Skip to main content

Memahami Sebuah Inovasi, Pengertian, Manfaat dan Bentuknya

By Mei 9, 2022Mei 27th, 2022Edukasi
inovasi adalah

Sesuatu yang baru memang erat kaitannya dengan inovasi, terdapat banyak sekali inovasi yang dapat diterapkan dalam kehidupan. Biasanya hal ini dibutuhkan terhadap keinginan akan sesuatu menjadi berkembang, inovasi adalah semua yang berkaitan dengan hal baru dan muncul akibat adanya perkembangan dari suatu ilmu pengetahuan.

Inovasi tidak akan berjalan dan bisa diterapkan sebagaimana mestinya jika tidak dilandasi dengan ilmu pengetahuan. Penerapan inovasi muncul di segala bidang kehidupan, inilah pentingnya memahami dengan benar terkait apa itu inovasi. Agar dapat mengambil manfaat yang menguntungkan ketika menerapkan inovasi terhadap kehidupan sehari-hari.

Pengertian Inovasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang disebut dengan inovasi adalah perkenalan sesuatu yang sifatnya baru. Apa itu inovasi berkaitan dengan pemasukan dan pengenalan hal-hal baru dari sesuatu yang sebelumnya, bisa dikatakan juga sebagai langkah pembaharuan. Sebagai suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang memanfaatkan adanya ilmu pengetahuan.

Inovasi hadir sebagai langkah yang dilakukan demi meraih tujuan berupa menghasilkan produk baru, yang dampaknya bisa dinikmati sendiri maupun banyak orang di sekitarnya. Inovasi yang berhasil dilakukan oleh seorang yang inovatif, dengan manfaat yang diberikan memberi sesuatu yang baru kemudian memudahkan jalannya dan interaksi kehidupan manusia.

Pengertian Inovasi Menurut Beberapa Tokoh

Pengertian Inovasi Menurut Beberapa Tokoh

  • Nurdin

Inovasi sebagai sesuatu yang baru, dikenalkan dan praktiknya dilakukan sebagai proses baru bisa berupa barang maupun layanan. Inovasi yang muncul juga merambah dari hasil adopsi, biasanya diambil dari produk kelompok lain.

  • Sa’ud

Merupakan pilihan kreatif, sebuah pengaturan hingga adanya manusia dengan sumber-sumber material baru. Memakai cara-cara unik dengan tujuan menghasilkan serta memberi peningkatan pencapaian yang sudah menjadi tujuan sebelumnya.

  • Kuniyoshi Urabe

Inovasi bukan kegiatan one time phenomenon, melainkan sesuatu dengan membutuhkan proses panjang hingga kumulatif. Merupakan proses pengambilan keputusan setiap anggota kelompok, dari gagasan hingga target pemasaran.

  • Van de ven, Andrew H

Inovasi merupakan bentuk pengembangan produk adalah implementasi terkait gagasan baru oleh seseorang. Dalam jangka waktu tertentu disertai dengan berbagai aktivitas tertentu di dalamnya, bisa itu organisasi maupun kelompok.

  • Stephen Robbins

Invasi adalah ide dan gagasan baru yang sudah diterapkan dalam menjalankan sebuah pembaharuan dari sebuah produk dan jasa. Pembaharuan produk dan jasa yang sebelumnya sudah muncul lebih dulu.

  • Everett M Rogers

Rogers menyebutkan bahwa inovasi sebagai ide, gagasan, objek dan dilengkapi dengan praktik, namun dilandasi dan diterima sebagai sebuah hal baru. Kondisi yang dialami sebuah kelompok maupun individu yang kemudian mengaplikasikannya sebagai adopsi.

Baca juga: Pengertian Media Sosial, Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya

Apa Saja Ciri-ciri Inovasi?

  • Baru

Segala sesuatu yang diciptakan berdasarkan inovasi yang muncul, tentu sesuatu yang sebelumnya belum ada. Sifatnya bisa menyempurnakan yang sudah ada, baru dalam hal ini tercipta karena adanya pemikiran keras terhadap manfaat SDA yang sudah ada secara maksimal. Tanpa adanya pengurangan terhadap fungsi dan peranan.

  • Terencana

Inovasi muncul karena adanya rencana terlebih dulu dengan kondisi yang diinginkan, terencana sangat penting karena berpengaruh dengan hal kedepannya. Dilakukan dengan sengaja, sehingga inovasi muncul karena proses dan persiapan yang matang dan jelas. Bisa dikatakan adanya inovasi ini sudah terkonsep sejak awal.

  • Khas

Khas merupakan ciri ketiga dari sebuah inovasi, bahkan ketika inovasi ini lahir karena hasil dari adopsi hal yang sudah ada. Jenis inovasi terkait dengan pembaharuan memberi nilai khas tersendiri yang melekat pada produk atau benda dan layanan yang diberikan, terlepas dari adanya proses adopsi dari hal yang sebelumnya muncul.

  • Tujuan Jelas

Inovasi dibuat karena adanya tujuan jelas yang ingin dicapai atau dipenuhi, akan ada objek tertentu yang dikaji dan akan dikembangkan. Sehingga tujuan dilakukannya penerapan setelah lahirnya inovasi memiliki arah dan tujuan yang jelas. Inovasi berarti  bisa salah sasaran hingga tak terlaksana dengan baik, jika tak mempunyai objek yang jelas.

