Skip to main content

Pengertian Kata Pengantar, Fungsi dan Contohnya

contoh kata pengantar

Dalam sebuah karya tulis ilmiah diperlukan kata pengantar yang membuat lebih sedikit isi dari karya yang dibuat sebagai keperluan akademik. Contoh kata pengantar memang beragam, namun yang harus diperhatikan adalah pentingnya menghadirkan kata pengantar, Karena bagian ini merupakan jalan pembuka bagi orang saat akan melihat dan membaca sebuah karya tulis.

Banyak orang berpikiran bahwa membuat kata pengantar merupakan hal yang mudah dan sederhana. Meskipun pada kenyataannya, kata pengantar merupakan suatu hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Dalam memudahkan pembuatan kata pengantar, diperlukan struktur beserta contoh yang bisa dijadikan sebagai tolok ukur dalam pembuatan pengantar ini.

Pengertian Kata Pengantar

Kata pengantar memiliki fungsi yang vital di dalam sebuah karya tulis, karena tiap penyusunan suatu karya tulis memerlukan bagian ini agar para pembaca dapat memahami pokok bahasan karya tulis yang dibuat oleh penulisnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata pengantar adalah pendahuluan atau pandangan umum yang singkat dan jelas sebagai pembukaan karya tulis.

Kata pengantar juga bisa diartikan sebagai salah satu bagian dalam karya tulis yang berisikan ungkapan rasa syukur dan terima kasih dari penulisnya. Dalam sebuah karya tulis, kata pengantar makalah misalnya berada di bagian awal dan berisi beberapa bagian penting termasuk pembukaan, isi dan penutup dari sebuah karya tulis ilmiah.

Isi dari kata pengantar skripsi berupa bagian-bagian yang sudah diakui oleh penulis dalam melakukan proses penulisan terhadap karya tulis tersebut. Dan siapa saja pihak yang sudah berkontribusi dalam penulisan karya itu. Cara membuat kata pengantar yang baik dan benar harus menggunakan struktur yang benar juga.

Susunan kata pengantar terbagi ke dalam tiga bagian, yakni pembuka, isi dan penutup, sementara untuk peletakan biasanya kata pengantar diletakkan di bagian awal halaman setelah judul dan cover. Tujuan diletakkannya kata pengantar di awal sebuah karya tulis adalah memberi pengetahuan kepada para pembaca terkait apa saja yang sudah diakui oleh penulis saat membuat karya tersebut.

Baca juga: Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Struktur dan Contoh

Fungsi Kata Pengantar

Kata pengantar bukan hanya berisikan rasa ucapan syukur dan terima kasih kepada para calon pembacanya. Tetapi juga sedikit gambaran mengenai karya yang dibuat dalam bentuk tulisan, tujuannya agar bisa mendatangkan minat membaca orang banyak. Kata pengantar proposal digunakan agar bisa menarik minat banyak orang membaca karya tulis tersebut. 

Isi kata pengantar yang menarik dan tidak dibuat-buat secara langsung akan membuat banyak orang penasaran dan tertarik membaca karya tulis tersebut. Karena diletakkan di bagian awal juga berfungsi sebagai pengantar para pembaca ke bahasan yang lebih rinci, isi yang ada di dalamnya adalah gambaran secara umum mengenai karya tulis.

Digunakan untuk apapun, baik itu makalah, laporan, proposal maupun karya tulis, contoh kata pengantar makalah haruslah yang menarik. Mampu membuat minat pembaca memahami isi dari karya tersebut, bahkan sampai selesai. Hingga mendapat poin yang ingin disampaikan oleh penulis karya tersebut melalui kata pengantar di awal.

Kata pengantar laporan juga ditulis di halaman sendiri, tidak bersatu dengan bagian lain agar pembaca bisa memahami sepenuhnya maksud dari isi kata pengantar ini. Selain itu biasanya, di akhir kata pengantar ini tepatnya di sebelah kanan bawah akan tercantum tempat dan tanggal serta nama penyusun dari karya tersebut.

Cara Menulis Kata Pengantar Modul

Kata pengantar modul ditulis oleh penulis modul, biasanya mengungkapkan isi hati terkait proses penulisan modul yang dibuat. Meskipun hal ini sering disalahartikan karena dari penulisan kata pengantar terdapat beberapa yang menganggap jika kata pengantar bisa dituliskan oleh orang lain, nyatanya hal itu tidak benar, berikut beberapa langkah cara penulisan kata pengantar modul.

  • Sebutkan Keistimewaan Modul yang Dibuat

Menonjolkan selling point yang merupakan keistimewaan dari modul yang dibuat, seperti dilengkapi dengan tutorial dan pemahaman yang mudah diresapi dan yang lainnya. Modul dengan banyak keistimewaan akan menarik minat pembaca ketimbang modul lain, bisa dikatakan bahwa bagian akhir seperti dagang karena harus tetap bisa menarik perhatian calon pembaca.

  • Kalimat Pembuka

Kalimat pembuka merupakan salah satu hal yang wajib dituliskan, bisa dengan menggunakan kalimat ucapan syukur. Di banyak kasus yang ditemukan, kalimat pembuka merupakan pengulangan kata atau repetisi sehingga sehingga penulisan dan pengulangan seperti ini sebaiknya untuk bisa lebih diminimalisir.

