Skip to main content

Jurnal Ilmiah: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Struktur

contoh jurnal ilmiah

Mahasiswa nyaris bisa dipastikan pernah mendengar istilah jurnal ilmiah. Sebab, mereka pasti disarankan oleh dosen untuk mencari literatur yang berasal dari buku atau jurnal ilmiah. Hal itu dikarenakan jurnal ilmiah merupakan salah satu karya tulis ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan isinya. Selain itu, jurnal ilmiah adalah contoh dijadikan sebagai salah satu syarat untuk kelulusan atau pendaftaran wisuda di beberapa perguruan tinggi. 

Lantas, apa itu jurnal ilmiah? 

Pengertian Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah adalah suatu publikasi yang diterbitkan oleh institusi akademik atau organisasi profesi secara berkala yang berisi tentang artikel hasil penelitian dalam bidang tertentu. Jadi setelah jurnal ini biasanya diterbitkan setelah kita menyusun penelitian melalui skripsi, tesis, disertasi, atau penelitian lainnya. Terkadang jurnal ilmiah tidak hanya berisi mengenai laporan penelitian saja, tetapi ada pula jurnal ilmiah yang berisi mengenai literatur review.  

Yang membedakan antara jurnal ilmiah dengan karya tulis ilmiah lainnya adalah, jurnal cenderung lebih singkat dibandingkan dengan yang lainnya. Pasalnya, jurnal ilmiah pada dasarnya berisi mengenai rangkuman hasil penelitian, sehingga sangat memungkinkan jika hanya dibuat dalam satu halaman. 

Namun sama seperti karya tulis lainnya, jurnal ilmiah juga disusun secara sistematis. Artinya sudah ada struktur dan format yang ditetapkan yang dijadikan sebagai landasan dalam menyusun jurnal ilmiah. Meskipun hanya berbentuk laporan singkat, jurnal juga menjadi salah satu sumber literatur valid untuk penelitian. 

Artikel jurnal ilmiah ini sejatinya dibuat untuk dibaca oleh masyarakat yang tengah berkecimpung di dunia akademik, tetapi orang yang tidak sedang berkecimpung pun bisa saja membaca jurnal ini karena memang jurnal ilmiah dapat dipublikasikan secara bebas. 

Contoh jurnal ilmiah yang dipublikasikan secara bebas dapat diakses salah satunya melalui fitur Google Scholar. Fitur milik Google itu memuat berbagai macam jurnal ilmiah yang telah diunggah ke dunia maya. 

Pengertian Jurnal Ilmiah Menurut Ahli

Girl sitting at table writing

  • Marusic (2009)

Menurut Marusic, jurnal ilmiah adalah suatu karya yang berisi tentang laporan hasil penelitian yang didukung dengan data yang kuat, sebagai pembuktian bahwa hasil penelitian dapat dipertanggungjawabkan. 

  • Hakim (2012)

Menurut Hakim, jurnal ilmiah adalah suatu publikasi yang diterbitkan secara berkala dan berisi karya tulis ilmiah secara nyata dan mengandung data dan informasi yang disusun sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

  • Brotowidjoyo

Menurut Brotowidjoyo, jurnal ilmiah adalah karangan mengenai ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta-fakta  dan dibuat dengan metodologi dan kaidah penulisan ilmiah yang telah ditetapkan. 

  • Lasa Hs (2009)

Menurut Lasa Hs, jurnal ilmiah adalah publikasi ilmiah yang berisi tentang kegiatan terkait ilmu pengetahuan seperti pengamatan empiris, pengembangan gagasan, sampai kumpulan dari pengetahuan baru. 

Baca juga: Metode Penelitian Sosial: Pengertian, Manfaat, Dan Tujuan

Fungsi Jurnal Ilmiah

Ada beberapa fungsi utama dari diterbitkannya jurnal ilmiah, di antaranya: 

  • Mempublikasikan hasil penelitian agar dapat dijadikan sebagai literatur untuk penelitian selanjutnya. 
  • Sebagai sarana untuk saling berkomunikasi antara orang-orang yang berkecimpung di dunia akademik. 
  • Di beberapa perguruan tinggi, jurnal ilmiah merupakan salah satu persyaratan untuk wisuda. 
  • Berguna untuk mengangkat citra dari perguruan tinggi. 
  • Bisa menjadi sarana untuk melatih kemampuan menulis rangkuman hasil penelitian. 
  • Memudahkan peneliti selanjutnya untuk mendapatkan data-data tertentu sehingga tidak perlu membaca hasil penelitian yang masih dalam bentuk buku. 
  • Bagi mahasiswa, jurnal ilmiah bisa dijadikan sebagai bukti pernah melakukan penelitian karena biasanya akan diunggah ke internet. 

