang ada lebih dulu, kita dapat menentukan keberlangsungan bisnis itu sendiri. apakah keberlangsungan bisnis realistis untuk diimplementasikan.
Dengan adanya analisis SWOT, suatu bisnis atau usaha akan mengetahui mana yang akan menjadi prioritas lebih dulu untuk dituju. Sebab, dengan SWOT, kita jadi mengetahui mana sekiranya tujuan yang lebih realistis untuk dicapai lebih.
Dengan menganalisis peluang dan ancaman, suatu bisnis akan mengetahui bagaimana kondisi pasar yang ada. Dengan demikian, kita bisa menjamah pasar yang mungkin belum banyak disentuh oleh kompetitor.
Selain mengetahui potensi pasar, analisis SWOT juga berguna untuk mengetahui kondisi persaingan yang ada di pasar. Dengan mengetahui hal tersebut, suatu bisnis bisa membuat rencana lebih dulu untuk memposisikan diri ketika masuk ke dalam persaingan. Alhasil, kita dapat mengantisipasi segala kemungkinan yang terkait dengan persaingan dengan kompetitor.
Baca juga: Pengertian Diversifikasi Produk: Tujuan, Jenis, dan Contoh
Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang dapat dilakukan untuk melakukan analisa SWOT:
Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membuat visualisasi SWOT. Umumnya, visualisasi SWOT divisualisasikan dengan bentuk kotak yang dibagi menjadi empat, dimana Strength dan Weakness terletak di bagian atas, sedangkan Opportunity dan Threat ada di bagian bawah.
Setelah visualisasi dibuat, selanjutnya adalah membahas tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan atau suatu bisnis. Jadi identifikasi apa saja tujuan-tujuan yang ingin dicapai dan strategi apa yang akan dilakukan untuk mencapainya.
Langkah awal untuk melakukan analisis SWOT dapat dilakukan dengan membuat pertanyaan pada tiap elemen. Misalnya:
Setelah daftar pertanyaan tersusun, selanjutnya adalah menjawab pertanyaan itu sendiri. Jawaban-jawaban dari pertanyaan itu selanjutnya akan dimasukkan ke dalam diagram SWOT yang telah dibuat tadi.
Setelah analisis dilakukan, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah dengan menyusun strategi untuk mencapai tujuan. Caranya bisa dilakukan dengan mengkombinasikan elemen yang ada di SWOT. Misalnya:
Jadi kita dapat memaksimalkan kekuatan internal yang dimiliki oleh perusahaan dan faktor eksternal untuk menyusun strategi.
Jadi strategi yang disusun adalah dengan memberikan tindakan antisipasi-antisipasi ketika kelemahan dan ancaman benar-benar muncul.
Maksudnya adalah selain memaksimalkan kekuatan yang dimiliki, strategi juga harus dapat menyesuaikan dengan ancaman yang ada.
Maksudnya adalah peluang dapat dijadikan keuntungan untuk menutupi kelemahan yang ada.
Demikian penjelasan mengenai analisis SWOT untuk bisnis. Di Sampoerna Academy, analisis SWOT akan dipelajari di program studi Kewirausahaan fakultas bisnis. Di program studi ini, mahasiswa akan dibimbing mulai dari bagaimana cara memulai hingga menjalankan bisnis dengan sempurna.
Selain itu, ada pula program CEO Talks dan Founders in Action yang digunakan sebagai sarana berbagi ilmu dan wawasan dari para pengusaha-pengusaha sukses di Indonesia dengan komunitas universitas.
Referensi
Jurnal.id – Analisa SWOT adalah