Skip to main content

Apa Itu Integrasi: Contoh, Jenis dan Faktor Pendorongnya

By Februari 17, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Edukasi
integrasi adalah proses menyatukan

Sebagian masyarakat sudah pasti pernah mendengar dengan kata integrasi, namun belum tentu mengerti artinya. Integrasi adalah proses pembaharuan yang terjadi dalam interaksi sosial secara dinamis dan terstruktur. Banyak perbedaan yang bisa disatukan dengan sebuah integritas demi mencapai sebuah tujuan.

Integrasi banyak diterapkan dalam segala bidang, seperti sosial, politik, budaya sampai ekonomi yang pada intinya bidang tersebut bisa diperbaharui dan menjadi kesatuan. Dalam bidang keilmuan, integrasi diartikan sebagai bentuk yang menyatukan elemen-elemen dengan karakter berbeda dan klasifikasinya sesuai konsep, unit dan paradigma.

Pengertian Integrasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), integrasi adalah pembaharuan hingga kesatuan yang utuh atau bulat. Penyatuan berbagai kelompok ke dalam kesatuan wilayah dan pembentukan suatu identitas, Soerjono Soekanto menyebut integrasi sebagai pengendalian terhadap konflik dan penyimpangan suatu sistem sosial dan membuat suatu keseluruhan dari unsur-unsur tertentu.

Apa itu integrasi? dari sedikit penjelasan di atas dapat dijabarkan bahwa integrasi merupakan sebuah proses atau tindakan untuk menyatukan komponen lebih kecil ke dalam satu sistem. Proses ini mengacu pada keterikatan individu dengan masyarakat yang lebih luas, secara umum bisa dalam hal peran pekerjaan, organisasi hingga komunitas.

Baca Juga: Critical Thinking, Membangun Keterampilan Berfikir Dalam Diri

Contoh Integrasi

Contoh ini bisa diambil dari jenis integrasi yang ada, seperti misalnya integrasi sosial dan contohnya ketika muncul konflik antara suku Dayak asli dengan masyarakat imigran Madura di Kalimantan. Karena masalah yang muncul, sejumlah warga Dayak menyerang masyarakat Madura hingga menyebabkan lebih dari 500 orang meninggal sementara lainnya kehilangan tempat tinggal.

Selain itu contoh dari integrasi juga bisa dilihat dari jenis integrasi nasional, seperti misalnya POLRI dan TNI memiliki tugas yang sama dalam menghadapi gerakan separatis yang mengancam kedamaian Negara Kesatuan Republik Indonesia, gerakan separatis seperti RMS hingga Organisasi Papua Merdeka yang terjadi di Papua.

Macam-macam Integrasi

  • Integrasi Sosial

Integrasi sosial adalah sebuah proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat, hingga menjadi satu kesatuan. Unsur yang berbeda ini meliputi ras, etnis, agama, bahasa, kebiasaan, sistem nilai dan lain sebagaianya.

  • Integrasi Nasional

Integrasi nasional Merupakan proses adaptasi antara unsur-unsur yang berbeda dalam kehidupan bermasyarakat secara nasional hingga membuat satu pola kehidupan yang serasi dan memberi fungsi tersendiri bagi masyarakat itu. Dilihat secara makna politis, integrasi nasional adalah penyatuan berbagai kelompok sosial budaya ke dalam kesatuan wilayah nasional dan membentuk identitas nasional.

  • Integrasi Bangsa

Integrasi bangsa adalah golongan yang beraneka ragam dan berbeda-beda yang tak dapat dirumuskan secara eksak, golongan beranekaragam memiliki beberapa faktor-faktor objektif tertentu, faktor inilah yang membedakan bangsa satu dengan bangsa lainnya.

  • Integrasi Budaya

Integrasi budaya merupakan proses penyesuaian antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian dalam kehidupan masyarakat. Contohnya Indonesia memiliki banyak budaya berbeda di setiap daerahnya dan mereka memiliki cara tersendiri untuk melestarikan budaya tersebut.

Integrasi Masyarakat

Sebuah proses perpaduan atau menyatukan unsur-unsur dalam masyarakat yang meliputi pranata sosial, kedudukan sosial dan peranan sosial. Integrasi bertujuan untuk menyatukan masyarakat meskipun adanya kedudukan hingga peranan sosial yang ada berbeda.

Proses Integrasi

Proses integrasi dilakukan melalui dua hal, yakni asimilasi dan akulturasi, melalui asimilasi jika bertemu nya dua kebudayaan atau lebih saling mempengaruhi sehingga memunculkan kebudayaan baru dan meninggalkan sifat asli dari setiap kebudayaan.

Sementara itu, akulturasi jika kelompok sosial dengan kebudayaan tertentu dihadapkan pada kebudayaan asing baru. Sehingga kebudayaan asing yang muncul dapat diterima bahkan diserap hingga diolah dalam kebudayaan sendiri tanpa meninggalkan sifat kebudayaan penerima.

Faktor Pendorong Integrasi

  • Rasa Toleransi

Toleransi dan saling menghormati antar masyarakat membuat integrasi mampu terbentuk dan ini menjadi faktor pendorong integrasi sosial. Perbedaan di masyarakat bisa menjadi kesatuan jika adanya rasa toleransi, tenggang rasa dan rasa saling menghormati di masyarakat maupun berbangsa dan bernegara.

  • Perkawinan Antar Suku

Menjadi faktor pendorong integrasi nasional, terjadinya perkawinan silang antar suku membuat dua keluarga yang berbeda menjadi satu kesatuan karena sudah muncul hubungan keluarga. Rasa saling menghormati, muncul di antara kedua keluarga dalam perkawinan tersebut.

  • Komunikasi dan Transportasi Pesat

Pembaharuan hingga menjadi kesatuan tentunya terdapat faktor yang menyebabkan kesatuan tersebut tercipta. Pesatnya komunikasi dan transportasi antardaerah menjadi faktor pendorong dari perkembangan zaman membuat integrasi muncul dengan sendirinya.

  • Tingkatkan Rasa Solidaritas

Meningkatnya rasa solidaritas yang muncul di antaranya masyarakat atau kehidupan berbangsa dan bernegara. Biasanya muncul saat bersama-sama menghadapi suatu kejadian, pada dasarnya setiap orang tentunya memiliki perasaan saling menolong tanpa memandang kedudukan dan perbedaan.

Demikian penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan integrasi, jenis dan contohnya.  Ingin belajar di luar negeri namun terkendala karena pandemi? Sampoerna University bekerjasama dengan University of Arizona siap mewujudkan mimpi kamu tanpa perlu jauh-jauh ke US. Yuk cari tahu info lebih lengkapnya disini.

Referensi:
Tribunnews.com – Pengertian Integrasi Sosial, bentuk, proses dan faktor pendorongnya

X