Jenis-Jenis Jurnal Ilmiah

Charts and graphs with magnifying glass and pencil, calculator

Terdapat beberapa jenis jurnal ilmiah yang tersebar saat ini, di antaranya adalah: 

  • Jurnal Cetak

Jurnal cetak pada dasarnya merupakan artikel ilmiah yang diterbitkan dalam bentuk buku atau media cetak lainnya. 

  • Jurnal Digital

Jurnal digital atau jurnal online adalah artikel ilmiah yang diterbitkan melalui internet sehingga dapat diakses siapapun yang terhubung dengan internet.  

  • Jurnal Lokal

Jurnal lokal adalah artikel ilmiah yang diterbitkan hanya di lingkup instansi saja, jadi jurnal ini ditujukan untuk kalangan internal suatu instansi. 

  • Jurnal Nasional

Jurnal nasional adalah contoh jurnal ilmiah yang diterbitkan untuk lingkup negara sendiri saja. Jadi, jurnal tersebut bahasa umumnya yang digunakan menyesuaikan dengan masing-masing negara. Biasanya jurnal ini ditulis juga untuk kepentingan suatu negara.  

  • Jurnal Internasional

Jurnal internasional adalah jurnal yang diterbitkan dalam skala global. Umumnya, bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris agar dapat dimengerti di negara manapun. 

  • Jurnal Penelitian

Jurnal penelitian adalah jurnal yang berisi tentang laporan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. 

Struktur Jurnal Ilmiah

Berikut ini adalah cara membuat jurnal ilmiah sesuai dengan strukturnya: 

  • Judul

Judul selalu menjadi hal terpenting di dalam karya tulis. Jadi judul harus disusun secara ringkas, tetapi harus menggambarkan isi penelitian. Ketentuan penulisan judul utama yang baik adalah tidak melebihi 14 kata. 

Elemen di dalam judul berisi mengenai nama penulis, institusi yang menaungi penulis, kontak penulis, sampai sub judul. 

  • Abstrak

Abstrak dalam jurnal ilmiah bertujuan untuk memberikan narasi singkat untuk menjelaskan isi jurnal. Abstrak maksimal berisi 250 kata yang sudah memuat tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. 

Pada bagian abstrak ini tidak diperbolehkan untuk menggunakan persamaan matematika, judul bagian, catatan kaki, kutipan pustaka, dan singkatan-singkatan. 

  • Pendahuluan

Pendahuluan adalah narasi yang berisi mengenai latar belakang permasalahan yang dikaji di dalam penelitian. Usahakan untuk menulis pendahuluan secara padat dan tidak melebar kemana-mana supaya pembaca tidak kebingungan untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada di dalam penelitian yang dituliskan. 

  • Bahan dan Metode

Bahan dan metode merupakan bagian yang berisi mengenai proses pencarian data dalam penelitian, baik itu sumber datanya, maupun cara yang ditempuhnya. 

Dengan kata lain, bagian ini akan memuat seperti percobaan yang dilakukan, instrumen yang digunakan untuk penelitian, metode pengumpulan data, populasi, sampai pengendalian data. 

  • Hasil

Hasil tentunya berisi mengenai hasil penelitian secara keseluruhan. Pada bagian ini, penulis dapat mencantumkan tabel atau gambar untuk memperkuat bukti. 

Perlu diingat bahwa hasil yang dituliskan hanya sebatas hasil saja, bukan interpretasi data. 

  • Pembahasan

Setelah hasil dituliskan, selanjutnya adalah bagian terpenting, yaitu pembahasan. Pembahasan tentunya berisi mengenai penjelasan yang berasal dari hasil penelitian. 

Penulis harus membahas terkait dengan penelitian yang sudah dilakukan. Ketika penelitian menghasilkan jawaban yang sesuai dengan hipotesis, maka jelaskan alasannya. Pun ketika penelitian menemukan hasil yang tidak sesuai dengan hipotesis, peneliti juga harus menjelaskan alasan yang menjadi penyebabnya. 

  • Kesimpulan

Kesimpulan berisi mengenai ringkasan keseluruhan dari penelitian mulai dari pendahuluan hingga pembahasan.

Kesimpulan juga dapat memuat mengenai saran yang berlandaskan hasil penelitian. 

  • Daftar Pustaka

Seperti karya tulis ilmiah lainnya, daftar pustaka juga harus tercantum di jurnal ilmiah. 

Seperti diketahui, daftar pustaka adalah daftar literatur atau referensi yang digunakan untuk melakukan penelitian. 

Demikian pembahasan mengenai jurnal ilmiah dan contoh yang perlu diketahui. Di Sampoerna University, penulisan jurnal ilmiah akan diajarkan dengan baik dan benar. Ini karena adanya unit Center for Research and Community Service (CRCS) di bawah Kantor Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Vice Rector of Academic and Student Affairs /VRASA) yang berguna untuk memberikan fasilitas dan mengelola kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. 

Referensi
Syntax – Contoh Jurnal Ilmiah

X