Skip to main content

Demokrasi Pancasila, Sistem, Prinsip dan Nilai-nilai

By Februari 25, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Edukasi
Demokrasi pancasila bersumber pada Pancasila itu sendiri

Demokrasi Pancasila memiliki keterikatan sangat erat dengan tatanan kehidupan masyarakat Indonesia. Pancasila adalah landasan negara dengan lima sila yang dimiliki, tujuannya sebagai pedoman masyarakat. Demokrasi Pancasila bersumber pada Pancasila itu sendiri, masyarakat harus memahami pentingnya kehidupan bernegara dan menjalankan nilai-nilai dalam Pancasila.

Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang terdiri dari dua kata, yakni panca dan sila. Panca berarti lima, sementara sila merupakan prinsip, sehingga Pancasila diartikan sebagai rumusan dan pedoman bagi masyarakat Indonesia untuk kehidupan bernegara. Setiap orang memiliki kesadaran bernegara yang baik akan menggunakan prinsip dari Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Demokrasi Pancasila

Pengertian dari demokrasi Pancasila bisa dilihat secara umum dan khusus, serta dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pancasila merupakan demokrasi berdasarkan sila Pancasila, dilihat sebagai suatu keseluruhan yang utuh. Secara umum, pengertian demokrasi Pancasila adalah sebuah paham demokrasi yang dilandasi oleh prinsip-prinsip yang ada di dalam Pancasila.

Demokrasi merupakan paham yang sudah diyakini masyarakat Indonesia dari masa lalu, prinsip pokok demokrasi Pancasila yaitu berasal dari asas-asas yang terkandung di dalam Pancasila. Pancasila juga disebut sebagai gambaran jelas mewakili ciri bangsa Indonesia dari sejak terbentuknya hingga saat ini.

Demokrasi Pancasila juga berdasarkan asas kekeluargaan dan gotong royong, dengan tujuan kesejahteraan masyarakatnya. Proses demokrasi Pancasila ini berlangsung dari 1945 hingga 1950, Bung Hatta memiliki peran besar dalam tercetusnya Pancasila. Hingga saat ini pedoman ini diterapkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Baca juga : Pentingnya Pendidikan Berkualitas Tingkatkan Kecerdasan Bangsa

Sistem Demokrasi Pancasila di Indonesia

Pancasila lahir sebagai reaksi terhadap Demokrasi Terpimpin di bawah pemerintahan Presiden Soekarno. Pengaruh Soekarno dan Orde Lama mulai tergerus seiring terjadinya peristiwa Gerakan 30 September (G30S) 1965. Ketika orde baru lahir, Demokrasi Terpimpin mendapat penolakan, hingga membuat Soeharto kemudian yang memimpin dan menjadi Presiden RI.

Dalam pidato kenegaraan tanggal 16 Agustus 1967 menyatakan bahwa Demokrasi Pancasila bersumber pada demokrasi kedaulatan rakyat yang dijiwai dan diintegrasikan dengan sila-sila lainnya. Hal ini berarti bahwa memakai hak-hak demokrasi harus selalu disertai dengan rasa tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Demokrasi Pancasila merupakan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan yang ber-Ketuhanan yang Maha Esa, berperikemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, menurut Nugroho Notosusanto.

Nilai-nilai Demokrasi Pancasila

  • Pengakuan dan Tanggung Jawab Kepada Tuhan yang Maha Esa

Diharapkan lahir sikap dan perilaku yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran, kebaikan dan keadilan. Dalam pengambilan keputusan bagi kepentingan umum, memerhatikan hal-hal yang bisa dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan landasan hati yang luhur.

  • Menjunjung Tinggi Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Bersumber pada ajaran Tuhan Yang Maha Esa, budaya demokrasi dengan jiwa nilai kemanusiaan yang adil dan beradab akan melahirkan sikap serta perilaku. Tentunya yang menjunjung nilai-nilai kemanusiaan dalam proses pengambilan keputusan dan pelaksanaan keputusan.

  • Menjamin dan Menciptakan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Persatuan Indonesia menjadi persatuan bangsa yang menduduki wilayah tumpah darah Indonesia, dengan cia-cita yang sama guna mewujudkan kemerdekaan dan tercapainya tujuan nasional. Demokrasi dengan jiwa nilai persatuan Indonesia juga akan menumbuhkan sikap dan perilaku.

  • Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Terdiri dari keseimbangan hak dan kewajiban setiap warga, kesamaan hak pribadi dalam keluarga dan pengakuan hak organisasi politik, ekonomi dan sosial. Serta prinsip yang menolak paham etatisme atau negara mematikan potensi unit ekonomi di luar sektor negara dan persaingan bebas eksploitasi manusia.

Prinsip dan Ciri-ciri Demokrasi Pancasila

Prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila

  • Persamaan seluruh rakyat Indonesia dan keseimbangan hak dan kewajban.
  • Pelaksanaan kebebebasan yang bertanggung jawab secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri dan orang lain.
  • Mewujudkan keadilan sosial, keputusan yang diambil menggunakan musyawarah dan mencapai mufakat.
  • Mengutamakan persatuan nasional dan kekeluargaan dengan menjunjung tinggi tujuan dan cita-cita nasional.
  • Mengadakan pemilihan umum atau pemilu, menjalankan pemerintahan berdasarkan hukum dan kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-undang dasar.

Ciri-ciri Demokrasi Pancasila

  • Pemerintah berjalan sesuai dengan konstitusi, dengan pemilihan umum secara berkesinambungan.
  • Memiliki penghargaan atas HAM dan perlindungan hak bagi kaum minoritas.
  • Kompetisi dari berbagai ide dan cara, tujuannya sebagai cara menyelesaikan masalah.
  • Memilih ide terbaik dan kemudian dibandingkan dengan suara terbanyak.
  • Demokrasi Pancasila konstitusi, sehingga kedaulatan rakyat dalam penyelenggaraan negara dan pemerintahan.

Ciri pemerintahan demokratis seperti adanya sistem pembagian kekuasaan antara eksekutif, legislatif dan yudikatif. Kemudian ada pula pemilu, partai politik, perwakilan hingga adanya kepentingan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian penjelasan mengenai pengertian demokrasi Pancasila, sistem, prinsip dan cirinya. Nilai-nilai demokrasi perlu ditanamkan sejak dini, salah satunya di dalam dunia pendidikan. Di Sampoerna University, para mahasiswa tidak hanya diajarkan tentang cerdas dan siap menghadapi tantangan masa depan, namun juga ditanamkan untuk berpegang teguh kepada pancasila sebagai dasar negara.

Sampoerna University menyelenggarakan program-program pendidikan dibawah lisensi dan otoritas berkredensial dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Didirikan dengan tujuan yang jelas untuk memenuhi standar nasional dan internasional, Sampoerna University secara unik memenuhi syarat untuk memberikan kontribusi substantif kepada masyarakat melalui pendidikan.

Pelajari lebih lanjut mengenai pendidikan di Sampoerna University dengan cara klik di sini.

Referensi
Detik.com – Ideologi Pancasila bersumber dari mana, ini penjelasannya.

X