  • Kalimat Isi

Menuliskan inti dari pesan yang ingin disampaikan,seperti menceritakan selling point dan kelebihan dari modul yang dibuat. Kalimat isi merupakan ruang untuk menuliskan pesan, biasanya ada satu hal yang terlupakan dalam menuliskan kata pengantar modul. Yakni memerhatikan panjang kata pengantar, usahakan untuk tidak membuat lebih dari dua halaman.

  • Kalimat Penutup

Bagian kalimat penutup cukup dituliskan seperlunya, tak perlu terlalu panjang dan sama seperti kalimat pembuka. Pada dasarnya pembaca tidak menyukai pembukaan yang bertele-tele, kebanyakan dari pembaca tertarik kepada sebuah buku karena ingin mempelajari inti dari pembahasan yang ada bukan susunan kalimat pembuka maupun penutup.

  • Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih diperuntukan bagi orang –orang di sekeliling penulis yang memberi bantuan atau dampak dalam proses penulisan hingga selesainya modul dibuat. Ucapan ini juga merupakan salah satu bentuk dari apresiasi yang diberikan oleh penulis terhadap orang-orang tersebut, meskipun tidak begitu penting bagi para pembaca.

Contoh Kata Pengantar Modul

  • Contoh 1

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah saya panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas karunia dan segala rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga penyusun akhirnya dapat menyelesaikan modul yang dibuat ini.

Modul ini disusun untuk memenuhi kebutuhan peserta dirik dan pelatihan dalam rangka sertifikasi guru profesional di bidang mata pelajaran Bahasa Inggris. Sesuai dengan segmentasi peserta, modul ini disusun dengan kualifikasi yang tidak diragukan.

Teknik pembukaan yang diangkat secara terpadu dilakukan tanpa adanya pemilihan jenjang pendidikan. Langkah ini diambil dengan harapan dapat meminimalisir adanya pengulangan topik dari sesuai jenjang pendidikan.

Pembahasan modul ini dimulai dengan memberi penjelasan terkait tujuan yang akan dicapai, sementara kelebihan yang dimiliki oleh modul ini bisa dilihat dalam keterpaduan ilmu Bahasa Inggris.

Pembahasan yang disampaikan juga disertai bentuk soal yang beragam, tujuannya untuk mengukur tingkat yang dicapai dan kesuksesan dalam menjawab. 

Penyusun menyadari jika pembuatan modul ini masih memiliki banyak kekurangan, karena itu kritik dan saran sangat terbuka untuk diterima dengan sifat yang membangun. Diharapkan semoga modul ini bisa memberi manfaat dengan baik.

Jakarta, 20 Januari 2022

  • Contoh 2

Kata Pengantar

Modul Persiapan Simulasi Pendampingan Penyelenggaraan Perumahan Swadaya ditujukan informasi yang diberikan kepada peserta kegiatan dapat dengan mudah dipahami dan tidak diperlukan pengulangan secara terus-menerus.

Selain itu dalam rangka menyiapkan bahan guna penyusunan paparan pada akhir simulasi. Modul ini tersusun dari lima bab yang terdiri atas Pendahuluan, Persiapan Kegiatan Simulasi, Penutup dan dilengkapi dengan lampiran berisi skenario simulasi.

Fokus diarahkan pada wajibnya peserta melengkapi semua kebutuhan dalam kegiatan simulasi secara kelompok. Penyusunan dilakukan secara laporan maupun kelompok, di mana di dalamnya dapat untuk mengetahui aturan terkait simulasi.

Penyusunan modul dilakukan secara sistematis, tujuannya peserta pelatihan mampu menyiapkan pelaksanaan simulasi dengan lebih mudah. Metode yang digunakan dalam penyelenggaraan diharap mampu mendorong peran aktif peserta pelatihan.

Ucapan terima kasih dan apresiasi kami sampaikan kepada tim penyusun dan tim penyempurna atas tenaga dan pikiran yang sudah dicurahkan dalam membuat modul ini. Penyempurnaan d masa mendatang senantiasa terbuka dan dimungkinkan.

Surabaya, Juni 2022

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jalan Perumahan,

Pemukiman dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dari kata pengantar, karakteristik hingga contoh yang bisa dipahami dengan mudah. Jurnal Sampoerna University berisi informasi dan penjelasan secara detail terkait suatu hal, termasuk kaitannya dengan proses penulisan skripsi. Salah satunya berkenaan dengan kata pengantar yang dimuat dalam berbagai hal.

Mahasiswa Sampoerna University diharapkan memiliki banyak asupan ilmu tambahan dengan jurnal yang ada. Selain dapat membantu juga bisa dijadikan sebagai tambahan wawasan, sesuai dengan tujuan Sampoerna University dalam membangun dan mendidik pribadi mahasiswa. Lulusan Sampoerna University siap berkompetisi di berbagai bidang dalam negeri maupun internasional.

Referensi

Mediaindonesia.com – Contoh Kata Pengantar

X