Manfaat Inovasi

  • Solusi Memecahkan Masalah

Lahirnya inovasi sebagai cara dalam memecahkan masalah yang ada, suatu hal baru untuk menggantikan produk lama yang dirasa memiliki masalah. Adanya ide dan gagasan baru membuat permasalahan yang ada dapat dipecahkan dengan baik dan jelas, apalagi produk lama sudah tidak lagi relevan digunakan.

  • Tingkatkan Produktivitas

Gagasan dan ide baru seseorang membuat mereka memiliki waktu luang dalam menggunakan pemikiran yang cemerlang. Inovasi juga tumbuh saat seseorang melakukan percobaan hingga penelitian, seseorang lebih produktif ketika berusaha menemukan inovasi baru. Hal ini juga bisa menyasar pada setiap orang.

  • Tingkatkan Ketangguhan

Inovasi pada seseorang membuat mereka cenderung memiliki kemampuan dalam memanfaatkan kecerdasannya. Ketangguhan ini membuat mereka mampu melahirkan inovasi baru, mereka harus menyesuaikan diri dengan masalah baru hingga menemukan cara penyelesaian sehingga lebih efektif.

  • Hasil yang Unik

Hal-hal unik merupakan hasil dari munculnya inovasi, tentu saja sesuatu yang berkualitas dan memiliki manfaat banyak bagi yang membutuhkan. Orang dengan inovasi masuk dalam kategori orang berkualitas, apalagi inovasi yang muncul dapat diterapkan dengan sangat baik meskipun berbeda.

Tujuan Inovasi

  • Tingkatkan Kualitas

Merupakan tujuan utama dari dilahirkannya sebuah inovasi, hal ini menyasar baik produk dan jasa yang muncul dengan gagasan baru. Harapannya produk dan jasa dari pelayananan ini menjadi lebih bernilai dan kualitasnya lebih baik dari sebelumnya.

  • Menambah Jaringan

Inovasi terhadap produk dan jasa diharapkan membuat keduanya menjangkau lebih banyak tempat, selain itu juga diharapkan mampu memperlebar bisnis. Seperti e-commerce yang semakin berkembang, jangkauan produk hasil dari inovasi tentu juga harus melebihi itu.

  • Ciptakan Pasar Baru

Dari sesuatu yang baru yang dampaknya juga membuat lingkungan atau hal yang berkaitan dengan sesuatu tersebut menjadi baru juga. Inovasi di segala lini membuka peluang munculnya pasar baru, hal ini tentu menarik apalagi inovasi ini belum muncul sebelumnya.

  • Pengganti Produk

Inovasi yang muncul juga digunakan untuk menggeser produk lama yang dirasa sudah tidak menarik lagi. Inovasi produk dan jasa dilakukan memang untuk menarik minat dari target pasar terhadap produk lama yang sudah diperbaharui dengan segala kualitas lebih menarik dari sebelumnya.

Bentuk-bentuk Inovasi dan Contohnya

  • Inovasi Teknologi

Inovasi yang memberi kemudahan bagi semua manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. Munculah media sosial sebagai salah satu inovasi di bidang teknologi. Hal ini juga tak lepas dari gencarnya globalisasi lewat penemuan-penemuan mengagumkan oleh para ahli.

Contoh inovasi teknologi seperti fitur atau fasilitas layanan komunikasi yang semakin memudahkan orang dalam menjalin hubungan. Seperti kemunculan Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp hingga YouTube. Hanya dengan sekali akses, maka banyak orang yang terhubung sekaligus melalui beberapa inovasi teknologi ini.

  • Inovasi Transportasi

Mengarah pada alat transportasi publik, selain dari motor dan mobil listrik kini telah hadir banyak inovasi terkait masalah transportasi. Berbeda dengan keadaan jaman dulu, untuk bepergian saja harus memastikan keadaan benar-benar aman. Salah satu contoh dari inovasi transportasi adalah kemunculan ojek online dengan segala kemudahan dalam mengaksesnya.

  • Inovasi Pendidikan

Masuknya kurikulum antikorupsi membuktikan bahwa inovasi sangat mudah memasuki dunia pendidikan. Tujuan adanya inovasi terkait kurikulum antikorupsi ini agar para siswa yang belajar memahami dengan benar bagaimana pencegahan terhadap tindakan korupsi, baik di lingkungan sekolah maupun keluarga.

  • Inovasi Pelayanan Publik

Pelayanan publik juga menjadi imbas adanya inovasi, sesuai dengan perkembangan zaman serta teknologi yang menyentuh bidang apa saja. Layanan seperti transaksi kini bisa dengan mudah dilakukan, beberapa faktor pendukung juga berpengaruh terhadap hal ini. Namun lebih dari itu, kemudahan dalam mengaksesnya jadi yang utama.

Demikian penjelasan mengenai inovasi, mulai dari pengertian, ciri-ciri, manfaat, tujuan hingga bentuk dan contohnya di lingkungan masyarakat. Sampoerna University mengembangkan mahasiswa yang melek teknologi bersama Fakultas Teknik dan Teknologi. Para mahasiswa akan dibekali ilmu pengetahuan luas tak hanya dalam bentuk teori melainkan juga praktik.

Sampoerna University menerapkan kurikulum berstandar internasional, dengan bagian terbaik dari program yang diterapkan adalah mahasiswa bisa mendapatkan gelar dari University of Arizona tanpa harus menjalankan kuliah di Amerika Serikat dan meninggalkan Indonesia. Sampoerna University membangun jiwa bertanggung jawab mahasiswa lewat pembelajaran terstruktur dan efektif.

Referensi
Merdeka.com – Inovasi adalah

X